5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Mengembangkan Blog Pribadi Bagi Pemula

| On
April 25, 2018

Menjadi seorang blogger, influencer, selebgram, buzzer, youtuber atau apalah sebutan lain bagi para ‘pesohor’ di media sosial, menjadi tren tersendiri. Selain menjanjikan income atau pemasukan yang bisa didapatkan dari profesi tersebut, menjadi blogger, selebgram atau youtuber ini juga menjadi seseorang lebih nyaman dalam bekerja sekaligus menyalurkan passion mereka masing-masing.

Seperti saya sendiri, memberdayakan diri menjadi seorang blogger yang sebagian besar beraktivitas di rumah, membuat saya lebih nyaman. Karena saya masih bisa berkarya dan produktif menulis juga berkreativitas sambil mengurus rumah dan anak-anak. Maka dari itu, seorang blogger juga bisa disebut sebagai seorang pekerja paruh waktu atau freelancer.

Mudahnya akses internet zaman sekarang, membuat pekerjaan sebagai freelancer (salah satunya blogger) ini kian menjamur. Banyak orang yang akhirnya fokus mengembangkan website pribadi untuk meraup rupiah cukup dari dalam rumah saja.

Beberapa blog seperti maxmanroe.com atau isnuansa.com bahkan bisa meraup uang dari website yang mereka kelola belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Sungguh angka yang menggiurkan untuk pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah dan di depan layar gadget atau komputer saja.

Di luar negeri sendiri, para blogger yang sudah fokus diniche atau bidangnya masing-masing, mampu meraup uang berkisar $100.000-$900.000 per bulannya. Wow!

Namun, untuk membuat blog yang “menghasilkan” diperlukan kualitas blog yang menunjang dan dikelola dengan baik.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk membuat blog menjadi berkualitas?

1.Konten yang Bermanfaat dan Terus diupdate

Konten adalah nyawa dari sebuah blog. Tanpa konten yang berkualitas, bermanfaat, dan memiliki informasi yang dibutuhkan oleh pembaca, apalah artinya sebuah blog dibuat. Konten yang bermanfaat tentunya sangat dibutuhkan oleh para netizen, seperti pengalaman melakukan sesuatu, cara membuat sesuatu, atau pun tulisan-tulisan yang menginspirasi sebagai pemacu semangat para pembaca blog.

Selain harus berkualitas, baiknya blog harus senantiasa diupdate agar pembaca terus bisa ‘mampir’  dan membaca setiap artikel yang kita tulis. Agar senantiasa memiliki konten yang berkualitas dan terupdate dengan baik, kamu bisa mengumpulkan ide setiap harinya pada buku catatan atau gadget, mencari inspirasi dengan melakukan perjalanan/liburan, dan jangan sampai lupa, enjoy the ride. Nikmati setiap proses yang dialami untuk menghasilkan sebuah tulisan.

*karena kadang ada masanya bosan atau stuck menulis.

2.Memilik Traffik yang Tinggi

Blog yang berkualitas tentunya yang memiliki traffik yang tinggi, atau dengan kata lain, ramai pengunjungnya. Untuk melihat ‘lalu lintas’ blog, kita bisa melihatnya di dashboard ataupu di Google Analitycs.

Traffik yang tinggi ini juga biasanya didatangkan dari konten yang berkualitas. Sehingga, antara konten dan traffik ini akan saling berkaitan satu sama lain.

Selain itu, untuk mendapatkan traffik tinggi dari sebuah konten atau blogpost yang kita buat, jangan lupa untuk mempelajari teknik menggunakan SEO atau Search Engine Optimization agar postingan yang kita buat bisa nangkring cantik di Google Page One.

3.Memiliki Ranking yang Bagus

Blog yang bagus juga bisa dilihat dari ranking blog itu sendiri. Untuk saat sekarang ini, biasanya ranking sebuah blog dilihat dari Domain Authority dan Page Authority. Skalanya adalah 0-100, makin besar angkanya, berarti blog tersebut semakin bagus. Cara mengecek rangking sebuah blog bisa kita lihat di www.moz.com

4.Memiliki Hosting dan Domain Sendiri

Sebuah blog yang dikelola secara serius atau profesional biasanya sudah tidak memiliki embel-embel blog gratis lagi. Misalkan menginduk pada blogspot atau wordpress. Blog yang profesional biasanya berakhiran .com, .net, .co.id dan lainnya.

Agar bisa mendapatkan alamat blog pribadi seperti yang saya sebut di atas, kita memerlukan jasa penyedia hosting dan domain yang berkualitas dan terpercaya.

Saya merekomendasikan Niagahoster sebagai penyedia jasa hosting dan domain yang bisa diandalkan untuk membuat website atau blog pribadi agar terlihat lebih berkualitas dan profesional.

Niagahoster sendiri berdiri pada tahun 2013 dan berlokasi di Menara Cakrawala, Jakarta. Namun, pada tahun 2014 Niagahoster pindah ke Kota Yogyakarta yang beralamat di jalan Monjali No. 143B Mlati Sleman Yogyakarta.



Kelebihan Niagahoster adalah:

1) Hosting Indonesia dengan server IIX

Niaga Hoster menggunakan DCI Indonesia sebagai data center layanan Indonesia. Yaitu sebuah Green Data Center Tier-4 yang canggih dan modern di pusat industri utama Jakarta Indonesia. DCI merupakan data center bersertifikasi Tier-4 berstandar internasional dan merupakan bagian dari Equinix penyedia data center terbaik di dunia yang berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99,999%.

Sumber gambar: www.niagahoster.co.id
2) Fitur hosting lengkap, support terbaik, dan data center tier 4 yang canggih



3) Kita bisa mendapatkan domain gratis selamanya, garansi harga murah, uptime 99,9% serta garansi 30 Hari uang kembali



4) Server Indonesia. Buat kamu yang memang blog atau websitenya membidik pembaca dari Indonesia, menggunakan server lokal akan membuat blog atau website kamu lebih mudah dan cepat diakses. Dan yang terpenting sih, biar tetep bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan melakukan transfer pembayaran dengan Bank dalam negeri.

Spesifikasi Server Niagahoster sendiri adalah:

klik untuk memperbesar gambar

5) Techincal Support 24 jam/7 hari non-stop

6) Keamanan server yang canggih. Keamanan server ekstra dan BitNinja Smart Server Security yang akan melindungi blog atau website dari hacker, Ddos, Spam, dan Malware yang merusak.

7) cPanel terlengkap. Hosting murah berkualitas dengan fitur terlengkap. Softaculous, Site Builder, Email, Auto Responder, Auto Backup, SEO Tools, dan masih banyk lagi fitur yang lainnya.

Paket apa saja yang ditawarkan oleh Niagahoster?


Paket paling terjangkau yang ditawarkan oleh Niagahoster adalah Paket Bayi. Hanya Rp.19.800,- /bulan. Wow, murah yaaa. Selanjutnya ada Paket Pelajar, Personal, dan Paket Bisnis. Ada juga diskon up to 40%.

So, menurut saya Niagahoster adalah penyedia jasa hosting dan domain yang cukup terjangkau dengan fasilitas dan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Yuk, yang mau blognya lebih berkualitas, eksis, dan makin terlihat Pro, bisa memanfaatkan kesempatan dari Niagahoster sekarang juga. Segera kunjungi www.niagahoster.co.id yaaa.

5.Tampilan yang Enak dipandang Mata

Konten sudah, traffik sudah, hosting dan domain juga sudah. Yang tidak kalah penting lainnya adalah ‘Eyes Friendly’ alias tampilan blog yang gak bikin butek mata pembaca. Blog yang baik dan disukai pembaca biasanya adalah blog dengan desain sederhana namun tetap ada sentuhan desain yang menarik dan kekinian.

Gak perlu rame kayak pasar malam ya gaes. Ada efek bintang jatoh sampe gempa bumi segala. Saya sarankan sih pakai desain clear white gitu, dengan font hitam yang agak formal, usahakan juga tampilan foto yang baik, beresolusi tinggi, dan nyaman untuk dilihat (gak blur atau terpotong).

***


Yaps, bagi yang ingin fokus dan konsisten dengan media sosial serta ingin memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan, 5 hal tadi penting untuk diperhatikan ya. Dengan fokus, kerja keras, dan kemauan untuk senantiasa mempelajari hal yang baru, insya alloh blog pribadi kamu akan semakin berkembang menjadi lebih baik lagi, dan tentunya membuat para pembaca betah berlama-lama membaca tulisan dan opini yang kamu sampaikan.
7 comments on "5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Mengembangkan Blog Pribadi Bagi Pemula"
  1. kalau di aku yang berat naikin traffic. heu. kayaknya traffic ini selain masalah SEO, konten, jumlah pembaca loyal juga berpengaruh

    ReplyDelete
  2. Praktekin ah. Terutama yg hosting. Pgn bgd punya hosting sndiri. Mksih bnyak ilmunya ya mbk

    ReplyDelete
  3. saya bikin blog 2009 tapi buat senang-senang aja, tahun 2017 baru diseriusin. Beli domain, beli template, alhamdulillah lebih ramai dan berdatangan tawaran kerja sama :D

    ReplyDelete
  4. ooh gambar serever kayak gitu yaa, data-data tulisan di simpan di situ juga, ribet ya lihatnya, termasuk ribet juga saya mikirin segala trafik dan ranking blog..hhihiy

    ReplyDelete
  5. Selain domainnya diganti dengan yang berbayr, konsisten menulis satu hal yang penting guna membuat blog jadi hidup ya, Teh..

    ReplyDelete
  6. Yang menjadi raja dalam sebuah blog adalah tetap konten menarik dan berkualitas.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D