Samarinda dan Wisata Air yang Mempesona

| On
May 18, 2016

Source: http://data.1freewallpapers.com/download/island-coast-beach-trees-landscape-desktop.jpg


[ADV]

Ada yang sudah pernah ke Samarinda?

Jujur saya mah BELUM.

Ya walau belum pernah ke Samarinda, saya punya informasi bagus nih tentang kota Samarinda.

Samarinda adalah ibu kota Kalimatan Timur, namun belum banyak masyarakat yang memasukan kota Samarinda ini sebagai destinasi wisata mereka meskipun kota Samarinda ini ialah kota transit untuk menuju ke kepulauan derawan yang terkenal. 

Faktanya ada beberapa obyek wisata yang indah tak kalah dengan obyek wisata terkenal lainnya. 

Pulau Beras Basah 

Obyek wisata pertama yang akan di bahas adalah Pulau Beras Basah nama obyek wisata yang unik ini terletak di Bontang, Kalimantan Timur atau lebih tepatnya di Selat Makasar. 

Jika anda ingin peri kesini kira-kira anda membutuhkan waktu kurang lebih berkisar 3 jam dari kota Samarinda. Jauh memang bukan menjadi masalah, karena selama perjalanan yang anda tempuh, dijamin anda tak akan merasa bosan melihat keindahan Pulau Beras Basah dengan pasir putihnya yang terlihat seperti kilauan mutiara bersinar di terpa matahari dan air jernih yang berwarna kebiruan seakan mengajak anda untuk segera menceburkan diri anda dan bersantai di dalamnya. 
Pulau Beras Basah
Source:http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/09/Pulau-Beras-Basah.jpg


Tak hanya itu anda juga akan disambut dengan bangunan yang menjulang tinggi yaitu sebuah mercusuar tua yang tidak lagi dipakai. Bukan hanya indahnya pemandangan pasir putih dan pantainya yang aduhai tapi juga alam bawah lautnya yang mampu membuat anda berdecak kagum dan tak boleh di lewatkan. 

Transportasi yang bisa menjadi pilihan anda untuk kemari bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus AC yang mengarah ke Bontang dengan biaya sekitar 100.000 rupiah kemudian dari daerah bontang anda melanjutkan perjalanan untuk menuju pelabuhan Tanjung Laut dan naik kapal ke arah pulau beras basah dengan biaya tiket kapal sekitar 40.000 rupiah/orang atau jika anda ingin menyewa satu kapala dengan muatan 10 orang anda bisa membayar sebesar 400.000 rupiah atau 500.000 rupiah untuk antar sekaligus jemput.


Pulau Kumala 

Lain halnya dengan Pulau Beras Basah lain pula Pulau Kumala. Obyek wisata ini berada di Samarinda yang ada di tengah-tengah sungai Mahakam. Awal sungai ini terbentuk adalah dari pengendapan lumpur sungai dan jika kita lihat dari bentuknya akan terlihat seperti perahu terbalik. 

Pulau Kumala
Source: https://4.bp.blogspot.com/-5CRnYk-rwO4/VuY8LS9uXaI/AAAAAAAAMrs/wr7e_-VcAawgtO40iLYJzCV4vlgs5wtuw/s1600/Pulau%2BKumala.jpg

Lokasi yang satu ini hampir mirip dengan Taman Mini Indonesia di Jakarta karena Pulau Kumala ini merupakan gambaran kebudayaan kalimantan dimulai dari bangunan adat, candi serta patung lembunya. 

Tak hanya bangunan khas budaya kalimantan namun juga ada tempat rekreasi permainan modern diantaranya sky tower dengan tinggi 75 meter serta kereta mini dan juga kereta gantung, tak lupa ada juga komidi putar yang dijamin wahana-wahana ini akan membuat liburan anda menjadi lebih seru dan berwarna. 

Untuk menaiki wahana -wahana tersebut anda akan dikenai tarif 1.500-10.000 rupiah untuk setiap permainan. Bagi anda yang ingin berkeliling tersedia mobil wisata dengan tarif berkisar 4.000 rupiah/ orang namun jika jumlah penumpangnya tak mencapai 5 orang maka mobil ini hanya bisa disewa dengan biaya 20.000 rupiah. tak perlu khawatir lapar juga karena ada banyak tempat makan serta hotel bagi anda yang ingin menginap yang dapat anda pesan di sini  dengan situs Traveloka. 

Air Terjun Merah 

Air Terjun Tanah merah adalah obyek wisata di Samarinda yang berlokasi di Dusun Purwosari berkisar 14 kilometer dari Kota Samarinda. Lokasi obyek wisata ini sangat mudah ditemukan karena dapat diakses kendaraan umum, anda cukup naik angkutan umum dengan jurusan pasar Segiri hingga sungai Siring. 
Air Terjun Tanah Merah
Source:http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/09/Air-Terjun-Tanah-Merah.jpg

Air terjun ini cukup unik karena dengan ketinggian 15 meter anda akan melihat air ini mengalir dengan jernih dan bersih namun ketika jatuh dan menyentuh permukaan maka warnanya berubah menjadi keruh kemerahan dikarenakan sejenis gambut. 

Meski begitu obyek wisata ini ramai dikunjungi pada setiap masa liburan tiba. Bila anda hanya ingin menikmati pemandangan air terjun sambil berfoto - foto anda bisa bersantai di gazebo atau berwisata kuliner di tempat makan di sini. 

Tak perlu khawatir jika membawa anak kecil karena disini juga disediakan area untuk bermain anak kecil . Tiket masuk ke obyek wisata ini sendiri tak akan menguras kantong anda hanya 5.000 rupiah/orang dan tarif parkir 2.000 rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. 

Air Terjun Pinang Seribu 

Air terjun lainnya yang bisa di temukan di Samarinda adalah air terjun Pinang Seribu yang unik karena bentuknya yang seperti undakan tangga jadi bisa anda naiki. 

Air terjun ini berlokasi di kelurahan Sempaja Utara. Tak perlu khawatir berbahaya jika kemari bersama si kecil karena aliran air di sini tidaklah terlalu deras dan cukup aman. 

Air Terjun Pinang Seribu
Source: http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/09/Air-Terjun-Pinang-Seribu.png

Tak hanya bermain air anda juga bisa menyewa sepeda air dengan harga 15.000 rupiah dan mengelilingi danau buatan atau jika anda suka memancing maka anda bisa membayar sebesar 10.000 rupiah dan memancing sepuasnya tak perlu khawatir jika ingin berlama-lama disini karena ada banyak gazebo untuk tempat anda bersantai. 

Dengan tiket 5.000 rupiah anda sudah bisa menikmati percikan air terjun yang menyegarkan sambil bermain bersama keluarga anda. 

Sungai Mahakam 

Jembatan Mahakam
Source: wikipedia.org

Di sungai mahakam ternyata ada hewan mamalia air tawar yang populasinya mulai menurun dan terancam punah. Sungai mahakam ini adalah sungai terbesar di kaltim yang bermuaranya di Selat Makassar. 

Dengan panjang 920 km melintasi kabupaten di Kutai Barat sampai kabupaten di Kutai Kartanegara dan kota Samarinda. 

Pesut Mahakam ini sendiri juga menjadi hewan simbol dari kota Samarinda. Bagi anda yang sudah berlenggang ke kota Samarinda, banyak sekali hotel berbintang tiga yang berada di kawasan jalan Letjen S.Parman sudah menyiapkan tempat bagi anda menginap.


Gimana? Tertarik untuk traveling ke kota Samarinda?
12 comments on "Samarinda dan Wisata Air yang Mempesona"
  1. Mau-mau aja kalau ada yg ngajakin & dibayarin :D

    ReplyDelete
  2. waaa itu berass basahh di indonesiaa yahh?? AMAZINGGG sekaliiiiiiii ... mata langsung beninggg wuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bagus bagus bagus bagus

    ReplyDelete
  3. smaarinda emng ngangenin dehh, gak terlupakan

    ReplyDelete
  4. Saya pernah ke Samarinda. TApi urusan kerjaan. Belum ada kesempatan untuk eksplor kotanya. Pengen deh suatu saat ke sana lagi

    ReplyDelete
  5. Mau banget teh kesana :D
    Indonesia itu keren banget yah! :D

    ReplyDelete
  6. Hwidiii.. yang di Beras Basah airnya beniiing...seger liatnya..

    ReplyDelete
  7. Ternyata Samarinda indah juga yah, gak nyangka deh, semoga suatu saat bisa main kesana

    ReplyDelete
  8. Selama ini ngebayangin Samarinda itu panas, tapi ngeliat air terjunnya, kayaknya ada bagian Samarinda yan adem.

    ReplyDelete
  9. Huhuhhu aku suka enggak tahan kalau lihat pantai, itu pulau beras basah bikin pengen amat yak :3

    ReplyDelete
  10. Sudah beberapa kali ke Samarinda tp blom pernah ke obyek wisata ini hiks...
    Kayakny jauh2 nih jaraknya dr pusat kota Samarinda. Krn klo ke Samarind pasti dr Balikpapan jd hbs waktunya utk menempuh balikpapan ke Samarinda

    ReplyDelete
  11. Huah bening banget. Aku pengin ke Samarinda karena punya sahabat kental yg sekarang menetap disana. Tapi dia kok nggak pernah cerita ada yg bagus2 gini ya? Ceritanya pasti seputar kepiting soka & roti mantau heheee

    ReplyDelete
  12. dari jakarta bsa naik pswt dengan tujuan balikpapan dan semua maskapai sudah melayani penerbangan kesana.... kalo dri bandung cuma lion air menuju balikpapan...dari bandara sepinggan balikpapan bsa menggunakan taxi atau travel kangaro untuk bisa menuju samarinda/bontang.... waktu tempuh dari balikpapan ke samarinda adalah 3 jam,dan untuk ke bontang 6 jam

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D