Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]


Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

Siapa yang pernah punya penngalaman atau sedang mengalami si kecil sering terbangun di malam hari, nangis atau menjerit, dan sulit ditenangkan?

Kalau saya sih pernah banget, waktu Kifah bayi dulu.

Saat Kifah bayi hingga batita, Kifah sering sekali terbangun di malam hari di jam yang hampir sama, menangis keras dan sulit ditenangkan atau dibujuk supaya gak nangis lagi. 

Setiap jam 1 atau jam 2 dini hari, Kifah tiba-tiba terbangun, nangis, rewel, bahkan seperti menjerit ketakutan.

Waktu itu saya takut kalau tangisan Kifah setiap malam hari itu mengganggu tetangga, apalagi tetangga pasti sedang nyenyak tidur. Sampai suatu saat tetangga yang memang merasa terganggu menyarankan saya melakukan hal yang aneh-aneh, seperti:

“Bu, rumahnya taburin garem.”

“Bu, taburin kacang hijau di sekeliling rumah.”

“Bu, ini air do’a, siapa tau anaknya diganggu makhluk ghaib, soalnya rumahnya udah lama kosong.”

T_____T

Sebagai orang tua baru waktu itu, saya bingung mau berkata apa. Ya paling “iya, iya.” Aja kalau ada tetangga yang nyaranin melakukan hal-hal yang gak keterima logika.

Karena memang hampir setiap malam Kifah terbangun dan menangis dengan kerasnya, saya pun banyak mencari informasi dari mana-mana tentang anak yang sering rewel di malam hari. Dan internet atau google jadi salah satu ‘narasumber’.

Menurut beberapa artikel di internet, bayi atau batita bisa rewel di malam hari di karenakan kolik, ada anggota tubuh yang sakit, ya intinya kondisi tubuhnya tidak nyaman.

Dan memang, Kifah itu anak yang aktif dari semenjak bayi sampai sekarang ini, mungkin kalau saya pikir ulang, badannya itu sering pegal, sakit, atau gak nyaman saat tidur malam. Makanya dia sering kali terbangun sambil menangis dengan keras, padahal ditengah tidur nyenyaknya.


Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]
Bayi rewel membuat bayi kurang nyaman dan bahagia, ibu juga mudah lelah dan stress

Beberapa artikel di internet pun menyarankan kalau bayi yang seringkali rewel harus diberikan terapi pijat bayi atau baby SPA. Gunanya untuk merelaksasi tubuhnya yang pegal atau tidak nyaman, dan membuat suasana hatinya pun lebih bahagia, sehingga tidur malamnya bisa lebih nyenyak.

Selain itu, manfaat SPA Bayi yang lain adalah:

1. Menambah nafsu makan, karena pencernaannya lebih sehat dan mudah untuk buang air besar yang menyebabkan nafsu makannya meningkat.

2. Melancarkan peredaran darah bayi, bayi bisa selalu ceria, tidak mudah stress dan bisa membuat jantungnya lebih sehat.

3. Meningkatkan kualitas daya tanggap bayi. Motorik bayi akan mudah berkembang, tidak mudah rewel dan menangis.

4. Meningkatkan kualitas tidur bayi. Ini dia yang saya perlukan waktu itu, ternyata SPA bayi itu bisa merelaksasi otot atau persendian bayi yang sakit, sehingga bayi bisa tertidur dengan nyaman dan pulas, sehingga pola tidur bayi menjadi baik dan berkualitas.

5. Meningkatkan ikatan batin dan komunikasi. SPA bayi yang dilakukan oleh Ibu, juga akan menambah kedekatan atau bonding antara ibu dan bayi, karena biasanya saat memijat bayi, Ibu akan berkomunikasi dengan bayi, dan bayi akan merespon sentuhan ibu dan ucapan yang dilakukan oleh ibu.

6. Pijatan lembut akan membuat rileks. Pijatan lembut saat melakukan SPA bayi akan membuat bayi melepaskan hormon Endorfin dan Oksitosin yang bermanfaat agar bayi lebih nyaman, rileks, dan bahagia.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]
Bayi yang sehat akan membuatnya lebih bahagia

7. Memperbaiki sistem pernafasan bayi. SPA bayi pun membuat sistem pernafasan bayi menjadi lebih baik. Bayi bisa bernafas lebih baik dan lebih teratur.

8. Menurunkan kadar hormogen Adrenalin. SPA bayi dapat mengaktifkan kinerja neurotransmiter serotin yaitu dengan meningkatkan sel reseptor yang memperkuat sistem imun bayi serta mempertebal adrenalin. Fungsinya adalah menurunkan kadar hormogen Adrenalin atau rasa stress berlebihan pada bayi.

9. Membuat bayi aktif bergerak. Bayi yang sering melakuan SPA bayi, akan terangsang kecerdasan motoriknya, sehingga bayi lebih percaya diri untuk bergerak dan belajar merangkak ataupun berjalan.

10. Mempercepat pertumbuhan tulang. Pemijatan atau SPA bayi yang seimbang, mampu meningkatkan kepdatan tulang dan mempercepat tubuh bayi menjadi lebih tinggi. SPA bayi melatih tulang dan ototnya agar selalu sehat.

Dengan berbagai manfaat dari SPA bayi dan pijat bayi yang saya baca di internet, saya pun berikhtiar untuk Kifah yaitu dengan melakukan pijat bayi di rumah. Kebetulan di Bandung waktu itu ada seorang saudara yang mahir memijat bayi.

Namun, saat melakukan pemijatan, Kifah terlihat kurang nyaman karena takut dengan orang lain yang bukan ibunya. Alhasil, bukannya dipijit dengan bahagia, Kifah malah menangis keras karena ketakutan. Hadeuuhh.

Karena Kifah nampak kurang nyaman dipijat oleh orang lain, yasudah akhirnya saya pun mencari bahan atau referensi cara memijat bayi yang mudah dilakukan sendiri di rumah.

Selain membaca dari internet, saya pun membaca dari beberapa booklet yang saya dapatkan tentang tata cara memijat bayi yang simpel dan mudah dilakukan sendiri oleh ibu setiap hari.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel Dengan Pijat Bayi

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]


Berbekal pengalaman Kifah ketika bayi, yang sering rewel dan nampak gak nyaman di malam hari. Saya pun lebih sering melakukan pijat bayi sendiri di rumah ketika Aldebaran, anak kedua saya lahir.

Setiap habis mandi, bahkan saat mandi pun, saya melakukan pijatan-pijatan sederhana agar Aldebaran merasa nyaman. Biasanya saya menggunakan produk perawatan bayi seperti baby oil, atau pun baby lotion.

Alhamdulillah, Aldebaran lebih mudah tidur nyenyak sejak hari pertama dilahirkan. Less drama banget pokoknya, dan gak bikin begadang. Aldebaran selalu tidur nyenyak sampai pagi hari, malah kadang saya yang khawatir kebablasan, karena malam hari pun Aldebaran harus tetap minum ASI, sedangkan dia masih tidur pules dan gak pernah bangun kecuali popoknya basah.


Cara Melakukan Pijat Bayi yang Sederhana dan Mudah dilakukan di Rumah

Gerakan pijat sederhana ini sering saya lakukan setiap selesai memandikan bayi, sebelum memakaikan pakaiannya. Mudah dan tidak perlu waktu yang lama. Udah gitu, pijat bayi gak usah pakai tenaga yang berlebihan, hehehe. Jadi gak akan capek walau dilakukan setiap hari.

1. Peregangan

Posisi bayi terlentang, dua kaki dan lututnya dipegang, kemudian ditempelkan ke perut bayi. Ini gerakan favorit Kifah dan Aldebaran, soalnya seringkali ketika melakukan gerakan ini, mereka sekalian buang gas. Kedua kaki pun bisa diputar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan.

Gerakan ini bisa menyembuhkan perut kembung dan membuat bayi nyaman karena bisa mengeluarkan gas dari perutnya.

2. Memijat Kaki Bayi

Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan, kemudian ditepuk-tepuk sepanjang tungkai dengan perlahan. Usap turn naik dari jari kaki sampai ke pinggul dan kembali lagi ke jari kaki. Telapak kaki bayi juga dipijat dan tarik jari-jemarinya dengan lembut dan perlahan.
Gunakan jempol untuk mengusap bagian bawah kakinya dari tumit hingga kek kaki dan pijat sekeliling pergelangan kakinya.

3. Memijat Perut Bayi

Gerakan yang familiar adalah gerakan I-L-U atau I LOVE YOU. Dan ini juga gerakan favorit Kifah dan Aldebaran ketika dipjit.

Gerakan memijatnya pun mudah diingat, cukup memijat perut bayi dengan gerakan I-L-U terbailk saja ya.

Caranya adalah:

Pijat perut bayi sebelah kiri dari bawah Iga ke arah bawah perut (Huruf I)

Pijat melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)

Pijat dari kanan bawah bayi naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U (terbalik) dan turun lagi ke kiri bayi.

4. Memijat Tangan Bayi

Gerakannya hampir sama dengan cara memijat kaki bayi, jangan lupa telapak tangan bayi dipijit dan jari jemarinya ditarik perlahan dan lembut.

5. Memijat Punggung Bayi

Telungkupkan bayi di kasur atau di kaki ibu, kemudian pijat perlahan dari atas punggung bayi hingga ke bawah. Lakukan gerakan memutar membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]
Aldebaran suka banget dipijitin punggungnya

Mudah kan untuk dilakukan?

Gak perlu waktu lama dan sangat bisa dilakuan setiap hari di rumah untuk membuat tubuh bayi nyaman dan rileks, serta mengeratkan bonding antara ibu dan bayi.

Mencoba Produk Perawatan Baby SPA Little Bee dari Tupperware

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

Sampai sekarang pun, kebiasaan memijat masih selalu saya lakukan loh. Bahkan Kifah yang sudah berusia 7 tahun pun masih sering minta dipijat sama Ummi atau Abbiy. Makanya, baby lotion selalu ada aja stocknya, karena anak-anak semuanya seneng dipijit.

Sebelum tidur pun, Aldebaran sering minta dipijit punggungnya. Biasanya saya menggunakan baby lotion, baby oil, atau pun sekedar mengusap-usap punggungnya dengan baby powder atau bedak bayi.

Tahu-tahu, Aldebaran udah tidur deh sambil dipijit atau diusap-usap punggungnya.

Hehe, bayi mah tau aja yah kalau dipijit itu memang enak dan bikin rileks, bahkan bikin ngantuk juga saking nyamannya.

Mencoba produk Little Bee dari Tuppperware

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]
Produk Little Bee dari Tupperware


Kok dari Tupperware?

Bukannya Tupperware itu produsen alat makan plastik ya? Yang warna-warni itu? Iya benerrr, Tupperware yang itu. Produk dapur favorit ibu-ibu seindonesah raya, yang kalau ilang bisa bikin gunjang-ganjing urusan rumah tangga, hahahaaa.

Jadi, Tupperware mengeluarkan produk baru yang berbeda yaitu produk perawatan bayi yang memungkinkan Ibu melakukan SPA Baby di rumah. Produk perawatan bayi yang dikeluarkan oleh Tupperware ini ada 6 jenis, dengan aroma yang lembut dan menyegarkan.

Ada 3 klasifikasi produk, yaitu Pijat Little Bee, Mandi Little Bee, dan Segar Little Bee. Alhamdulillah saya berkesempatan mencoba rangkaian produk Little Bee ini untuk Aldebaran di rumah.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]


Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

1.Little Bee Baby Oil

Dengan Formula+ Aloe Vera (ekstrak lidah buaya) membantu memberikan stimulasi pijatan dan merangsang regenerasi kulit. Mudah menyerap dan tidak meninggalkan kesan berminyak.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

2.Little Bee Baby Wash dan Baby Soap

Formula+ Minyak Zaitun dan Lamesoft (Campuran ekstrak alami minyak kelapa dan minyak biji bunga matahari) membersihkan sekaligus melindungi kulit bayi.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]


Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

3.Little Bee Baby Shampoo

Formula+ Cetiol Conditioner yang berfungsi untuk melapisi dan menjaga kelembutan alami setiap helai rambut.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]


4.Little Bee Baby Lotion

Formula+ Oleate dan Vitamin E (Ekstrak alami minyak kelapa) menjaga kelembaban kulit bayi sepanjang hari.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

5.Little Bee Baby Powder

Formula+ Allantoin, untuk mencegah iritasi dan mencegah kesegaran kulit bayi dengan butiran bedak yang tidak berhamburan (Less powdery) dan mudah menyerap.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

Apa yang saya suka dari produk Little Bee Baby Spa ini?

Pertama, kemasan, font, dan logonya yang eye catching dan membuat suasana bersama bayi lebih semangat dan ceria.

Kedua, kandungannya terdiri dari natural ingredients, jadi gak khawatir menyebabkan alergi dan memang sudah teruji hypoallergenic.

Ketiga, wanginya lembut dan segar, sukaaaa bangettt.

Keempat, memudahkan Ibu melakukan SPA Bayi di rumah, sekaligus mengeratkan bonding antara Ibu dan bayi.

Kelima, harganya cukup terjangkau (Rp.55,000,- sampai Rp.90.000,-) dengan ukuran 100ml dan 200ml.

Pengalaman Mengatasi Bayi Rewel dengan Baby SPA [+Review Tupperware Little Bee]

Berbekal pengalaman merawat bayi yang rewel dan sering terbangun di malam hari itulah, saya seringkali melakukan SPA Bayi di rumah dengan produk perlengkapan bayi, khususnya setelah mandi atau sebelum tidur.

Insya Alloh, untuk anak ketiga nanti saya pun akan melakukan hal yang sama, yaitu sering melakuakn SPA Bayi di rumah, megingat banyak sekali manfaatnya dan mudahnya dilakukan, bahkan sambil mendekatkan bonding dengan anak.

Ada yang pernah punya pengalaman mengatasi bayi rewel dengan SPA Bayi di rumah? Sharing yuk di kolom komentar :D

***

Sumber referensi:
https://www.tupperware.co.id
https://www.bidanku.com

58 comments

  1. Wah, Tupperware melebarkan sayap ya, gak cuma kebutuhan dapur ibu, tapi juga anaknya ibu, semakin lengkap, bisa beli barengan nih. Hehe. Emang ya, manfaat pijat dan spa kerasa banget, orang dewasa aja suka, apalahi anak-anak, asal dilakukan dg benar..

    ReplyDelete
  2. hahaha..emang unik di kita ini ya mba, percaya nggak percaya masih berlaku. Entah mistis atau sebatas sugesti, kata orangtua saya dulu kalau kita mau pakai cara yang ada-ada aja itu jangan tanggun, harus bener yakin, yang bikin kenapa-kenapa itu kalau setengah hati, ada nggak yakinnya. Waalahualam. BTW Tupperware punya produk untuk baby, lucu ya kemasannya, cakep khas baby banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bayi rewel pasti aja ada yg bilang digangguin makhluk halus, trus sedia cabe, gunting, kaca, bawang putih di deket tempat tidur bayinya.

      Delete
  3. Aih lucu2 banget, baru tau kalau Tupperware mengeluarkan produk-produk untuk babby begini. Kereen.

    ReplyDelete
  4. Pijat spa sudah dikenal sebagai metode kesehatan. Bagus banget kalau diterapkan ke bayi ya, pasti jadi jarang rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bayi jadi lebih anteng kalau badannya nyaman

      Delete
  5. Aku pernah naburin garam di sekeliling rumah karena ada ular masuk. alhasil lantau lengket semua wkwk... Sekarang dah ngerti deh bayi rewel coba dipijet yaa

    ReplyDelete
  6. Mengenali karakter anak dan membekali diri dengan pengetahuan seputar bayi dan anak menjadi andalan para Ibu ya.. jangan mudah percaya hal yang belum tentu kebenarannya.. tentang pijat bayi, anak pertama saya masih takut tetapi anak kedua sudah bisa memijat sendiri walaupun masih sedikit takut dan memang banyak manfaat ya dari memijat bayi baik untuk anak maupun untuk orangtuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalau pas bayi ga perlu pijat keras2, malah cenderung ky ngelus/ngusap aja. Ibu2 wajib tau ya tekniknya.

      Delete
  7. Baby spa zaman duluuu belum ada ya hihihi. Bagus nih bayi jadi lebih biar dN napasnya lebih teratur ya. Little bee ini cocok buat para bayi dan mamanya pun bisa belajar mijet2 😀 Sekalian.menjalin kesehatan dg anak2 kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya zaman dulu ga sebooming sekarang, mungkin kalau dulu bilangnya urut biasa aja

      Delete
  8. Al unyu banget fotonya pas zaman baby.
    Ini Little Bee tu produknya baunya khas baby banget, jd bikin org pengen punya baby lagi wkwkwwk #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya atuh mumpung muda mbak april punya bayi lagi dung,hihi

      Delete
    2. Muda dari Hongkong hahahahahahaha

      Delete
    3. Beneran mbak april, dema masih cocok banget punya dede gemash

      Delete
  9. Bayi lebih banyak gerak setiap merespon sesuatu, capek bikin rewel. Kita harus tanggap ya, pijat sakah satu solusi bayi jadi nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, kalau bayi capek pasti deh rewel, perlu banget dipijitin

      Delete
  10. Gemes banget liat ekspresi adek bayi nya hehe

    ReplyDelete
  11. Wah banyak juga manfaat spa bayi ya

    ReplyDelete
  12. Lengkap juga ya produk Little Bee Baby

    ReplyDelete
  13. Bisa dicoba nih spa baby di rumah

    ReplyDelete
  14. Spa jadi bikin bayi makin rileks ya

    ReplyDelete
  15. Aku seneng juga little bee ini. Kemasannya pas ukurannya, mudang dipegang, tutupnya juga aman, lubangnya ada kaya corong ya jadi nggak belepotan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nyah, aku pun suka si botolnya unyu bed.

      Delete
  16. Aku jg tadinya bingung pas baca judul kok ada tupperwarenya, ternyata... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wanginya enak ceu, cobai buat abim sm gian

      Delete
  17. Produk tupperware tuh emang kebukti kualitasnya bagus mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sampai jadi koleksi ibu2 ya. Kalau ilang aja bisa sedih bgt ya wkwwk

      Delete
  18. beuh jadi pengen punya tupperware nya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu dan enak produknya, ga wangi menyengat

      Delete
  19. Si ganteng wajahnya fotogenic yaa.. cucok jadi model. Muka2 yg disukain banyak cewek2 nih.. hahaha

    ReplyDelete
  20. Lengkap banget ya Little Bee ini, pas banget nih dirumah ada ponakan yang agak rewel belakangan ini jadi bisa kasih tau adikku untuk membeli Little Bee

    ReplyDelete
  21. yang udah dewasa aja kayak saya suka kalau dispa dan dipijat. Apalagi anak-anak, ya. setidaknya efek yang langsung dirasakan adalah menenangkan tubuh dan pikiran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benerrrr,orang tuanya aja seneng banget kalau dipijit, bikin rileks sama nyaman

      Delete
  22. Ternyata penting banget ya mbak melakukan pemijatan pada bayi, kalau tau teori dan praktiknya memijat pastinya nyaman2 aja mbak memijat si kecil, tapi kalau belum pengalaman mungkin masih rada ragu dan takut ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya awalnya takut, tapi lama2 pasti bisa apalagi dilakukan setelah mandi atau mau bobo

      Delete
  23. wah,ternyata banyak ya manfaat baby spa. Aku baru tahu nih mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ma, salah satunya bikin bayi ga rewel dan tidur nyenyak

      Delete
  24. Iya nih nanti kalau anak ke dua, aku mau belajar dulu spa bayi hahaha. Soalnya salah satu yang firindukan anak dari ibunya adalah pijatan ibu. Iya kan 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dipijit ibu pasti jadi sebuah kerinduan buat anak

      Delete
  25. Saya paling sukaaa acara pijit bayi mbak. Waktu anak anak.kecil saya memang kerap memijit mereka. Sekarang pun saki begitu. Seneng banget kalau dia merasa nyaman pas dipijit.

    Btw banyak juga produk baby spa dari little bee .. blm pernah nyoba sih. Tapi menarik juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anak2 emang paling seneng dipijit, ya gimana aja emaknya sih, suka dipijit juga pasti hehee

      Delete
  26. Bayi memang harus pijetan ya, jadi inget pas anak-anak bayi. Selalu pijetan, karena manfaatnya banyak banget.

    ReplyDelete
  27. Baby spa bisa membuat anak jdi tidur nyenyak ya ceu, jadinya orangtua juga gak perlu extra drama buat jagain baby yg tidurnya gk nyenyak

    ReplyDelete
  28. Wah, aku baru tau kalo ini keluaran tupperware. Udah berkembang kesana sini ya si tuppy ini. Produknya jg baby friendly banget, packagingnya okee. Jd penasaran nih..

    ReplyDelete
  29. iya bner mbak... kalo anak uda dipijit pasti nyaman itu

    ReplyDelete
  30. duh ekspresi ketika rewel kok lucu sih, bikin gagal fokus yang baca hehe
    Iya ya anak-anak sepertinya suka di pijit, kalo selesai di pijit tidurnya jadi nyenyak.

    ReplyDelete
  31. Wew mantep bener sih ini. Manfaatnya juga banyak ya. Lebih dari yang pernah aku tahu.

    ReplyDelete
  32. Pertama baca, aku geleng-geleng kepala dan sedikit tertawa cerita Mba tentang masukan para tetangga tentang tabur garam, kacang hijau sampai air doa. Terus suka lihat ade Aldebaran menikmati pijatan baby spa dari mamanya, pasti nyaman dan penuh cinta yaa Dek

    ReplyDelete
  33. AKu suka banget produk bayi yang ada label hypoallergenic. Berarti aman banget buat kulit bayi yang sensitif. Super lengkap ya kak produknya.

    ReplyDelete
  34. Berkat tahu teknik dan produk pijat bayi yang tepat, saya nggak perlu lagi ke tukang pijet. Kecuali kalau keseleo tau salah urat,baru deh pijet ke ahlinya

    ReplyDelete
  35. Ya Allah calon abang wajahnya lucu banget siiih, gemes. Btw aku tertarik nih sama produk baby ini

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D