Hal–Hal Sederhana Agar Tidak Kehabisan Uang Sebelum Tanggal Gajian

| On
March 02, 2016


[ADV]

Terkadang kita suka sulit mengatur keuangan bulanan kita, terlebih terlalu banyak hasrat keinginan dalam diri untuk bersenang-senang. Ingin makan enak setiap waktu, ingin pergi traveling, dan hati yang selalu tergoda oleh diskon dimana-mana.

Padahal masih banyak keperluan yang harus dilaksananakan, entah kebutuhan sehari-hari atau cicilan hutang yang kian lama tidak ada habis-habisnya. Dan akhirnya kita kehabisan uang sebelum tanggal gajian datang lagi. 

Kalau begini caranya, yah akhirnya hutang kita makin menjadi bukit deh…

Agar hal ini gak terus berulang tiap bulannya, kita harus mengelola gaji bulanan kita dengan baik. Caranya gampang kok, yang penting kita punya niat dan usaha. Catet yah “niat dan usaha”  

Kalau gak ada niat dan usaha, kita gak akan bisa mengatur gaji kita dengan baik. Dan kehabisan gaji sebelum tanggal gajian bakal terulang lagi deh, gak mau kan begitu terus tiap bulannya?

Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar tidak kehabisan uang sebelum tanggal gajian datang.




1. Rencanakan Anggaran Bulanan

Buat rencana anggaran untuk kebutuhan kamu, tulis semua kebutuhan kamu setiap bulannya, agar kamu punya rencana yang jelas untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu, dan kamu dapat menekan keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu diperlukan. Selain menetapkan anggaran, kamu juga perlu mencatat dan mengumpulkan nota belanja setiap kali kamu berbelanja kebutuhan.


Hal ini akan membantu mengendalikan besaran pengeluaranmu, serta menekankeinginan untuk membeli hal-hal yang tidak tertulis di anggaran.


2. Bayar Hutang dan Tagihan

Sisihkan sebagian dari gajimu untuk membayar tagihan yang ada. Seperti tagihan listrik, tagihan telfon, biaya sewa rumah, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga harus membayar hutang yang belum kamu lunasi, entah hutang kepada kerabat atau cicilan kendaraan yang belum sempat kamu lunasi agar hutang tidak kian menumpuk setiap bulannya.


3. Gunakan Sebagian Gajimu Untuk Menabung

Tabung sebagian gajimu sebagai cadangan keuangan yang kamu miliki, untuk keperluan yang mungkin suatu saat bisa kamu gunakan dalam keadaan tertentu. Kalaupun keuangan kamu tidak memadai untuk menabung di bank, kamu bisa membeli celengan untuk menabung kembalian kamu atau bahkan kamu bisa menyisihkan uang Rp.20.000 atau Rp.10.000 untuk dimasukkan ke dalam celengan setiap harinya.



Tidak perlu beli celengan yang mahal, kamu bisa cari diskon di toko online seperti blanja.com yang dapat di akses di sini.  Dengan begitu, kamu dapat mencari celengan yang kamu inginkan dan menghemat pengeluaran karena biasanya blanja.com memberikan diskon pada barang yang dijual.


4. Investasi Untuk Masa Depan

Jika masih ada sebagian uang yang kamu miliki, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi. Berbeda dengan menabung, saat kamu Investasi, uang yang kamu simpan tidak bisa diambil seenaknya saja. Tapi, bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan yang kamu miliki.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan uang saat gajimu belum turun.


Yuk,mulai sekarang kita lakukan hal sederhana di atas. Karena, cukup mudah untuk mengelola keungan yang kita miliki saat ini, untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.


5 comments on "Hal–Hal Sederhana Agar Tidak Kehabisan Uang Sebelum Tanggal Gajian"
  1. Yang penting abs gajian langsung nabung hehehehe

    ReplyDelete
  2. Iya yang penting abis gajian , dana nya langsung di petak petak in biar ga kepake pake. Btw aku juga pengen punya celengan unyu di atas, tapi kayaknya udah terlalu unyu buat akuuu

    ReplyDelete
  3. Menyusun anggaran, aku masih keteteran, masih pakai managemen warung -_-

    ReplyDelete
  4. merencanakan anggaran... saya kadang bikin mbak, tp lebih sering melanggar anggaran yg sudah saya buat sendiri :D

    ReplyDelete
  5. Waduh sehubung saya banyak tagihan mbak, jadi gajihan pun harus segera di bayarkan mbak :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D