Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia

Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia
Hari Jum’at lalu saya ditelepon oleh kurir JNE, katanya ada paket untuk saya, tapi abangnya nyasar gak nemu rumah saya, padahal udah muter-muter. Pas dia nyebutin alamat rumah saya ditelepon, hmmm pantesan gak ketemu, orang dia salah baca alamat. Huruf D malah dibaca angka 0, yaiyalah jadi jauh banget.
Dan, tadaaa. 1 menit kemudian mobil JNE berwarna putih itu berhasil mendarat cantik di depan rumah.
Hahaha. Deket kan, Bang? Mungkin tadi abangnya lelah, karena udah lewat Isya nganter paketnya. Tapi gak apa, makasih ini loh udah dianterin walau udah malem.
Aduh openingnya belibet amat ya, heu. Paket apa sih emang? Paket yang saya tunggu-tunggu dan akhirnya datang juga adalah paket perlengkapan bayi HUKI.
Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia
Parsel cantik dari Baby Huki
Ngomongin soal dot dan perlengkapan bayi, ingatan saya langsung tertuju ketika awal melahirkan abang Kifah yang subhanalloh, cukup banyak dramanya.
Mulai dari drama melahirkan, menyusui, alergi, dan rewel entah karena kolik atau kenapa, ya pokoknya banyak deh.
Seperti yang saya sudah tulis di blog ini, ketika melahirkan abang Kifah dulu, tahun 2011, ASI saya gak langsung keluar setelah melahirkan. Baru ada cairan kuning yang pekat dan sedikit sekali, dan saya tebak itu adalah kolostrum yang katanya bagus untuk imunitas atau  daya tahan bayi, dan memang sebaiknya harus diberikan.
Ya, cairan pekat kuning itu saya coba berikan untuk abang Kifah, tapi kayaknya gak dihisap banyak deh, soalnya dia masih banyak tidur di hari pertama lahir.
Drama mulai terjadi ketika masuk malam hari. Karena abang Kifah lahir siang hari sekitar jam 11 siang, mungkin dia jadi haus atau lapar. Ya kebayang sih, tidur terus dari siang sampe malem kan ya. Nah, maleman jam 9 atau 10 itu dia mulai rewel dan keliatan nyari ASI.
Huwwaaaa, saya mulai panik sendiri.
ASI belum keluar, bayi udah nangis kehausan. Mamah muda mana yang gak panik kalau dalam situasi kek gini?
Semacam liat Gong Yoo lewat tapi lupa bawa hape.
Walau pun kata teori bayi 3 hari itu masih punya cadangan makanan yang dia bawa dari dalam rahim, ya tetep aja kan liat anak jerit-jerit masa didiemin.
Saya juga coba pumping pakai pompa ASI, hasilnya masih minim banget, mungkin sekitar 10-30 ml aja dapetnya. Yaudah sih akhirnya saya pasrah, gak tega liat bayi jejeritan kejer begitu saya pun nyerah pakai sufor untuk sementara. Dan kebetulan memang ada sekotak sufor pemberian bidan yang mungkin aja dikasih buat jaga-jaga kalau-kalau ASI saya belum keluar.
Dengan berat hati sebenernya kotak sufor itu saya buka dan saya tuang ke dalam botol susu yang juga ada di dalam tas pemberian bidan tempat saya melakukan persalinan.
Bingung Puting
Media sosial tidak se-massive sekarang ketika tahun 2011 lalu.Ya kalau Mom Wars sih udah ada kayaknya dari dulu, wkwkwk.
Cuma masalahnya, saya gak begitu update dengan informasi seputar ibu, bayi, dan pemberian ASI. Jadi, drama berikutnya adalah BINGUNG PUTINGGG HOREEE.
Jangankan baca tentang rekomendasi dot yang tepat atau cari informasi tentang pemberian ASI bagi bayi baru lahir. Liat anak nangis meraung-raung aja udah tegang. Langsung cari cara kilat supaya bayi berhenti nangis.
Dan itulah akhirnya saya putuskan pakai sufor buat Kifah. Supaya diem dan gak rewel lagi. Mengabaikan soal bingung puting dan milih dot yang cocok atau sesuai dengan anatomi payudara ibu.
Drama Kuliah
Karena saya nikah dan punya anak ketika masih kuliah, mau nggak mau saya harus ninggalin bayi untuk kuliah setiap hari. Walaupun waktu itu udah gak ada perkuliahan deng, tinggal Praktek Kerja Lapangan gitu sama penelitian buat skripsi.
Tapi tetep aja saya harus keluar rumah kan. Drama memberikan ASI pun dimulai lagi.
T_____T
Baca juga: Asi vs Skiripsi
Kepinginnya saya sih ikut sama beberapa artikel yang menyarankan buat pakai sendok aja pas ngasih ASI ke bayi, supaya gak bingung puting. Tapi apa daya, saya kasihan kalau ibu mertua yang jaga Kifah waktu itu harus nyendokin ASI sedikit-sedikit.
Kifah juga suka ‘marah’ kalau ASInya telat dikasih, jadi opsi terbaik adalah pakai botol dan dot bayi.
Tapi, salahnya saya itu dulu gak berusaha nyari dot yang sesuai dengan anatomi payudara ibu, jadi main kasih aja dot apapun asalkan bulet ada lubang kecil untuk susu keluar, beres deh.
Huhu, jangan ditiru ya gaes.
Kalau kamu lagi hamil atau sudah dekat melahirkan, lebih baik disiapin matang-matang seputar perawatan bayi baru lahir, seputar ASI, jangan lupa juga siapin plan A, B, C, D, E deh buat ngerawat bayi. Penting ini! Jangan sampai ‘kelabakan’ kayak aku dulu.
Belajar dari yang Pertama
Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia
Botol dan dot Baby Huki gambarnya lucu-lucu
Ketika saya hamil anak kedua, tentunya saya banyak belajar dong dari hamil dan persalinan anak pertama. Rugi deh kalau gak belajar dan inget apa yang harus dilakukan dan gak boleh dilakukan.
Pertama, jangan malas baca dan cari informasi.
Walaupun gak 100% kita praktekin semua teori perawatan bayi atau parenting, tapi seenggaknya kita punya gambaran untuk melakukan tindakan atau mengambil keputusan. Banyak baca gak ada salahnya kan? Baca informasi seputar medis, pengalaman orang lain, atau ikut gabung di grup seputar perawatan dan pengasuhan bayi yang banyak tersedia secara daring.
Kedua, siapkan peralatan bayi dengan cerdas dan tepat.
Kenapa saya bilang cerdas dan tepat?
Karena biasanya, sebagai ibu baru apalagi baru menyambut anak pertama, kita seringnya kalap belanja yang gak penting.
Misalkan belanja baju bayi berlusin-lusin yang ternyata gak banyak terpakai karena bayi keburu gede. Atau beli peralatan bayi seperti baby chair, atau baby walker padahal kepakenya 6 bulan lagi.
Maka dari itu, ketika hamil anak kedua, saya berasa teredukasi banget oleh pengalaman anak pertama. Saya gak banyak beli baju atau peralatan bayi lainnya. Yang saya siapkan justru ASI Booster dan Pompa ASI. Yang kalau dipikir-pikir budgetnya ini dulu saya pake dulu buat beli pakaian bayi yang justru mubadzir karena gak kepake semua.
Kalau pun kita takut ASI tidak langsung keluar, persiapkan peralatan darurat kalau memang kemungkinan bayi butuh sufor.
Tapi ingat ya, kita harus fighting dulu kasih ASI sebelum memutuskan kasih sufor. Dan please, jangan pernah merasa bersalah akibat judgement ibu sempurna yang berhasil kasih ASI ekslusif bayi dari lahir sampai gede.
Karena apa yang kita lakukan adalah yang terbaik untuk anak kita.
Saya udah ngalamin dua-duanya kok. Ngasih sufor ke bayi karena darurat ASI gak keluar sama sekali pernah, dan ngasih full ASI ekslusif karena ASI mengalir deras dari lahir sampe gede juga pernah. Please, jangan berantem terus ya buibu.
[Sp]. Dot Bayi dengan Sertifikat Halal
Bicara soal dot bayi, yang puas pakai dot bayi memang abang Kifah, karena harus ditinggal kuliah. Aldebaran sendiri full ASI langsung karena mamahnya ini gak kemana-mana, ada di rumah setiap hari.
Meski begitu, sekarang Aldebaran sudah 17 bulan loh kakak, om, dan tante. Saya mulai ngenalin susu pertumbuhan dan UHT buat Aldebaran. Gak sering banget sih, kadang dia juga gak terlalu suka dan susunya ditinggal begitu aja.
Dan saya coba mengenalkan susu pertumbuhan atau UHT ke Aldebaran menggunakan botol dan dot bayi HUKI.
Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia
Aldebaran lagi coba pegang botol, selama ini dia ASI ekslusif jadi belum pernah lihat botol susu.
Exited banget jadinya.
Dot bayi HUKI ini punya keistimewaan penting, yaitu satu-satunya dot, botol, dan empeng yang BERSERTIFIKASI HALAL.
Detergen aja bersertifikat halal, website aja ada yang nyediain semua produk halal. Bahkan jalan-jalan aja ada konsep wisata halal. Sekarang produk halal itu jadi concern utama  di Indonesia sebagai negara pemilik mayoritas penduduk beragama muslim.
Ngeri soalnya, banyak berseliweran informasi bahwa produk yang disinyalir mengandung zat haram itu bisa masuk ke pasar Indonesia tanpa kita sadari.
Halal sendiri adalah sesuatu yang dengannya terurailah tali yang membahayakan, dan Allah memperbolehkan untuk dikerjakan. Sedangkan haram adalah sesuatu yang Allah melarang untuk dilakukan dengan larangan yang sangat tegas. Setiap orang yang menentangnya akan berhadapan dengan siksaan Allah di akhirat. Bahkan ia terancam juga sangsi di dunia.
Sumber: Halal dan Haram, DR. Yusuf Qaradhawi.
Serem ya perkara halal dan haram itu, karena sangsinya akan diberikan langsung oleh Allah SWT jika kita memaksa menggunakan barang yang tidak halal, kecuali ketika kita tidak tahu atau ada kesepakatan para ulama mengenai barang haram yang terpaksa digunakan untuk kepentingan tertentu.
BPA Free
Ya ini mutlak alias wajib.
Menurut saya produk bayi semuanya harus BPA Free. BPA itu singkatan dari Bishpenol-A. yang sering digunakan dalam proses pembuatan plastik terutama botol susu yang sering disebut Polycarbonate (PC).
Apabila BPA tersebut dipanaskan dalam temperatur tinggi dalam waktu yang cukup lama maka ada bagian dari zat BPA yang terlepas. Zat yang terlepas tersebut dalam jumlah tertentu itulah yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi.
Untuk itu, BPA digantikan oleh Polypropylene (PP) yaitu bahan plastik dengan kode 5, yang bebas dari kandungan BPA, sehingga aman digunakan sebagai botol susu dan wadah makanan.
HUKI Dot Orthodontic
Apa itu dot orthodontic?
Dot orthodontic adalah dot ‘gepeng’ yang didesain menyerupai anatomi puting susu ibu. Alasan penting memilih dot orthodentic yaitu:
1.Membuat gigi si kecil tumbuh sempurna
2.Bentuknya menyerupai puting susu ibu
3.Merangsang produksi ludah
4.Bayi merasa menyusui dari payudara ibu
Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia
Dot orthodontic atau biasa disebut dot gepeng
Apa bedanya dot orthodontic dengan dot konvensional?
Dot konvensional biasa disebut juga “Drinking Nipple” dot untuk minum. Beda dengan aliran susu dari puting ibu yang harus dihisap secara aktif.
Aliran susu pada dot harus ditahan oleh bayi menggunakan lidah supaya tidak tersedak, gerakan ini disebut A Tounge Thrust Swallow atau ATTS yang bila dilakukan dalam waktu lama beresiko terjadinya malposisi pada pertumbuhan gigi. Gigi bayi akan tumbuh ke depan atau tonggos, rahang maju, dan lain-lain.
Review Botol Susu dan Dot Orthodontic Baby HUKI
Menurut saya produk HUKI saat ini semacam sudah ada pembaruan ya. Dulu waktu saya beli buat Kifah masih desain lama, sekarang pas pake lagi kayaknya udah agak berubah deh.
Botol susu:
1.Lebih terlihat kekar. Kalau dulu Kifah beli plastiknya agak mengkilat licin gitu, nah ini plastiknya teksturnya lebih “kasar” dan gak licin (plastik di tempat memasang dot). Tapi justru aku lebih suka yang model begini. Keliatan lebih kuat aja.
2.Desain lebih bagus. Motifnya banyak yang lucu, dan karena bertekstur gitu plastiknya, gak licin, menurut aku ini desainnya lebih bagus dari desain yang dulu pernah aku beli buat Kifah.
Dot Orthodentic:
1.Plastik lentur/elastis tapi nggak tipis. Ya ini aku sukanya dari produk HUKI Baby salah satunya adalah karena dotnya lentur tapi gak tipis.
2.Bentuknya unik. Mungkin kalau liat bentuknya agak aneh pas diawal. Karena biasa liat dot yang bulet panjang gitu kan. Apalagi untuk anak 6 bulan ke atas, bentuknya emang gepeng dan beda gitu dari dot susu biasa.
HUKI for Breastfeeding
Seperti yang kita tahu, Baby HUKI memproduksi dan menjadi pelopor Dot bayi halal di Indonesia. Kali ini aku juga mau kasih tau kalau Baby HUKI memiliki produk untuk mensupport ibu Indonesia yaitu HUKI Nursing Pads.
Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia
Penyerap ASI dari Baby HUKI

Comfort Fit Nursing Pads
dari Baby HUKI dirancang untuk membantu ibu mengatasi ASI yang rembes atau bocor ketika berpergian keluar rumah atau sedang bekerja. Bentuknya didesain mengikuti bentuk payudara ibu sehingga nyaman dipakai.
Dengan inovasi 4 Power Lines Absorbent Polymer, berfungsi untuk menyerap ASI dengan sempurna dan menjaga kelembapan sehingga kulit ibu tetap kering dan nyaman.
Review Baby Huki: Pelopor Botol dan Dot Orthodontic Halal di Indonesia

Di beberapa toko online harganya sekitar 20-25 ribu untuk isi 12 Pcs. Dan 50 ribuan untuk isi 36 Pcs.
...
Saya sendiri mengapresiasi sekali produk Baby HUKI ini memiliki sertifikasi Halal dan menjadi pelopor produk halal untuk produk perawatan bayi. Setidaknya sebagai ibu saya menjadi tenang dari sisi syariat.
Dan tentunya saya juga tenang dari sisi kesehatan anak, karena produk Baby HUKI ini sudah bebas BPA yang mengancam kesehatan si kecil.

Tunjuk tangan siapa yang lagi hamil dan nyicil produk perawatan bayi dan menyusui? Menurut Mama atau calon Mama, penting gak nih sertifikasi halal untuk produk perawatan bayi? Tulis komentar kamu di kolom komentar yaa.


22 comments

  1. Aku belum hamil, tapi udah kebayang harus nyicil ini itu ya buat adik bayi hihihi.

    ReplyDelete
  2. saya masih pakai dot merk lain, tapi jadi pengen nyoba si huki juga deh pas nanti mau ganti soalnya yang sekarang mahal bgt :P

    ReplyDelete
  3. di rumah pake produk HUKI untuk dot ,minyak kayu putih sama sabun bototlnya, khusus dot memang langganan rutin beli hehe

    ReplyDelete
  4. Bener banget, mba tetty. Anak pertama buku berjalan utk anak kedua. Belajar dr anak pertama dan banyak baca lagi. Anakku yg kedua ini ga kenal dot, mba jadi ga ngerasain dot itu kayak apa. Kalau Abangnya dulu pake huki. Sebab dotnya hampir sesuai dengan yg asli.. hahaha.. jadi dia lebih nyaman pakai huki. ^_^

    ReplyDelete
  5. Sudah hamil dan menyusui 2 kali mbak hehe, Subhanallah cerita anak pertama memang luar biasa yess dan Alhamdulillah anak kedua sudah bisa lebih baik. Setuju mba, dot yang baik itu selain ergonomis juga harus halal, jadi kita yakin dan tidak ragu untuk menggunakannya. Huhu jadi pengen hamil dan menyusui lagi saya :)

    ReplyDelete
  6. Perlengkapan baby itu bikin mupeng lho apalagi yang baru punya anak. Hahaha. Produk Huki sudah halal ya pasti bikin ibu- ibu merasa nyaman dan aman ketika akan menggunakannya untuk si kecil ya

    ReplyDelete
  7. Anak2ku pake dot juga nih, mau gak mau karena ditinggal ke sekolah. Alhamdulillahnya ga ada drama bingput. Anak k-2 pake dot nya yg bulet, dan sekarang huki juga ada yg bulet tuh. Kalo si kakak yg model Huki ini mau juga dia. Dan baru tau malah kalo Huki ada breastpad nya, butuh banget kan kalo masih awal2 ngASI, biar ga bocor bocor :D

    ReplyDelete
  8. Waaahhh produk2 Baby Huki ini ternyata telah berserfikat halal ya hehe aku baru tau ada kehalalannya juga seperti makanan aja 😀 Canggih nih kalau dot baby huki bentuknya menyerupai puting ibu sehingga baby merasa nyaman bagai menyusu ke ibu aslinya hehee jd ga bingung puting. Free BPA pula. Makin sehat aja deh.

    ReplyDelete
  9. Anakku dulu pakainya botol susu HUKI. Selain terjangkau harganya, produknya juga gampang banget ditemuin. DI minimarket aja ada dijual. Jadi kalau lagi pergi2 terus urgent dan nggak bawa, bisa beli. :)

    ReplyDelete
  10. Aku seneng banget setelah tahu HUKI dapat sertifikat halal dari MUI. Huki itu sudah kami pakai dari anak sulungku dulu. Sekarang anakku itu udah 14 tahun

    ReplyDelete
  11. Aku juga punya parcel dari Baby Huki lengkap produknya. Jadi tenang sebagai ibu memberikan produk aman dan halal untuk anak

    ReplyDelete
  12. Ih lucu banget lihat dot gepengnya, mbaaa. Merk Huki memang bagus banget ya mba dan sangat terpercaya dan anak anak pun suka. Biar makin semnagat minum susu :)

    ReplyDelete
  13. Anak pertamaku tuch mba susah bnget lepas botolny, memang Dr dulu pakai huki awalnya hadiah sih ya,,, tapi ktk kidos cocok jd pakai ini smp usia 3 then msh ngebotol

    ReplyDelete
  14. klo botol dotnya sering liat dan harganya sangat terjangkau, aku baru tau ada produk perawatan bayiknya juga, parcelnya asik tuh buat ngadoin yg baru lahiran

    ReplyDelete
  15. Warbyasaaa dirimu mba Tettyyy, kuliah sambil ngasuh anak. Aku gak kebayang mba.. Btw, Boo Mika juga pake Huki loh.. Jadi berapa waktu sebelum aku kerja, aku cobain beberapa foto. Eh maunya sama Huki. Hihi.. Mika nih apalagi, sekarang masih ngedot juga. Hukinya diganti sama yg baru gak mau coba.. Tau gitu gak beli -__- wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Apalagi Aldebaran kadang ditinggal sebentar ya, perlu dot bayi buat naruh ASIPnya.

    ReplyDelete
  17. HUKI emang produk dot yang nggak asing buat ibu-ibu mba, harganya juga relatif terjangkau, anak-anak saya pakai juga

    ReplyDelete
  18. Wuiiih lengkap paket HUKInya. Kebayang repotnya kuliah sambil ngurus baby. Hadooh kalau aku mah kagak sanggup dah hahaha

    ReplyDelete
  19. Huki ini merk botol yg melekat sejak zaman kita msh kecil ya?
    Baru tahu lho kalau botol pun ada sertifikasi halalnya.
    Sebenarnya kepengen tahu mengapa ada sertifikasi halal utk botol? Apakah ada bahan pembuat botol yg bikin haram atau gmn mbak? Aku sungguh kepoh hehe
    BTW yg BPA free itu wajib menurutku utk wadah makanan/ minuman bayi :D
    TFS

    ReplyDelete
  20. Empeng huki emang selalu beda yah jadi ngetrend sendiri yang paling gampang itu ngebersihinnya. Kadang klo iseng aku gak suka gigit jari gigit empeng Huki hahaha

    ReplyDelete
  21. kalau ada yang halal, pasti ada botol yang haram juga dong mba, bisa di katakan halal itu emang gimana mbak, apa bahannya yang berbeda?

    ReplyDelete
  22. Yang udah sepaket gini mantep..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D