Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta

| On
August 01, 2018

Alhamdulillah, usia kandungan saya sekarang sudah memasuki 29 minggu, sudah masuk trimester ketiga. Artinya dalam beberapa minggu ke depan, dedek bayi sudah siap-siap akan dilahirkan ke dunia ini.

Masih penasaran sih, apa jenis kelaminnya. Menurut USG sih laki-laki lagi, tapi bidannya pun belum yakin, dan saya sendiri juga belum yakin. Dan sampai sekarang pun saya belum beli peralatan bayi apapun, karena masih berpikir bisa jadi ini janinnya perempuan, heuheu ngarep.

Abis emaknya udah gatel pengen beli yang serba pink, ungu, dan lucu-lucu khas anak perempuan.

Hari Minggu tanggal 29 Juli 2018 kemarin, saya berkesempatan diundang ke acara talk show seputar kehamilan bersama RS. Pondok Indah. Temanya tentang mitos dan fakta seputar kehamilan.

Wah, pas banget kan. Lagi hamil anak ketiga gini pun masih sulit aja membedakan yang mana mitos dan yang mana fakta.

Pembicaranya sendiri adalah dr. Eric Kasmara, Sp. OG yang merupakan alumni Pendidikan Dokter dan Pendidikan Spesialis Kebidanan dan Kandungan Universitas Indonesia.

Dr. Eric ini kalau dilihat wajahnya serius, tapi waktu ngomong ternyata orangnya kocak dan humoris abis.

Ibu Hamil adalah Seseorang yang Sehat

Menurut dokter Eric, seorang ibu hamil adalah seorang individu yang sehat. Oleh karena itu, dr. Eric tidak menyebut seorang ibu hamil sebagai pasien, karena memang fisiknya saja yang berubah karena ada janin yang berkembang di dalam rahim.

Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta
Ibu  hamil adalah individu yang sehat

Jika ada ibu hamil yang memiliki gangguan kesehatan, baru dr. Eric memperlakukannya sebagai pasien yang sedang sakit, memberikan obat, dan merujuk kepada dokter spesialis yang lain jika memang sakitnya harus ditangani oleh ahli lainnya.

Maka dari itu, sebagai individu yang sehat, ternyata seorang ibu hamil boleh lho melakukan banyak hal. Sama seperti ketika sedang tidak hamil. Dan yang beredar di kalangan masyarakat itu ternyata hanyalah mitos atau hoax semata.

Apa aja sih mitos seputar ibu hamil yang seringkali dianggap sebagai sebuah fakta?

1. Ibu hamil harus makan dengan porsi ‘double’ karena untuk makan dua orang.

Ini tidak benar ya, Mom. Karena yang namanya makan itu, paling penting adalah gizi seimbangnya, bukan soal porsinya. Kelebihan mengkonsumsi makanan, apalagi mengandung banyak gula justru berbahaya untuk ibu hamil.

Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta

Bayi yang dikandung akan cenderung besar, karena ukuran hati janin akan membesar disebabkan karena banyak menyerap glukosa.

Nah loh, kalau janinnya kegedean susah juga kan? Ngeluariannya pasti lebih butuh perjuangan lebih kalau bayinya terlalu besar atau gemuk.

Makan makanan yang sewajarnya, dengan nutrisi yang seimbang. Konsumsi sumber karbohoidrat (nasi, roti, sereal), protein (daging, hewan laut, kacang-kacangan), lemak (daging, telur) juga sumber serat (sayuran dan buah-buahan).

Apakah boleh minum susu?

Boleh. Produk turunan susu yang lainnya pun boleh, seperti yoghurt atau keju. Usahakan minum susu rendah lemak. Tidak mesti susu ibu hamil kok, boleh susu apa saja yang penting ibu hamilnya cocok dan gak bermasalah (seperti mual atau diare) setelah minum susu tersebut.

Tidak boleh minum minuman beralkohol saat hamil, kendalikan asupan garam, dan kalau bisa makan makanan yang dimasak sendiri, agar terjaga bahan dan kualitasnya.

2. Minum es membuat janin berukuran besar

Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta

Kalau hanya air es saja ini nggak ada kaitannya dengan berat badan janin, tapi kalau minum esnya pake gula, sirop, susu kental manis, baru deh bisa bikin janin besar, karena asupan gula tadi. Semakin banyak asupan gula, maka hepar atau hati janin makin membesar pula, maka ikut besar lah lingkar dada dan lingkar perut janin tersebut.

3. Makan nanas membuat keguguran

Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta

Ini pun tidak benar. Makan nanas tidak menyebabkan keguguran. Hanya saja perlu diperhatikan riwayat lambung ibu hamil. Apakah memiliki masalah asam lambung atau maag. Kalau sampai punya masalah, dan makan nanas, otomatis ibu hamil bisa sakit perut atau bahkan masuk rumah sakit gara-gara makan nanas.

4. Minum air kelapa membuat kulit janin menjadi bersih

Air kelapa memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung mineral dan elektrolit. Tapi tidak ada hubungannya dengan kulit janin yang menjadi bersih dan licin.

5.Minum minyak kelapa dapat melicinkan jalan lahir

Apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentunya akan masuk ke lambung, bukan ke vagina. Maka tidak ada hubungannya minum minyak kelapa dengan tujuan melincinkan jalan lahir nanti.


6.Wanita hamil tidak boleh berolah raga

Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta


Pendapat ini justru salah. Wanita atau ibu hamil boleh berolah raga bahkan sangat dianjurkan. Olah raga yang dilakukan bisa berupa olah raga ringan, berenang, senam atau yoga hamil. Peregangan otot justru sangat dibutuhkan pada saat kehamilan berlangsung.

Ya emang bener sih, ketika hamil kan kita menopang berat perut. Jadi perlu banget peregangan otot supaya gak pegel dan sakit.


7. Wanita hamil tidak boleh menambal atau mencabut gigi

Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta

Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh menambal dan mencabut gigi. Katanya bisa menyebabkan keguguran. Menurut dokter Eric ini justru salah kaprah, karena gigi yang bermasalah pada ibu hamil harus segera diselesaikan. Dan biasanya dr. Eric akan langsung merujuk ibu hamil ke dokter gigi apabila ada gigi yang harus ditambal maupun dicabut.

Karena gigi yang terinfeksi justru akan membawa kuman ke dalam darah.  Dan infeksi gigi atau gusi justru akan menjadi faktor pencetus kontraksi pada kehamilan. Selain itu, gigi yang sehat juga menjamin asupan gizi dan nutrisi yang baik pula bagi ibu hamil.

8. Ibu hamil tidak boleh naik pesawat terbang

Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta

Ibu hamil katanya bisa keguguran jika naik pesawat terbang, karena tekanan udara di atas pesawat bisa menyebabkan janin mengalami gangguan bahkan keguguran.

Hal ini hanya mitos belaka. Ibu hamil boleh naik pesawat, dan yang paling baik di atas 14 minggu. Kenapa? Karena frekuensi mual dan muntahnya sudah mulai menghilang di usia kandungan ini. Dan batasannya hingga 28 minggu. Karena di usia kehamilan ini, ibu hamil sudah tidak merasa nyaman naik pesawat komersil.


9. Metal Detector menyebabkan radiasi pada janin

Banyak yang salah kaprah antara X-Ray dengan Metal Detector. Ketika masuk bandara, kita hanya diperiksa menggunakan metal detector, bukan dengan X-Ray. Dan metal detector ini aman untuk ibu hamil, tidak menyebabkan radiasi ataupun kelainan pada janin.

10. Radiasi Kosmik menyebabkan gangguan pada janin dan tekanan kabin pesawat

Sekali lagi ya, Mom. Di atas pesawat, ibu hamil akan baik-baik saja, radiasi kosmik itu sangat jauh dan tidak menyebabkan bahaya ketika kita berada di atas pesawat. Selain itu, kekhawatiran keguguran karena tekanan udara di atas pesawat juga jangan terlalu dipikirkan. Karena pesawat sudah didesain sedemikan rupa, agar tekanan udara di dalamnya sesuai dengan kebutuhan dan keseimbangan tubuh manusia.

***

Stress memikirkan banyak mitos di atas justru membuat kehamilan kita tidak menyenangkan. Padahal, kebahagiaan dan pikiran yang positif sangat membantu kondisi ibu hamil di masa kehamilan bahkan hingga persalinan nanti.

Terima kasih RS Pondok Indah dan Mom Blogger Community atas undangannya.





Mitos apakah yang sering Mom dengar ketika dalam masa kehamilan? Yuk, sharing di kolom komentar :D


26 comments on "Mitos Seputar Kehamilan Yang Sering Dianggap Fakta"
  1. Ternyata banyak khan mitos seputar kehamilan yang membuat ibu hamil justru gak merasa sehat hehehe, takut ini takut itu, gak boleh ini gak boleh itu. Setuju kata dokter obgyn, ibu hamil itu individu yang sehat. Jangan takut.

    ReplyDelete
  2. pas hamil kemarin ku sempat sakit gigi karena si gigi bungsu yang merobek gusi pas ke dokter gigi malahan disarankan untuk rontgen giginya abis lahiran mba ga bole dicabut ga bole diapa2in hehe syukurnya sejak ke dokter gigi cuman dikasih anti nyeri ga kambuh lagi deh sakitna

    ReplyDelete
  3. Ingat nih poin 4. Aku memang minum air kelapa ijo. Dan pas lahiran baby memang putih bersih. Langsung di komen deh, rajin minum air kelapa ya mba. Aku jawab iya pas aus hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaa benerr, jawabnya pas haus, haha

      Delete
  4. Sebagian ada yg benar ya. Utk cabut gigi itu aku jg ga berani saat hamil. Serem ah.

    ReplyDelete
  5. Wah baca artikel ini bikin hati adem deh, mitos-mitos 'mengerikan' langsung terbantahkan haha.. Minum es itu menyenangkan buat bumil haha

    ReplyDelete
  6. Dulu pas hamil juga aku sempat dibilang jangan naik pesawat. Tapi alhamdulillah baik baik saja. Sayangnya masih banyak mitos yang memang dianggap bener tanpa di cek kebenarannya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak aman dari Uk 14-28 weeks padahal

      Delete
  7. Senangnyaaa Bumils ngumpul di event yang bermanfaat ini yaaa, semua ilmunya penting untuk diketahui baik Bumil ataupun yang bukan Bumil, karena seringkali aku pridadi pun dapat saran2 aneh dan nyeleneh malah dari yang bukan Bumil dan hanya sebatas "katanya" ajam terutama yang makan harus double, wiiih sering banget disaranin tuh kalau lihat nasi di piringku terlalu sedikit menurutnya, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagian makan banyak juga jadi eungap ya teh

      Delete
  8. Iya nih, banyak yg masih anggep kalo minum air dingin gak boleh. Tapi, berbekal baca baca, aku dr hamil awal-udah bulannya minum air es terus, biar gak mual, tapi gak manis pastinya. Malah pernah makan durian pas hamil Aura 2bln wkwk, abis itu agak panas dikit di perut. Bandel. Kalo dapet informasi dari pakarnya langsung enK, jadi valid infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau duren emang belum makan aja mel, padahal pas hamil kifah sm aal, aku makan dikit

      Delete
  9. Kenapa ya, sampai sekarang masih ada saja yang mempercayai mitos yang nggak jelas itu, hehehe.
    Tulisan ini mengedukasi banyak orang mba, tengkyuuuh yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak yang suka cenderung nakut2in

      Delete
  10. Wah kalimat-kalimat diatas yang saya suka dengar. Memang perlu tanya ke ahlinya jadi tidak sembarang terima informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau duren emang belum makan aja mel, padahal pas hamil kifah sm aal, aku makan dikit

      Delete
  11. Air kelapa bikin kulit bayi jd putih dan bersih, ini mah Mak aku percaya bgt. Setiap ada anaknya yg hamil, pasti disuruh minum air kelapa yg bnyk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kandungan air kelapanya memang bagus mak jadi emang bumil bagus buat minum ini

      Delete
  12. Bumil mah banyak pantangannya mbak. Dulu waktu anak pertama tuh,pas masih ada ibu . Kenyang banget bumil di suruh ini itu gak boleh ini dan itu haha abis itu saya cuek.aja alhamdulillah anak anak sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku pun ada yg cuek ada yang aku ikutin dari pada berantem

      Delete
  13. Alhamdulillah aku termasuk orang yang cuek beibeh sama semua mitos karena emang dari awal udah banyak-banyakin baca biar berimbang ilmunya. Tapi emang masih banyak juga sih bumil yang percaya mitos-mitos tersebut karena mungkin diberi tahu sama orangtuanya. Makasih banyak tulisannya mbak, jadi kangen masa-masa kehamilan deh. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak Tya hamil lagi yuk #kompor

      Delete
  14. Wah, aku pun dikehamilan anak kedua ini masih sering percaya ga percaya sama mitos2 yg beredar disekitar Mba..
    Terimakasih sudah diingatkan melalui tulisan ini, terlebih tentang wanita hamil itu bukan orang sakit (pasien) ya..

    Sehat selalu dan lancar hingga persalinan serta setelahnya Mba Tetty..

    ReplyDelete
  15. Makan duren katanya juga ga boleh, tapi pas mau lahiran katanya kalo makan bisa melancarkan. kan bingung jadinya ya....

    kalo aku sih, makan-makan aja selama ga kebanyakan :D

    ReplyDelete
  16. Hamil kedua kemarin saya banyak minum air kelaap muda karena mendadak jadi nggak suka minum air putih kec merk tertentu he he. Makan nanas madu juga suka tapi pas sudah masuk trimester 3 sih

    ReplyDelete
  17. Sempet kena mitos yang makan nanas, tapi ternyara secara ilmiah kandungan nanascmuda mengandung zat yang bisa bikin perut mules. Nah, ngerinya klo pas semester pertama jadi kontraksi

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D