Liburan Lebaran Ke Pulau Weh Bersama Cheria Halal Holiday

| On
May 05, 2017
liburan lebaran ke pulau weh bersama cheria halal holiday


Assalamu’alaikum

Hallo temans, apa kabarnya? Long weekend kemarin jalan kemana aja nih sama keluarga? Atau milih liburan di rumah sambil nyusun persiapan next holiday aja setelah Ramadhan alias Libur Lebaran?

Emang pas banget sih ya momentnya, liburan lebaran nanti itu bareng sama kenaikan kelas karena tahun ajaran baru akan dimulai, jadi kita masih bisa liburan bareng anak-anak juga. Anakku Kifah juga tahun ini Insya Alloh mau masuk SD setelah libur lebaran nanti.

Ngomongin libur lebaran, duh udah ngomongin libur lebaran aja, puasanya aja belum yaa *Disiram kolek pisang sama ibu-ibu se-komplek* hehe

Etapi gak apa-apa dong ya, namanya juga Emak-emak, baju lebaran, kue lebaran, libur lebaran udah dipikirin dari sekarang. Kenapa? Karena Emak memang manajer rumah tangga, selain mikirin diri sendiri, Emak juga harus mikirin anak dan suami juga kan?

Belum lagi mikirin mudik, THR pegawai atau ART, semuanya harus disiapin dengan matang dari sekrang, mengingat Ramadhan pun akan tiba kurang dari satu bulan lagi.

Kembali ke topik liburan.

Sebagai Ibu rumah tangga, libur lebaran itu jadi ajang refreshing banget. Kenapa? Karena di libur lebaran mah kita kita ini bisa menghela nafas sebentar, melipir dari rutinitas sehari-hari yang menguras energi jiwa dan raga.

Liburan bareng keluarga di hari libur lebaran itu memang vitamin dan nutrisi banget. Saat kumpul bareng, makan bareng, ketawa bareng, foto bareng, karena bisa jadi kita ketemu saudara sendiri itu ya setahun sekali itu, pas lebaran.

Tahu-tahu ponakan udah tambah gede, dan ada juga kakak sepupu yang udah gendong bayi aja, gak ngeh kapan hamil dan lahirannya. Hehe.

Saya sendiri biasanya sih liburan lebaran di keluarga besar suami di Bandung. Dan memang setiap lebaran, kami menyempatkan untuk berlibur sekeluarga di satu hari setelah Idhul Fitri.

Biasanya, Bapak yang suka ngajak liburan. Gak jauh-jauh dari Bandung sih biasanya. Kadang kita ke Tangkuban Parahu, Ciwidey, Situ Patengan, Kawah Putih, Subang, ya pokoknya masih sekitaran Bandung yang masih bisa terjangkau naik kendaraan pribadi.

Libur lebaran sekitar 3 tahun yang lalu di Floating Market Lembang, Bandung

Lagi pula, setiap libur lebaran, jalanan dan tempat wisata di kota Bandung penuh dan macet. Orang dari luar Bandung banyak sekali yang berwisata. Apalagi kawasan Bandung Utara seperti Lembang, Parongpong, dan Maribaya.

Banyaknya tempat wisata yang baru, menyedot pengunjung yang nggak sedikit dari luar Kota Bandung. Dan kami sebagai warga Kota Bandung sendiri kadang “malas” untuk keluar rumah karena gak mau terjebak macet di jalan.

Dilema ya.

Pernah sih Kakak Ipar punya ide.

“Gimana kalau libur lebaran atau libur akhir tahun kita jalan-jalannya keluar kota Bandung? Kita nabung dulu yuk dari sekarang.”

Sebenernya sih ini ide cemerlang, tapi ya gitu deh, ide tinggalah ide. Karena kurang kompak dan kurang punya tekad untuk nabung dan holiday keluar Kota Bandung, ide itu belum terealisasi hingga sekarang.

Hehehe.

Main Ke Laut

Wacana keluarga untuk main ke laut itu sebenernya udah lama, tapi yaitu tadi, belum terealisasi. Dan kita juga bingung sebenernya, dari Bandung itu enaknya main ke laut mana? Yang asik buat dipakai berlibur keluarga, bisa bawa anak kecil, dan alamnya masih indah.

Tapi jujur aja sih, awalnya saya gak suka suka banget main ke laut. Karena apa? Karena laut itu panasss dan ngeri kalau ada ombak besar. Apalagi anak saya aktif banget, parno aja deh bawaanya kalau mau ke laut, takut kepanasan dan takut anak kenapa-kenapa.


Maka dari itu, kami sekeluarga masih bimbang mau main kemana libur lebaran nanti. Yang lautnya friendly untuk keluarga kami. Supaya liburannya tenang, nyaman, dan anak-anak pun senang.

Akhirnya Ke Laut, tapi...

Akhirnya kita memang ke laut kemarin, tapi...

Berangkatnya sendiri-sendiri, hehehe.

Keluarga Kakak berlibur ke Bali, sedangkan saya dan suami berlibur ke Pulau Liwungan yang ada di kawasan Tanjung Lesung, ujung Barat Pulau Jawa.

Jalan di Pantai berpasir putih dan air lautnya bening banget gini bikin ketagihan loohhh
Siap-siap mau nyemplung ke laut buat snorkling

Nah, ini. Gara-gara kemarin “memberanikan diri” untuk pergi ke laut, saya justru malah KECANDUAN LAUT.

Ternyata laut Indonesia itu indah-indah, sejuk, ombaknya tenang, air lautnya biru jernih. Gak seburuk yang saya bayangkan sebelumnya.

Dan kalau saya punya impian untuk pergi ke laut lagi, saya akan memilih laut di Indonesia yang memiliki kepulauan dan laut yang masih sangat indah dan eksotik. Salah satunya adalah Pulau Weh yang terletak disebelah Barat Laut Pulau Sumatra.

Pulau Weh dan Tsunami

Ya, pertama mendengar nama Pulau Weh, hal pertama yang terbersit diingatan saya adalah bencana Tsunami yang memporakporandakan Aceh dan sekitarnya 13 tahun silam. Pulau Weh ini memang suatu kepualuan vulkanik yang berada di laut Andaman.

Pulau yang awalnya menyatu dengan Pulau Sumatra ini “akhirnya harus berpisah” karena suatu letusan gunung merapi di zaman Pleistosen.

Namun, setelah bencana Tsunami yang menewaskan ribuan orang itu berlalu, Pulau Weh justru menjadi sebuah destinasi wisata laut yang baru di Indonesia karena kondisi alamnya yang masih eksotik.

Selain itu, di Pulau Weh terdapat kota terbesar yaitu Kota Sabang, yang merupakan kota paling Barat di Indonesia. Jadi inget lagu yang suka dinyanyiin waktu SD nih.

Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau.
Sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia.”

Hayoooo, siapa yang barusan ikutan nyanyiii?

Ada Apa Saja di Pulau Weh?

Beberapa objek wisata yang bisa kita kunjungi di Pulau Weh diantaranya adalah:

1. Pantai Anoi Itam

Pantai berpasir hitam khas vulkanis. Pulau Weh memang memiliki gunung api yang aktif di tengah-tengah pulau. Terdapat pula Benteng pertahanan Jepang yang masih terjaga kelestariannya hingga sekarang.

2. Danau Aneuk Laot

Danau air tawar ini merupakan sumber air tawar dan PLTA bagi keseluruhan Pulau Weh. Kita bisa memancing dan melihat ikan ditambak di danau ini.

Pantai di Pulau Weh via pesonaindo.com

3. Pantai Sumur Tiga

Pantai ini termasuk pantai yang paling indah karena pasirnya yang putih dan air lautnya yang biru. Uniknya terdapat tiga buah sumur mata air tawar di sekitar pantai. Pantai ini masih sangat bersih, bebas pantai, dan masih sepi pengunjung.

4. Air Terjun Pria Laot

Air terjun setinggi 10 meter ini berasal dari aliran sungai Pria Laot yang bermuara di danau Aneuk Laot.  Masih banyak rimbunan pohon yang membuat air terjun ini sangat sejuk dan percikan airnya tidak terlalu deras, sehingga bisa membuat kita bisa bersantai di sini.

5. Pantai Gapang

Pantai Gapang adalah pantai yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan karena tersedia wisata diving dan snorkling yang lengkap. Di lepas pantainya terdapat titik hidrothermal yang mengeluarkan gelembung air panas di dalam air.

6. Pantai Iboih

Pantai ini tidak kalah jernih dari pantai yang lainnya, dan juga memiliki pasir berwarna putih. Di pantai ini juga tersedia banyak penginapan untuk wisatawan.

7. Pantai Rubiah

Pantai ini termasuk salah satu pantai yang paling indah karena di terdapat taman di bawah air tempat bertumbuhnya terumbu karang dan banyaknya ikan hias. Seperti ikan kakatua. Untuk menuju pantai ini, kita tinggal menyewa perahu dari pantai Iboih dengan lama perjalanan kurang lebih 15 menit.

8. Monkey Road

Monkey Road ini merupakan sebuah jalan yang dipenuhi oleh monyet liar. Jalan ini merupakan jalan yang mengarah kepada tugu nol kilometer di Utara Pulau Weh.

Tugu Nol Kilometer Indonesia via wisataa.com

9.Tugu Nol Kilometer dan Kilometer Tujuh

Tugu nol kilometer menjulang di sisi tebing setinggi 22,5 m diatas permukaan laut.  Tugu ini langsung menghadap ke Samudera Hindia, sehingga kita tidak bisa melihat daratan lagi sejauh mata memandang.

10.Pemandian Air Panas Keuneukai

Di Pulau Weh terdapat sumber mata air panas yang berasal dari gunung api aktif yang berada di tengah pulau.

Sumber: detik.travel

Liburan Lebaran Ke Pulau Weh Bersama #CheriaHalalHoliday

Di zaman yang semakin canggih dan modern, produktivitas dan mobilitas semakin tinggi dan cepat. Untuk berlibur saja misalnya, karena keterbatasan waktu dan mobilitas untuk mengurus segala keperluan holiday atau liburan, banyak biro jasa travel yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk kita menikmati liburan lebaran, liburan akhir tahun, ataupun liburan awal tahun.

Salah satunya adalah Cheria Halal Holiday dari Cheria Travel. 

Cheria Halal Holiday ini merupakan program atau paket wisata yang mengedepankan asas halal dalam setiap aktivitas berwisata baik di dalam dan di luar negeri yang ditawarkan oleh Cheria Travel demi kenyamanan dan “keamanan” para wisatawan, khususnya yang beragama Islam.

Saya jadi ingat, cerita sahabat saya yang pernah berwisata ke luar negeri. Ketika ia hendak pergi mencari makanan di luar penginapan, para pedagang yang melihat parasnya yang berbeda dari warga lokal kemudian berteriak-teriak:

“alal alal alal.” Para pedagang berteriak sambil menawarkan dagangannya.

“Alal?” teman saya mengatakan bahwa dia kebingungan.

“Alal, yes, this food alal.”

“Ohh, Halal?” tanya teman saya itu kepada pedagang.

“Yes, Halal.”

Dari situ dia mengerti bahwa semakin ke sini, makanan dan minuman halal semakin di cari oleh wisatawan, mereka tidak ingin asal makan dan minum di negeri orang.

Menu Makanan saat berwisata harus diperhatikan kehalalannya ya.

Jangan sampai ada zat haram masuk ke tubuh kita.

Tapi lain cerita ketika ia mengunjungi negara lain, teman saya bercerita bahwa ia tidak sengaja memakan makanan yang tidak halal karena sang pedagang tidak jujur.

Pedagang makanan mengatakan bahwa makananya tidak mengandung zat yang diharamkan, tapi setelah ia makan dan merasakan ada hal yang aneh, pedagang tersebut bercerita bahwa di dalam makanan itu memang mengandung daging hewan yang tidak halal.

Semenjak itu, teman saya yang senang berwisata ke luar negeri itu selalu kerepotan untuk memilah dan memilih makanan yang tidak terkontaminasi oleh zat yang haram barang sedikitpun.

Hal ini tentunya memberikan gambaran kepada kita akan pentingnya menu halal saat kita melakukan wisata ke seluruh penjuru dunia. Agar tubuh kita terbebas dari zat haram yang suatu saat akan dimintai pertanggung jawabannya di yaumil hisab nanti.

Fatwa MUI tentang Wisata Halal

Melihat pentingnya unsur halal dan haram dalam segala aktivitas muslim dan muslimah, termasuk saat berwisata, Majelis Ulama Indonesia atau MUI memberikan panduan lewat Fatwa yang dikeluarkan, yaitu Fatwa Dewan Syari’ah Nasional Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syari’ah.

Yang intinya bahwa penyelenggaraan wisata harus berprinsip pada aturan syariat Agama Islam baik dari segi makanan, minuman, penginapan, dan apapun yang terkait dengan perjalanan wisata.

Baca lengkap Fatwa MUI mengenai Wisata Halal di sini ya.

Untuk itu, sangat penting bagi kita kaum muslim di Indonesia yang memang telah terbiasa dengan menu makanan, minuman, zat atau benda yang halal, lebih aware lagi terhadap halal dan haram ketika melakukan perjalanan wisata, jangan sampai “kebablasan” dan akhirnya merugikan diri sendiri.

Jika kita berwisata, alangkah baiknya kita memilih travel agent yang mensupport wisata halal. Agar  liburan kita jadi nyaman dan tidak was was akan zat yang masuk ke tubuh kita, atau kita gunakan saat dalam perjalanan.

Oia, For Your Information.

Cheria Travel ini tidak hanya memberikan paket wisata ke Pulau Weh, tapi masih ada paket wisata lainnya yang tentunya membuat saya kepingin nabung secepatnya.


Jujur saja, dua negara ini adalah negara yang sangat ingin saya kunjungi suatu saat nanti.

Libur Lebaran Bersama Cheria Halal Holiday


Liat sunset dan sunrise itu bikin hati adem
Sekaligus merenungi ciptaanNya

Keinginan besar saya untuk kembali melihat laut dan pantai berpasir putih mudah-mudahan bukan hanya mimpi di siang bolong, semoga suatu saat nanti, saya bisa menjejakkan kaki, menapaki lepas pantai di kepulauan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Apalagi kalau liburan lebaran kali ini saya bisa ikut bersama Cheria Halal Holiday berwisata ke Pulau Weh. Maka nikmat mana yang bisa saya dustakan?

Mau denger cerita saya lebih seru lagi? Yuk nonton video dari Channel Youtube @tettytanoyo




47 comments on "Liburan Lebaran Ke Pulau Weh Bersama Cheria Halal Holiday"
  1. Waaah mupeng jadi pengen ke Pulau Weh 😍 bagus tulisannya, ty 😊

    ReplyDelete
  2. Kami sekeluarga juga suka banget ke laut. Membaca tulisan ini bikin kita jadi pengen ke sana. Semoga ada rezeki bisa liburan ke aceh.

    ReplyDelete
  3. wah jadi ngiri bun,
    pulau weh emang kerennnn!!

    apalagi agen travel nya cheria wisata halal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, takut kalau dpt makanan yg gak halal kan, mending cari aman

      Delete
  4. Wah jadi mau liburan ke Pulau Weh nih. Aku masih gak berani jauh2 hehe.

    ReplyDelete
  5. Kenal pulau Weh tu dari buku geografi aja, pasti asyik kalau bisa kesana dan memekakkan kaki di Kota sabangnya😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, penasaran gimana rasanya ada di ujung barat Indonesia ya

      Delete
  6. Dari jaman kecil sampe punya anak 1 sering bgt liburan ke laut. Terakhir ke ujung genteng 2th lalu. Liburan ke pulau weh kudu nabung nih dr jauh hari... Secara nyebrang jauhan... Hihi

    ReplyDelete
  7. Pulau weh bagus ya ternyataa,aku gk kepikiran sama sekali berkunjung ke daerah paling barat diindonesia ini.
    Ternyata bnyak twmpat wisatanya yg bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo warga Ciamis kita ke pulau weh..

      Delete
  8. Aku juga suka banget tanjung lesung mak. Sudah 2 kali kesana masih pingin balik lagi.

    Oh ya, kl jalan2 amannya kita cari menu seafood. Insya allah halal, asal jangan mengandung bahan2 yang diharamkan seperti tambahan wine misalnya.

    Semoga lombanya menang yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau ke laut asiknya makan sea food, bener bgt ngerinya saus atau bumbunya dicampur arak atau wine ya

      Delete
  9. Saya jarang main ke laut. Padahal kan asik bisa main air :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun mbak, jarang ke laut bgt, tapi pas kemarin ke pulau liwungan, eh jd ketagihan

      Delete
  10. aceh...wilayah ujung barat Indonesia yg pingin bgt saya kunjungi

    ReplyDelete
  11. aceh...wilayah ujung barat Indonesia yg pingin bgt saya kunjungi

    ReplyDelete
  12. Selain pulau weh aku penasaran sm titik nol kilometer dan museum tsunami nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak bener, aku pun penasaran sama museum tsunami di aceh

      Delete
  13. wah, banyak juga ya lokasi wisata di pulau we

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Milda, pantainya keren2 nih, mupeng

      Delete
  14. enak ya kalo ngajakin keluarga kemari liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, maunya sekeluarga ke sana :)

      Delete
  15. Mupeng sama pemandangan ma kulinernya. :D Semoga suatu saat aku bisa mengunjungi sebelah paling barat Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn.. semoga bisa liburan ke pulau weh ya Mbak :)

      Delete
  16. Ke Provinsi Aceh salah satu wishlist saya nih. Satu-satunya provinsi yg belum dikunjungi di pulau Sumatera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau aku belum pernah ke sumatera mbak, hehe

      Delete
  17. Aih, jadi mupeng jalan-jalan di Pulau Weh. Wheleh2 :D

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. Makasih Mbak Relinda sudah mampir ke Blog :)

      Delete
  19. Belum pernah ke pulau weh :(
    aku pengen jalan2 hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo yok jalan ajak abim sama aldebaran, bocil2 pasti bahagia diajak ke laut :)

      Delete
  20. Kapaaaanlah ya mbak, bisa halan2 ke luarnegri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdoa yg kenceng yuk Mak, sapa tau dpt rezeki keluar negeri haratisss

      Delete
  21. Pengen banget deh ke Tugu Nol Kilometer Indonesia.
    itu tuh kalo di instagram banyak banget yang posting disitu aih jadi kepengen :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emejing bgt kalau bisa ke titik nol km indonesia :D

      Delete
  22. semoga suatu saat aku bisa ke ujung barat Sumatera itu...

    ReplyDelete
  23. ujung utara Indonesia, sayapun mauuuu, laut Indonesia memang cantik, eh itu kok liburan ke lautnya jadi misah sih hehe

    ReplyDelete
  24. aku jg mupeng ke Pulau Weh teh..btw laut emang bikin candu yah, pdhal honestly awalnya aku lbh suka gunung :) Skrg jadi imbang, wkwk

    ReplyDelete
  25. View pantainya awesome banget :-) Masya Allah..
    cerah pula langitnya..

    ReplyDelete
  26. Aku sih sebenernya nggak terlalu suka ke pantai, tapi kalo liat airnya yang bening gitu jadi pengen jugaaaa... Wehehehehee.. Apalagi kalo liburannya udah ditanggung halal yaaa, makin happy deh!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D