Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita

| On
August 23, 2017
Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita

Assalalamu’alaikum.

Hello my lovely readers!

Seperti biasanya, hari Rabu, saatnya saya menulis informasi seputar dunia blog di label Blogging Seru.

Kali ini, saya punya informasi blogging yang spesialll bangettt. Karena informasi dan pengetahuan seputar Blogging langsung saya dapat dari seorang Lifestyle Blogger yang sudah dikenal oleh hampir semua blogger di Indonesia, khususnya blogger perempuan.

Siapa lagi kalau bukan Andra Alodita.

Cung, siapa nih yang belum kenal sama Andra Alodita? Kalau memang belum familiar dengan Andra Alodita, boleh deh kamu main ke blognya yang keren, dan fotonya bikin meleleh abisss.

Klik aja www.alodita.com yaa.

Supaya memudahkan membaca tips menulis kreatif untuk blogging dari Andra Alodita, saya buat daftar Q and A untuk tiap tipsnya. Oke?

Q: Sejak kapan sih Mbak Andra ini ngeblog?

A: Dulu itu awalnya waktu memutuskan berhenti dari pekerjaan utama aku sebagai fotografer wedding. Suami nyaranin supaya aku ngeblog untuk mengisi waktu di rumah.

Q: Awalnya blog Mbak Andra itu tentang apa?

A: Blog aku itu sebenernya aku pakai untuk jadi semacam jurnal atau portofolio dari hasil karya fotografi aku. Jadi, dulu isinya emang banyaknya ya foto-foto ketimbang tulisan.

Q: Gimana sih Mbak Andra, cara untuk menangkap sebuah ide untuk ngeblog?

A: Ide itu banyak banget, bertebaran dimana-mana, cuman bagaimana kita aja mau menangkapnya atau ngga. Kalau aku lebih seneng menangkap ide dengan menuliskan ide itu di dalam jurnal atau buku catatan. 

Jadi, aku kemana-mana itu selalu bawa jurnal atau buku catatan di dalam tas. Ketika ada ide, langsung aku tulis manual dulu di buku itu. Dan nanti akan aku tuangkan dalam blog.

Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita
Foto dari blognya Andra Alodita


Q: Kayaknya Mbak Andra itu emang passionnya ngeblog ya? Ada kebiasaan-kebiasaan yang suka Mbak Andra lakukan gak buat ngisi konten blog setiap hari?

A: Iya bener, aku suka banget blogging. Maka dari itu, setiap hari aku usahakan minimal menulis itu 3 halaman. Menulis apapun ya, bebas. Yang penting harus disiplin nulis setiap harinya.

Q: Mbak Andra kenapa sih nulisnya harus manual? Kan sekarang ada gadget?

A: Beda aja ketika kita menangkap ide kemudian di tulis manual, dan kemudian dituangkan ke blog. Biasanya kalau pake gadget itu setelah diketik di dalam notes di gadget, cepet lupa dan ditinggalin gitu aja deh.

Q: Kadang kita gak percaya diri sama tulisan saya sendiri, jadi ragu untuk tekan tombol publish, itu gimana Mbak Andra?

A: Awalnya menulis emang sulit ya, ada rasa gak puas terhadap tulisan kita sendiri. Takut salah lah, takut kurang, bahasanya kok gak ngalir, bacanya gak enak lah, pokoknya banyak keraguan dari diri kita sendiri.

Kuncinya adalah latihan, latihan, dan latihan. Semakin kita sering menulis, kita akan terbiasa dan terlatih untuk menulis dengan baik dan enak dibaca. Satu lagi, jangan pernah membandingkan diri kita dengan orang lain!

Tulisan blog orang lebih bagus, lebih enak dibaca, trus kita jadi minder dan baper. Jangan sampai kayak gitu, kita gak boleh membandingkan diri kita terus, karena gak akan pernah ada habisnya, dan kita jadi terpenjara sendiri akhirnya.
Q: Kadang kita kehabisan ide dan bingung mau nulis sesuatu yang kreatif, solusinya gimana Mbak Andra?

A: Maksimalkan indera yang ada di tubuh kita. Indera pendengaran, penglihatan, peraba, pokoknya semua harus dimaksimalkan untuk membaca apa yang terjadi di sekitar kita. Kita harus mengasah indera-indera tersebut supaya diri kita makin sensitif dan juga kreatif melakukan sesuatu.


Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita
Quotes dari Mbak Andra Alodita


Q: Mbak Andra pernah bosen ngeblog gak? Biasanya kalau bosen gimana ngatasinnya?

A: Waah itu sih pernah banget, dan itu hal yang biasa dan manusiawi sekali. Jadi, gak apa kalau suatu waktu ada kalanya kita bosen ngeblog.

Kalau aku biasanya akan mencoba melakukan hal-hal yang gak biasa aku lakukan ketika bosan ngeblog. Misalnya, nonton film yang gak aku suka genrenya. Atau baca buku yang temanya gak kita banget. Baru-baru ini aku baca buku tentang pembunuhan loh, hehehe.

Tapi dari situ lah kadang ada ide muncul dan akhirnya semangat untuk ngeblog dan berkreatifitas itu datang lagi.

Intinya sih, ketika bosan ngeblog, coba lah melakukan hal baru, hal yang belum pernah kita lakukan. Biasanya itu akan jadi trigger lagi buat kita untuk mulai menulis blog lagi.

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Menjangkiti Blogger

Q: Mbak Andra punya manajemen waktu ngeblog gak di rumah?

A: Iya, aku biasanya menulis di pagi hari. Dan aku membedakan antara waktu menulis, mengetik, mencari referensi, mengedit foto. Pokoknya aku melakukan hal itu dalam waktu yang berbeda-beda. Gak sekaligus dalam sebuah postingan aku nulis juga, milih foto juga, cari referensi juga. Jadi, ada waktunya masing-masing.

Pernah loh, aku nulis 9 tulisan dalam waktu 1 minggu dengan cara seperti ini, dan menurut aku cara seperti ini efektif untuk aktivitas blogging aku.

Q: Gimana sih Mbak Andra, supaya blog kita banyak yang baca dan dikenal banyak orang?

A: Intinya sih kita harus punya konten yang unik dan asli dari diri kita. Jangan takut untuk menggali dan mengeksplor diri, “apa sih keunikan kita?” Kuncinya adalah terus menulis, terus berlatih, jangan cepat puas, dan suatu saat nanti kita akan menemukan sendiri keunikan dari diri kita. Semuanya hanya soal waktu aja kok.

Q: Kalau lagi gak ada ide nulis, solusinya gimana nih Mbak Andra?

A: Coba tulis artikel blog kita dengan cara yang beda. Misalkan, wawancara orang lain, atau kita hanya mengupload foto yang banyak dengan caption yang singkat-singkat. Banyak cara unik dan kreatif untuk kita tetap bisa menulis di blog walau sedang kehabisan ide sekalipun.

Q: Kalau saya baca blog Mbak Andra nih, kok udah ada semacam gaya bahasa yang khas banget. Sekilas tuh udah hafal, ini pasti yang nulis Mbak Andra. Itu gimana Mbak?

A: Untuk menemukan gaya menulis kita perlu waktu dan latihan terus menerus. Aku juga dulunya merasa tulisanku belum sistematis, kurang enak dibaca, tapi seiring berjalannya waktu dan latihan terus menerus menuli, menulis, dan menulis, akhirnya gaya tulisan itu aku temukan dengan sendirinya.

Q: Tapi kok Mbak Andra kayak yang enak banget sih tulisannya? Ada rahasianya gak?

A: Aku menulis itu seakan aku menulis jurnal pribadi, jadi aku tuh kayak lagi cerita sama diriku sendiri atau lagi cerita ke temen. Ketika nulis, ya aku bayangin aku lagi cerita aja nih ke temen. Makanya aku pilih bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

Q: Kalau pilihan Mbak Andra dalam memilih gaya bahasa bercerita, seperti saya, gue, aku, itu gimana?

A: Kalau aku sih milih gaya bahasa yang nyaman aja buat aku gunain. Misalkan, “Andra mau makan.” “Gue mau makan.” “Aku mau makan.” “Saya mau makan.” Dan akhirnya ketika aku pikirin, yang paling pas dan nyaman untuk gaya bahasa di blog itu ‘saya’. 

Yaudah deh akhirnya pakai ‘saya’ untuk gaya bahasa di blog.

Baca juga: Saya, Aku, Gue dan Niche Blog

Q: Gimana sih Mbak Andra, supaya kita mudah menulis dan menemukan keunikan kita?

A: Buatlah sebuah mind map untuk blog kita sendiri, supaya ada arahan blog kita ini mau dibawa kemana. Dan setelah tahu arahnya, kita juga jadi bisa melihat di bagian mana yang harus kita eksplor dan ditambah dengan sentuhan keunikan kita sendiri.

Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita
Membuat mindmap adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Andra Alodita untuk menulis konten dalam blognya


Q: Sekarang kan lagi rame Vlog atau Vlogging. Mbak Andra ikutan jadi Vlogger juga gak?

A: Karena aku sangat suka menulis, jadi aku lebih suka blogging. Selain itu, blog aku pakai untuk mempublish hasil karya foto aku, karena aku udah cinta banget sama fotografi dan gak mau itu hilang. Vlog biasanya untuk nambah-nambahin aja sih, bukan yang utama. Yang lebih suka vlog itu suami aku sendiri. Jadi ya bagi tugas aja, aku blogging, suami aku vlogging.

Q: Mbak Andra, sebagai blogger kan kadang kita dapet tawaran untuk mereview produk. Gimana caranya agar bahasanya tidak seperti sedang promo atau berjualan?

A: Kalau aku sih ketika mereview produk itu seperti lagi cerita aja ke temen. Semacam “Eh, ini aku abis coba produk baru, coba deh.” Lebih ke story telling aja. Dan aku pun bercerita apa adanya, gak perlu dibuat-buat.

Q: Kalau misalnya kita mereview produk, tapi produknya gak kita suka, atau gak cocok, itu gimana Mbak Andra?

A: Aku termasuk yang picky banget memilih produk yang aku review. Ketika ada brand yang menawarkan produk untuk aku review, biasanya aku minta untuk mencoba produk itu sebulan sebelum bener-bener aku review. Jadi, kalau gak cocok ya udah, aku gak mau review.

Q: Apa lagi nih Mbak Andra, tips buat para blogger supaya nulisnya makin kreatif?

A: Jangan lupa juga, sebagai blogger kita pun harus banyak baca buku. Menggali banyak informasi dan ilmu pengetahuan agar ide semakin bermunculan dan kita semakin kreatif dalam menulis blog.

***

Hwaa, seru ya jawaban-jawaban dari Mbak Andra Alodita. Semakin menginspirasi dan membuka pengetahuan kita seputar blogging dan caranya untuk selalu bisa menulis dengan konten yang unik, original, dan kreatif tentunya.

Sebelumnya, ada yang bertanya-tanya gak? Gimana caranya dan kok bisa sih ketemu sama Mbak Andra Alodita?


Para Blogger berfoto bersama Mbak Andra Alodita 


Oke, saya jawab dengan berterima kasih kepada Tinkerlust yang sudah memilih saya dan memberikan kesempatan menjadi bagian dari Creative Writting for Blogging with Andra Alodita yang diselenggarakan oleh Tinkerlust Supported by Wardah Kosmetik.



Alodita adalah salah satu Mama Blogger favorit saya. Selain gaya bahasa ngeblognya yang enak, santai, kaleum tapi ngena, foto-foto di blognya pun bikin saya "ngeces" kalau lagi baca postingannya. Yaps. Alodita adalah Mama Blogger yang pas untuk menjadi guru dan inspirasi ngeblog bagi saya. Semoga saya terpilih bertemu alodita ya @tinkerlustid #TinkerlustTalkXAlodita . . 😊😊😊 . . . #Repost @tinkerlustid with @repostapp ・・・ Hi, ladies! Have you had any plan for next weekend? If you haven’t, you better mark your calendar right now as next week, Tinkerlust teams up with one of Indonesia’s most-loved lifestyle blogger, Andra Alodita (@alodita) for our #TinkerlustTalk this month. In this special event, Andra Alodita will share some of her tips and tricks about creative writing for blog and also her personal experience as a blogger! To join this month’s #TinkerlustTalk, here are some steps you will have to follow: 1. Follow @tinkerlustid and @alodita 2. Repost this photo and make sure your account is not private 3. Explain in the caption why you really want to join this event with the hashtag #TinkerlustTalkXAlodita 4. Send an email to marketing@tinkerlust.com with subject “Tinkerlust Talk with Alodita” and write your full name, no. hp, Instagram account, and your BLOG URL (blogspot, wordpress, tumblr, medium, etc. All are acceptable) Deadline: August 14th 2017 Good luck, ladies! #TinkerlustTalkXAlodita
Sebuah kiriman dibagikan oleh Tetty Hermawati (@tettytanoyo) pada

Acaranya dilaksanakan di Kinosaurus Kemang Jakarta Selatan pada tanggal 19 Agustus 2017 kemarin.

Tinkerlust.

Udah tau belum apa Tinkerlust itu?

Tinkerlust adalah sebuah marketplace yang khusus menjual barang branded preloved dengan harga yang terjangkau. Selain bisa membeli barang branded preloved di Tinkerlust, kita juga bisa menjual barang branded preloved kita via Tinkerlust.


Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita
Tampilan web Tinkerlust

Pihak Tinkerlust sendiri yang akan mengkurasi barang preloved yang akan kita jual, sehingga harganya pun akan sesuai dengan barang dan minat para pembeli terhadap barang itu.


Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita
Banyak barang branded preloved yang bisa kita pilih

Andra Alodita pun mengaku menjadi salah satu orang yang terbantu dengan adanya Tinkerlust. Ia pernah menjual barang-barang prelovednya yang sudah tidak terpakai, hanya dipakai untuk foto atau memang gak terpakai sama sekali di Tinkerlust.

Mau lebih tau tentang Tinkerlust?

Klik: www.tinkerlust.com
email: hello@tinkerlust.com
Instagram: @tinkerlustid
Twitter: @tinkerlustID


Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita
Thank You Tinkerlust dan Wardah Kosmetik

Baca juga: Review Wardah White Secret

Terima kasih Tinkerlust dan Wardah Kosmetik yang sudah menyelenggarakan dan mendukung acara ini, dan pastinya acaranya sangat bermanfaat untuk kami para blogger.




See you di postingan tentang blogging selanjutnya yaa.



18 comments on "Tips Menulis Kreatif Untuk Blogging Dari Andra Alodita"
  1. Makasih ya mba udah berbgi hasil wawancaranya. Krn saya blogger pemula. Jdi saya baru dengar namanya hee

    ReplyDelete
  2. wah bermanfaat banget tulisannya, makasiy yaa

    ReplyDelete
  3. Bener.. aku juga kalo nemu ide, di catet dulu di buku kecil. Kemana2 masih suka bawa. Noted! Mamacii blogger fav akuu 😘

    ReplyDelete
  4. Saya sdh berkunjung ke blognya mbak alodita, nice banget blogna....

    ReplyDelete
  5. Halo, Mak.
    bermanfaat sekali ilmunya.
    Saya sering banget kalau mau publish artikel suka ragu-ragu. Percaya dirinya belum benar-benar mateng. hehe...

    ReplyDelete
  6. wahh seru banget yaa mba. bisa nambah ilmu dari selebblog

    ReplyDelete
  7. Saya malah tau nama mbak Alo dari IG. Hehe...fotonya bagus2...ternyata emang fotografer toh
    Seru yaaa kalau blogging dsertai kecintaan menulis. Hasilnya maksimal. Semoga saya jg bisa sepertinyA

    ReplyDelete
  8. Aaaaaak seru bangeeeet. Aku gak kepilih nih kemarin.. Uhuhuuu. Tapi gara gara baca tulisan ini jadi bisa menyerap ilmunya malo juga deh. Makasi sharingnyaya mak Tetty <3

    ReplyDelete
  9. Sukaaa banget tulisannya Teh Tetty.
    Makasih sharingnya ya, aku jg suka Alodita dan tambah suka setelah baca tulisan ini, ilmu banget.

    ReplyDelete
  10. Waah banyak banget ilmu dari tulisan ini, jujur aku baru tahu andra alodita #kemanaajague
    Jadi penasaran juga sama blognya mbk Andra.

    ReplyDelete
  11. wah mantap sekali tipsnya...bisa dipelajari nih,,,

    ReplyDelete
  12. Banyak membaca memang nambah refrensi kita dalam ngeblog ya. Misahin waktu antara nulis, ngedit foto dll penting tuh. Biar ga bentrok idenya.

    ReplyDelete
  13. Alodita emang inspiratif, nggak bosan baca blog-nya berulang-ulang.

    ReplyDelete
  14. Alodita emang inspiring selalu.,,

    ReplyDelete
  15. Sebetulnya saran yang diberikan Alodita gak banyak berbeda dengan saran dari blogger-blogger lain yang juga sudah berpengalaman. Tapi memang betul banget kalau semua itu kuncinya adalah banyak latihan. Gak mungkin tiba-tiba instant bisa menemukan bagaimana gaya menulis yang pas dan unik bagi diri sendiri dan disukai pembaca

    ReplyDelete
  16. Wah, harus dicamkan baik-baik nih biar blog kita makin nge-heits :)

    ReplyDelete
  17. penjelasannya mantep banget, saya malah jadi termotivasi apalagi bagian pencarian ide dan waktu penulisan. Sama seperti mbak andra, saya suka menulis di pagi hari tapi publishnya malah malam hari di weekend. Kalau riset saya biasanya perlu waktu 3 hari biar jadi bahan tulisan, kenapa lama? soalnya saya suka mencari sesuatu hal yang berbeda. Untuk tulis manual, saya gak begitu kompeten tapi sering bawa note gitu buat tulis poin-poin ide aja.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D