Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet Sebentar Lagi Berakhir, Siapa Saja Yang Akan Mendapatkan Total Hadiah 107 Juta Rupiah?

| On
November 26, 2018
Banner lomba Meme tentang kepahlawanan di bulan November 2018

Pada tanggal 26 Maret 2018 lalu, bertempat di Gedung III Kemensetneg Jakarta. Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengumumkan dan meresmikan pelaksanaan lomba media sosial (Facebook, Twitter, Youtube, dan Blog) dengan tagar #MenujuIndonesiaMaju

Mengapa media sosial?

Karena zaman sekarang, orang sudah mulai meninggalkan televisi dan kebiasaan membaca koran fisik. Jika masyarakat membutuhkan informasi, maka internet dan sosial media (Facebook, Twitter, Youtube, dan Blog) yang dibuka terlebih dahulu.

Di Twitter, kita bisa melihat berbaga kejadian secara real time melalui Trending Topic. Di Instagram, Facebook, dan Youtube, kita bisa memperoleh berita yang up to date dengan Instagram live, Facebook live, juga Youtube live.

Terbukti kan? Kalau kita mau cek berita artis atau orang terkenal pasti deh ngeceknya duluan ke akun  Lambe Turah, hahaha dibahas. Bahkan saya dan suami pernah berdiskusi, bahwa zaman sekarang, kok berita di TV malah mengacu pada berita yang lagi hits atau viral di media sosial.

Sungguh, sekarang itu media sosial menjadi pusat informasi terdepan dan tercepat.

Maka dari itu, Sekretariat Kabinet atau Setkab pun tidak ingin ketinggalan momentum, bahwa netizen itu sangat bisa menyebarkan berita baik seputar program kerja pemerintah.

Bank Mandiri pun menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang mendukung penuh penyelenggaraan lomba media sosial ini. Karena isu ekonomi menjadi salah satu isu yang wajib disebar luaskan ke publik, terutama mengenai kebijakan pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Menurut Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, tujuan diadakannya lomba media sosial ini adalah:

1. Menyebarkan informasi yang bertanggung jawab terkait program yang telah dilakukan oleh kabinet kerja

2.Agar para netizen/generasi milenials mengetahui apa saja program dan hasil kinerja kabinet kerja

3.Agar netizen dan masyarakat umum, terutama generasi muda, lebih aware terhadap kondisi negara.

Mekanisme Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiMaju

Atas dasar tujuan yang telah diutarakan oleh Menteri Sekretaris Negara, maka mekanisme lomba yang dilakukan selama kurang lebih 8 bulan (sejak bulan Maret-November 2018) diantaranya adalah:

1.Vlog/Film Pendek Youtube

Lomba Vlog yaitu membuat vlog mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan manfaatnya bagi masyarakat. Sedangkan untuk lomba film pendek yaitu membuat film pendek mengenai program prioritas pemerintah dibidang Maritim, Energi, Pangan, dan Pariwisata.

Pesertanya boleh perorangan dan boleh juga kelompok (maksimal 5 orang), durasi video maksimal 5 menit dan diuanggah ke Youtube dengan format judul [#MenujuIndonesiaMaju-Judul Vlog/Film Pendek] dan berikan tagar #MenujuIndonesiaMaju dan #PembangunanMaju. Peserta hanya bisa mengirimkan 1 vlog/film pendek aja yaa.

Lomba ini berlangsung sebanyak 2 periode:

Periode 1 (Mei-Juli 2018) dan Periode 2 (Oktober-Desember 2018) So gaess, untuk lomba Vlog atau film pendek via Youtube ini masih bisa kamu ikuti, karena masih tersisa sekitar 1 bulan lagi hingga akhir periode 2.

2.Blog (Menulis Artikel)

Mekanisme untuk kategori blog adalah dengan menuliskan tulisan bertema #MenujuIndonesiaMaju di blog masing-masing (Blogspot, wordpress, kompasiana, dll) sebanyak 500-1500 kata. Kemudian tulisan tersebut dishare di media sosial Twitter dengan tagar #MenujuIndonesiaMaju dengan memention akun Twitter @setkabgoid, jadi buat kamu yang penasaran sama yang ikutan lomba blognya bisa langsung mencari dengan menggunakan tagar #MenujuIndonesiaMaju.

Periode lomba Juli-September 2018.

3.Twitter

Membuat kultweet tentang seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait program prioritas. Selain itu, ada juga kuis teka teki silang yang dilaksanakan via Twitter ini.


Lomba tweet bertema kepahlawanan


Mengisi teka-teki silang


Periode lomba April-November 2018.

4.Instagram

Membuat konten video/vlog berdurasi 1 menit bertemakan #MenujuIndonesiaMaju dan ada pula kuis menemukan kata dalam kotak. Dan untuk lomba instagram di bulan terakhir (November) ini adalah lomba membuat Meme tentang kepahlawanan.

5.Facebook

Mengisi teka-teki silang dan mengisi kata yang hilang dalam pidato Presiden atau Seskab.



Lomba teka-teki silang kepahlawanan



Mengisi kata yang hilang

Periode Lomba April-November 2018

Total Hadiah

Kalau diitung-itung, hadiah lomba media sosial Setkab #MenujuIndonesiaMaju ini fantastis loh, totalnya 107 rupiah. Dan aku menyesal kenapa gak ikut, heuheu. Karena semenjak 9 bulan yang lalu repot sama kehamilan dan lahiran, hahah alibi amat, padahal update status mah bisa-bisa aja.

Hadiah untuk Lomba Youtube senilai 29 juta rupiah
Hadiah untuk Lomba Blog senilai 6 juta rupiah
Hadiah untuk Lomba Twitter 3 juta perbulan (dikali 8 bulan) senilai 24 juta rupiah
Hadiah untuk Lomba Facebook 3 juta perbulan (dikali 8 bulan) senilai 24 juta rupiah
Hadiah untuk Lomba Instagram 3 juta perbulan (dikali 8 bulan) senilai 24 juta rupiah

Pengumuman Pemenang

Setelah melakukan lomba media sosial sejak bulan Maret 2018 lalu,  pengumuman perlombaan akan dilakukan pada akhir bulan ini yaitu November 2018, sedangkan untuk lomba vlog/film pendek Via Youtube periode 2 masih berlangsung hingga Desember 2018.


Pemenang Facebook Periode April

Pemenang Twitter periode Mei
Pemenang Instagram periode Juli

Jadi, untuk pengumuman pemenang akan dilaksanakan pekan ini ya gaes. Panitia sedang merekap keikutsertaan peserta dan melakukan tahap penilaian.

Tunggu pengumuman resminya dengan mengikuti akun media sosial Setkab. Hayooo, udah follow belum?

Update:

Daannn inilah dia pemenang Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet yaitu:

Pemenang kategori Instagram
Pemenang kategori Twitter
Pemenang kategori Facebook
Selamat yaaa untuk para pemenang semua.

***

Saya sangat mengapresiasi lomba media sosial yang dilakukan oleh Sekretariat Kabinet guna mensosialisasikan program dan pencapaian kinerja pemerintah selama ini kepada masyarakat terutama netizen di kalangan generasi milenials.

Sebagai salah satu milenials yang memang doyan bersosmed ria (nunjuk idung), saya bisa tau kinerja pemerintah, capaian, dan juga bisa memberikan support atau pun masukkan yang baik bagi pemerintah dengan mudah.

Tidak perlu repot merangkai kata dan lainnya, cukup dengan menggunakan gawai yang menemani keseharian saya, saya bisa ‘memantau’ kinerja pemerintah lewat sosial media.

Sukses terus Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, semoga tujuan dari lomba ini tercapai #MenujuIndonesiaMaju

Yuk follow media sosil Setkab di:

Facebook Fanpage: @Setkabgoid
Twitter: @setkabgoid
Instagram: @sekretariat.kabinet
Youtube: Sekretariat Kabinet RI
Website: www.setkab.go.id

***

Sumber:

www.setkab.go.id
www.adeufi.com
www.evifadliah.com



25 comments on "Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet Sebentar Lagi Berakhir, Siapa Saja Yang Akan Mendapatkan Total Hadiah 107 Juta Rupiah?"
  1. Sayang lomba blognya udah lewat ya.
    Tapi salut banget ama pemerintah zaman now yang sering buat lomba untuk mengasah kreatifitas masyarakat.

    Sesuai banget deh dengan #MenujuIndonesiaMaju :)

    Rey

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya sekarang millenial lagi gencar gencarnya ada acara beginian.. Aku jadi seneng deh meskipun tiap lomba aku kalah wkkwkw

    ReplyDelete
  3. Saya ikutan lombanya yang di FB, tapi gak menang๐Ÿ˜ berarti belum rezeki ya
    Sempet nyesel juga kenapa gak ikutan yanh di Twitter dan IG-nya, next kalau ada lomba lagi siap2 ikutan ah, lumayan juga hadiah tabungannya kan.

    ReplyDelete
  4. Telat banget nih tahu infonya! Hadiahnya lumayan banget! Next kalau ada lagi ikutan ahh..

    ReplyDelete
  5. Banyak ya ternyata macam lombanya. Yang lomba blog sayangnya waktu itu nggak sempet ikutan ih akunya...

    ReplyDelete
  6. Saya lupa ikutan di Meme padahal sudah buat wkwkwkw. Pikunnya kambuh

    ReplyDelete
  7. Dengan ikutan lomba medsos kayak gini, aku jadi berasa semangat untuk menciptakan konten media sosial yang bagus nih. Keren setkab nih slalu bikin lomba yang bagus. Tahun depan lagi ya bikin lomba gini :)

    ReplyDelete
  8. iya bener mba skrg justru dari berita viral diamgkat berita di tv deuhhh

    btw ini lombanya wah hadiahnya sayang ga ikutan euy

    ReplyDelete
  9. Sempat kepengen ikut lomba blognya, entahlah, sampai sekarang malah luoa. Baca ini baru ingat

    ReplyDelete
  10. Saya pengen banget ikutan ini, kapan hari sudah di bookmark juga info ttg lomba ini. Hanya tinggal bikin meme yg pas...hahaha

    ReplyDelete
  11. Waaah aku belum pernah bikin meme nih. Sebuah tantangan buat kita mamah sovmwd ya hehe Setkab keren juga ngadain lomba meme. Biar kita makin semangat bikin konten berbobot ya. Siapa tau tahun dpn bisa ikutan dwh ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  12. program2 kementrian belakangan ini makin keren2 yaa, menggali kreativitas semua, semoga dengan begini akan tercipta generasi yang super kreatif juga :)

    ReplyDelete
  13. Aku udah ikutan lomba blog #MenujuIndonesiaMaju beberapa bulan yang lalu yang membahas ASIAN GAMES 2018. Tapi sayangnya aku nggak menang. Huhuhu.

    ReplyDelete
  14. Dengan mengikuti lomba medsos yang diadakan instansi pemerintah secara tidak langsung kita membantu mengenalkan program-program pemerintah juga ya mbak. Salut deh buat yang ikutan, aku masih belum pede karena ngerasa kurang kreatif.

    ReplyDelete
  15. Pemerintah udah keren banget ngadain lomba yg meningkatkan kreativitas generasi jaman now. Hadiahnya bikin mupeng pula

    ReplyDelete
  16. Dan akupun menyesal kenapa ga ikutan, hadiahnya luar biasa

    ReplyDelete
  17. Yaaah, sayang bnget saya gak bisa ikutan lomba meme nya mbak, padahal saya suka bnget bikin2 gambar meme. Moga next bisa ikutan deh

    ReplyDelete
  18. Melalui lomba ini jadi memotivasi untuk mendukung menebarkan berita benar dan baik. Sayang daku belum bisa ikutan ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
  19. Wih hadiahnya lumayan banget ya, buat makan bakso kenyang banget tuh. hihi

    Sekarang lebih transparan, masyarakat bisa memantau kinerja pemerintah melalui media sosial. Moga tahun depan ada lomba lagi.

    ReplyDelete
  20. Aku nggak sempat ikut lombanya. HIks sedih ya. Tapi senang lihat banyak pemenangnya adalah teman teman yang aku kenal

    ReplyDelete
  21. Ini Setkab keren bangets yak..bikin lomba hadiahnya enggak kira-kira. Bikin mupeng ikutan jadinya...meski jarang menag beginian hahah
    Tapi memang medsos bisa jadi saranag kebaikan dan sosialisasi berbagai program baik seperti ini, biar enggap pentengin lambe turah terus #eh :D

    ReplyDelete
  22. Wah lombanya banyak ya.. pengen ikut deh lomba blognya tapi merekam apaan ya wkwk

    ReplyDelete
  23. Wahh selamat buat para pemenang, sering2 deh pemerintah bikin program edukatif seperti ini biar pikiran para milenial lebih bermanfaat lagi :D

    ReplyDelete
  24. Selamat pada pemenang ya... Lumayan nih hadiahnya buat ditabung ya...

    ReplyDelete
  25. Masyaallah..total hadiahnya banyak banget, semangat maksimal ikut lombanya, Mamah Tetty

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D