Yuk Datang ke Bricklive! Petualangan Interaktif Seru Bersama LEGO Pertama Kalinya di Indonesia

| On
February 10, 2018
LEGO Bricklive Jakarta

"Every Child is an Artist" -Piccaso-

Anak mana sih yang gak hafal sama mainan bernama LEGO? Apalagi anak laki-laki, koleksi LEGO semenjak dia kecil sampe gede pasti udah banyak banget kalau dikumpulin kalau gak pada hilang ya LEGOnya.

Iya, anakku yang suka ngilangin LEGO suka bikin greget. Apalagi kalau yang udah hilang bagian yang kecilnya deh, udah paling sebel. Susah nyarinya karena udah kecampur sama mainan satu keranjang, atau udah hilang kesapu atau nyelip di kolong sofa atau tempat tidur.

Hehehe, siapa yang senasib, Mak? Angkat tangannya?

LEGO si Permainan Edukatif

LEGO Bricklive Jakarta
Bikin kendaraan dari LEGO

Tapi jangan kesel dulu sih, Mak, sebenernya. Kita harus punya stok sabar yang banyak untuk menghadapi anak yang seneng main LEGO.

Karena apa? Karena LEGO adalah salah satu permainan edukatif yang memiliki banyak kelebihan.

Menurut Mbak Ratih Ibrahim, seorang Psikolog yang hadir saat acara press conference acara Bricklive Jakarta, Kamis 8 Februari 2018 di PIK Avenue Jakarta lalu, ia mengatakan bahwa setiap anak dibekali dengan berbagai kecerdasan yang lengkap dan perlu dikembangkan melalui stimulasi yang tepat dengan usia perkembangannya.

Salah satu permainan yang bisa melatih kecerdasan anak yang majemuk tersebut, adalah dengan cara bermain LEGO.

LEGO memiliki banyak kelebihan dalam menstimulasi kecerdasan Kognitif, Psikomotorik, dan Psikosial anak loh. Stimulasi sendiri adalah pemberian rangsangan dari lingkungan yang memancing response tertentu.

LEGO Bricklive Jakarta
Berimajinasi membuat kota dengan LEGO
Stimulasi juga penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, membantu anak untuk memasuki tahap perkembangan yang selanjutnya, membantu anak memiliki self esteem yang baik, dan stimulasi juga harus diberikan secara tepat sesuai tahapan usia perkembangan anak.

1.Menstimulasi Kecerdasan Kognitif

Ketika bermain LEGO, kecerdasan kognitif anak terasah. Seperti dalam melihat dan menganalisa bentuk, menghitung jumlah, membendakan bentuk dan warna, melatih konsentrasi dan fokus, problem solving, imaginasi kreatif, rserta mengasah keterampilan berlogika.

2.Menstimulasi Kecerdasan Psikomotorik

Dalam permainan LEGO, anak menggunakan jari-jarinnya, juga matanya untuk menyeleksi dan menyusun LEGO. Dengan begini, keterampilan motorik halus anak akan terasah. Selain itu, ketika bermain LEGO, anak juga banyak bergerak seperti berdiri, jongkok, duduk, bahkan berjalan mengambil LEGOnya yang lain. Disinilah keterampilan motorik kasar anak ikut terasah.

3.Menstimulasi Kecerdasan Psikososial

Yaitu menstimulasi kecerdasan anak untuk melakukan interaksi dengan orang lain atau teman sebayanya ketika bermain LEGO.

Ketika bermain LEGO, anak bisa saja rebutan, atau bahkan bertengkar karena ‘masalah’ yang mereka hadapi ketika bermain LEGO. Nah, disini anak bisa belajar untuk melatih emosinya, empatinya, bahkan kecerdasan dalam berkomunikasi dan berbahasa.


Selain itu, saat bermain LEGO, anak juga saling sharing idea dengan teman yang lainnya.

Apakah Bermain LEGO Bisa Menimbulkan Adiksi atau Kecanduan?

LEGO Bricklive Jakarta
Berbagai figur LEGO

Saat launching acara LEGO Bricklive di PIK Avenue kemarin, seorang audience bertanya kepada narasumber yaitu Mbak Ratih Ibrahim yang berprofesi sebagai seorang psikolog ini.

Gadget mungkin bisa menimbukan adiksi atau kecanduan, tapi LEGO tidak. LEGO hanya menimbulkan rasa suka, tapi tidak menjadi adiksi seperti kepada gadget.

Kenapa?

Karena ketika anak bermain gadget, impuls atau gelombang elektromagnetik yang terdapat pada layar gadget menstimulasi otak untuk merasa ‘nyaman’ dan akhirnya ketergantungan jika tidak mendapatkannya lagi.

Sedangkan LEGO itu statis, benda mati, tidak mengeluarkan getaran, gelombang, atau impuls, sehingga LEGO tidak menimbulkan adiksi atau kecanduan seperti pada gadget.

Kemudian ada yang bertanya lagi, ada pula orang dewasa yang senang bermain LEGO, apakah ada dampak yang lainnya terhadap kondisi fisik atau psikologi orang dewasa?

LEGO Bricklive Jakarta
Bagi orang dewasa, bermain LEGO bisa merelese stress dan energi negatif

Menarik juga nih pertanyaannya, dan Mbak Ratih sendiri menjawab, “Namanya orang dewasa pun butuh release dari segala kepenatan, kesibukan, stress dan kepadatan urusan pekerjaan. Dengan bermain LEGO, kondisi psikologis orang dewasa bisa menjadi lebih baik.”

Nah, karena dewasa juga bisa asyik bermain LEGO, maka klasifikasi LEGO berdasarkan rentang usia adalah sebagai berikut:

1.Duplo: Pre schooler usia 1,5 sampai 5 tahun

2.Junior: Anak laki-laki dan perempuan berusia 4-7 tahun

3.City: Anak laki-laki berusia 5-12 tahun

4.Friends: Anak perempuan 5-12 tahun

5.Creator: Anak laki-laki 6-12 tahun

6.Classic: Anak laki-laki dan perempuan berusia 4-99 tahun


LEGO Menggelar Acara Bricklive, Petualangan Interaktif Bersama LEGO Pertama Kalinya di Indonesia.

Bagi para pecinta LEGO, dan pernah berkunjung ke LEGO LAND yang ada di luar negeri. Pasti deh berasa lagi di surga dunia, hehehe.

Ia lah, area permaianan seluas itu full of LEGO, siapa yang nggak kalap, apalagi kalau emang ngefans berat sama permaianan edukatif yang satu ini.

LEGO Bricklive Jakarta
Oleh-oleh dari LEGO LAND Malaysia dari Abbiy buat Kifah

LEGO Bricklive Jakarta
Karena LEGOnya Kifah sering hilang, jadi dibeliin tempat penyimpanan LEGO biar aman

Nah, dari pada jauh-jauh ke negeri seberang sana. Pada bulan Juni 2018 mendatang, yaitu pada tanggal 7-17 Juni 2018. LEGO akan menggelar acara Petualangan LEGO terbesar dan pertama di Indonesia yaitu Bricklive.

Tepatnya akan diselenggarakan di Pantai Indah Kapuk atau PIK Aveneu yang ada di Jakarta Utara.

Lokasi PIK Avenue ini mudah dijangkau dengan menggunakan Tol yang mengarah ke Bandara Soekarno Hatta.

Kalau menurut aku, acara ini pas banget karena bertepatan dengan libur Hari Raya Idul Fitri dan liburan kenaikan kelas juga. Jadi bisa banget nih disiapkan segala sesuatunya dari sekarang, mumpung masih ada sekitar empat  bulanan lagi.

Bricklive Jakarta akan menghadirkan 16 area permainan LEGO dimana nanti pengunjung dapat berinteraksi dan berkreasi dengan berbagai jenis LEGO. Pada area Brick Pool dan Duplo Pool, pengunjung di segala usia akan didorong kreatifitas dan imajinasinya menggunakan berbagai jenis LEGO yang disediakan.

Pada area Race Tracks, pengunjung juga dapat membangun mobil atau kendaraan dari LEGO dan mengikuti balapan yang diadakan.Wah ini kalau Kifah tau bisa-bisa ga mau pulang, secara dia suka banget LEGO dan balap mobil.

Selain itu, terdapat juga area interaktif lainnya seperti Brick Wall, LEGO Cities, LEGO Architecture, LEGO Star Wars, dan masih banyak arena permaianan interaktif lainnya.

Asli ini sambil nulis ini, sambil bayangin gimana bentuk venue dan acaranya nanti, pasti seru banget. Siap-siap aja ini mah berangkat subuh pulang malem, dan siapin amunisi sebanyak-banyaknya buat nungguin yang main. Cann’t wait!

Pak Deni Sumali, Direktur SGE atau Sorak Gemilang Entertainment sebagai penyelenggara acara Bricklive ini mengatakan, “SGE berkomitmen untuk mempersembahkan kegiatan berkualitas dan edukatif bagi keluarga Indonesia. Kali ini melalui Bricklive Jakarta, kami mengajak keluarga Indonesia untuk memberikan ruang kepada anak dengan berkreasi menggunakan LEGO. Karena selain permainan yang bermanfaat dan edukatif, bermain LEGO bersama keluarga tentunya akan menjadi salah satu cara meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak.”

Dan menurut Bapak David Hilman, selaku COO Agung Sedayu Retail Indonesia mengatakan, “Menyajikan kegiatan berkelas internasional yang bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga seperti Bricklive di PIK Avenue ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kami. Sambil menikmati kegiatan Bricklive, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di PIK Avenue, seperti restoran, outlet fesyen, dan juga nonton di FLIX Cinema.”

PIK Avenue dipilih karena tempatnya yang luas, aman, dan nyaman. Selain itu, PIK Avenue ini sangat mudah diakses via jalan TOL.

Bagaimana Cara Mendapatkan Tiket ke Acara Bricklive?

Ada dua cara untuk mendapatkan tiket ke Bricklive Jakarta, bisa online ataupun offline. Kita bisa membeli tiket Bricklive secara online via Tokopedia, dan juga membeli secara langsung di PIK Avenue, atau di outlet LEGO ya.

LEGO Bricklive Jakarta
Outlet LEGO di PIK Avenue Jakarta Utara

Harga tiketnya yaitu VIP Rp. 275.000, sedangkan Reguler Rp. 175.000. Dan dengan membayar tiket LEGO Bricklive Jakarta ini, kita juga sudah termasuk mendapatkan LEGO item tertentu.

Untuk setiap pembelian tiket VIP melalui Tokedia akan mendaptkan 1 LEGO Figurin dan diskon 10%. Terdapat juga Family Package: Tiket anak Rp. 175.000, Tiket orang tua Rp. 100.000, Bundling 4 Tiket Rp. 550.000 (2 tiket anak dan 2 tiket orang tua).

Menurut Mbak Melissa Siska Juminto, Managing Director Tokopedia, “Kami bangga dapat mendukung kehadiran Bricklive Jakarta bagi keluarga Indonesia. Sebagai tempat yang mendukung siapapun untuk memulai dan membangun mimpinya.”

“Apalagi serarang Tokopedia sudah menjadi rumah baru untuk berbagai official brand, termasuk LEGO. Sekarang LEGO akan lebih mudah diakses dan dijangkau oleh masyarakat Indonesia.” Lanjutnya.

LEGO Bricklive Jakarta
Beli LEGO lebih gampang di Tokopedia

Tokopedia juga menyediakan promo khusus LEGO dan Bricklive selama bulan Maret, Mei-Juni. Setiap pembelian LEGO di Official Store Tokopedia akan mendapatkan 1 tiket reguler untuk Bricklive loh dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Dan ada promo khusus juga bagi pemegang membership SedayuOne, yakni ada diskon Rp. 75.000, untuk pembelian tiket Februari-Maret 2018, dan diskon sebesar Rp. 38.000, untuk pembelian tiket periode April-Mei 2018. Dan diskon 10%, untuk pembelian tiket di bulan Juni 2018.

Oia, sebagai tambahan informasi. Ketika di acara nanti, anak yang bermain di arena Bricklive bebas keluar masuk arena Bricklive untuk makan, beristirahat, atau ke kamar mandi. Karena nanti akan diberikan gelang tanda pengenal sebagai pengunjung bagi setiap anak dan orang tua yang mendampingi.

***

LEGO Bricklive Jakarta
Jangan lupa ya, LEGO Bricklive tanggal 7-17 Juni 2018 di PIK Avenue Jakarta Utara

Seruuu yaa bayangin acara LEGO Bricklive nanti, yeaaahhh. Gak sabar mau kesana. Alhamdulillah aku udah mengamankan 2 tiket nih untuk pagelaran Bricklive Juni mendatang. Mudah-mudahan dikasih kesehatan dan waktu luang untuk ikutan acara Petualangan Interaktif LEGO pertama di Indonesia ini.

Yuk, yuk, book mark tanggalnya dari sekarang. See you thereeee, amiinnn, Insya Alloh.

16 comments on "Yuk Datang ke Bricklive! Petualangan Interaktif Seru Bersama LEGO Pertama Kalinya di Indonesia"
  1. Ternyata lego ada klasifikasi usia ya,baru tau hehe. Kira in sama aja gitu..

    ReplyDelete
  2. Aihhhh maaakkk kayanya seru bgt, Gayatri per juni ini 1,5 tahun, uda bisa mainin yang duplo kali ya.... Selama ini dia suka main building block juga tapi dari merk lain yang gede gede. Lego kayanya lebih banyak variannya yak.... Nice sharing mak,thanks

    ReplyDelete
  3. Asyiiiiikkk 7-17 Juni mendatang nih ya acara Lego di PIK 😀 bener banget permainan benda statis ga bergerak gini ga menimbulkan kecanduan anak seperti bermain gadget dab. Mau ajak anak2ku ah sekalian liburan. Tq infonya mb Tetty 😊

    ReplyDelete
  4. Jangankan anak-anak, orang tua aja suka sama lego, asyik

    ReplyDelete
  5. Lego mainan kesukaan anak saya dr dl sampe skrng. Kalau tahu ada pameran Lego ini pasti dia ngajak kesana deh...

    ReplyDelete
  6. lego bisa mendapat kreativitas anak, buat ortu yg anaknya suka lego mesti datang

    ReplyDelete
  7. Walaah legonya Kifah gede bangeett.. Salim pinjem doong

    ReplyDelete
  8. Asik banget nih buat anak-anak. Anakku pasti seneng bisa dateng kesini. Tapi lokasinya lumayan jauh juga ya.

    ReplyDelete
  9. Hahaha iya, di rumahku gak hanya anak kecil yg mainan lego, bapake juga :))

    ReplyDelete
  10. Lego itu juga disukai orang dewasa lho. Asyik memang bikin otak mikir tapi santai karena liat warna-warna yang ada

    ReplyDelete
  11. Acaranya keren nih,saysng pas hari H aku sakit jadi cancel

    ReplyDelete
  12. mada baru suka lego akhir2 ini, noted untuk info acaranya

    ReplyDelete
  13. Huaaah iya belum kesampaian ke Lego Land, ke Brick Live dulu aja berarti yaa mbaa.. Anak-anak pasti happy berat kalo diajak ke sana.. Permainannya banyak yaa.. Harga masuknya mayan juga kalo sekeluarga ke sana.. Tapiii ini menggoda banget buat didatengin.. :D

    ReplyDelete
  14. Anakkuuuu suka banget main LEGO. Kalau udah main suka antengg aja sendirian. Tapi masalahnya tuh legonya sering ilang karena emang kecil-kecil banget deh. Pas mau dimainin kok jadi tinggal dikit. Jadi butuh tempat penyimpanan yang aman juga nih kayanya.

    Acara yang bakal digelar LEGO asik juga nih. Udah ngebayangin anak-anak ngga mau pulang deh kalau main disana. Mesti nabung buat beli tiketnya secara lumayan juga kalau berlima.

    ReplyDelete
  15. Anak saya pasti bakalan seneng banget kalo di ajak ke sini.......bisa2 gak mau pulang hahahaha

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D