Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes

| On
May 23, 2018
Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes


Halo Mak, pernahkah merasa khawatir berlebihan sama anak? Apalagi kalau anak udah main di tanah, rumput, pasir, pegang hewan, dan benda-benda lain yang mengandung jutaan kuman pembawa bibit penyakit?

Kalau iya, toss dulu, Mak.

Kifah, si sulung, sungguh sangat dominan kinestetik, sukanya makin di luar rumah, aktif loncat sana, loncat sini, pegang sana, pegang sini sejak kecil. Aldebaran, adiknya juga gak kalah aktif, menginjak usia 2 tahun, sekarang dia pun makin senang main di luar, terutama main tanah, dan pegang binatang seperti kucing atau kelinci.

Baca juga: Jangan Pernah Katakan 7 Hal Ini Kepada Ibu dengan Anak Aktif

Pernah suatu hari Aldebaran sakit perut dan diare, beberapa anggota tubuhnya pun gatal-gatal.

“Tadi abis main tanah ya?” Kata Abbiy.

“Iya, tadi sempet pegang-pegang tanah di luar.” Jawab Saya.

“Tuh kan, jangan dikasih main tanah lagi ya.” Abbiy sewot.

Yah, dilema lah saya sebagai seorang ibu. Maunya anak bereksplorasi dengan alam sekitar, eh malah sakit karena terkena serangan angkara murka kuman penyebab diare dan gatal.

Sebuah Dilema

Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes
Kifah dan Aldebaran memang senengnya main di luar rumah

Dilansir dari berbagai sumber di Internet yang saya baca, ada banyak keuntungan bagi anak yang bermain di alam terbuka, yaitu:


1.Baik untuk Pengembangan Otak Anak

Berbagai hal yang ada di alam, mampu menstimulasi anak untuk berpikir dan mengembangkan daya pikirnya, karena anak melihat dan menyentuh hal-hal yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

2.Melatih Keterampilan Motorik

Berjalan, melompat, meluncur, berayun, memanjat, berlari, menyentuh dan segala kegiatan yang melibatkan fisiknya, sangat baik untuk mengembangkan keterampilan motoriknya.

3.Mengenal Hewan

Dengan berinteraksi di alam terbuka, dan bertemu dengan berbagai jenis hewan, anak akan belajar mengenai berbagai jenis hewan dan mengasah keterampilan emosionalnya untuk menyayangi dan mempelajari segala macam hewan yang ada di lingkungan sekitarnya.

4.Menghilangkan Kejenuhan dan Memperbaiki Suasana Hati

Bermain di alam terbuka, bersentuhan dengan rumput, tanaman, mengelus hewan, akan membuat suasana hatinya menjadi riang dan bahagia.

5.Meningkatkan Kreativitas dan Ketahanan Fisik Anak

Membiarkan anak bermain di alam terbuka tentunya akan meningkatkan kreativitas dan imajinasi mereka. Akan banyak ide yang akan tercetus ketika anak bereskplorasi di alam terbuka. Selain itu, banyak riset yang mengatakan bahwa bermain di alam juga membuat ketahanan fisik anak menjadi semakin kuat.

Melihat berbagai manfaat membiarkan anak bereksplorasi di alam, tentunya kita sebagai ibu, terjebak di dalam sebuah dilema. Di satu sisi, sangat menyayangkan jika anak tidak bisa bereksplorasi di masa kecilnya yang tak akan pernah terulang, di satu sisi lagi, kita pun khawatir anak terkena kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anak.

Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes
dr. Herbowo dan Ibu Sabrina, sebagai Narasumber


Bersama dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, SPA (k), Ketua Unit kerja Saraf Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Jakarta, dan Ibu Sabrina Purba, Brand-Manager-MITU Baby, Godrej Indonesia. Saya mendapatkan ilmu baru untuk menepis semua dilema yang saya rasakan tadi.


Bagaimana caranya agar anak bisa tetap bereksplorasi tanpa khawatir akan terkena kuman dan bakteri yang berbahaya?


dr. Herbowo mengatakan sebuah fakta mengejutkan, yakni angka kematian balita mencapai 26 per 1.000 kelahiran hidup.  Dan sebagian besar, bayi yang meninggal dikarenakan oleh infeksi yang disebabkan oleh kuman, jamur, bakteri, virus, dan parasit.

Penyebab kematian terbanyak pada balita sendiri disebabkan oleh pneumonia, diare, meningitis, demam berdarah dengue, campak, TBC, dan malaria.

Apa saja sebenarnya yang menyebabkan hal ini terjadi:

1.Imunitas anak yang belum berkembang sempurna

2.Kulit anak 30% lebih tipis dari orang dewasa, sehingga mudah rusak, dan kuman pun mudah masuk

3.Kebersihan masih sangat bergantung pada orang lain, karena anak belum dewasa.

Sementara itu, jika anak kita bawa ke alam atau ke tempat umum lainnya seperti toilet umum, tempat wisata, dan tempat lainnya, resiko terkena kuman menjadi lebih tinggi, nambah lagi kan worriesnya.

Dan kuman itu ternyata menyebar dengan mudah loh. Bisa lewat udara (batuk dan bersin), kontak langsung (bersentuhan dengan area yang terinfeksi atau cairan tubuh), dan kontak tidak langsung (bersentuhan dengan benda-benda yang mengandung kuman tadi).

Nah, seperti yang saya khawatirkan di atas tadi. Ketika kita membiarkan anak bereksplorasi, seperti bersentuhan dengan tanah, bermain di taman bermain (memegang ayunan, mainan, dll) resiko terkena kuman dan bakteri menghantui kita para orang tua.

Masih menurut dr.Herbowo, ada cara atau tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah kuman dan bakteri menginfeski anak-anak kita, yaitu:

1.ASI Ekslusif, kita semua tau ya, ASI mengandung zat yang baik untuk sistem kekebalan tubuh anak.

2.Imunisasi

3.Makanan bergizi

4.Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan

5.Mencegah penyebaran kuman, seperti: menutup mulut ketika bersin atau batuk, menggunakan produk dengan kandungan ANTISEPTIK, mencuci tangan, tidak menyentuh mata, hidung, mulut setelah menyentuh barang di area umum, dan membersihkan benda yang digunakan di area umum.

Memperkenalkan Mitu Baby Antiseptic Wipes

Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes
Ini dia produk Mitu Baby Antiseptic Wipes

Menyinggung tips yang diberikan oleh dr.Herbowo, sebenernya cara-cara di atas sedikit banyak saya lakukan untuk melindungi anak-anak dari kuman dan bakteri, terutama ketika bereksplorasi di luar rumah.

Dan memang, membersihkan tubuh dan mainan anak setelah bermain kadang kala terlupa karena anak dan saya sendiri sudah terlalu lelah, agak ribet karena harus menggunakan air sabun atau cairan anti septik sehingga tidak praktis.

Bagi saya, ibu dengan dua anak laki-laki yang sedang aktif, dan sedang hamil pula, segala kepraktisan dalam merawat anak sangat diperlukan. Dan bagi saya, salah satu solusi yang ditawarkan oleh Mitu Baby Antiseptic Wipes ini sangat pas dan solutif untuk membantu saya merawat dan menjaga kebersihan tubuh anak-anak.

Mitu Baby Antiseptic Wipes adalah produk tisu basah bayi antiseptik dari Mitu dengan formula antiseptic alami, yaitu dengan fungsi 3 in 1:

1.Mengandung Tea Tree Oil sebagai antiseptik alami yang sudah teruji melindungi kulit bayi/anak dari kuman dan bakteri

2.Embossed Wipes, yaitu permukaan khusus (bertekstur) yang mampu membersihkan lebih bersih

3.Moisturizer, berfungsi agar kulit bayi/anak tetap lembut dan lembab.

Mitu Baby Antiseptic Wipes andalanku 

Mitu Baby Antiseptic Wipes ini sudah lulus uji hypoallergenic juga bebas alkohol ya, Mak, sehingga aman bagi kulit bayi ayang masih sensitif dan tidak menyebabkan alergi. Selain itu, Mitu Baby Antiseptic Wipes ini juga sudah mengantongi label HALAL dari Majelis Ulama Indonesia.

Mitu Baby Antiseptic Wipes ini bisa digunakan untuk membersihkan tangan, kaki, mainan, atau barang-barang lainnya yang sering tersentuh orang lain dan beresiko terpapar oleh kuman dan bakteri.

Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes

Ibu Sabrina Purba sendiri, selaku Brand-Manager dari Mitu mengatakan bahwa, “Saya sebagai seorang ibu juga merasakan dilema yang sama dengan ibu yang lainnya. Kepinginnya anak itu bereksplorasi tapi khawatir akan kuman dan bakteri yang bisa membuat anak sakit. Sehingga, Mitu sebisa mungkin menjadi solusi dan sahabat bagi ibu untuk menjaga kebersihan tubuh bayi dan anak agar terrlindung dari kuman.”

Bener banget Bu, setujuuuuu. Sebagai ibu pasti deh mengalami dilema seperti ini, karena kalau anak udah sakit tuh hati seperti terpotek-potek ya, Mak. Badan juga lelah, karena harus 24 jam jadi susternya anak-anak. Anak sehat itu memang bener-bener rezeki yang paling berharga.

Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes
Beberapa jenis produk mitu yang saya pakai di rumah

Terima kasih ya, Godrej Indonesia, karena telah berkomitmen membantu ibu Indonesia untuk tetap bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk anak bereksplorasi dengan alam dan juga lingkungan sekitarnya tanpa takut terpapar kuman dan bakteri jahat yang menyebarkan berbagai bibit penyakit.

So, Wipes away your germs and your worries yaa, Mak. 







25 comments on "Bebaskan Anak Bereksplorasi Dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes"
  1. Sagara juga pakai tisu basah Mitu. Baru kenal yang warna hijau ini. Biasanya beli yang biru atau ungu.

    ReplyDelete
  2. Mitu wipes ini menjadi salah satu andalanku kalau buat pergi, main di luar rumah, jadi kalo ada kotor-kotor langsung dielap aja pake Mitu, aman deh dari kuman hehe

    ReplyDelete
  3. anak-anak tuh ya senang banget kalau main outdoor :D
    aku suka deg2an cuma nggak perlu khawatir lagi ya mba, bebaskan anak asal tetap higienis..

    ReplyDelete
  4. Mitu baby ini harus ada setiap saat kalau punya baby, hehe.

    ReplyDelete
  5. Hahaha tosss!
    Apalagi kalau meleng dikit, tau-tau udah mau masukkin barang apaan tau ke mulutnya. Mamanya langsung panik huhuhu

    ReplyDelete
  6. Asi dan imunisasi benar2 jadi bekal penting buat si kecil ya mba.. hmmm ngeri kalau mikirin kuman yg bertebaran di luar sana. Tapi lebih ngeri lagi mikirin anak2 cuma diem di rumah aja. Go eksplorasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, sebagai ibu kita harus preventif ya sama serangan kuman penyakit

      Delete
  7. Aku pun suka pakai mitu, lembut, terus efektif buat bersihin kotoran di kulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya kadang emak dan orang dewasa juga pake mitu ya, abis praktis dan lembut

      Delete
  8. Btw ceu, parfum mitu yg ijo juga wangi loh :D

    ReplyDelete
  9. Sensory play itu penting lho. Anak yang jijikan karena jarang sensory play bisa speech delay. Boleh main asal menjaga kebersihan diri

    ReplyDelete
  10. Setuju dengan ibu purba.. jangan halangi anak bereksplorasi, skrg ada mitu yg membantu anak tercegah dr kuman.

    ReplyDelete
  11. dengan ada MITU kita jadi merasa terlindungi yaaa

    ReplyDelete
  12. memang ya wajib bawa tisu basah kalo punya bayi, jadi kitanya asik aja kalau anak bermain dialam terbuka

    ReplyDelete
  13. anak - anak memang harus bereksplorasi supaya bisa belajar ya kaaannn. skrg kalau tgnnya kotor tinggal lap dengan MITU deh

    ReplyDelete
  14. duh.. anak-anak emang suka banget ya sama tanah, air, rumput, apalagi anak cowok... untung ada mitu baby antiseptic ya mak

    ReplyDelete
  15. Memang menjadi hak anak-anak ya mbak dari untuk bebas bereksplorasi di luar dan di dalam rumah. Pakai tisu antiseptik minimal, sudah membantu mencegah bakteri menganggu aktivitas Si Kecil

    ReplyDelete
  16. Iya dilema ya kalo main diluar takut kenapa-napa, tapi anak butuh eksplorasi. Untung udah ada tisu basah mitu yang mengandung antiseptik begini ya.

    ReplyDelete
  17. Aku kalau di rumah msh pakai sabun dan air, kalau di luar rumah nih siap2 mitu antiseptic hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D