Ini Dia Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

| On
September 13, 2018

Alhamdulillah, kandungan saya memasuki trimester terakhir yakni di usia 36 Weeks. Menurut prediksi, Hari Perkiraan Lahir adalah minggu awal Oktober 2018. Sedangkan ketika USG kemarin, perkiraan persalinan adalah akhir September 2018.

Seneng campur deg-degan sih, ternyata 9 bulan itu gak berasa sama sekali. Tau-tau, dede bayi udah mau launching bulan ini, Insya Alloh.

Ada yang berbeda di kehamilan pertama dan kedua, yaitu saya ikut senam atau yoga hamil.

Entah dulu saya kurang update atau gimana, yang jelas dulu tuh saya belum pernah ikutan yoga untuk ibu hamil, baik waktu hamil Kifah maupun hamil Aldebaran.

Alhamdulillah banget, dikehamilan ketiga ini bisa kenal yoga hamil di klinik bidan deket rumah. Tempatnya dekat, gak nyampe 15 menit udah nyampe. Harganya pun terjangkau, hanya 35 ribu rupiah saja setiap kali kita datang ke klinik untuk melakukan yoga ibu hamil. Jadwalnya Sabtu atau Minggu, durasinya sekitar 1,5 jam.

Menurut beberapa sumber yang saya baca, yoga bagi ibu hamil ini memiliki banyak manfaatnya, yaitu:

1.Membantu tubuh tetap sehat dan bugar selama kehamilan. Yaps, benar sekali. Banyak yang salah sangka kalau hamil itu kita gak boleh berolah raga. Hal tersebut justru salah kaprah. Ibu hamil harus tetap banyak berolah raga asal tidak membahayakan dirinya dan janin yang dikandungnya.

2.Melatih pernafasan. Latihan pernafasan ini beneran ngefek loh. Pertama, tubuh kita jadi relaks dan santai. Pikiran jadi tenang dan mood pun lebih baik. Dan yang gak kalah penting lagi adalah latihan pernafasan ini sangat baik untuk mempersiapkan persalinan nanti. Karena, latihan pernafasan yang baik dapat mengurangi rasa sakit saat kontraksi dan memudahkan proses mengejan.

3.Membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang. Ini pun benar saya rasakan sendiri loh. Waktu hamil Aldebaran, pinggang rasanya sakit banget. Bahkan pernah ketika saya tidur terlentang, saya gak bisa bangun lagi karena saking sakitnya. Dikehamilan kali ini, karena ikut kelas Yoga untuk ibu hamil, nyeri pinggang berkurang dan tubuh terasa nyaman.

4.Melatih diri dan mempersiapkan area pinggul untuk melahirkan. Dalam gerakan yoga ibu hamil, banyak gerakan yang membantu kita untuk mempersiapkan otot pinggul agar menjadi lebih lentur. Tentunya ini sangat membantu untuk persiapan persalinan nanti.

5.Membantu merelaksasi tubuh dan melatih diri mudah beristirahat. Ibu hamil kadang sangat cemas dengan kondisi janin yang dikandungnya, sehingga sering merasa was-was dan tidak nyaman. Selain mengatur asupan makanan, tingkat stres, yoga bagi ibu hamil pun membantu ibu hamil secara psikologis. Biasanya, dengan rutin melakukan yoga, ibu hamil akan lebih mudah untuk tidur dan beristirahat.

6.Ikhtiar untuk Mengubah posisi janin. Ketika memasuki usia kandungan 6 bulan, posisi janin saya masih sungsang, alias kepala di atas dan kaki di bawah. 

Kemudian, bidan di klinik yang menjadi instruktur Yoga menyarankan beberapa posisi yang bisa mengubah posisi janin yang seharusnya (yaitu kepala di bawah dan kaki di atas). Alhamdulillah, tidak lama kemudian, setelah rutin melakukan gerakan yang diajarkan ketika Yoga, dede bayi di dalam kandungan berpindah posisi ke posisi yang seharusnya.


Yoga hamil bersama sungguh menyenangkan


7.Bisa bersosialisasi dan curhat sesama ibu hamil. And whaatttt, ini adalah salah satu manfaat yang sangat penting. Ngobrol sesama ibu hamil itu bikin bahagia dan plong. Apalagi ketika ada masalah dengan kondisi janin dan lain sebagainya, kita bisa saling curhat dan saling memberikan masukan dan juga saran.

8.Lebih dekat dengan janin. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, ketika memasuki usia kandungan 6 bulan, dede bayi posisinya masih sungsang. Nah, ketika yoga, ibu hamil pun disarankan untuk selalu berkomunikasi dengan janin agar ia berpindah posisi ke posisi yang seharusnya.

Sebenernya, Yoga bagi ibu hamil ini gak mesti kita lakukan di klinik bidan aja sih. Di rumah pun sangat mungkin kita melakukan Yoga untuk ibu hamil. Tinggal putar musik yang bisa merelaksasi, dan menggelar matras, siap deh buat Yoga di rumah.

Agar makin nyaman melakukan gerakan Yoga, enaknya emang pakai matras sih, apalagi ada gerakan table top yang mengharuskan kita membentuk gerakan seperti bayi merangkak gitu. Telapak tangan dan tumit bisa sakit kalau gak pake matras.

Ada matras biasa, ada juga air track for pool (yang bisa dipakai di atas air atau di kolam renang gitu). Sedangkan yang biasa dipakai di rumah atau ditaruh di lantai itu airtrack tumbling mat, nah ini sih yang lagi saya cari buat latihan Yoga di rumah.


Mint Green Airtrack Tumble Cheerleaders Mat

Dan ada juga inflatable air track gymnastics, hampir sama sih dengan yang airtrack tumbling mat, bisa dipakai di lantai atau di tanah/rumput sekalipun. Dan ini keliatannya empuk banget kalau dipake buat Yoga di rumah.


airtrack tumbling mat

Pengennya sih punya salah satu di rumah, biar makin semangat Yoga ibu hamilnya. Karena manfaatnya bisa saya rasakan dan memang benar mengurangi ‘tantangan-tantangan’ selama kehamilan.

Kalau, Mommies sekalian, pernah atau sedang ikutan Yoga hamil juga kah sekarang? Cerita-cerita Yuk, di kolom komentar :D

26 comments on "Ini Dia Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil"
  1. Sangat bermanfaat sekali isi dalam blognya, terimakasih sudah membuat :)

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata banyak sekali ya manfaat olahraga yoga bagi ibu hamil.

    ReplyDelete
  3. Yoga memang bisa merelaksasi tubuh dan melatih diri mudah beristirahat, saya sendiri sudah merasakannnya.

    ReplyDelete
  4. Wah perlu di coba nih olahraga yoga.

    ReplyDelete
  5. Saya setuju sekali selain dapat manfaat kebugaran, manfaat lainnya kita juga bisa saling sharing pengalaman sesama ibu hamil.

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat sekali isi blognya, saya merasa terbantu sekali dengan isi blognya. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  7. wah semoga di deket sini juga ada amin..😊

    ReplyDelete
  8. Semoga lancar ya teh lahirannya. Sehat ibu dan ade bayinya. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Bisa dishare untuk saudara no he, tks infonya teh 😊

    ReplyDelete
  10. Kalau mil dulu ngedownload video senam hamil yg dari fri**an fl*g.hehe..jadi senam hamilnya di rumah aja teh.Tapi sebenernya kalau yoga sama senam tuh sama gak sih teh? Apa perbedaannya?

    ReplyDelete
  11. Aku pas hamil selma ikut yoga hamil di RS Mitra Keluarga Depok, memang bikin kita rileks menjelang persalinan, gak bikin capek

    ReplyDelete
  12. Aku yang belum hamil aja, merasakan banyak manfaat dari Yoga. Memang enak banget Yoga ini, ngga banyak bergerak tapi keringetan....

    ReplyDelete
  13. Bumil. aku baru tahu kalau yoga tuh bisa mengubah posisi bayi di perut yang sungsang. Aku waktu itu sempat anak sungsang juga mba pas udah 8 bulan menuju 9 bulan. Trus eh udah nyoba tapi masing sungsang. Akhirnya caesar juga karena kelilit tali pusar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ummi, ada gerakannya supaya bayi ga nyaman dan akhirnya muter sendiri ke posisi yang seharusnya. Tapi namanya ikhtiar memang ada yang bisa dan ada yang memang sulit juga dan mesti sesar (temen yogaku ada yang udah latihan gerakannya tetep bayinya ga bisa muter) alhamdulillah aku muter dedeknya, mudah2an masuk panggul kepalanya dan siap buat lahir.

      Delete
  14. Waah coba zaman aku hamil tau manfaat yoga buat bumil, pasti ikutan hihihi 😘 Sekarang anak2 udh masuk usia abg aku baru join yoga buat practice sehari2 ga terlambat kan? Aku ada sedikit masalah tulang punggung. Siapa tau bisa lebih sehat dan enak kalau ikutan kls yoga ya. Konsentrasi dan sekaligus latihan pernapasan 😊

    ReplyDelete
  15. Olah raga yang aku suka nih. Manfaatnya memang luar biasa ya karena ini berkaitan dengan mind body and soul

    ReplyDelete
  16. Belum pernah ikutan yoga. Kepingin sih,biar sehat

    ReplyDelete
  17. Deg-degan ya kita deketan hpl'nya. Moga dilancarkan Allah...aamiin. enak ada kelas Yoga, aku dari dulu yoga sendiri dari youtube

    ReplyDelete
  18. Aku udah daftar di Hermina tapi malah gak sempet datang padahal weekend jadwalnya, hiks. Akhirnya senamdan yoga hamil di rumah, sambil dipandu Youtube, haha. Bermanfaat banget ini pastinya, insya Allah debay dan Bumilnya tetap sehat dan siap untuk menghadapi hari H yaaa. Amiiiin.

    ReplyDelete
  19. Aku pun belum pernah yoga wkwk.. dulu hamil senam biasa aja liat di buku.

    ReplyDelete
  20. Wah bentar lagi nih lahirannya. Moga lancar2 yaaa. Aku baru kenal yoga saat hamil pas hamil Dema, seneng sih bisa tau cara atur nafas dan punya teman curhat sesama bumil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn amiinn, iya abis yoga bisa jadi ajang curhat sesama bumil

      Delete
  21. Naksor banget sama matrasnyaaa.... Yoga selama kehamilan emang ngebantu bangwt.. lancar lancar ya bumil..

    ReplyDelete
  22. Bermanfaat ya ternyata Yoga, saya belum pernah nyobain ikut Yoga. Apa harus nunggu hamil dulu agar bisa Yoga ya mbak?

    ReplyDelete
  23. Akutu ngerasa nggak cocok banget latihan yoga soalnya aku orangnya pecicilan mbak. Heehehe. Cuma penasaran juga sama si yoga yang katanya emang banyak banget manfaatnya. Apa aku ngikut kelas yoga bareng mbak Tetty aja ya?

    ReplyDelete
  24. yoga saat belum pernah, seringnya senam hamil mba.. InshaAllah nanti kalo hamil lagi mau cobain yoga untuk ibu hamil, karena banyak banget ya ternyata manfaat yoga bagi Ibu hamil

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D