Yuk Ciptakan Peluangmu Bersama BBPLK Bekasi

| On
January 24, 2018
Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi


Be so good, they can't ignore you. -Steve Martin-

Senin tanggal 22 Januari 2018 saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja atau BBPLK Bekasi untuk meliput prosesi pembukaan DIKLAT Berbasis Kompetensi Tahap 1 tahun 2018. 

Undangan ini tentu saya terima dengan senang hati dan antusias, karena BPPLK merupakan sebuah lembaga diklat pemerintah yang dikelola untuk mempersiapkan tenaga kerja yang profesional dan memiliki kompetesi di berbagai sektor kerja baik di dalam dan luar negeri.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Pintu depan BBPLK Bekasi

Ketika tiba di BPPLK Bekasi, saya disambut dengan rinai hujan rintik-rintik, tetiba ingatan saya jauh pergi ke beberapa tahun silam. Kebetulan saya merupakan alumni jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia dan pernah beraktivitas pula di Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri di Bandung waktu itu.

Meminjakkan kaki di sebuah Balai Diklat seakan memutar memori tersendiri bagi saya. Lembaga Diklat dengan segala potensi dan semangat untuk menjadikan Indonesia lebih baik dan siap menyongsong masa depan kembali memberikan inspirasi tersendiri. 

Di lembaga ini lah Indonesia menyiapkan ‘masa depan’ bagi seseorang agar tak mudah kalah tergerus zaman di tengah persaingan Sumber Daya Manusia di era globalisasi.

Angka pengangguran di Indonesia tercatat masih tinggi. Berdasarkan data ketenagakerjaan Indonesia, jumlah pengangguran meningkat sekitar 10 ribu orang. Yakni dari 7,02 juta orang pada Februari 2016 menjadi 7,03 juta orang per Agustus 2016. (Sumber CNN Indonesia).

Dan Badan Pusat Statistik juga mengatakan bahwa pada tahun 2017 telah terjadi kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang. (Sumber Kompas.com).

Ditambah lagi dengan adanya MEA dan pasar bebas berskala internasional akan membuat persaingan antar pekerja semakin tinggi, dan mudah masuknya pekerja asing dari luar negeri.


Meningkatnya angka pengangguran, dan tingginya tingkat persaingan lapangan pekerjaan tentu harus diatasi oleh pemerintah dengan membuka lapangan kerja baru, tapi tentu dengan catatan lapangan pekerjaan yang diberikan harus diisi oleh SDM yang berkualitas pula. Karena hanya SDM yang berkualitaslah yang nantinya akan terserap di dunia industri dan lapangan pekerjaan lainnya.

Dan lebih jauh lagi, untuk menekan angka pengangguran, selain mempersiapkan SDM yang unggul dan berkualitas yang nantinya akan bekerja di banyak bidang pekerjaan, angka wirausaha juga harus ditingkatkan agar masyarakat Indonesia mampu bergerak ke arah kehidupan yang lebih sejahtera, Indonesia mampu bebas dari pengangguran.

Peran Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja atau BPPLK Bekasi

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Pembukaan Diklat Berbasis Kompetensi Tahap 1

BPPLK Bekasi yang berada di bawah naungan Kementrian Ketenagakerjaan sebagai salah satu solusi nyata menekan angka pengangguran ini, merupakan sebuah lembaga diklat atau pendidikan dan pelatihan yang berfungsi untuk menghasilkan SDM unggul dalam bidang kerja tertentu.

Di BBPLK Bekasi sendiri, program keahlian kejuruan yang menjadi unggulan adalah program kejuruan Elektronika dan Teknologi Informasi.

Hal ini sesuai dengan arahan dari Bapak Menteri Ketenagakerjaan sendiri yang menginginkan setiap BLK atau Balai Latihan Kerja di setiap daerah di Indonesia memiliki spesifikasi dan program unggulan tersendiri, agar semua program keahlian kerja menjadi lebih unggul dan berkualitas.

Secara nasional, beberapa BBPLK ditetapkan sebagai Pusat Pengembangan dan Pembinaan 2 Kejuruan (Kejuruan Unggulan), diantaranya adalah:

1.BPPLK Bandung memiliki kejuruan unggulan di bidang Manufaktur dan Otomotif.

2.BPPLK Serang memiliki kejuruan unggulan di bidang Las dan Listrik.

3.BPPLK Bekasi memiliki kejuruan unggulan di bidang Elektronika dan Teknologi Informasi.

4.BPPLK Semarang memiliki kejuruan unggulan di bidang Fashion Technology dan Administrasi Bisnis & Manajemen

5.BPPLK Medan memiliki kejuruan unggulan di bidang Bangunan dan Pariwisata.

Program 3-R Balai Latihan Kerja (Re-Orientasi, Re-Vitalisasi dan Re-Branding)

Untuk mendukung berbagai program unggulan dan meningkatkan kinerja BLK, maka program 3-R ini menjadi ujung tombak bagi BLK dalam meningkatkan kualitas BLK itu sendiri.

Jadi, jangan khawatir ya, kualitas pelatihan di BLK ini selalu diperbaiki dari masa ke masa, dan dengan adanya program 3-R ini, BLK tentunya akan bertransformasi menjadi lembaga diklat yang unggul dalam mencetak SDM yang berkualitas yang siap bersaing di berbagai sektor industri.

Apa saja yang menjadi fokus perbaikan kualitas BLK?

1.Kompetensi Kerja. BLK selalu menyesuaikan kompetensi lulusan dengan kebutuhan lapangan kerja. Dengan konsep link and match, lulusan BLK tentunya akan sesuai kemampuannya dengan bidang kerja yang akan ditekuninya nanti.

2.Kurikulum. Nah, ini yang penting. Kurikulum di BPPLK Bekasi ini selalu diupdate menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan. 

Menurut Bapak Syafruddin, kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan di BPPLK Bekasi, kurikulum di BPPLK Bekasi selalu menyesuaikan kebutuhan tenaga kerja di lapangan. “Kami biasanya berdiskusi dengan berbagai pihak dari kalangan industri yang ada di Indonesia, guna menyesuaikan kurikulum yang akan disusun di BLK ini.” Ungkap beliau.

3.Materi Pelatihan. Materi pelatihan dibentuk dalam bentuk modul yang sudah menyesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan, dan ada pula materi yang digunakan melalui pelatihan on line.

4.Instruktur dan Tenaga Kepelatihan. Tenaga pengajar di BLK juga menjadi sorotan yang tidak kalah penting. Instruktur di BLK selalu ditingkatkan kualitasnya melalui trainning di industri dan di luar negeri. Tenaga kepelatihan juga dihadirkan dari pihak swasa yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Intruktur di BPPLK Bekasi sekarang ini adalah 47 orang instruktur TIK, 29 orang instruktur kejuruan elektronika, 5 orang instruktur kejuruan refrigation, dan 5 orang instruktur kejuruan perhotelan.

5.Sarana dan Prasarana. Peralatan pelatihan selalu diupgrade ke teknologi terbaru dan kekinian. Fasilitas ruang belajar, workshop, asrama, gedung dan lainnya pun semakin ditingkatkan kualitas dan kenyamanannya.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Peralatan untuk praktek

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Lab. TIK

Gedung di BPPLK Bekasi ini menurut saya cukup bagus, gedungnya terawat dan bersih dan berdiri di atas lahan kurang lebih 10 hektar. Banyak pohon, bunga, dan taman untuk duduk-duduk. Dan rencananya tahun ini akan dimulai revitalisasi dan renovasi gedung, agar kondisi bangunan dan lingkungan BBPLK Bekasi makin asri, nyaman dan kekinian buat dijadikan spot foto untuk diupload di media sosial. Yeaay.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Salah satu spot yang instagramable nih
Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Taman yang bersih


6.Manajemen dan Tata Kelola Lembaga. Manajemen dan Tata Kelola Lembaga juga diperhatikan dengan baik, seperti pengembangan dan penerapan sistem informasi yang baik. Secara internal kelembagaan maupun secara eksternal. Seperti memperkuat kemitraan dengan industri, penguatan publikasi dan akreditasi BLK oleh Lembaga Standarisasi Nasional.

7.Assessment atau Penilaian. Pelaksanaan uji kompetensi bagi seluruh peserta pelatihan di BLK harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

8.Pembiayaan. Pemerintah juga terus berupaya agar setiap BLK mendapatkan pembiayaan pelatihan yang memadai agar tercipta lulusan yang unggul dan berkualitas.

Program Pelatihan di BPPLK Bekasi

Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, bahwa BPPLK Bekasi ini fokus pada kejuruan Elektronika dan Teknologi Informasi.

Program pelatihannya sendiri memang fokus pada skill Elektronika dan Teknologi Informasi, seperti:

Animator, Client Server, Cloud Computing, Graphic Designer, Computer Technicin, Database Programming, Mobile Programming, Network Programming, Movie Animator, IT for Solution Bussiness, Warehouse Crew Development Programmer, Viber Optik (V-Sat), Operator Instrumen dan Kontrol, Operator Otomasi Elektronika Industri, Teknisi Audio Video, Teknisi Fiber Optik, Teknisi Telepon Seluler, Teknisi Surface Mounted Technology (SMT).

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Suasana bengkel kerja

Untuk Bidang Elektronika sendiri terdapat pelatihan Teknologi Lemari Pendingin (Show Case), Teknisi Pendingin AC Split, Teknisi Refrigasi Komersial.

Selain kejuruan Elektronika dan Teknologi Informasi, ada pula program pelatihan kejuruan Pariwisata yaitu Perhotelan yang mencakup Food and Beverage Service, Housekeeping, dan Patisserie.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Gedung hotel untuk pelatihan perhotelan
Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Kamar Suite.

Program pelatihan di BPPLK Bekasi ini rata-rata berdurasi 200 jam pelajaran  sampai 960 jam pelajaran atau jika dikonversi ke waktu normal sekitar 4-6 minggu dan ada pula yang hingga 6 bulan.

Bagi peserta disediakan program boarding/asrama dan non-boarding/tidak asrama. Program tidak asrama biasanya peserta datang ke BLK pagi hari dan pulang di sore hari setiap harinya.

Uji Kompetensi

Tujuan dari pelatihan yang dilakukan oleh BPPLK Bekasi ini tentunya untuk menciptakan SDM yang unggul dan kompeten di bidang tertentu, untuk itu diperlukan adanya sertifikasi atau uji kompetensi bagi peserta pelatihan yang ingin dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat kompetensi atau bidang keahlian tertentu.

Uji kompetensi ini tentu berlaku bagi selurus peserta pelatihan di BPPLK Bekasi dan BLK UPTD Binaan.

Binaan BPPLK Bekasi tahun 2018 tercatat berada di 3 Provinsi yaitu:

UPTD Provinsi Jawa Barat (BLK Bogor, BLK Kab. Bogor, BLK. Karawang, BLK Jawa Barat, LLK UKM Subang, BLK Kuningan, BLK Indramayu, BLK Cirebon, BLK Purwakarta, UPT BLK Kota Cirebon).

UPTD Provinsi Kalimantan Selatan (BLK Banjar Baru, LLK Rantau Tapin, BLK Pelaihari Tanah Laut, BLK Kab. Kota Baru, BLK Tanjung Kab. Tabalong, LLK UKM Amuntal, BLK Balangan).

UPTD Provinsi Bengkulu (BLK Provinsi Bengkulu, BLK Curup/Kapahiang, LLK Manna, BLK Muko-Muko, BLK Bengkulu Utara, BLK Kab. Seluma).

Selain di 3 Provinsi di atasm BPPLK Bekasi juga membina BLK Komunitas, yaitu:

Pondok Pesantren An-Nur Bekasi, Pondok Pesantren Riyaddul Aliyah Bogor, Yayasan As Syifa Syech Yusuf Depok, Yayasan Darul Maarif Indramayu, Pondok Pesantren Ubudiyah Tanah Laut, Yayasan Al Badar Ponpes Cipulus Purwakarta.

Beberapa perusahaan yang pernah bekerja sama dengan BPPLK Bekasi ini sudah cukup banyak loh, seperti: MNC, Denso Indonesia, Toyota Indonesia, Wings, Arnotts, Epson, Schneider Elektronik, Aisin, Microsoft, Pasifik Satelit Nusantara, dan masih banyak lagi.

Prosedur Pendaftaran Peserta Pelatihan di BPPLK Bekasi

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Peserta Diklat sedang makan siang di ruang makan

Proses pendaftaran untuk menjadi peserta pelatihan di BPPLK Bekasi ini cukup mudah. Persyaratannya adalah:

1.Laki-laki/perempuan
2.Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
3.Fotocopy KTP
4.Pas foto ukuran 3x4 1 lembar
5.Lulus tes seleksi
6.Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna

Cukup mudah ya persyaratannya, dan menurut Kepala BBPLK Bekasi, Bu Helmiaty Basri “Tidak ada batasan usia dan pendidikan untuk mengikuti pelatihan ini, asalkan ada niat dan kemauan yang keras untuk belajar serta berusaha berubah ke arah yang lebih baik, juga memenuhi persyaratan administrasinya, pasti akan kami terima dan diberikan pelatihan skill yang akan bermanfaat bagi kehidupannya kelak.”

Fasilitas yang akan didapatkan adalah Transport PP, Asrama, Makan, Pakaian Kerja, Asuransi, Sertifikat Pelatihan dan Sertifikat BSNP. Jadi, memang pelatihan ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Pendaftaran peserta bisa dilakukan secara online melalui website www.kios3in1.net/2016. Proses seleksinya berupa seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara. Informasi melalui telepon melalui nomor 08159171717 atau 085711070057.

Alamat BPPLK Bekasi di Jalan Guntur Raya No.1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat 17144. Telp 021-884 1147 Faks. 021-884 1146.

***
Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi
Yuk ciptakan peluangmu bersama BBPLK

Mendapatkan akses pekerjaan tentunya sangat sulit jika kita tidak memiliki kemampuan yang memadai dan diperlukan oleh para pelaku industri dan bisnis.

Seperti kata Allah dalam FirmanNya, dalam surat Ar-Ra’d ayat 11 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri.”

Dan sebuah pribahasa Arab juga mengatakan bahwa Man Jadda Wajada, barang siapa bersungguh maka ia akan dapat.

Tak ubahnya seperti diri kita, bahwa berusaha dan berikhtiar kepada suatu kebaikan adalah upaya untuk mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Dengan memiliki skill atau kompetensi tertentu dan menjadi SDM yang unggul, merupakan sebuah langkah ikhtiar kita menjadi insan yang lebih baik dan berkualitas. Insya Allah.


Yuk sebarkan informasi ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan yaa.


18 comments on "Yuk Ciptakan Peluangmu Bersama BBPLK Bekasi"
  1. Informasinya manteb banget mbak Tetty moga banyak yang menemukan artikel ini dan mengetahui bahwa BBPLK Bekasi menerima siswa utk dilatih/ dididik sesuai keahliannya ya.

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat berguna untuk sodara2 kita yang perlu peningkatan skill maupun soft skill di sini.

    ReplyDelete
  3. baru tau klo pemerintah peduli dengan masyarakat, sudah diberi ilmu, uang transport dan bisa dapat kerja lagi

    ReplyDelete
  4. Semoga dengan adanya BBPLK makin banyak yang tercerahkan dan memanfaatkan beberadaan BBPLK ini. Angka pengangguran pun menurun dan perekonomian keluarga jadi meningkat

    ReplyDelete
  5. Ini tempatnya bagus banget.. Serius ya digarapnya.. Semoga makin banyak tenaga terlatih yang lahir dari sini.. Pesertanya boleh dari mana aja ya mba Tetty? Aku salfok sama kamar hotelnya, cakeeeps.. Hihi.. Boleh buat nginep beneran gak sih? :D

    ReplyDelete
  6. Beruntung banget aku bisa ikutan kesini, jadi tau kalau jadi peserta BBPLK ternyata gratis. Mungkin banyak yang belum tau ya jadi enggan untuk mendaftar.

    ReplyDelete
  7. Semoga banyak yang tahu informasi semanarik ini terlebih bagi mereka yang tidak mampu tapi pengen berkembang.

    ReplyDelete
  8. sosialisasi BBPLK mungkin harus digalakkan, agar masyarakat makin tahu ada fasilitas dari pemerintah untuk melatih skill, dan gratis lagi

    ReplyDelete
  9. BLK seperti ini nih yang harus diperbanyak, supaya angka pengangguran di Indonesia dapat berkurang perlahan. Gak harus melulu kerja Kantoran, dengan skill yang memadai, siapapun bahkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri :)

    ReplyDelete
  10. BPPLK ini membantu banged orang pintar namun kurang/ tidak mampu untuk meraih cita2 masa depan. Fasilitasnya bagus sekali. Pengajaran dan kurikulumnya pun selalu disesuaikan ya. Persyaratan untuk mengikutinya pun cukup.mudah asal ga buta warna.

    ReplyDelete
  11. Peluang dan kesempatan belajar begitu terbentang, gak ada alasan untuk ngoyo sebenarnya para pemuda Indonesia kita :)

    ReplyDelete
  12. Bagus ini programnya. Pasti sangat membantu para pengangguran yang jumlahnya semkain membludak nantinya. Semoga di Depok ada juga BLK seperti ini.

    ReplyDelete
  13. Nah ini nih yang penting untuk semua orang tahu. Meningkatkan skills itu penting banget untuk meningkatkan daya saing kita dengan orang lain. Apalagi dengan adanya BPPLK seperti ini nggak ada alasan kita tidak bisa maju dan mengembangkan diri karena disediakan fasilitasnya. Semoga di kota-kota lain di Indonesia juga punya balai pelatihan seperti ini sehingga bisa membantu mengurangi penggangguran.

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat bangeet ini buat para lulusan SLTA maupun yang sudah lama nganggur

    ReplyDelete
  15. Coba tau dari baru lulus kerja ya. jadi gak nyia-nyiain waktu menganggur.

    ReplyDelete
  16. BBPLK daerah lain gratis juga kah? Informasi menarik nih buat tetangga yang sedang menganggur.

    ReplyDelete
  17. Sebenarnya banyak peluang yang bisa diciptakan ya atau menggali potensi yang ada dalam diri kita agar lebih optimal. Apalagi ada BBPLK seperti ini, jadi snagat membantu lulusan SMK yang ingin bekerja dengan keahlian yang dimilikinya.

    Semoga makin banyak yang tahu akan keberadaan BBPLK Bekasi ini ya :)
    TFS mba, deatail banget infonya!

    ReplyDelete
  18. dengan adanya BBPLK ini diharapkan bukan hanya bisa meningkatkan daya saing pekerja, tapi mengurangi pengangguran

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D