Tak Perlu Ragu Menggunakan Obat Generik, Kini HJ Generik Luncurkan Obat Generik Berkualitas Kemasan Biru

| On
November 15, 2017
proses pembuatan obat generik hexpharm jaya

“Health is like an money. We never have a true idea of its value until we lose it.” Josh Billing

Sehat itu memang gak ada nilainya, kita gak tau berapa rupiah yang harus kita bayar untuk membeli keadaan sehat kita. Tapi ketika sakit, barulah kita sadar betapa mahalnya biaya yang kita keluarkan untuk menukar kembali dengan kondisi sehat wal’afiat.

Sakit itu mahal, udah lama istilah itu muncul dan memang benar adanya. Apalagi zaman sekarang semua serba berteknologi canggih. Rumah sakit canggih, dokter berpendidikan tinggi, juga obat-obatan yang berkualitas.

Semuanya kita harus bayar mahal, kecuali kita memang sudah memiliki asuransi kesehatan yang memadai.


Jadi intinya, gak ada orang yang mau sakit lah ya di dunia ini. Sehat adalah nikmat di atas segala nikmat. Dengan sehat kita bisa makan enak, travelling kemanapun tempat yang kita mau, dan tentunya berkumpul dengan keluarga dan sahabat kesayangan kita.

Tapi, kalau sudah terlanjur sakit dan harus segera berobat, bagaimana?

Hari Senin tanggal 13 November 2017 lalu saya bersama rombongan Mama Blogger diundang berkunjung melihat proses pembuatan obat generik di pabrik milik PT.Hexpharm Jaya yang bertempat di Cikarang.

PT. Hexpharm Jaya adalah anak perusahaan dari PT. Kalbe Farma, tbk. Yang memproduksi berbagai macam obat generik.

Familiar kan dengan obat generik? Biasanya kalau kita sakit pasti dokter atau apoteker menawarkan apakah ingin obat paten atau obat generik?

Hayoo, biasanya temen-temen milih yang mana? Obat paten atau obat generik?

Obat Generik, Obat “Kelas Kedua”

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Bapak Boni Anom, Group Product Manager PT. Hexpharm Jaya. Menyambut kami dan menjelaskan sekilas mengenai apa itu obat generik.

Ya, sebagian besar saya yakin pasti diantara kita memilih obat paten dari pada obat generik. Karena obat paten dianggap memiliki kandungan obat yang lebih baik dan lebih istimewa dibanding obat generik.

Semua itu adalah anggapan yang umum terjadi di masyarakat memang, karena seperti yang kita tahu, harga obat paten itu lebih mahal dari pada obat generik.

Menurut wikipedia, obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi masal oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti.

Ada dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang dan obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. Dalam obat generik bermerek, kandungan zat aktif itu diberi nama (merek) oleh perusahaan pembuatannya.

Contoh, zat aktif amoxcillin misalnya, oleh pabrik “A” diberi merk “inemicillin”, sedangkan oleh pabrik “B” diberi nama “Gatoticillin” dan seterusnya. Dari berbagai merek tersebut, sesungguhnya bahannya sama, yaitu amoxcillin.

PT. Hexpharm Jaya Produsen Obat Generik

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
PT.Hexpharm Jaya yang berlokasi di Cikarang

Salah satu produsen obat generik di Indonesia adalah PT.Hexpharm Jaya. Saya sendiri baru tahu nama perusahaan ini ketika berkunjung ke lokasi pabrik kemarin. Karena yang saya tahu hanya perusahaan induknya saja, yaitu PT. Kalbe Farma, tbk.

PT. Hexpharm Jaya Laboratories sendiri berdiri pada tahun 1971, secara khusus bergerak dalam bidang pengembangan, produksi, dan pemasaran obat. PT. Hexpharm Jaya Laboratories berkomitmen untuk mengutamakan kualitas obat yang diproduksinya, untuk menjamin efektivitas, stabilitas dan keamanannya.

PT. Hexpharm Jaya Laboratories merupakan anak perusahaan dari PT. Kalbe Farma, tbk. Masuk dalam 20 perusahaan farmasi terbesar (ethical) di Indonesia dan termasuk dalam 3 perusahaan farmasi generik terbesar di Indonesia.

Visi dan Misi PT. Hexpharm Jaya sendiri adalah untuk membangun masyarakat yang lebih sehat melalui produk-produk kesehatan yang ekonomis dan berkualitas.


sumber: www.hexpharmjaya.com

Standarisasi Pembuatan Obat dan Penggunaan Teknologi Terbaru

Dengan kunjungan ke pabrik obat langsung kemarin, saya dan teman-teman blogger mendapatkan banyak informasi mengenai proses pembuatan obat dengan mendengar pemaparan langsung dan dengan berkunjung berkeliling pabrik.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Pak Parlindungan, Site Head PT. Hexpharm Jaya sedang menjelaskan proses pembuatan obat generik dengan teknologi modern dan standar mutu yang tinggi.

Untuk menjamin kualitas obat yang dihasilkan,  PT. Hexpharm Jaya telah menerapkan:

1.Good Manufacturing Practice yang terkini dengan standar PIC/S, Pharmaceutical Invection Convention/Scheme.

2.Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2015, sistem manajemen yang bertujuan untuk memastikan perusahaan selalu menghasilkan produk-produk bermutu yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.

3.Sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001:2007

4.Sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004

5.Lean Manufacturing dan Total Productive Management (TPM)

Sistem manajemen tersebut bertujuan untuk memastikan PT. Hexpharm Jaya memiliki keunggulan kompetitif dalam PQCDSME (Productivity, Quality, Cost, Delivery, Moral, Safety dan Environtment) Sehingga selain mutu produk yang dihasilkan berkualitas baik, harga produk juga jauh lebih kompetitif.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Laboratorium Quality Control

6.Mesin yang digunakan dalam proses produksi didesain dengan teknologi terbaru dan disesuaikan dengan spesifikasi yang ditetapkan dalam Good Manufacturing Practice. Mesin yang digunakan diimpor langsung dari Jerman, Asia, dan ada pula mesin yang dibuat oleh anak bangsa yang harganya sepertiga lebih murah dari mesin impor, dan tidak kalah canggih. Maka dari itu, ongkos produksi obat generik ini bisa diminimalisir.

7.Fasilitas Laboratorium yang handal untuk menunjang pemeriksaan produk, baik sebelum, selama atau setelah proses produk dilakukan.

8.Sistem penunjang seperti HVAC, PWG, Clean Stream, IPAL menjamin proses produksi berjalan sesuai speks dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan.

9.PT.Hexpharm Jaya juga telah tersertifikasi oleh BPPOM.

Dan karena penerapan standar mutu yang tinggi dan menggunakan teknologi canggih inilah, PT. Hexpharm Jaya bisa memproduksi lebih dari 500 juta tablet obat per bulan, dan mengekspor produk obatnya ke negara lain seperti Singapura, Kamboja, Myanmar, dan Hongkong.

Berkeliling Pabrik Obat Generik PT. Hexpharm Jaya

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Berkunjung ke bagian Quality Control

Selain mendengarkan pemaparan mengenai kualitas obat yang diproduksi oleh PT. Hexpharm Jaya. Saya dan para rekan blogger diajak berkeliling melihat proses pembuatan obat generik secara langsung.

Tapi untuk masuk dan berkeliling di area pabrik, kami harus memenuhi persyaratan dulu lho, gak sembarangan bisa masuk.

1.Tentunya bersama atau didampingi oleh tenaga ahli dari PT. Hexpharm Jaya

2.Tidak boleh menggunakan benda yang terbuat dari logam di tubuh. Cincin, kalung, gelang, jam tangan, bahkan jarum pentul atau peniti pun gak boleh melekat di tubuh kita.

3.Menggunakan pakaian khusus. Ini terkait dengan kebersihan dan keamanan tubuh kita. Semua anggota badan kita harus tertutup rapat menggunakan pakaian khusus. Bahkan di area yang membutuhkan kondisi higienitas lebih tinggi, kita menggunakan pakaian khusus hingga dua rangkap.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Sempet-sempetnya selfie

Teknologi Canggih dan Keamanan Produksi

Saya tergabung dalam kelompok pertama, yang terdiri dari 10 orang. Kami berjalan berkelompok untuk melihat proses produksi obat generik di PT. Hexpharm Jaya. Pada sesi yang pertama, kami mengunjungi bagian Quality Control.

Di bagian ini, kami diberikan informasi dan edukasi mengenai proses Quality Control produk obat generik yang diproduksi.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Bahan baku dan hasil produksi dianalisis di bagian Quality Control, apakah sudah sesuai standar atau belum

Semua produk yang sudah diproduksi diuji sampelnya. Apakah sudah memenuhi standar mutu, apakah ada kerusakan, apakah ada zat yang salah masuk ke dalam obat, dan lain sebagainya.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Alat penguji bahan baku, tidak sampai 2 menit hasilnya sudah keluar. 

Di bagian ini, berbagai pengecekan dilakukan agar obat generik yang sampai ke tangan konsumen adalah obat yang berkualitas, tidak ada kesalahan kandungan obat, dan tidak ada kesalahan lain yang bisa membahayakan konsumen.

Pada sesi kedua, kami diajak berkunjung ke bagian produksi.

Di bagian ini lah kami memakai pakaian berlapis untuk menjaga keadaan higienitas di dalam pabrik. Gak kebayang ya ini semua karyawannya menggunakan pakaian seperti ini setiap hari.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Tata cara berpakaian untuk memasuki ruang produksi

Fyi: Karyawan yang direkrut di PT.Hexpharm Jaya adalah lulusan SMK Farmasi, dan juga apoteker.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Kami semua menggunakan dua lapis baju khusus. Liat lantainya berwarna biru. Berarti tingkat higienitasnya lebih tinggi dari pada lantai berwarna hijau

Seperti yang saya bilang sebelumnya, mesin pabrik yang ada di PT. Hexpharm Jaya, selain buatan negara Jerman, ada pula mesin yang dibuat lokal di Indonesia oleh para putra bangsa.

PT. Hexpharm Jaya sendiri memang lebih memilih mesin produksi lokal selama bisa memenuhi standar pembuatan obat-obatan. Jika memang ada jenis mesin pabrik yang tidak bisa diperoleh dari dalam negeri, barulah mengimpor mesin produksi dari luar negeri.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Mesin canggih yang dimiliki PT.Hexpharm Jaya

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Mesin ini mampu mendeteksi kemasan obat yang terbuka dan langsung
membuangnya/mereject produk obat tersebut secara otomatis

Two thubms up!

Selain itu, mesin produksi atau alat-alat yang bersentuhan dengan bahan pembuatan obat didesain khusus dengan aluminium jenis tertentu yang tidak akan bereaksi kimia jika bersentuhan dengan bahan pembuatan obat. Dan PT. Hexpharm Jaya juga menggunakan mesin produksi yang mampu mendeteksi langsung jika ada kesalahan dalam pengemasan obat.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Proses penimbangan bahan, jika tidak sesuai beratnya makan print out barcode tidak akan keluar
proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Bahan baku yang siap diproses

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Proses pengepakan produk
proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Proses pengepakan produk HJ Generik
proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
Produk sudah siap dipacking

“Obat Generik, Kualitas Paten”

Setelah puas seharian berkunjung ke pabrik obat PT. Hexpharm Jaya ini, saya menjadi punya jawaban atas pertanyaan saya diatas tadi.

Hayoo, masih inget gak?

“Kalau sudah terlanjur sakit dan harus segera berobat, bagaimana?”

Kita bisa menggunakan obat generik dengan pasti tanpa rasa khawatir dengan khasiatnya.
Obat generik harganya lebih terjangkau dari pada obat paten, namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan obat paten.

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
HJ Generik kemasan biru


Jika saya rangkum, alasan obat generik lebih murah namun memiliki kualitas yang tidak “murahan” adalah:

1.Obat generik tidak perlu membeli hak paten (selama 20 tahun) sehingga tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk membayar royalti. Selain untuk membayar royalti, obat paten juga memerlukan dana yang cukup besar untuk promosi dan lain sebagainya.

2.Proses produksi obat generik di PT. Hexpharm Jaya menggunakan teknologi canggih sehingga mampu menekan biaya produksi. Mesin yang canggih dan perawatan yang baik akan menambah efisiensi dalam memproduksi obat generik, sehingga harga jual obat generik sangat kompetitif dan terjangkau seluruh lapisan masyarakat.

3.Sesungguhnya kandungan obat generik dan obat paten adalah sama. Proses penyerapan dalam tubuh pun sama, yang membedakan adalah genetika, jenis kelamin, dan kehamilan. Sehingga jika ada “rasa yang berbeda” ketika mengkonsumsi obat generik/paten banyak faktor yang mempengaruhinya, bukan semata karena kandungan obatnya.

Tips membeli obat generik, yaitu harus JELI:

1.Jelas Produsennya. Pastikan diproduksi oleh pabrik farmasi yang tersertifikasi CPOB, berpengalaman, dan terpercaya.

2.Efektif Khasiatnya. Kualitasnya setara dengan obat paten.

3.Lihat Kemasannya. Pastikan dalam keadaaan terkemas dengan baik, dan lengkap informasinya.

4.Ingat belinya hanya di tempat yang RESMI. Untuk memastikan kualitas dan melindungi dari obat palsu.

Mengapa harus menggunakan obat HJ generik?

1.Memenuhi standar produksi yang ditetapkan pemerintah.

2.Setara dengan obat paten

3.Terjamin khasiatnya

4.Diproduksi di pabrik yang modern

5.Memiliki rangkaian produk generik yang lengkap

proses pembuatan obat generik hexpharm jaya
HJ Generik kemasan biru

Untuk memudahkan kita mengenali obat generik produksi PT. Hexpharm Jaya atau HJ generik. Obat Generik dari HJ Generik dikemas dengan KEMASAN BIRU dengan logo generik tentunya.

Bahkan, Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia, Nurul Falah Eddy Pariang menyambut baik inisiatif yang dilakukan PT Hexpharm Jaya dalam mengganti warna kemasan obat generik yang diproduksi.

"Kebutuhan obat generik masyarakat meningkat, produsen dituntut untuk memperhatikan mutu dan kualitasnya." Ujarnya.

sumber: bisnis.com 

Wah, agree sekali.


...

Nah, teman-teman. Kalau sakit dan memang harus berobat ke dokter, jangan takut untuk mengkonsumsi obat generik ya. Karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya, semua proses pembuatan obat generik memiliki tahapan yang sesuai standar mutu tinggi dan menggunakan mesin berteknologi modern.

Dan jangan lupa tips JELI membeli obat generiknya juga tetep harus dilaksanakan, supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kalau teman-teman sendiri, punya opini apa nih seputar obat generik? Sharing Yuk :D



11 comments on "Tak Perlu Ragu Menggunakan Obat Generik, Kini HJ Generik Luncurkan Obat Generik Berkualitas Kemasan Biru"
  1. Seru ya mampir ke pabrik obat. Jadi tahu bagaimana prosesnya. Obat Generik memang diasumsikan sebagai obat "kelas dua" karena harganya yang terjangkau. Tapi ternyata kualitasnya sepadan dengan obat paten.Thanks infonya mba Tetty...

    ReplyDelete
  2. Seru yaa.. kita jadi tau bagaimana proses membuat obat. Dan memang semuanya teruji klinis dan komputerisasi, jadi kualitasnya terjamin.

    ReplyDelete
  3. obat generik sama obat paten sama saja. perbedaan kayak orang kaya dan miskin sama sama akan mati

    ReplyDelete
  4. seru banget bisa keliling keliling pabrik obat begitu mba!

    ketat banget ya, sampai harus pakai pakaian khusus dan ga ada logam. memang untuk menjaga kualitas obat harus benar-benar detail ya mba. kereeeen!

    salam kenal mba!

    ReplyDelete
  5. Yang bikin melongo aku pas ke sana adalah ketika memasuki ruangan yang super steril, kita pun mesti dilapisi dengan pakaian khusus lagi dan lagi. Amazing kan jadinya. Makanya masyarakat mesti diedukasi mengenai obat generik ini supaya paham ooohhh begini dan begitu biar mau mengonsumsi obat generik ketika sakit.

    ReplyDelete
  6. Waah untung aku gak ikut ya ke pabrik itu, karena aku lagi flu, pasti gak boleh masuk deh.

    ReplyDelete
  7. Betul banget mesti jeli dalam membeli obat. Jangan sampai beli obat agar sembuh tapi malah sebaliknya. Seru banget ya bisa masuk ke dalam pabriknya.

    ReplyDelete
  8. Jadi makin yakin yeesss pakai obat generik

    ReplyDelete
  9. klo lagi ke puskesmas pasti dikasihnya obat generik, cocok2 aja sih, btw asik lho main ke pabrik obat, jadi tau behind the processnya

    ReplyDelete
  10. Ngacung sebagai salah satu pengguna obat generik, meskipun ada sedikit keraguan tapi setelah berkunjung ke Pabrik HJ. Generij jadi semakin yakin dech!

    Apalagi melihat behind the scenenya dr produksi obat generik jadi nggak perlu ragu lagi ya Mba.

    ReplyDelete
  11. Waahh,samapi segitu sterilnya, menarik ya kunjungan ke pabrik obat, jadi tahu mana obat yang aman di konsumsi

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D