Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya

| On
November 27, 2017
Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Sumber foto: new.indotrading.com

Saya sebenernya tipikal orang yang males komplain kalau nemu produk yang gak sesuai dengan ekpektasi, cacat, rusak atau gimana.

Saya lebih milih “oh, yaudah.” Mungkin bukan rezeki, atau mungkin karena amal-amalan, yelah anaknya pasrahan amat ya. Tapi emang bener sih, saya jarang banget yang namanya komplain atau apalah, even itu beli ke temen atau tetangga. Saya mah lebih milih diem dan menerima takdir, mwahaha.

Tapi, semenjak mengenal dunia blogging, sosmed, dan sering berkomunikasi dengan orang lain via email atau social media, saya jadi merasa biasa untuk ngomong, mengutarakan pendapat, bahkan untuk urusan komplain.

Dulu pernah saya komplain terhadap layanan PLN di rumah lewat twitter dan email, alhamdulillah ditanggapi dan langsung ditangani oleh pihak PLN perihal kerusakan listrik di rumah saya.


Dan kali ini, tepatnya beberapa waktu lalu sih. Saya mendapatkan produk susu milik Ultra Jaya yang tidak sesuai dengan standar produk mereka.

Ya intinya sih biasanya saya beli susu ultra itu enak dan baik aja kondisinya, eh kemarin itu saya beli susu ultra 250ml dengan kondisi susunya menggumpal kecil-kecil dan sudah berasa asam.

Beli di Warung Tetangga

Saya biasa kok beli susu ultra di warung tetangga. Pertama, karena praktis dan cepet, kalau ke mini market jauh dan harus antri di kasir. Kalau ke warung tetangga bisa langsung ambil dan bayar, jaraknya ga jauh dari rumah pula.

Dan seperti pada pembelian saya sebelum-sebelumnya, produk yang saya beli semuanya baik saja dan rasanya enak. Saya, Kifah, dan Aldebaran sering beli susu ultra jaya rasa coklat di warung tetangga itu, hampir setiap hari.

Sampai waktu itu saya minta Kifah beli susu ultra jaya rasa coklat ukuran 250ml, sebanyak 3 kotak. Dan ketika Kifah mau minum susunya, dia bilang “Ummi, ih kok susunya udah basi.”

“Ah, masa?” tanya saya ke Kifah.

Kifah langsung gak mau minum susunya, dan dia kasih kotak susunya ke saya.

Saya penasaran dong, kenapa kok bisa gak enak rasanya. Saya bukalah kotak susu ultra itu pakai gunting. Dan ternyata memang isinya sudah menggumpal kecil-kecil dan baunya udah gak terlalu enak.

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Kotaknya saya gunting

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Susunya sudah menggumpal kecil-kecil gitu, baunya pun udah gak enak

Komplain Ke Ultra Jaya

Awalnya saya gak ada niat buat komplain, biasa kan prinsip saya mah “udahlah, mungkin emang bukan rezekinya.”

Tapi kok saya penasaran, pengen ngomong ke pihak ultra jaya soal masalah susu yang saya beli ini. Yaudah deh, akhirnya saya chat ke Facebook Fanpage ultra jaya.

Ketika saya chat gak langsung dibalas sih, karena emang waktu itu hari Minggu juga, adminnya lagi libur mungkin ya. Dan entahlah saya lupa, akhirnya dapat balasan dari admin social media susu ultra.

Jawabannya adalah saya diminta email langsung ke bagian Customer Service ultra jaya untuk melakukan pengaduan.

Hmm, sejauh ini sebenernya saya udah pengen selesai aja sih. Gak pengen email CS ultra jaya. Tapi lagi-lagi, saya penasaran.

Saya email lah CS ultra jaya, saya tulis keluhan saya soal produk susu ultra jaya yang saya beli itu. Gak lama juga sih, ternyata email saya dibalas oleh pihak ultra jaya.

Singkat cerita saya email-emailan dengan pihak ultra jaya, dan berujung pada pihak ultra jaya akan mengambil susu yang rusak itu ke rumah saya.

What, mau diambil ke rumah toh? Kirain mau udahan aja gitu setelah laporan.” Pikir saya waktu itu.

Pihak Ultra Datang Ke Rumah

Setelah saya kirim data diri dan alamat rumah, akhirnya pihak ultra jaya datang ke rumah saya. Siang-siang setelah sholat Jum’atan kalau saya ga salah inget.

Seorang Bapak dari ultra jaya datang ke rumah menggunakan mobil berwarna putih. Beneran deh, saya kira ultra jaya gak akan sejauh ini nyamperin ke rumah buat ambil produk mereka yang rusak, tapi ternyata mereka memang mendatangi dan mengambil setiap keluhan konsumen terhadap produk ultra jaya.

Salut juga sih, ultra jaya mau menyambangi konsumen mereka satu-satu, demi menjawab keluhan dan meningkatkan kualitas produk mereka.

Setelah memberikan produk susu ultra yang rusak itu, dan ngobrol kurang lebih 15 menit, saya berkesimpulan bahwa ultra jaya tanggap dan responsif terhadap keluhan pelanggannya.

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Bingkisan dari ultra jaya, sebagai permohonan maaf
Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Dapet 6 kotak susu ultra UHT @250ml


Saya nanya-nanya, apakah banyak konsumen yang mengadukan masalah yang sama seperti saya? Bapaknya jawab, kalau ia sering menangani kasus seperti ini di wilayah Jabodetabek. Dan memang setiap minggunya ada 2-3 kasus seperti ini.

Bapaknya pun bilang, kalau kita beli di supermarket biasanya ada fasilitas komplain di supermarket tersebut, jadi kita bisa komplain langsung di supermarket tempat kita beli produk ultra, jika memang produknya tidak sesuai harapan.

Dan kalau teman-teman pernah mendapatkan produk ultra jaya yang tidak sesuai standar, bisa banget email ke ultra jaya ke customer_care@ultrajaya.co.id

Jangan buang produk yang kamu beli ya. Simpan kemasan dan juga isi yang ada di dalamnya, karena nanti pihak ultra jaya akan ke rumah untuk mengambil produk susu yang rusak itu, dan beberapa minggu kemudian, ultra jaya akan mengirimkan hasil uji laboratorium terhadap produk yang rusak tersebut.

Dan pada tanggal 6 November 2017 kemarin, pihak ultra jaya mengirimi saya surat hasil uji laboratorium tersebut. Hasilnya adalah ada kebocoran kecil/micro leaking yang terjadi pada kemasan susu yang saya beli tersebut.

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Surat dari Ultra Jaya

Kebocoran kecil itu bisa terjadi karena gigitan binatang seperti semut atau kecoa, atau bisa jadi kesalahan penanganan ketika proses pengiriman barang.

Dan kebocoran kecil itulah yang membuat susu ultra di dalam kemasan jadi terkontaminasi oleh bakteri dari luar.

Jadi, seperti itu ya ternyata pemirsah.

Kesimpulannya, yelah pake kesimpulan segala, haha.

1.Jangan ragu kirim email ke ultra jaya kalau ada keluhan atau masalah di produknya yang kita beli.

2.Jangan buang kemasan dan isi kemasan produk ultra jaya yang rusak/tidak sesuai standar tersebut.

3.Kalau kita beli di supermarket, sebenernya kita juga bisa komplain ke supermarket tempat kita membeli produk ultra jaya.

4.Ultra jaya tanggap dan responsif terhadap keluhan konsumennya, two thumbs up.

5.Semoga setiap masukan dari konsumen bisa menambah kualitas semua produk dari ultra jaya.

Semoga kedepannya ultra jaya semakin baik produknya dan semoga saya gak dapet lagi produk yang gak sesuai standar. 

Karena pas dapet produk yang rasanya gak sesuai itu cukup ngagetin, Kifah sampe teriak bilang susunya rasanya gak enak, emaknya jadi rempong buat nenangin dan nyuruh dia minum air putih (mungkin udah terlanjur ketelen, dan untungnya anaknya gak apa-apa).

Dan satu lagi, sekarang kalau mau minum susu, waktu nyedot susunya itu hati-hati banget, dirasa-rasa dulu, takutnya dapet yang gak enak lagi. Hihihi.


Btw, ada yang pernah punya pengalaman yang sama?



44 comments on "Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya"
  1. Wah keren. Langsung diganti ya :D Alhamdulillah aku nggak pernah nemuin kasus kayak gini. Tapi aku bisa menilai UJ emang sangat bertanggungjawab ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren, akupun tak menyangka

      Delete
    2. Iya keren, akupun tak menyangka

      Delete
    3. Bagian paling kerennya lagi, sampe disamperin sendiri loh ke rumah plus langsung diuji laboratorium susu yang gk enak tadi. Oke banget ya after sales service nya 👍🏻👍🏻

      Delete
  2. woooah kece ya pihak ultra cepat tanggap, diganti susu 6 kotak lagi hihi. thanks for sharing mba siapa tahu one day ada pengalaman begini juga.

    ReplyDelete
  3. Dku aku pernah mengalami juga mba pas beli eh susuanya basi. Tapi ya aku nggak laporan. Tapi akhirnya tahu kalau mereka responsif ya :). Terima kasih sudah berbgai mbaa

    ReplyDelete
  4. Aku pernah teh, tapi bukan susu merk UJ. Susunya jd kentel bgt gitu, mau diminum takut. UJ pernah ngalamin, tp gak langsung sih, itu mah krn udah d minum, trus karna ga lgsg habis jd gumpal2

    ReplyDelete
  5. lah aku barusan beli ultramilk sih, emang anak kos seringnya beli susu ini. tapi so far kemasan masih bagus hehe

    ReplyDelete
  6. Salut sama Ultra Jaya, tanggap banget sama komplain konsumennya ya.. ini susu kesukaan, karena rasanya ngga terlalu manis dibandingkan yg lain.

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah bermasalah dengan produk susu Ultra meskipun cukup rutin minum susu ini. Tapi udah beberapa kali juga baca komen kalau CS Ultra memang jempolan. Saya suka banget ma service yang jempolan kayak gini

    ReplyDelete
  8. Wiih diganti pula ya Mba', emang bagus berarti UJ ini ya. Aku juga lebih suka UJ dari produk susu yg lain, makasih sharingnya Mba'. :)

    ReplyDelete
  9. aku pernah beli susu ultra yg seliter pas hamil Aisyah, eh ternyata baru dibuka udh menggumpal. Sebel bgt krn waktu itu emang pgn minum susu, ya udah dibuang. Tau gitu gak dibuang ya komplain aja 😂

    ReplyDelete
  10. Wahh kacau juga ya sampe keminum konsumen. Bagus juga tanggepannya pihak Ultra jaya karena dia susu hitz semua orang minum. Apalagi aku suka banget rasa moka.terima kasih emaknya kifah infonya

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah selama ini sih belum pernah dapat susu basi. Bagus deh kalau UJ penangannya bagus. Salut.

    ReplyDelete
  12. Salut sama Ultra Jaya. Salut juga buat mamanya Kifah yang berkenan mengirimkan komplain, jd masyarakat bisa paham ya. Jd kebocoran kecil saja bs mengakibatkan susu tercemari bakteri ya. Semoga penangangan dr pabrik, distributor, sampai toko, warung dan sampai ke konsumen selalu terjaga.

    ReplyDelete
  13. Wah tanggap sekali ya mba dari pihak ultra jaya nya . :D

    ReplyDelete
  14. Wuuuiiihh... dapat 6 susus ultra sebagai ganti dan apresiasi pengaduan ya. Tapi sebagai komsumen kita memang berhak kok 😊 berarti sedot susu mesti pelan2 dulu ya siapa tau rasanya gimanaaa gt. Sip tq infonya menarik bgt mb Tetty 😀😀

    ReplyDelete
  15. Enak ya kalau perusahaan responsip gini. Malah makin terpercaya lho bukan berasa dijatuhkan. Kadang kan ada mikirnya udah negatif aja ke konsumen. Pun sebaliknya. Aku pernah punya pengalaman makan trus ayamnya belum mateng. Ampe big bossnya yang antar makanan penganti. Bukan kegeeran tapi angkat tangan bahwa perusahaan2 di Ind banyak yang asyik

    ReplyDelete
  16. Pernah beli susu ultra eh rasanya sdh asam serta bergumpal. Cm satu doang sih yg rusak dan gak kpikiran juga utk complain.Jd lgsg buang aja. Padahal seharusnya sbg konsumen kita hrs lebih aware ya dengan hak kita sendiri.

    ReplyDelete
  17. Di rumah juga selalu sedia do Lemari es mba,,, anak2 suka terutama yg coklat, Keren ya of ultra,, mau ke dtg ke konsumen nya

    ReplyDelete
  18. Aku sering dapat susu basi gitu, tapi yang ukuran kecil. Biasanya kalo belinya banyak, 1 karton. Tapi gak pernah komplain. Tau gitu komplain aja ya biar diganti susunya.

    ReplyDelete
  19. Fast response juga ya ultra Jaya, aku pernah gak ya dpet produk yg basi gitu lupa juga sih. Semoga perusahaan2 apapun bisa cepat tanggap dan bertanggung jawab kalo ada complene dr konsumennya.

    ReplyDelete
  20. Saya pernah 3 kali dapat susu yang masam dari ultra jaya. Tapi seperti mbak Tetty, saya malas komplain. Malas telpon, chat-chatan dan menyimpan susu yang masam. Tapi lain kali mau mencoba ah.

    ReplyDelete
  21. Aku pernah datang ke pabriknya mbak, dan mereka menjelaskan teknoligi kemasannya yang anti bocor. Tapi dalam proses pengiriman, biasanya ada kesalahan2 yang di luar prosedur, efeknya bisa mengakibatkan seperti yang mbak Tetty alami.


    Yes, Ultra memang oke after servicenya, komplain kita gak dicuekin

    ReplyDelete
  22. Customer servicenya keren langsung responsif bahkan diganti dengan 6kotak susu :)
    makasih uda berbagi mba so far sih aku belum pernah nemu susu basi hehehe

    ReplyDelete
  23. Keren langsun ditanggapi voice of costumernya

    ReplyDelete
  24. Wah..... Langsung direspon neh, jadi nilai plus buat manajemennya. Kalau sudah gini gak akan ragu beli merek ini

    ReplyDelete
  25. Tanggap sekali ya Ultra Jaya. Untung saja susu tidak jadi dibuang, biasanya kalo udah nggak enak gitu reflek langsung buang aja. Konsumen juga merasa lega karena dapat penjelasan dari produk rusak yang sudah dibeli.

    ReplyDelete
  26. Tanggapannya langsung yah jadi pelanggan senang

    ReplyDelete
  27. Selama ini beli Ultra baik2 aja. Tapi dulu saat kecil aku pernah beli susu M*** itu gak enak banget. Mungkin salah satu produk cacat ya. Bagus ya CS-nya ultra, cepet tanggap TFS

    ReplyDelete
  28. Wooow! Salut banget sama penanganan komplainnya. Alhamdulillah sejauh ini kalau beli susu kotak belum pernah ada masalah sih. Kalau cara menangani komplainnya se-profesional ini, tentunya konsumen akan senang dan loyal yaa.

    ReplyDelete
  29. Keren neh ultra jaya, keluhan konsumen bisa langsung ditanggapi ya

    ReplyDelete
  30. Waaah bagus ya kalau cepat tanggap begitu. Dapet penggantian produk lagi. Emang perusahaan yang menjaga kualitas layanannya pasti bertahan lama. Seperti ultra jaya ini.

    ReplyDelete
  31. Samapun, jadi blogger bikin aku "bersuara" yang dulu males ngurusin ini itu udah lah biarin aja, sekarang langsung di pikirin tulis nggak yaa..hahaha..keren nih after sales Ultra jempolan, salah satu susu cair favorit, berarti beneran tanpa pengawet ya, yang bikin awet pengemasannya..good banget

    ReplyDelete
  32. Sering juga minum susu UJ juga yang non fat, tapi alhamdulillah...belum pernah ngalamin kayak gini. Btw, kalo kejadiannya di kalimantan disamperin juga gak yaaa? 😁

    ReplyDelete
  33. cara komplain yg cerdas, bagus nih buat ditiru, seringnya orang lebih suka nyetatus di sosmed ya

    ReplyDelete
  34. Senang ya Mbak kalo komplain dan pihak brand responsif

    ReplyDelete
  35. Baiknyaaaa...tanggapannya juga cepat yah. Saya suka banget susu ini. Yg coklat berasa enyaaaaak. Alhamdulillah belum pernah dapat yg basi. Jangan sampai deh

    ReplyDelete
  36. Two tumbs up buat Ultra jaya. Aq juga suka minum susunya. Thx for sharing mba

    ReplyDelete
  37. Aku juga kadang males lapor-lapor tapi kadang juga semangat, tergantung sikon perasaan hehehe...

    ReplyDelete
  38. Aku pernah mba..aku kirim juga aduan ke cs nya. Mau diganti juga susu yang rusak..tapi waktu itu aku mo pergi ada acara..

    Salahku saat itu adalah..susu basinya trlanjur tak buang mba

    ReplyDelete
  39. waa bermanfaat banget, aku pernah ngalami tapi ga komplain

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D