Migrasi Dari Blogspot ke Hosting Sendiri, Perlu atau Tidak?

| On
May 30, 2018



Menjadi seorang blogger merupakan salah satu pekerjaan freelance yang digemari oleh para milenials saat ini. Selain bisa menyalurkan hobi menulis, menciptakan karya (Content creator), dan memiliki waktu yang lebih fleksibel di rumah atau di luar kantor menjadi kenyamanan tersendiri bagi seorang yang memilih bekerja sebagai blogger. Dan yang tak kalah penting adalah berkembangnya blog menjadi salah satu sumber pendapatan yang bisa diraih secara remote dari mana saja asalkan ada koneksi internet dan didukung oleh web hosting premium.

Termasuk saya sendiri. 4 tahun lalu, saya memutuskan untuk beralih nama domain dari blog gratisan dibawah naungan blogspot ke domain pribadi yaitu tettytanoyo.com

Saat itu, saya yang merupakan blogger pemula masih sangat antusias untuk mencari dan menggali informasi seputar dunia blogging berikut tata cara membuat blog kita semakin baik performanya, salah satunya dengan membuat nama domain sendiri.

Dulu, trennya memang masih nama domain saja yang nggak ikut nebeng dengan blogspot atau wordpress, tapi sekarang trennya sudah mulai berubah kembali.

Beberapa teman seperjuangan ngeblog dulu mengubah blognya yang tadinya hanya di blogspot atau di wordpress, menjadi blog atau website yang berdiri sendiri, atau sering disebut self hosted.

Sebut saja namanya Lia Harahap, hahaha, emang namanya Lia deng. Waktu tahun 2014, saya ingat masih ngeblog di blogspot bareng Lia. Isi blognya pun masih banyak curhat dan tulisan yang belum bertema atau spesifik di niche tertentu. Tapi kini, blognya Lia sudah pindah atau migrasi ke self hosted dengan nama liaharahap.com dan nichenya lebih ke lifestyle dan beauty.

Baca juga: Tips Menulis Kreatif untuk Blogging dari Andra Alodita

Selain Lia, yang saya amati migrasi ke self hosted, ada juga beberapa maestro Blogger yang seriiinnggg banget juara lomba blog, yaitu Teh Langit Amaravati dan Mbak Evrina Budiastuti yang mengalihkan blognya ke self hosted juga. Tampilan blog mereka lebih bagus dan meyakinkan, kontennya makin menarik, dan tentunya masih sering menjadi jawara blog di Indonesia.


Mengamati perubahan-perubahan di atas (yang saya alami selama 4 tahun ngeblog) kok rasanya pengen juga beralih ke self hosted atau web hosting sendiri, gak numpang dimana-mana, walau memang masih banyak galaunya, makanya saya rajin nanyain pengalaman rekan blogger yang udah migrasi ke self hosted, plus minusnya gimana dan apa aja yang perlu disiapin.

Selain itu, saya juga cari-cari pengalaman para blogger yang mereka tulis seputar perpindahan mereka, terutama dari blogspot ke self hosted yang berbasis wordpress.

Setelah nanya-nanya dan membaca beberapa pengalaman temen-temen blogger. Beberapa hal ini yang membuat saya tertarik untuk migrasi ke self hosted:

1.Desain blog jadi lebih bagus, menarik, simpel, dan responsive. Jujur aja sih, walau saya pengguna setia blogspot dan sayang banget sama blogspot, kekurangan blogspot yang sulit ditolerir adalah tema dan desainnya yang ketinggalan.

Tema-tema di blogspot sungguh kurang menarik. Maka dari itu, dua blog saya yang aktif yaitu tettytanoyo.com dan momtanoyo.com saya tambahkan tema yang saya beli dari web designer. Karena gak ada tema bagus, akhirnya ngeluarin lagi kan cost buat beli template. Fiuhhh.

Nah, di self hosted berbasis wordpress ini, saya liat banyak tema yang saya suka dan sudah tersedia tanpa harus beli lagi ke tempat lain.

2. Mudah diindex mesin pencari. Ini juga penting. Banyak yang kasih testimoni kalau migrasi ke self hosted itu bikin SEO tulisan kita makin bagus. Siapa sih blogger yang gak mau tulisannya selalu nangkring di page one? Migrasi blog ke self hosted ini salah satunya yang bisa jadi solusi buat kita para blogger yang haus trafik, hahaha.

Baca juga: Blogging Tanpa Tekanan

3. Banyak plug in bagus. Blognya si fulan bisa digeser-geser yang gambarnya? Banyak yang komentar begitu ketika melihat salah satu rekan blogger yang blognya sudah pindah ke self hosted. Banyak plug ini yang memungkinkan blog kita lebih terlihat segar dan profesional.

Selain, banyak membaca dan bertanya tentang kelebihan self hosted, saya juga baca-baca dong tentang kekurangannya, yang tentunya ini bikin saya gamang, mau pindah atau nggak suatu saat nanti.

1. Biaya yang mahal. Namanya Emak Blogger, itung-itungan itu wajib lah, biar gak besar pasak dari pada tiang. Masa iya biaya pengelolaannya tinggi tapi blognya gak mampu mengcover biaya perawatan tersebut? Lah kumaha.

Ada yang bilang, dan beberapa yang saya baca, biaya self hosted ini bisa sampai jutaan per tahun. Hmmm. Sementara blog saya ini yang berbekal domain, hanya sekian ratus ribu saja per tahun ketika gak sengaja cek domain murah di penyedia jasa domain. Tuh kan? Jadi galau? Kira-kira sanggup atau nggak ya membiayai blog kalau migrasi ke self hosted.

2.Server yang sering down. Beberapa teman blogger saya suka mengeluhkan server yang down sehingga blognya tidak dapat diakses. Point ini juga membuat saya khawatir jika migrasi dari blogspot ke self hosted, karena selama bersama blogspot alhamdulillah blog saya baik-baik saja.

Baca juga: Blog Dibaca Suami, Yes or No?

3.Customer Service atau layanan yang tidak memuaskan. Buat yang masih gaptek dengan istilah migrasi blog, saya pasti perlu banget CS dari layanan penyedia hosting yang care dan mau banget bantuin saya 24 jam kalau bisa.

Gimana Ya Memilih Layanan Penyedia Hosting yang Sesuai?

Setelah menimbang dan memikirkan kegamangan saya mengenai pindah atau migrasi dari blogspot ke self hosted itulah, saya mencari informasi mengenai beberapa penyedia jasa hosting, salah satunya adalah Hosting24, yang merupakan perusahaan web hosting dari network Hostinger Internasional.




Kira-kira, apa aja ya, yang ditawarkan oleh Hosting24 untuk menjawab kegalauan saya ini?

1. Web Hosting Premium

Hosting24 merupakan salah satu jasa penyedia hosting atau web hosting yang berada di Indonesia dengan mengedepankan pelayanan premium bagi para konsumennya. Dengan menggunakan teknologi terbaru. Walaupun bagian dari Hostinger Internasional, Hosting24 memiliki banyak vitur yang lebih variatif yang siap digunakan oleh konsumen di Indonesia.

2.  Web Hosting Premium dengan Harga Terjangkau

Seperti yang saya bilang di atas tadi ya, yang namanya harga jadi pertimbangan banget karena akan keluar paling tidak setahun sekali, dan jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

Hosting24 menyediakan web hosting Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau karena ada diskon 34% hingga 61%.





3. Hemat Dengan Domain Gratis Selama Satu Tahun

Hosting24 memberikan gratis domain selama satu tahun jika kita berlangganan hosting selama 12 bulan atau lebih. Hmmm, lumayan juga ya buat penghematan, jadi gak usah keluar budget lagi untuk domain atau nama blog kita.

4. Transfer Website Tanpa Biaya

Satu lagi yang bikin hemat dari Hosting24, yaitu layanan transfer website gratis. Jika kita ingin mentransfer website dari hosting satu ke hosting lainnya, CS Hosting24 akan melayani tanpa dikenakan biaya tambahan.

5.  CS Melayani Selama 24 Jam Selama 7 Hari





Ini yang juga saya bahas diawal, sebagai blogger yang awam dengan teknis, saya pasti butuh bantuan kalau-kalau blog atau website saya error. Pelayanan CS yang 24/7 ini pasti sangat dibutuhkan oleh para konsumen penyedia jasa web hosting.

6. Jaminan Uang Kembali

Kalau kita gak puas dengan pelayanan Hosting24, selama 30 hari ke depan, kita masih bisa melakukan komplain dan meminta uang kembali jika pelayanannya benar-benar jauh dari ekspektasi kita. Pengembalian uangnya pun full tanpa ada pemotongan biaya apapun.

7. Domain Gratis dan SSL Gratis


Hosting24 memberikan layanan web hosting premium dengan layanan domain gratis dan SSL gratis . Domain dan SSL gratis ini bisa kita dapatkan jika berlangganan hosting di Hosting24 selama 12 bulan atau lebih.

8. Server Cepat dan Uptime 99,9%

Hosting24 memberikan layanan web hosting anti down dan anti lelet yang bisa diakses oleh kita dari manapun dan kapanpun. Karena performa yang cepat dan uptime yang tinggi, kita bebas khawatir dari gagalnya mengakses website atau blog disaat yang kita dibutuhkan.



9.  Menggunakan Teknologi Terbaru

Karena Hosting24 merupakan layanan website hosting Indonesia yang mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan, maka Hosting24 memberikan pelayanan berupa penggunaan teknologi terbaru yaitu adanya Cloud SMTP, firewall tingkat lanjut, dan dukungan HTTP/2.

10. Berbagai Layanan Hosting

Salah satu kelebihan web hosting di Hosting24 adalah control panel yang custom made yang dibuat oleh tim develepor yang profesional. Reseller Hosting, yakni Hosting24 memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk kita yang tertarik pada bisnis layanan hosting. Wordpress Hosting, sepeti yang kita ketahui Wordpress Hosting adalah sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan dan sangat mudah untuk membuat blog atau toko online sekalipun.


VPS Hosting, yaitu jika kita membutuhkan platform web hosting  dengan akses root, Hosting24 menyediakan VPS Hosting yang menggabungkan antara shared hosting dan dedicated server. Hosting24 akan memberikan akses ke server ini agar kita bisa mengkonfigurasikan apapun yang didukung oleh sistem operasi.

cPanel hosting premium, yaitu cPanel yang tersedia akan terus dikembangkan dan dilengkapi dengan tools yang dibutuhkan untuk kita mengelola dan mengatur kebutuhan website atau blog pribadi.

***

Hmm, banyak juga ya fitur yang ditawarkan oleh Hosting24. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan nih buat saya ke depan untuk migrasi dari blogspot ke self hosted, atau buat kamu yang memang merencanakan akan beralih ke blog yang lebih profesional minimal ada referensi ya dari Hosting24 ini.

Dan  yang punya pengalaman migrasi dari blogspot ke self hosted, boleh banget sharing di kolom komentar yaaa :D
  
16 comments on "Migrasi Dari Blogspot ke Hosting Sendiri, Perlu atau Tidak?"
  1. Aku baru 1 tahunan migrasi dari blogspot. Apa ya kayak runah sendiri aja rasanya. Belum banyak yang aku otak atik malah ada blogger hit komen jangan di macem-macemin mba natural gini aja. Eaaaaa

    ReplyDelete
  2. Aku udah migrasi juga ngga berani di otak atik, ngga ngerti jug a, kmrn beli template dn dipasangin sm yg jual

    ReplyDelete
  3. Enakmpakai hosting sendiri, bebas diapa2in, tapi aku jg terus terang msh gaptek sih, paling tereak2 minta tolong suami kalau ada yg error wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. Aku blm berani sih takut gak bisa bayarnya hahaha

    ReplyDelete
  5. Ini banget, aku mau migrasi tapi masih blm mantap hatinya, haha. Tapi lihat blog para Hits itu kok makin kece aja ya bikin semangat Bloggingnya, pada menang lomba terus pula, kereeen.

    ReplyDelete
  6. Aku selama ini masih tetap setia di blogspot. Binggung soalnya kalau soal hosting hosting segala :)

    ReplyDelete
  7. Memang sih banyak keuntungannya kalau self hostimg.. cuma ngebayangin ngerapihinnya iyu loooh.. ga cukup 1 atau 2 hari. Hiks..

    ReplyDelete
  8. Haha iya aku juga termasuk yg penasaran liat blog bisa digeser-geser tampilannya. Hmm, migrasi gak ya? Takutnya blm fokus jalaninnya..

    ReplyDelete
  9. Aku belum paham yang kaya beginian. Pernah pengin migrasi ke WP , tapi masih ragu

    ReplyDelete
  10. Aduh jadi kena virus migrasi domain nih. Pengen juga kan aku nongol di page one google.Bisa kan ya dari blogspot pindah hosting pake Hosting 24?

    ReplyDelete
  11. Aku masih setia blogpost deh, hosting masih gaptek. Ntar bentar suami lagu

    ReplyDelete
  12. Masih betah pakai hosting Google blogspot, nggak lieur mikirin kuota bandwith plus printilannya nggak paham juga, tapi aku save infonya, siapa tahu nanti berubah pikiran, hehe..

    ReplyDelete
  13. Ngerapihinnya gak bobo kakak hahaha, sekarang juga belom rapi tapi memang aku kaya termotivasi untk lebih baik dalam menulis sih.

    ReplyDelete
  14. Aku mulai ngeblog akhir tahun 2003, dan mulai self hosted sejak 2004. Enaknya bebas mau install plugin apapun dan bisa monitor traffic. Trus theme nya bisa edit sesuka hati. Jaman segitu buat kolom komen aja harus pasang shout box sendiri. Jadi memang harus mengerti HTML, PHP dan bahasa program web lainnya.

    Kalo skrg blog engine gratisan makin canggih dan menyajikan segala macam fitur. Kalo aku mulai ngeblog 2015an ke sini ... keknya gak bakal kepikiran untuk self hosted deh.

    Ini mah karena udah terlanjur aja ... cuma nerusin doang. Hehehe

    ReplyDelete
  15. blogspot rasanya lebih mudah dibandingkan self hosting.. agak berat kalo masih pemula seperti saya.. :))

    ReplyDelete
  16. Pake self host pernah, tapi sekarang saya cenderungnya kok lebih suka pake blogspot dan custom domain aja. Lebih murah dan enggak dibatasi kuota bandwith.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D