Resolusi Keuangan 2018 #SemangatMenabung

| On
January 24, 2018


Baca-baca postingan Teh Icha Annisast.com yang kemarenan bahas tentang resolusi menabung di tahun ini sebenernya gak jauh beda sama diriku.

Udah lama mau nulis cuman kepending lagi sama yang lain, dan akhirnya mau nulis karena tadi abis dari tukang sayur.


Lah apaaa hubungannyaaa.


Ada dong hubungannya. Hubungannya adalah sekarang tanggal tua, hahahah. Biasanya beli makan sekarang karena pengiritan, yaudah beli ke tukang sayur aja. Masak sendiri.

Padahal tadi di motor Kifah bilang:

"Yaelah Ummi pake ke tukang sayur segala, beli aja nasi padang." Katanye santei.

KALO LAGI GAK TANGGAL TUA SIH GAK APA KIFAH. 

Tapi ini kan, ini kan.

Gajiannya seminggu lagiiiihhh.

***

Sebenernya ngatur-ngatur uang disaat lagi cekak itu emang menantang gimana gitu ya. Dan sebelnya kalau lagi uang menipis itu justru barang kebutuhan di rumah malah pas lagi abis semua.

Napa bisa gitu ya? Bisa barengan abisnya? #KUSTRESSS

Dan yang paling sebel kalau diapers juga ikutan abis, padahal belum bulan baru buat borong diapers bulanan. Dan biasanya saya ke warung sih ngakalin ini, buat beli diapers sachet.


DAN TADI WARUNGNYA TUTUP. 

Melipir lah ke mini market nyari diskonan. Untung ada yang lagi diskon harganya, lumayan deh buat nyambung sampe akhir bulan yang tinggal seminggu ini, yesss alhamdulillah.

Back to tukang sayur.

Iya aku ke tukang sayur dan beli sayuran dan juga telor sebagai sumber protein. Tadinya mau beli tempe, tapi udah lah ah irit, dan gak usah double protein, dan beli lah kerupuk, supaya ada rada gurih-gurih gimana gitu entar pas makan.

*ngemil micin*


Dan emang sebenernya pengiritan ini dilakukan bukan karena tanggal tua juga sih. Aku emang punya resolusi irit di tahun 2018 ini biar bisa rajin nabung.

Hmmm, iya tahun lalu dan tahun-tahun lalu berasanya super boros. Kadang kalau lagi ada uang yang nominalnya lumayan, malah dipake jajan gak karuan. Tau-tau uang habissss lenyap tak bersisa, gak ada bekasnya. Hiks.

Makanya tahun ini kuharus rajin menabung, supaya bisa punya simpanan, dana darurat, dan bisa beli sesuatu yang dipengenin banget, dan tentunya buat sekolah Kifah dan Aldebaran.

Karena menabung jadi prioritas mulai bulan ini, ada beberapa cara yang aku pakai buat nabung.


1. Beli logam mulia

Yessss, kalau ada uang cash di rumah atau di rekening, bawaanya pengen belanjaaaa mulu. Gak tahan godaan sih anaknya. Gak belanja ke luar, belanja online. Atau belanja ke temen, yah sama aja jadinya, uang abis.

Pengennya punya sebanyak ini
Makanya, walau emang agak gimana, yang paling bener emang uangnya dipake buat beli emas atau logam mulia, seenggaknya gak akan keliatan berbentuk uang, gak pengen belanja, dan berasa gak punya uang karena cash cuman seadanya aja.

Sejauh ini, menabung dengan LM agak lumayan menekan pengeluaran yang gak penting. Dan bisa nahan diri dari segala macam godaan yang menyesatkan.

2. Siapkan Rekening Khusus Tabungan

Alhamdulillahnya sih udah ada rekening kosong satu nih, yang bisa dipake kayaknya buat nabung. Walau memang kadang tetep aja tergoda buat ngegesrek di atm kalau ada uang nganggur begini hahaha.

Tapi mending lah, gak kalap banget buat belanja, karena ini khusus rekening tabungan dan buat dana darurat aja.


3. Manfaatkan Voucher Belanja

Kadang ini bisa jadi andalan juga pas tanggal tua dan butuh penyambung dana. Dari pada ngambil tabungan, mending pake voucher kan ya.

Dan kemaren alhamdulillah banget aku dapet doorprize kontes IG dari AIR ASIA, jadi dapet BIG POINTS sebanyak 6.500+500 dari acara FWD yang katanya bisa dituker sama tiket pesawat. Dan emang pas bhettt, tahun ini aku punya rencana buat pergi ke salah dua negara ASEAN, mudah-mudahan bayar tiketnya bisa pakai BIG POINTS ini aja.

Gak sia-sia kan jadinya udah bikin paspor capek-capek.

Baca: Pengalaman Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Bogor

4. Rajin Masak

Sebenernya masak itu bisa irit bisa nggak juga sih, kadang kalau udah masak banyak trus gak dimakan, ya itu jadi mubadzir dan boros. 

Kecuali kalau beli ayam trus diungkep atau makanan cepat saji yang makannya bisa diirit-irit. Sayurnya cukup kangkung atau sawi seiket aja sekali masak, gak usah banyak-banyak.

5. Cari Penghasilan Lain

Ngeblog udah jadi penghasilan tambahan sih alhamdulillah sekali. Tapi kalau mau lebih bisa saving, mungkin aku butuh untuk berwirausaha, dagang apa kek gitu.

Liat emak-emak OL Shop pamer saldo rekening kok kayakya bikin ngiri yaa. 

Dan memang salah satu impian tahun ini mau bikin usaha lagi kek dulu, mudah-mudahan bisa terealisasi.

*sambil mikir bisnis yang cocok buatku apaan ya, ada ide?


***

Mikirin keuangan emang pusing-pusing gimana gitu ya, makanya sekarang mau insaf dulu deh dari perilaku boros tahun-tahun kemarin. Soalnya suka nyesel banget kalau inget.


"Yaa ampun, uang segitu, kalau dikumpulin kan bisa buat beli ini, beli itu, yang lebih berfaedah."

Hmmm, menyesal kemudian tiada berguna, Kisanak.


Yaudah, gitu aja. Kalau kamu punya resolusi keuangan apa aja nih tahun ini? Mau investasi, asuransi, beli properti, atau apa? Ceritain dong.


5 comments on "Resolusi Keuangan 2018 #SemangatMenabung"
  1. Wah..pas banget sama aku nih. Pas tanggal tua, pas dapat voucher belanja dari kantor suami. Alhamdulillaah bisa buat beli2 keperluan keluarga. Bener juga sih kita mesti punyaoenghasilan lain agar dapat membantu keuangan.

    ReplyDelete
  2. aamiin, semoga tercapai resolusiny noted ah jd mupeng baca listnya jd kepingin

    ReplyDelete
  3. Lagi keranjingan beli LM juga kebetulan, dan iya sih so far bisa nahan diri buat gak jajan2 yg gak perlu. Pun budget jalan2 Alfath lagi dibatasi terlebih yg buat beli2 mainannya soalnya Papanya yang suka kalap.

    Selebihnya masih nabung2 biasa aja di Kantor suami yg emang didebet otomatis perbulannya.

    Dan, aku masih ingin meneruskan Bapak jadi Petani di Garut, haha. Tapi masih meragukan diri sendiri, bisa apa ngga ya? Huhu

    ReplyDelete
  4. Dulu aku sempat menabung LM juga, alhamdulillah sempat terkumpul sampai 20 gram. Jumlah yang lumayan banget untuk keluarga aku. Cuma sayangnya si LM sudah terpakai untuk biaya berobat orangtua. Jadi sekarang mau nabung LM lagi. Semoga bisa tercapai yaa.

    Mbak Tetty juga semoga resolusi keuangannya tercapai yaa!

    ReplyDelete
  5. Resolusi aku di 2018 juga pingin banyak menabung, selain buat promil juga kudu kebeli rumah tahun ini.... #byebyeolshop

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D