MEBO, Salep Luka Bakar yang Aman dan Alami

| On
May 13, 2018
mebo salep luka bakar yang aman dan alami

Pernah gak, Mak, mengalami luka bakar?

Saya pernah, waktu kecil. Ketika itu ada yang sedang bakar sampah, dan saya main di sekitarnya. Eh, tau-tau kena percikan sampah plastik yang meletup. Kecil sih kenanya, tapi sakit dan perihnya cukup lumayan. Segera saya lari ke kamar mandi untuk menyiram luka bakar saya dengan air karena rasanya yang panas di kulit.

Dulu, masih ketika saya kecil. Ketika orang terkena luka bakar, ada yang mengoleskannya dengan pasta gigi. Nah, yang saya heran, bukannya luka bakar itu panas ya, dan pasta gigi pun biasanya rasanya agak panas karena mengandung mint. Kalau begitu, lukanya pasti tambah perih dan panas dong. Sampai sekarang pun saya belum mengerti apa deh hubungannya luka bakar dengan pasta gigi itu.

Bahaya Luka Bakar di Rumah

Ketika memasak, kita sebagai ibu sudah pasti bersentuhan dengan api dari kompor, minyak goreng, atau air panas.

Dan kalau lagi ‘apes’ bisa-bisa kita pun beresiko terkena luka bakar. Ketika menggoreng ikan atau ayam misalnya. Wuih jangan ditanya ya ramenya. Itu minyak goreng panas pada nyiprat-nyiprat, dan takutnya kena tangan, apalagi wajah.

Air panas juga, ketika merebus air atau merebus daging dan sayuran pun, resiko terkena air panas cukup tinggi. Apalagi kalau masaknya buru-buru, sambil ditangisin sama anak bayi. Kita jadi kurang hati-hati waktu megang peralatan masak, dan bisa-bisa kesiram air panas.

WHO mencatat sebanyak 195.000 orang meninggal dunia di Indonesia per tahunnya, diakibatkan karena luka bakar.

Wah, banyak juga ya. Jadi ngeri sendiri.

Bukan hanya emaknya sih yang beresiko kena, justru anak kecil usia 1-4 atau usia balita ini rentan loh kena luka bakar. Karena menurut riset Kemenkes, anak-anak umur 1-4 tahun ini rentan terkena luka bakar. Menurut data penelitian Epidemiologi RSCM tahun 2013-2015, dimana sebangak 108 pasien (82,3%) luka bakar dialami oleh anak usia 1-4 tahun.

Beberapa kejadian yang pernah saya dengar dari teman-teman saya sendiri, misalnya ada anaknya yang terkena rice cooker ketika di dapur, tangannya melepuh dan harus dibawa ke Rumas Sakit. Dan dulu pun teman sekolah saya menderita luka bakar serius di tangannya, katanya sih ketika balita pernah masuk ke dalam wajan yang berisi minyak panas di dapur.
Waduh, serem ya.

Sekarang pun saya khawatir dengan Aldebaran yang berusia 2 tahun, yang lagi seneng-senengnya main dan bereksplorasi. Takutnya dia jalan ke dapur, main ke deket kompor atau main air dari dispenser tanpa sepengetahuan saya.

Seminar Tentang Tingkatan pengetahuan dan kemampuan Penanganan Luka Bakar, Combiphar dan PERAPI di Manado.


mebo salep luka bakar yang aman dan alami

Sabtu, 12 Mei 2018 kemarin, bertempat di Manado, Sulawesi Utara, Combiphar bersama PERAPI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia mengadakan seminar yang berkaitan dengan penanganan luka bakar oleh tenaga medis yang diikuti oleh 200 dokter dan perawat.

VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar, Weitarsa Hendarto menyatakan kerja sama strategis ini merupakan cara efektif untuk memperluas pemahaman tentang penanganan luka bakar dan pemilihan obat yang tepat.

“Kami sangat bersyukur kegiatan ini dapat terlkasan dengan baik. Ini adalah wujud nyata Combiphar untuk mencapai Championing a healthy tomorrow dengan memberikan edukasi dan  memperluas jangakuan informasi mengenai penanganan yang tepat bagi korban luka bakar, terutama untuk kalangan tenaga medis.” Kata Weitarsa.

Acara ini merupakan inisiasi dari kedua belak pihak yakni Combiphar dan PERAPI guna mengedukasi para frontliner, praktisi medis dalam menghadapi kasus darurat luka bakar. Sebelumnya, acara serupa diadakan di Kupang pada tanggal 28 April 2018 dan dihadiri oleh 86 peserta.

mebo salep luka bakar yang aman dan alami


Senior GM Marketing Women’s Health and Active Day Care Combiphar, Ni Ketut Sukartiwi menjelaskan pula, bahwa kasus luka bakar ini sering terjadi pada anak dibawah usia 5 tahun dan rata-rata terjadi dalam lingkup rumah tangga.

mebo salep luka bakar yang aman dan alami


Yaps, betul sekali. Memang yang namanya anak kecil itu serba ingin tahu, dan bahayanya ketika anak penasaran dengan api yang ada di dapur atau tidak sengaja mengambil air panas. Ini memang yang membuat saya terutama sebagai ibu, selalu khawatir dengan aktivitas anak-anak di rumah.

Bagaimana Jika Terlanjur Terkena Luka Bakar?

Kalau memang terlanjur terkena luka bakar, jangan panik dan lakukanlah beberapa hal berikut:

mebo salep luka bakar yang aman dan alami

1.Alirkan air dingin ke  area luka bakar

2.Segera lepaskan pakaian atau perhiasan yang menempel

3.Beri kompres dingin

4.Minum obat pereda rasa sakit

5.Bersihkan luka

6.Gunakan salep luka bakar yang tepat dan aman

7.Balut luka dengan kain kasa

8.Jangan menggunakan obat rumahan seperti putih telur, mentega, teh, atau zat yang belum jelas penggunaannya

9.Segera hubungi petugas kesehatan jika luka makin terasa sakit

Ya memang, jangan sampai kita menggunakan zat yang tidak jelas kebenarannya untuk mengobati luka bakar. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, ada yang menggunakan pasta gigi untuk mengoles luka bakar.

Pada acara seminar kesehatan mengenai penanganan luka bakar di Manado kemarin, Ibu Sukartiwi juga mengatakan bahwa berangkat dari data dan penelitian yang ditunjukkan, kasus luka bakar di Indonesia perlu mendapat perhatian khusus.

Combiphar melalui MEBO salep luka bakar yang telah dipercaya masyarakat sejak tahun 2006 untuk menangani luka bakar mempunyai misi untuk mengedukasi masyarakat khususnya para ibu, guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mereka tentang pertolongan luka bakar di rumah.

“Lebih dari itu, kami ingin mendorong keluarga Indonesia untuk selalu sedia produk obat luka bakar satu diantaranya adalah MEBO salep luka bakar sebagai P3K di rumah. Saat ini, MEBO salep luka bakar sudah menjadi pilihan utama dokter di rumah sakit untuk pengananan luka bakar. Kasus luka bakar ini bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, seperti terkena api, minyak panas, air panas, maupun benda panas lainnya yang berbahaya.” Jelas Bu Sukartiwi.

Sebagai bentuk kepeduliannya, Combiphar mendonasikan 100 tube MEBO salep luka bakar yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengatasi luka bakar di RS. Kandou Manado yang diterima secara simbolis oleh dr. Jan Ngantung, SpBP-RE.

Apa Itu MEBO Salep Luka Bakar?


Apakah sudah ada yang pernah mendengar tentang MEBO  (Moist Exposed Burn Ointment) salep luka bakar? Atau belum pernah sama sekali.

Ini dia MEBO salep luka bakar dari Combiphar

Ya, saya pun awalnya awam dengan salep MEBO ini. Dan setelah menggali informasinya, MEBO salep luka bakar ini sudah diproduksi Combiphar sejak tahun 2006 dan telah diekspor ke 73 negara. MEBO adalah salep luka bakar yang  mampu memberikan rasa moist atau lembab yang sangat baik bagi pasien luka bakar.

Kandungan MEBO salep luka bakar alami dan tanpa mengandung antibiotik kimiawi. MEBO salep luka bakar dibuat dari ekstrak minyak wijen dan beeswax.

mebo salep luka bakar yang aman dan alami

Fungsi minyak wijen dan beeswax adalah untuk memberikan rasa moist atau lembab pada area luka sehingga mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, minyak wijen dapat menyerap sisa pans pada area luka bakar, sehingga bisa mengurangi tingkat keparahan luka bakar.

Dalam minya wijen juga terdapat B-sitisterol yang berfungsi mengurangi peradangan pada luka bakar seperti adanya pembengkakan, kemerahan, gatal, serta ,eredakan rasa nyeri. Kandungan lipid serta vitamin E dan K berfungsi sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk sel-sel pada kulit serta menunjang pemulihan jaringan, sehingga mengurangi potensi timbulnya bekas luka.

MBO salep luka bakar digunakan untuk pemakaian luar dengan cara mengoleskan pada luka dengan ketebalan 1mm (oles tipis) setiap 4-6 jam. Salep ini akan bersifat kontraindikasi terhadap pasien yang sensitif terhadap minyak wijen.

***

Alhamdulillah, dapet pencerahan lagi nih seputar obat keluarga yang harus disimpan di P3K. Apalagi menurut data, anak usia 1-4 tahun dan lingkungan rumah tangga menjadi tempat yang sering mengalami kasus luka bakar.

Yuk, ah siapkan salep luka bakar yang tepat dan aman untuk keluarga di rumah.

12 comments on "MEBO, Salep Luka Bakar yang Aman dan Alami"
  1. Sedia Mebo di rumah untuk berjaga-jaga, siapa tahu ga sengaja terkena percikan minyak saat menggoreng.

    ReplyDelete
  2. Aku juga biasanya naruh luka bakar di bawah air yang mengalir, mba. Jadi lebih adem :)

    ReplyDelete
  3. sama wakti usia tk aku bakar2an eh kena lelehan plastik sampai sekarang membekas karena penaganannya yang kurang tepat waktu pertama 😭 beruntung ada Mebo skrg y mba

    ReplyDelete
  4. saya sama anak saya pernah kena minyak panas nih, waktu itu belum dengar tentang Mebo

    ReplyDelete
  5. Emang udah umum dilakukan di masyarakat kita, kalau kena luka bakar ya dikasi odol. Untung Combiphar dan PERAPI bikin WS kyk gini ya. Tapi usul donk buat Combiphar bikin WS jg buat masyarakat umum, jd supaya lbh tau penanganan/ pertolongan luka bakar di rumah yg bener.

    ReplyDelete
  6. Untung ada Mebo ya makasih bgt nh jd tau info obat luka bakar, selama ini sy klo terkena percikan minyak suka bingung ngobatinnya

    ReplyDelete
  7. Pernah si kecil terkena air panas, langsung Aku kompres dengan air dingin. Untungnya nggak sampai luka, cuma merah ajah. Mulai sekaranh sedia Mebo dech dirumah.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ada Mebo salep khusus luka bakar yg terbuat dari bahan2 alami :)

    ReplyDelete
  9. Kalo dioles putih telor sama mentega malah jadi bikin kue ye mbak 😄

    ReplyDelete
  10. Eiya ya mbak, kenapa diolesin pasta gigi. Aku pernah mbak, adem sih adem, tapi yangan yang kena luka bakar jadi mlepuh udahannya. Berbrkas lagi...

    ReplyDelete
  11. Aku pernah pake odol waktu kecil itu pun disuruh nenek sama sodara padahal salah banget ya luka bakar pake odol 😂😂

    ReplyDelete
  12. Anak saya usia 8 bln,apakah aman menggunakan mebo karena terkena air panas?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D