Membuat Konten Blog yang Berkualitas

| On
May 06, 2015

Sebagai seorang blogger, pasti kita sudah sama-sama memahami bahwa konten adalah raja. Konten adalah sebuah hal yang harus diperhatikan oleh setiap blogger. Jangan sampai membuat konten yang asal-asalan apalagi menjadi seorang plagiat (copy-paste) dari blog lain. *jauh-jauh deh, amit-amit*

Konten memiliki peranan yang sangat penting, karena konten yang baik cenderung akan membuat reputasi kita sebagai blogger menjadi baik. Sebaliknya, konten yang asal-asalan apalagi copy paste, akan membuat citra kita sebagai blogger menjadi sangat buruk. Selain itu, konten blog yang baik tentunya akan semakin menarik minat orang lain (pembaca) menyebarkan kembali informasi yang telah kita tulis. 

Selain meningkatkan reputasi kita sebagai blogger, konten yang baik juga dapat meningkatkan lalu lintas blog kita lho. Salah satunya penilaian alexa rank dan juga penilaian google terhadap blog kita.


Lalu, seperti apakah konten yang berkualitas?

1. Bermanfaat

Tentu kita semua sepakat bahwa konten blog haruslah memiliki manfaat bagi masyarakat luas dan juga untuk diri kita sendiri. Konten yang bermanfaat cenderung banyak yang menyukai dan membagikannya kembali ketimbang konten blog yang berbau provokasi negatif, diskusi dengan topik yang mengandung SARA, dan lain sebagainya.

Konten yang bermanfaat mengandung dua unsur penting, yakni adanya pesan dan informasi yang penting. 

Penilaian penting atau tidaknya sebuah konten sangat bergantung kepada penulisnya. Misalnya saja, seorang food blogger memiliki banyak informasi penting mengenai makanan dan masakan. Bagi seorang food blogger lainnya, mungkin informasi yang diberikan tidaklah penting, namun bagi orang lain, informasi yang dia berikan bisa jadi sangat penting karena sedang membutuhkan resep makanan atau masakan tertentu untuk disajikan bagi tamu yang akan datang ke rumah, atau untuk berwisata kuliner dengan teman yang baru saja tiba dari kota lain.

*mungkin bagi kita sesuatu bisa saja tidak penting, tapi bagi orang lain bisa jadi menjadi sangat penting, maka berbagilah!* Jessica Hagy. 

Baca juga artikel tentang 10 cara menjadi pribadi yang menyenangkan. by Jessica Hagy.

2. Menghibur

Jangan lupa, setiap orang butuh hiburan. Tulisan yang menghibur cenderung disukai oleh para pembaca. Tulisan yang menghibur juga membuat pembaca tidak jenuh untuk terus membaca dan menjadi pemirsa setia blog milik kita.

Jadi, selain memiliki informasi yang penting konten blog juga harus memiliki unsur hiburan didalamnya. Jangan monoton. 


3. Inspiratif

Setiap tulisan tentunya diharapkan mampu menginspirasi pembacanya. Menginspirasi berarti menggugah dan menyentuh hati pembaca seketika setelah membaca apa yang kita tulis dan menangkap pesan yang terkandung di dalam tulisan tersebut.

Tulisan yang inspiratif juga cenderung menarik minat pembaca untuk terus betah berlama-lama 'nongkrong' di blog kita. Tulisan inspiratif ini bisa jadi sebuah tulisan fiksi atau pun non fiksi seperti kisah hidup orang lain ataupun kisah hidup kita sendiri.

Pesan yang terkandung dalam isi tulisan kita juga harus dikemas dengan baik. Kita bisa memilih diksi, gaya bahasa, dan juga alur yang tepat agar pembaca bisa menangkap pesan dengan cara yang unik dan berbeda. Kalau bahasa gaulnya mah tulisannya rada 'nyastra' begitu.


***

Yaps. Tiga poin di atas tadi bisa menjadi rujukan untuk mengolah dan meracik tulisan/konten yang ada di dalam blog kita, agar semakin banyak yang memetik manfaat dari apa yang telah kita tulis. 

Tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya juga bisa menjadi sedekah sosial dan ladang amal sebagai investasi kita di dunia dan di akhirat kelak. 


Semoga Bermanfaat :)


6 comments on "Membuat Konten Blog yang Berkualitas "
  1. Tulisan yang menghibur banyak disukai ya, mak. Mungkin kayak selebtwit yang ngeblog juga, ada yang genrenya komedi.

    ReplyDelete
  2. Aku seneng mampir di blog dikau dan mak Annisa.
    Layoutnya cantiiik, bikin betah :)

    Thanks for sharing ilmu2 blogging ya mak

    ReplyDelete
  3. happy blogging mak tety hihi...welcome back :)

    ReplyDelete
  4. Handdriati: makasih, aku juga kangen kamu *dilempar setrika*
    Nurul: Makasih mak, rajin-rajin ya.. hwaaa :)

    ReplyDelete
  5. ila: ya mungkin bisa jadi kayak gitu Mak :)

    ReplyDelete
  6. aku suka content yang bermanfaat dan bisa menambah ilmu, kayak postingan ini ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D