Jika Jodoh Tak Kunjung Datang

| On
May 28, 2015
Photo by Posko Studio 86

Memiliki pasangan hidup adalah hal yang diimpikan oleh semua orang yang belum pernah merasakan indahnya pernikahan. Jodoh yang baik dan memenuhi kriteria selalu dinanti-nanti kehadirannya, bak katak merindukan datangnya hujan, bak malam yang menanti hadirnya rembulan. 

Setiap orang yang menantikan datangnya jodoh selalu bertanya-tanya, kapan datangnya ‘si dia’, apakah akan bertemu di kampus, di jalan, di mall, di tempat kerja, atau di acara reunian. Tapi, apabila sang belahan jiwa belum menampakan tanda-tanda kehadiran, mungkin kamu lupa akan hal ini.



1. Bergaul Secara Positif 

Kamu memang punya banyak pergaulan, tapi kamu tidak berusaha meningkatkan kualitas pergaulanmu. Kamu memang mengenal banyak orang, tapi belum tentu kamu memiliki kualitas hubungan yang baik dengan mereka. Apalagi dengan keseharian yang hanya bergaul via facebook di dunia maya, kamu lupa bahwa sekelilingmu menawarkan banyak pergaulan nyata. 

Bergaulah secara positif dengan orang lain, hindari konflik dan permusuhan, cari teman yang membawamu kepada kebaikan. Ketika kamu memiliki banyak teman yang positif, siapa tau diantaranya adalah belahan jiwa kamu yang menunggu kamu pinang.


2. Memiliki Komunikasi yang Baik

Setelah memiliki pergaulan yang positif, kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik pula. Jangan pernah berkomunikasi dengan orang lain dengan gaya yang buruk. Panggilah kawan-kawanmu dengan panggilan akrab nan menyenangkan, jangan mendebat orang lain, jangan meremehkan orang lain, apresiasi setiap karya yang dihasilkan orang lain. 

Kepribadian positif kamu yang tercermin lewat komunikasi ini tentunya akan membuat karakter dirimu positif di mata orang lain. Sifat seperti ini memungkinkan kamu disukai banyak orang. Siapa tau selama ini atasan diam-diam merhatiin karakter baik kamu ini, dan tidak segan menjodohkan kamu dengan anaknya, ponakannya, atau minimal anak tetangganya.


3. Berdo’a dengan Maksimal

Kalau kamu merasa selama ini kamu berdo’a cuman di dalam hati aja, atau cuman sambil komat-kamit, ini saatnya kamu menambah kualitas do’a kamu dengan melakukan ibadah-ibadah lainnya. Misalnya, sedekah, sholat dhuha, shalat tahajud, puasa senin kamis, atau sholat berjamaah di Mesjid. Kalau kamu memang serius untuk meminta jodoh yang terbaik, usaha yang paling tepat tentunya dengan ‘mendekati’ pemilik jodoh kamu itu. Jadi, berdo’alah dengan maksimal.


4. Melakukan Instrospeksi Diri

Kamu sudah tau apa kelemahan dirimu sendiri? atau kekurangan-kekurangan yang selama ini masih ada di dalam kepribadianmu?

Saatnya kamu instrospeksi diri, kamu harus tau benar dimana letak kekurangan dan kesalahan yang pernah kamu buat.

Jangan-jangan, kerja keras kamu dalam mencari jodoh namun belum membuahkan hasil itu disebabkan karena kesalahan atau dosa yang pernah kamu lakukan. Misalnya, kamu lupa minta maaf sama temen yang pernah kamu sakiti, kamu pura-pura lupa ngembaliin uang temen kamu padahal temen kamu lagi kepepet banget, kamu pernah nyakitin perasaan orang tua kamu karena gak dikasih izin untuk beli sesuatu. Saatnya kamu instrospeksi diri secepatnya!


5. Berusaha Memperbaiki Diri

Setelah kamu melakukan instrospeksi diri, saatnya kamu mulai untuk memperbaiki diri. Jadilah pribadi yang layak untuk diberikan jodoh oleh sang pencipta. Jadilah pribadi yang layak menjadi pasangan bagi belahan jiwamu nanti, pantaskan diri untuk menyambut datangnya sang pujaan hati. Karena jodohmu nanti, adalah cerminan dirimu sendiri.


6. Meminta Do’a Restu Orang Tua

Ini juga sering dilupakan. Kamu udah jungkir balik mati-matian nyari jodoh, tapi kamu belum pernah sekalipun pulang ke rumah dan meminta do’a restu mereka secara tulus. Kamu pikir, kamu mau ketemu orang tua pas udah dapet calon aja. Itu salah! Mintalah do’a restu mereka dengan tulus, dan orang tua mu pun akan mendo’akan kamu mendapatkan jodoh terbaik yang kelak akan menjadi menantunya.





2 comments on "Jika Jodoh Tak Kunjung Datang "
  1. Alhamdulillah diingatkan kembali. Nice sharing teh :)

    ReplyDelete
  2. tips ini saya terapkan juga duluuuuu saat galau belum ada jodoh :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D