8 Alasan Wanita Memutuskan Untuk Berhijab

| On
April 16, 2015

wanita, hijab, muslimah


Menjadi wanita berhijab bukan menjadi hal yang tabu lagi. Kini wanita memiliki ruang dalam menjalankan perintah menutup aurat yang di syariatkan oleh agama Islam. Berhijab adalah hal yang positif dan sangat populer di masyarakat. Tidak seperti sebelumnya, hijab menjadi momok yang menakutkan. Karena konon katanya, berhijab akan mempersulit kehidupan seseorang. Seperti, tidak bisa melanjutkan pendidikan (sekolah), atau akan sulit mendapatkan pekerjaan. Benarkah? 

Sekarang, ada banyak alasan mengapa seorang wanita memutuskan untuk berhijab. Apa saja alasannya? 

Yuk, kita simak. 

1. Menjalankan Syariat Agama

Islam memiliki aturan yang harus ditaati oleh setiap penganutnya. Aturan tersebut berupa kewajiban dan larangan yang harus ditaati oleh pemeluknya, aturan tersebut termaktub di dalam kitab suci Al-Qur’an. Salah satu perintah yang ada di dalam Al-Qur’an adalah perintah menggunakan hijab bagi kaum perempuan. Seorang wanita memutuskan untuk berhijab karena memang hal ini sudah jelas-jelas menjadi perintah bagi seorang muslimah. Layaknya shalat lima waktu, perintah berhijab adalah perintah yang harus segera dilaksanakan.

2. Merupakan Bentuk Ibadah

Berhijab menjadi salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Karena berhijab merupakan bukti ketaatan seorang muslim kepada penciptaNya. Seorang wanita memilih untuk berhijab karena didasari oleh rasa ingin beribadah kepada TuhanNya, ingin melakukan segala bentuk ketaatan kepada penciptaNya, dan ingin mendapatkan ganjaran terbaik dari ibadah yang dilakukannya.

3. Ingin Menjadi Wanita Shalihah

Setiap wanita ingin menjadi wanita yang shalihah. Menurut sebagian wanita, berhijab identik dengan karakter wanita shalihah. Sehingga, pilihan berhijab merupakan langkah awal untuk memiliki karakter wanita muslimah yang ideal. Berhijab merupakan cerminan keshalihan dan ketakwaan seorang muslimah di hadapan Allah SWT. 

4. Ingin Melindungi Diri

Selain untuk menjadi wanita yang taat beribadah, keinginan berhijab juga muncul karena keinginan untuk melindungi diri. Biasanya, wanita yang tidak menutup aurat rentan terhadap godaan kaum laki-laki dan rawan mendapatkan tindakan kriminal dan asusila. Pilihan berhijab dinilai bisa meminimalisir hal tersebut.

5. Untuk Memperbaiki Diri

Setiap orang pasti ingin selalu memperbaiki diri, begitupun wanita. Tidak sedikit para wanita yang berhijab karena ingin memperbaiki diri. Berhijab dijadikan momentum perbaikan diri dan merupakan ‘episode baru’ dalam kehidupannya. Berhijab dikaitkan dengan perubahan diri ke arah yang lebih baik.

6. Untuk Menghindari Dosa

Banyak wanita yang juga berpikir bahwa mengumbar aurat sama saja dengan menumpuk dosa-dosa, sehingga pilihan berhijab merupakan cara yang tepat untuk menghindari hal tersebut. Berjilbab diyakini mampu memberikan ‘rem’ di dalam diri untuk tidak melakukan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Dengan berhijab, wanita juga terbebas dari dosa mempertontonkan auratnya kepada laki-laki yang bukan mahramnya. 

7. Mendapatkan Jodoh yang Shaleh

Siapa sih yang gak mau punya pasangan yang sholeh?

Wanita juga berpikir, untuk mendapatkan jodoh yang shaleh harus dimulai dari diri sendiri. Karena mereka berkeyakinan bahwa laki-laki yang baik hanya untuk perempuan yang baik, berhijab merupakan salah satu upaya dalam memperbaiki diri, dan usaha untuk lebih dicintai oleh Allah SWT. Maka dari itu, banyak juga wanita yang berharap dengan perubahan yang ia lakukan bisa mempertemukannya dengan jodoh yang shaleh. 

8. Mengikuti Tren Hijab

Walaupun alasan ini terkesan tidak populer, tetapi keinginan wanita untuk berhijab karena niat ini pun tetap harus mendapatkan apresiasi. Berkembangnya tren fashion hijab saat ini memang sangat menggiurkan untuk dijadikan trend setter. Fashion hijab memberikan referensi mode yang tidak kalah dengan fashion pada umumnya, dan kemudian menjadi dorongan seorang wanita untuk ikut ‘meramaikan’ tren hijab saat ini. 



Related Post: 

[Suka Duka Hijabku] Teror Jilbab Aliran Sesat

4 comments on "8 Alasan Wanita Memutuskan Untuk Berhijab "
  1. semoga kita semua istikomah berhijab ya mba

    ReplyDelete
  2. kalau tahun sekarang banyak sekali pakai hijab yaa karena tren tanpa memikirkan aurat nya masih keliatan ... harusnya kan dada tertutup style hijab sekarang malah pada ngetat ya sama sama aja dengan tidak pakai jilbab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan yang seperti itu segera bisa lebih baik lagi kedepannya, mari kita do'akan para muslimah di seluruh duniaaa :)

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D