Tanggap Yang Lengkap Dimulai Dari Nutrisi Otak

| On
May 22, 2018


Assalamu’alaikum, halo Mak semua apa kabarnya? Semoga sehat dan bahagia selalu ya hari ini. Masak apa hari ini buat suami dan anak-anak? Bocorin dong, Mak, menu andalan Mamak di rumah yang lengkap dan kaya gizi untuk memenuhi gizi seimbang keluarga dan baik untuk nutrisi otak anak?

Kalau saya sendiri belum punya tuh menu andalan, masih meraba-raba, trial dan error.

Kenapa? Karena Kifah itu picky eater banget. Dari batita makannya udah susah dan pemilih. Padahal awalnya saya seneng banget masakin dia aneka MPASI dulu, tapi karena anaknya susah makan, lama-lama saya worried dengan tumbuh kembang anak saya.

Ngomong-ngomong soal gizi dan nutrisi otak untuk anak, saya sudah menulis di post sebelumnya, kalau belum lama ini, saya dan Kifah mengikuti event launching produk barunya Bebelac.

Kiri ke kanan: Mbak Andi Airin, Head of Brand Bebelac, Mama Gisella dan Gempi, Mbak Vera (psikolog), dokter Nuril, dan MC Mbak Melisa Karim.

Di sana, saya mengikuti talkshow bersama dokter ahli nutrisi bagi si kecil, yaitu dokter dr.Nur Asiyah Widjaja SpA (K) atau biasa disapa dokter Nuril. Beliau menjelaskan betapa pentingnya nutrisi dan zat gizi untuk anak yang akan menjadi modal bagi tumbuh kembangnya hingga kelak ia tumbuh dewasa, salah satunya nutrisi otak untuk anak.

Kecukupan Gizi Menurut Kementerian Kesehatan

Menurut Menteri Kesehatan, Prof. DR. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) pemberian gizi yang baik harus diberikan selama 1000 hari pertama kehidupan, termasuk saat masa kehamilan. Gizi yang baik dan tepat akan membantu proses tumbuh kembang anak dan tentunya akan membentuk generasi serta masyarakat yang sehat pula. 

Dan salah satu bentuk intervensi yang dapat turut membangun Indonesia sehat adalah pemberian gizi yang baik di tingkat rumah tangga.

Senada dengan apa yang diungkapkan pada Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, dr. Nuril pun mengatakan bahwa memang nutrisi otak untuk anak itu sangat penting untuk menunjang kecerdasan anak  dari sisi IQ, EQ, dan SQ. Agar anak menjadi anak yang cerdas, cepat tanggap, dan memiliki rasa peduli yang kuat.

Pesan gizi seimbang bagi anak usia 2-5 tahun sendiri adalah:

1. Membiasakan makan 3x sehari (Pagi, siang, dan malam) bersama keluarga
2. Perbanyak mengonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, telur, susu, tempe, dan tahu.
3. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.
4. Batasi mengonsumsi makanan selingan yang terlalu manis, asin, dan berlemak.
5. Minumlah air putih sesuai kebutuhan.
6. Biasakan bermain bersama dan melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Sumber referensi: gizi.depkes.go.id

Apa saja zat gizi yang dibutuhkan sebagai nutrisi otak anak kita?

1. Zat Gizi Makro, yakni protein, lemak, dan karbohidrat. Fungsinya adalah untuk menghasilkan energi, menggantikan sel tubuh yang rusak, termasuk untuk sel-sel otak anak dan diperlukan dalam hitungan gram.

2. Zat Gizi Mikro, yakni Vitamin A, D, E, K, B, C serta Mineral: Na, K, Cl, Ca, Fe, Zn, Mg, Se, dll. Fungsinya sebagai Ko-enzim metaboliesme zat gizi makro, dan diperlukan dalam ukuran mg.

Selain itu, zat gizi lain yang diperlukan sebagai nutrisi otak bagi si kecil adalah minyak ikan dan Omega 3 dan 6. Selain itu juga ada kandungan FOS:GOS, 13 vitamin lainnya dan juga 9 mineral yang mendukung anak memiliki nutrisi yang cukup serta tanggap yang lengkap.


Fungsi minyak ikan yang mengandung Omega 3 dan 6 adalah untuk meningkatkan kecerdasan anak, meningkatkan pertumbuhan tulang, meningkatkan daya ingat anak, menjaga tubuh anak dari peradangan, menjaga kesehatan jantung dan menjaga mata agar tetap sehat.

Bebelac Baru dengan Formula yang Disempurnakan untuk Nutrisi Anak Tanggap yang Lengkap


Bebelac meluncurkan produk baru untuk mendukung pemberian gizi anak dari dalam rumah, yaitu dengan formula yang disempurnakan (dari formula Bebelac sebelumnya) dengan minyak ikan, Omega 6 yang ditingkatkan, dan dengan HiQ-EQ+, serta mengandung 13 vitamin dan 9 mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

Nutisi otak anak yang baik tentunya akan mendukung anak untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas, cepat tanggap, dan memiliki rasa peduli terhadap lingkungannya.

21 comments on "Tanggap Yang Lengkap Dimulai Dari Nutrisi Otak"
  1. banyak ya fungsi omega 3 dan 6, harus didukung stimulasi jg biar anak tanggapnya lengkap

    ReplyDelete
  2. Mba, anak di atas 5 tahun juga sepertinya masih perlu ya perkembangan gizi sehingga pertumbuhan maksimal. SMoga dedek baik busa tumbuh sehat selalu yaa

    ReplyDelete
  3. Kalau punya anak yang memiliki tanggap yang lengkap, orang tuanya pasti bangga za moms....

    ReplyDelete
  4. Omega 3 & 6 ini memang bagus sekali buat nutrisi otak ya. Alhamdulillah ada susu yg mengandung formula itu ya. Jadi praktis.

    ReplyDelete
  5. Kikif kapan-kapan makan bareng Harumi dan de Hamiz ya. Mungkin karena akunya pemalas dan bingung variasiin makanan, Harumi dan Hamiz dikasih makan apa aja enggak komplen, wkwkwkw. Kalau dede yang penting berkuah aja. Tapi setelah baca ini, harus mulai aware lagi soal menu dan nutrisi makanan deh.

    ReplyDelete
  6. Rasa peduli pada lingkungannya itu penting ya mengingat anak-anak sekarang kan cuek ya

    ReplyDelete
  7. Emang yang namanya nutrisi otak sangat dibutuhkan ya buat anak2, khususnya yang sedang dalam masa tumbuh kembang tfs

    ReplyDelete
  8. Nah anak2ku nih makannya gak 3x sehari. Paling 2x sehari. Selebihnya jajan dan minum susu.

    ReplyDelete
  9. Kifaaaah, samaan nih kayak Boo.. Rada picky eater.. Pas awal MPASI dulu lumayan gampang, tapi makin gede makin pemilih.. Noted banget nih Mba Tetty yang pesan gizi seimbangnya.. :)

    ReplyDelete
  10. Nutrisi jadi basic bagi seorang anak untuk tumbuh kembang optimal ya

    ReplyDelete
  11. Otak pusat segala hal dalam diri manusia, karena itu penting menjaga&memberi nutrisi otak sejak dalam kandungan ya,mamah tetty

    ReplyDelete
  12. betul mbak, otak juga perlu nutrisi yang baik agar mendukung tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  13. Oh Gizi makro mikro harus seimbang ya, saling mendukung berarti ya

    ReplyDelete
  14. Ooooww..Bebelac ini mengandung minyak ikan dan omega 3 dan 6 ya. Bagus untuk nutrisi dan asupan anak supaya cerdas dan tanggap sejak dini. Anakku duluuu juga pernah minum susu Bebelac.

    ReplyDelete
  15. Selain stimulasi juga dibutuhkan nutrisi yg
    baik ya mba agar tumbuh kembang anak sempurna dan menjadi anak yg cepat tanggap tentunya

    ReplyDelete
  16. Bebelac formula baru, pastinya lebih oke dari sebelumnya ya mba, ini brand susu yang rekomen untuk nutrisi anak yang maksimal,,

    ReplyDelete
  17. Berusaha banget nih untuk mengajarkan rasa peduli yang memang penting untuk interaksi dengan orang lain

    ReplyDelete
  18. bebelac baru nutrisinya lebih lengkap ya...

    ReplyDelete
  19. Makro dan mikro, dua-duanya sama pentingnya ya untuk tumbuh kembang anak ya

    ReplyDelete
  20. Aku pernah ikut acara Bebelac 2 kali dan selalu suka dengan acaranya mereka. Bebelac itu benar-benar serius dan konsisten dalam mengedukasi para ibu tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak. Jadi kita para ibu pun bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati.

    ReplyDelete
  21. Iya mba kadang bingung pilih susu yang tepat untuk anak, makasih ya artikelnya..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D