Review Pasta Gigi Sasha: Pasta Gigi Halal Pertama dengan Serpihan Siwak Asli

| On
December 25, 2018
Review Pasta Gigi Sasha: Pasta Gigi Halal Pertama dengan Serpihan Siwak Asli

Assalamu’alaikum my lovely readers.

Pernahkah kamu melihat orang sedang bersiwak? Saya punya pengalaman ketika pertama kali melihat sunnah bersiwak, yaitu melihat uwa atau kakak dari Bapak saya sedang bersiwak. 

Awalnya saya bingung dan kaget, kenapa uwa kok ngegosok-gosok giginya pake ranting pohon. Saya kira uwa lagi bercanda atau mau ‘ngerjain’ saya waktu itu, ternyata beneran uwa lagi gosok gigi pake ranting pohon berwarna coklat, namanya siwak.

Apa itu Siwak?

Siwak adalah dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri dan bermanfaat untuk menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda mengenai siwak ini, “Dari Hudzaifah Ibnul Yman RA. dia berkata: Adalah Rasulullah SAW jika bangun dari malam, dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak.” ( Hadits Riwayat Bukhari).

Selain itu, banyak lagi manfaat siwak selain yang saya sudah sebutkan di atas, diantaranya yaitu membuat gigi menjadi lebih putih, mencegah terjadinya karies, meransang produksi saliva atau air liur, membantu pencernaan makanan (makanan lebih mudah dicerna), menjernihkan suara, meningkatkan nafsu makan, menguatkan penglihatan, mencegah bertumbuhnya beberapa sel kanker, mencegah meningitis, dan membuat ingatan menjadi lebih tajam.

Review Pasta Gigi Sasha yang Mengandung Serpihan Siwak Asli

Waktu saya melihat uwa menggunakan siwak ketika kecil dulu, sebenernya saya agak aneh melihatnya. Karena kayu siwak itu harus digigit atau dicacah agar keluar lembaran-lembaran serat kayu siwak yang akan terbentuk seperti kuas untuk membersihkan gigi.

Setelah dipakai, ranting kayu siwak tersebut harus dimasukkan ke tempat yang bersih dan hanya bisa dipakai oleh satu orang saja. Maka dari itu, kayu siwak itu selalu uwa bawa-bawa di dalam kantong plastik kecil, dan digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut sebelum melakukan sholat Fardhu.

Ketika itu saya belum sadar kalau ternyata bersiwak itu merupakan sunnah atau sesuatu yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Selama ini ya saya taunya kalau membersihkan gigi ya dengan sikat dan pasta gigi, ternyata kayu siwak yang dipakai nabi ini lah yang bisa kita ambil hikmah dan manfaatnya untuk kehidupan kita sehari-hari sebagai umat Islam.

Di satu sisi, sebagai umat Islam, tentunya saya ingin sekali mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Tapi kalau cara menggunakannya seperti yang uwa saya lakukan dulu, kok rasanya ya repot banget ya. Sebatang ranting kayu harus saya kemas dan bawa kemana-mana dalam kantong plastik, dan saya juga harus memastikan serat-serat kayu siwak tersebut bisa dipakai untuk membersihkan gigi dan mulut.

Perkembangan zaman dan teknologi tentunya memudahkan umat Islam untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW dengan semudah dan sebaik mungkin mengikuti perkembangan masa demi masa. Salah satunya kegiatan bersiwak atau membersihkan gigi dan mulut ini.

Review Pasta Gigi Sasha: Pasta Gigi Halal Pertama dengan Serpihan Siwak Asli
Ini dia produk Sasha Halal Toothpaste yang baru
Alhamdulillah, saya berkesempatan mencoba produk pasta gigi dengan kayu siwak asli, yaitu Sasha Toothpaste. Dan berikut review setelah menggunakan Sasha Toothpaste.



Varian Sasha Halal Toothpaste ini mengandung siwak asli dan diperkaya dengan ekstrak daun sirih. Gigi menjadi lebih sehat, gigi kuat, nafas lebih segar  tahan lama, dan mencegah bau mulut.

Review Pasta Gigi Sasha: Pasta Gigi Halal Pertama dengan Serpihan Siwak Asli
Suka warna kemasannya, gold. Aroma dan rasanya juga enakkk.


Dan ini lah varian Sasha Toothpaste yang mengandung siwak asli di dalam pasta giginya.
Menurut saya, rasanya unik ketika digunakan. Perpaduan antara siwak dan daun sirih. Unik tapi gak terkesan aneh, justru berasa alami dan aroma herbalnya menenangkan dan terasa nyaman.

Terdapat serpihan kayu siwak asli di dalamnya lho

Sasha Toothpaste Herbal Antibacterian ini juga mild atau lembut di mulut. Gak terlalu banyak busa, dan aromanya gak berlebihan. Saya dan suami justru paling suka dengan varian ini, karena rasanya unik dan aromanya juga enakeun pisan.

Beneran jadi sensasi baru untuk menikmati cara membersihkan gigi sehari-hari di rumah.


Sasha Toothpaste Whitening

Varian Sasha Toothpaste Whitening ini mengandung siwak, lemon, dan garam. Sasha Toothpaste Whitening memberikan perlindungan ganda dengan memutihkan gigi alami dan merawat kekuatan gigi. Gigi pun tampak putih bersih dan kuat.

Review Pasta Gigi Sasha: Pasta Gigi Halal Pertama dengan Serpihan Siwak Asli

Kesan pertama ketika mencoba Sasha Toothpaste whitening ini adalah segar di mulut. Memang untuk rasa dan aroma, Sasha Toothpaste whitening ini seperti familiar, namun Sasha Toothpaste Whitening ini menurut saya gak terlalu banyak busa, ringan dipakai (gak terlalu pedas dan kuat rasa dan aromanya).

Kebetulan Saya dan anak-anak kurang suka dengan pasta gigi yang terlalu pedas dan menyengat aromanya.

Review Pasta Gigi Sasha: Pasta Gigi Halal Pertama dengan Serpihan Siwak Asli
Rasa dan aromanya segar, namun tidak berlebihan

Sasha Toothpaste bisa digunakan untuk seluruh keluarga

Salah satu kelebihan Sasha Toothpaste yang paling saya suka adalah pasta gigi ini bisa dipakai oleh seluruh keluarga. Bahkan oleh anak berusia dibawah 6 tahun.

Selain untuk merawat kekuatan dan kebersihan gigi, saya juga bisa sambil mengenalkan salah satu sunnah Rasulullah SAW. Kepada anak-anak. Selama ini, mereka hanya tahu bahwa pasta gigi hanya ada pasta gigi beraroma buah khusus anak-anak, mereka belum tahu bahwa ada tanaman yang bernama siwak yang dulu dipakai Rasulullah SAW untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut secara alami.

Alhamdulillah, sambil menjaga kesehatan keluarga, saya juga bisa mengedukasi mereka dengan tata cara hidup yang bisa dilakukan oleh umat muslim di masa sekarang dengan berkaca pada sunnah Rasulullah SAW terdahulu.

Sasha Halal Toothpaste diproduksi oleh PT. Kino Indonesia dan sudah masuk dalam daftar produk halal MUI 2018.

Senang sekali rasanya, sebagai keluarga muslim masa kini, ada produk halal yang mencoba menggali unsur herbal alami untuk dimanfaatkan sebagai produk yang baik digunakan sehari-hari, terutama untuk menjaga kebersihan tubuh kita. Karen ajaran Islam sendiri sangat concern dengan kebersihan, kan?

Selain itu, kita juga bisa sambil belajar menjalankan sunnah atau apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW secara modern dan kekinian tanpa harus merasa ‘aneh’ dan ketinggalan zaman. Apalagi, zaman sekarang menuntut keluarga muslim selalu update dengan teknologi dan modernitas.

Jujur saya senang sekali ada produk yang terinspirasi dari nilai-nilai Islam, sehingga kita bisa berhijrah dari kebiasaan hidup sehari-hari yang mungkin kurang menyerap nilai Islam menjadi lebih baik lagi dalam mempelajari ajaran Islam dan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Semoga, berawal dari penggunaan produk halal yang digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut yang terinspirasi dari sunnah Rasulullah SAW ini, saya dan keluarga bisa mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah SAW yang lainnya. Insya Allah.

Kalau kamu, pernah coba bersiwak dengan kayu siwak asli atau coba produk Sasha Toothpaste ini, belum?

Sharing yuk, di kolom komentar :D


89 comments on "Review Pasta Gigi Sasha: Pasta Gigi Halal Pertama dengan Serpihan Siwak Asli"
  1. Saya malah punya kayu siwak aslinya mba, oleh2 dari umroh, dan saya juga gak merasa ketinggalan zaman menggunakan siwak, karena itu sunnah dari Rosulullah.

    ReplyDelete
  2. Mba ini baunya seger gimana? Kayak apa gt hahaha. Kl nggak pedes jadi pengen coba juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mbak ky wangi herbal gitu, ga pedes kayak pasta gigi biasa

      Delete
  3. Kemarin daku sempet lihat di mini market sudah tersedia, cuma mau baca reviewnya dulu ah biar lebih lengkap informasinya.

    ReplyDelete
  4. Sampai sekarang saya masih bingung tuh caranya pakai siwak. Kan berupa batang kayu kering seperti itu. Jadi kalau misalnya dapat siwak, pasti deh nggak kepake. Untungnya ada Sasha Toothpaste yang mengandung siwak asli, menggunakan pasta gigi ini formulanya sama dengan yang ada di siwak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, si serat2nya itu harus dikeluar2in dulu dari batang kayunya ya

      Delete
  5. Saya baru mendengar tentang bersiwak ini mba. Sekarang ada ya pasta gigi mengandung siwak wah wajib dicoba ini, apalagi bisa bikin putih gigi.

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah mencoba pasta gigi ini, namun kalo melihatnya sering banget kalo saya lagi belanja ke supermarket. Kapan2 beli ah, jadi penasaran juga buat mencobanya...

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah melihat seperti apa kayu siwak. Tetapi, senang kalau ada pasta gigi dari siwak. Jadi pengen cobain :)

    ReplyDelete
  8. JAdi penasaran dengan pasta giginya mba.
    Cocok gak ya buat perokok. Suamiku perokok soalnya.

    ReplyDelete
  9. Belum pernah coba siwak yang asli saya Mbak.. Hiks
    Tapi saya mau coba Sasha Toothpaste saja. Lebih mudah nyarinya dan murah harganya 😊

    ReplyDelete
  10. Jadi Sasha toothpaste ini bisa untuk anak di bawah usia 6 tahun ya? Baru tahu aku malahan setelah baca postingan ini. Btw, aku suka packaging Sasha toothpaste ini.

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah bersiwak dan pakai Sasha Toothpaste, malah baru denger juga tentang Sasha Toothpaste ini.

    ReplyDelete
  12. Belum pernah sama sekali mba. Dulu juga sama awalnya ngeliat kakek di kampung yg pernah pake ini, tapi ga kepengenan nyoba sama sekali, kukira sakit hihi. Alhamdulillah zaman sekarang serba canggih ya mba, inovasi yg mendekatkan dengan sunnah rosul yg patut diacungi jempol oleh umat muslim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang kalau pake kayi siwak harus punya keterampilan khusus, alhamdulillah sekarang ada yang lebih simpel.

      Delete
  13. Kalau di toko toko obat Herbal kayaknya aku Liat Siwak deh jangan jangan pasta gigi ini ada juga lagi karena kan udah halal ya. Coba akh kak

    ReplyDelete
  14. Waaah jadi pengen nyobain siwak ini ceu, aku belum pernah bersiwak :D yang gimana aja gak ngerti bahahaha... Cobain ah besok kalau uda ada di minimarket sebelah hihihi

    ReplyDelete
  15. Aku penasaran banget nih membersihkan gigi ala besiwak sesuai sunah rasulullaah kita. Kayak apa ya rasanya? Jadi siwak itu dahan atau pohon seperti dijelaskan di atas ya mb Tetty hehehe. Aman dipakai anak usia di bawah 6 tahun. HHmm.. beli ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak nurul bisa dicoba nih buat di rumah :)

      Delete
  16. Inovasi yang super kereen, Alhamdulillah bisa bersiwak namun dengan cara yg lebih kekinian ya :)

    ReplyDelete
  17. Pengen coba deh.. Di minimarket ada kan bun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada bund kayaknya di beberapa mini market

      Delete
  18. Dulu alm ayah suka bersiwak terus malah ditambahin pasta gigi haha, ujung siwaknya dibrudulin mirip sikat.

    Kalau ada siwak pasta kaya gini praktis juga ya. Btw bisa dibeli dimana ini mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak lia, jadi dibrudulin kaya sikat gigi jadinya

      Delete
  19. Org zaman dulu tu pakai sirih buat menguatkan gigi. Tapi dulu ngunyah2 gtu sampai jd orange2 giginya. Skrng enak pakai pasta gigi ini aja udah bisa bikin kuat yaaa

    ReplyDelete
  20. Unik banget nih pasta gigi ada siwaknya di dalam :D enakan yang mana sih mbak? Whitening apa yang herbal?

    ReplyDelete
  21. Aku udah nyoba mba Sasha Toothpaste dan aku suka banget. Apalagi tuh bisa bikin ga kuatir karena produknya halal :)

    ReplyDelete
  22. Aku dengar istilah siwak udah lama, tahu baru tahu kalau ternyata sekarang ada yang sudah terformulasi dalam bentuk pasta begini ya, jauh lebih praktis dan higienis. Gak kebayang kalau masih pakai cara yang lama, ribet deh hehehe

    ReplyDelete
  23. Pasta gigi baru ya mbak, belum pernah saya nyobain. Saya tertarik nih, soalnya ada siwaknya. Tapi, saya nyari disini belum nemu2

    ReplyDelete
  24. PENASARAN BANGET! Dulu aku sempat rutin pakai siwak yang aslinya mbak, yang batang kayu itu. Emang enak sih untuk gigi dan gusi. Sayangnya waktu itu zaman belum canggih jadi ribet sendiri kalau bawa siwak kemana-mana. Eeh sekarang udah ada versi pasta giginya. Jelas lebih praktis dan udah halal juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Tya Alhamdulillah makin mudah ya zaman sekarang ,

      Delete
  25. Dulu emang pernah denger tentang siwak untuk gigi, sekarang udah enak ya ada Sasha Toothpaste dan udah halal pula ya :)

    ReplyDelete
  26. Aku suka deh pakai Sasha ini karena ada serpihak siwaknya ini beneran bikin aku tak perlu ragu lagi untuk enggunakan produk yang halal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku dan suami juga suka pake sasha jadinya di rumah

      Delete
  27. Aku pernah nyobain kayu siwak asli, dulu dapat dari orang yang pulang haji. Eh sekarang mah ada pasta giginya ya dgn siwak asli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu aku pernah dapet yang kayu, tapi ga bisa makenya hehe

      Delete
  28. Belum pernah euy nyobain siwak baik itu yang asli maupun dalam bentuk pasta gigi. Kalau dilihat-lihat belum banyak ya produsen sikat gigi yang menggunakan siwak dalam kandungannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbak, rasanya enak dan insya alloh bermanfaat

      Delete
  29. nyobain Sasha ini pas awal launching tapi belum ada dipasaran, dapetnya pun sample kemasan kecil. pas nyoba, enak sih ya, gak jauh beda lah sama yang dipakai sebelumnya. Tapi bedanya ini HALAL, insyaallah kalo niatnya ibadah menjaga kebersihan apalagi sampe bela2in nyari yang HALAL dapet pahala ya teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya belum rata distribusinya ya teh cici, moga2 segera hadir di mini market deket rumah biar puas nyobain sashanya

      Delete
    2. Kayaknya belum rata distribusinya ya teh cici, moga2 segera hadir di mini market deket rumah biar puas nyobain sashanya

      Delete
  30. Wah baru tahu ada produk ini, kangen pasta gigi siwak deh... Jadi hunting ini deh..

    ReplyDelete
  31. Aku pakai pasta gigi Sasha ini juga mbak yang herbal. Lebih praktis daripada langsung menggunakan Siwak. Alhamdulilah pasta gigi ini juga mengandung Siwak asli jadi bisa tetap jalanin sunah Rasullulah ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Amel, enaknya pasta gigi ini ga pedes banget ky biasanya, dan ada siwaknya lagi.

      Delete
    2. Iya mbak Amel, enaknya pasta gigi ini ga pedes banget ky biasanya, dan ada siwaknya lagi.

      Delete
  32. Jadi pengen nyobain mba, penasaran banget setelah baca reviewnya berkali-kali.
    Pasta gigi halal itu penting ya, karena kadang ga sengaja tertelan oleh kita :)

    ReplyDelete
  33. Aku belom pernah pake siwak yang asli dan belom pernah coba juga pasta gigi ini. Menarik untuk dicoba :D
    Bisa beli online kali yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau siwak asli itu kayak batang kayu/akar gitu mbak.

      Delete
  34. Wah aku sih nggak pernah mba liat siwak asli kayak apa. Tapi penasaran juga ama pasta gigi shasa ini. Pengen juga siwak kayak rasulullah gitu. Karena memang udah dicontohkan oleh rasulullah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siwak asli itu ky kayu atau akar pohon gitu. Kalo aku yang praktis aja deh, heuheu. Pake pasta gigi ini.

      Delete
  35. penasaran sama serpihan siwak dlm pasta giginya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicobain mbak pasta gigi sashanya, trus ada serpihannya di dalam

      Delete
  36. Nah iya aku pun dlu brpikir agak repot pakai si siwak, padhal di rumah ada dikasih dr temennya bapak, tp aku gak iseng ikutan pakai .
    Alhmdulillah skrg bisa lbh praktis ya siwaknya sdh ada di pasta gigi sasha.

    ReplyDelete
  37. Kayaknya aku belum pernah bersiwak. Tapi pernah lihat emakku bersiwak. Dulu kayaknya punya banyak siwak di keluargaku karena diberi oleh salah satu saudara.

    ReplyDelete
  38. Wah penasaran rasanya gosok gigi dengan siwak jarang banget ada kan, penasaran deh

    ReplyDelete
  39. Tahu tentang siwak sudah lama tapi gak pernah pake karena gak praktis rasanya. Sekarang enak ya sudah terkandung dalam produk pasta gigi, sudaah halal dan nyunah pula. Penasaran gimana produknya, sepertinya pengen coba.

    ReplyDelete
  40. input kolom komentarnya bisa dipindah ke atas ga Ty? :-D

    ReplyDelete
  41. Baru lihat produk ini kemarin pas belanja bulanan. Penasaran pengen coba, tapi baru beli pasta gigi yang lain. Next deh cobain..

    ReplyDelete
  42. Suamiku suka beli siwak ni dan sering beliin aku tapi ga pernah ku pake karena rempong cyiiin, haha... Dengan adanya Sasha jadi bisa rekomend buat odol sehari2 ya mba, cuus deh nyari ini

    ReplyDelete
  43. Wiih... Jadi mau coba, belum pernah liat wujud siwak asli. Mau coba beli online ah, selain bisa halal pake sasha juga sekalian menjalankan sunah.

    ReplyDelete
  44. Wah, serpihan siwak asli, bikin penasaran aja. Nyaman ya kalau kita gunakan produk halal

    ReplyDelete
  45. Jadi makin penasaran buat nyobain. Suamiku tuh kadang beli siwak online mbak :D
    Nanti aku rekomen dia buaty beli Sasha aja kali ya :D

    ReplyDelete
  46. Aku tahu siwak dulu jaman kecil liat si enyak pake, tapi aku geli soalnya kan kayu, aneh aja masa d gigi, hhhha. Padahal sunnah ya. Tapi kalo sudah dikemas dalam pasta gigi Sasha gini, mau doong beli...

    ReplyDelete
  47. Wah, belanja mingguan nanti musti beli ini. Sasha, pasta gigi yang kandungannya bermanfaat, hemat pula..bisa untuk sekeluarga!

    ReplyDelete
  48. Jd pengen ganti ke pasta gigi yg halal. Biar bisa ngerasain juga sih serpihan siwak tuh spt apa. Rasulullah kan juga pakai siwak utk membersihkan gigi dan mulut

    ReplyDelete
  49. Aku pernah pakai siwak dan menurutku rada ribet ya... hehehehehe..padahal bagus ya kalau siwak ini. Nah, kalau ada pasta gigi yang mengandung siwak begini kan lebih praktis.... mau coba deh, fix penasaran :)

    ReplyDelete
  50. Aku pun suka warna kemasan yang Gold, beda dari kemasan yang sudah ada di pasaran. Terlihat "mewah".
    Sasha toothpaste sudah ada di supermarket Surabaya belum ya ? Pengen cobak

    ReplyDelete
  51. ada serpihan didalamnya? kayak apa jadinya ya, penasaran.. belum sempet liat sih di supermarket langganan udah ada/belum pasta gini ini..

    ReplyDelete
  52. Ini harus pesan online ya Mba?
    Jadi penasaran dengan pasta gigi ini.
    Tapi enak dipakai gak ya.

    ReplyDelete
  53. Alhamdulillah, sekarang ada pasta gigi yang gak hanya halal. Tetapi, juga sesuai sunnah nabi

    ReplyDelete
  54. bisa dibeli dimana ini mba?

    ReplyDelete
  55. Jadi pengen cobain juga. Penasaran sama rasanya..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D