Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank

| On
January 10, 2019
Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank

Bicara soal ASI, alhamdulillah sudah 3 bulan ini Saya kembali meng-ASI-hi bayi ketiga Saya yang bernama Aksara. Semenjak hamil Aksara, bahkan semenjak hamil pertama kali pun Saya ingin sekali menyusui bayi dengan ASI ekslusif hingga 6 bulan dan dilanjut hingga 2 tahun.

Karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang mengandung banyak nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh bayi. Selain itu, ASI adalah makanan yang paling higienis, bernutrisi, praktis dan tidak pernah basi. 

Oleh karena itu, ASI merupakan makanan terbaik yang diciptakan oleh Allah SWT untuk mendukung tumbuh kembang bayi semenjak lahir hingga berusia 2 tahun bahkan lebih.

Pengalaman Gagal ASI Ekslusif

Dari dulu saya sangat ingin bercerita tentang ini, tapi saya malu mengakuinya. Yaitu tentang saya yang gagal ASI ekslusif ketika melahirkan anak pertama saya, Kifah.

Karena kurangnya ilmu dan pengetahuan, saya gagal memberikan ASI ekslusif di hari pertama Kifah dilahirkan. 

ASI saya tidak keluar di hari pertama melahirkan, ditambah ketidaktahuan dan rasa campur aduk setelah melahirkan, akhirnya Kifah mencicipi susu formula untuk pertama kalinya, hingga akhirnya Kifah mengalami alergi protein susu sapi.

Saya masih ingat betul, ditengah rasa gamang karena tidak bisa menyusui dengan baik dan benar, Kifah malah mengalami alergi terhadap susu sapi. Kepapa, pipi, tangan, dan kakinya ruam kemerahan. 

Setiap hari, bahkan setiap malam Kifah rewel dan selalu menangis karena rasa tak nyaman akibat alergi/dermatitis atopik yang ia rasakan. Sebagai ibu, tentunya saya merasa bersalah karena kurang edukasi tentang pemberian ASI kepada bayi, terutama di hari pertama ia dilahirkan. 

Dan semenjak saat itulah saya berjanji kepada diri sendiri, kelak jika kembali hamil dan melahirkan, pemberian ASI, terutama untuk bayi baru lahir, harus saya perhatikan dengan baik. 

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank

Berbekal pengalaman melahirkan anak pertama itulah, saya akhirnya mencari seluk beluk pemberian ASI untuk bayi, terutama untuk hari-hari pertama dilahirkan melalui buku dan juga internet.

Selain itu, ASI pertama yang dihasilkan mengandung zat yang sangat baik bagi kekebalan tubuh bayi yaitu kolostrum. Kolostrum adalah cairan pra-susu yang dihasilkan 24-36 jam pasca melahirkan, berwarna kekuningan dan lebih kental karena mengandung banyak vitamin A, protein, dan zat kekebalan yang baik bagi bayi.

Oleh karena saya sangat ingin kebaikan ASI ini didapatkan oleh anak-anak saya, maka saya berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan ASI ekslusif diawal kelahiran bayi, baik secara langsung ataupun menggunakan pompa ASI jika menyusui langsung belum bisa dilakukan.

Bagaimana agar ASI dapat keluar di hari pertama kelahiran bayi?

Berbekal kegagalan saya melakukan ASI ekslusif pada kelahiran anak peratama saya, banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan untuk memberikan ASI ekslusif untuk anak kedua dan ketiga saya ini.

Bagaimana caranya agar ASI langsung keluar?

1. Rajin-rajinlah membersihkan areola dan puting payudara ketika hamil, agar tidak ada ASI yang tersumbat dan akhirnya menyebabkan ASI tidak keluar dan pembengkakan pada payudara.

2. Lakukan pemijatan di area sekitar payudara sejak hamil, agar saluran ASI tidak ada yang tersumbat.

3. Makan dan minum yang memicu banyaknya produksi ASI semenjak hamil. Yaps, banyak-banyaklah makan daun katuk, daun kelor, kurma, minum air putih sebanyak mungkin semenjak bayi masih di dalam kandungan.

4. Siapkan pompa ASI yang nyaman dan mudah mengeluarkan ASI, ini adalah salah satu Plan B jika direct breastfeeding belum bisa dilakukan.

5. Jangan lupa bahagia. Iyessss, bahagia itu penting agar produksi ASI semakin banyak. 

Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?

1. Melakukan persiapan seperti 5 point di atas ketika sedang hamil.

2. Susui bayi segera setelah bayi lahir. Jadi, walaupun sepertinya ASI belum keluar, tetap susui bayi ketika bayi baru lahir. Bayi akan refleks menghisap dan hal itu merangsang produksi ASI secara alami.

3. Susuilah bayi sesering mungkin. Semakin bayi menghisap puting susu, semakin banyak ASI yang keluar (prinsip Supply and Demand).

4. Susuilah bayi dari kedua payudara yang kiri dan kanan secara bergantian pada setiap kali menyusui.

5. Jangan memberikan makanan dan minumal lain selain ASI sampai dengan bayi berusia 6 bulan.

Jadi memang prinsip Supply and Demand itu benar adanya. Semakin sering ASI dihisap bayi atau dikeluarkan (bisa melalui pompa ASI) maka produksi ASI akan semakin meningkat.

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi

Bicara soal pompa ASI, kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pompa ASI elektrik dari Medela, yaitu Medela Swing Maxi.

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank


Merk pompa ASI ini sudah sangat dikenal yaa dikalangan para ibu pejuang ASI. Karena selain memang sudah terkenal banyak ibu yang menggunakan, produk Medela ini juga memang produk berkualitas buatan Swiss sejak tahun 1964 dan sudah ada di Indonesia lebih dari 20 tahun lamanya.

Selain itu, pompa ASI elektrik Medela Swing Maxi ini memang dibuat berdasarkan riset dan dipercaya oleh rumah sakit dan profesional di dunia.

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank


Ibu Pintar, Pilih Pompa ASI yang nyaman yuk!

Medela Swing Maxi ini adalah jenis pompa ASI elektrik. Cara kerjanya adalah menggunakan baterai (berjumlah 6 buah) dan bisa juga digunakan langsung dengan adaptor yang disambungkan ke listrik.

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank
Tempat Baterai
Tapi, selain menggunakan baterai dan disambungkan langsung ke listrik, pompa ASI Medela Swing Maxi ini juga bisa dipakai menggunakan Power Bank, Lho. Jadi, kita gak perlu repot lagi cari-cari colokan listrik kalau power bank kita dalam keadaan penuh. Ya, tinggal pake power bank aja sih. Praktis.

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank
Bisa pakai Power Bank



Menurut saya, pompa ASI elektrik Medela Swing Maxi ini nyaman digunakan, bisa memancing LDR atau Let Down Refleks berkali-kali, juga mampu memerah ASI lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Karena memang enaknya, botol ASInya ada dua, jadinya bisa digunakan bersamaan deh.

Dengan Two Phase Expression ini, tentunya ASI akan keluar lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih singkat. Medela Swing Maxi ini juga menggunakan teknologi Closed System, sehingga ASI tidak akan masuk ke dalam unit motor. 

Pompa ASI elektrik Medela Swing Maxi ini juga praktis, sangat mudah dirakit, dibersihkan dan mudah dibawa kemana-mana, apalagi bisa dipakai menggunakan power bank, bisa digunakan ketika di dalam perjalanan sekalipun. 

Untuk spare partnya sendiri nggak terlalu banyak, dan enaknya Medela ini memiliki service center di Indonesia. Jadi, kalau ada apa-apa ya tinggal hubungi aja service centernya

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank

Ketika kita membeli satu set pompa ASI elektrik Medela Swing Maxi, kita akan memperoleh:

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank

2 personal fit (corong) Size M (24mm)
2 Swing Maxi Connector
2 Bottle 150ml
2 Bottle Stand
Motor Swing Maxi
1 Selang Swing Maxi
Adaptor 12v

Setelah kita berikhtiar dengan cara menyusui langsung atau dengan menggunakan pompa ASI, faktor apa aja sih yang mempengaruhi keberhasilan menyusui?

Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank

1. IBU HARUS YAKIN BAHWA MAMPU MENYUSUI. Keyakinan ini memang harus benar-benar dibangun dan ditanamkan di dalam hati dan pikiran bahwa sebagai Ibu kita bisa dan mampu menyusui. Jangan pesimis dan mudah menyerah ketika ada ‘ujian’ menggoda. Seperti lecet, payudara bengkak, dan iming-iming susu formula.

2. Ibu cukup minum. Usahakan ketika menyusui, ibu minum 8-12 gelas air minum dalam satu hari. Dan tentunya makan makanan bergizi. Makanlah 2x lebih banyak dari porsi biasanya, dengan variasi menu makanan yang kaya gizi dan nutrisi.

3. Pikiran harus senantiasa TENANG dan BAHAGIA. Karena booster ASI yang paling superrrbbb adalah memang pikiran yang tidak stres dan juga bahagian selalu.

4. Perhatikan cara meletakkan bayi dan melekatkan puting pada mulut bayi dengan benar.

5. Sekali lagi, jangan sampai lupa prinsip SUPPLY and DEMAND yaaa. Perbanyak menyusui langsung ataupun memerah ASI dengan menggunakan pompa ASI yang nyaman dan menghasilkan perahan lebih banyak.

Bagaimana cara menyimpan ASI yang sudah diperah?

1. ASI yang sudah diperah bisa disimpan dalam wadah bersih (stersil) bisa pakai plastik ASI atau botol kaca. Kalau saya lebih suka pakai botol kaca buat nyimpen ASIP.

2. ASIP yang ada dalam suhu ruangan dapat bertahan hingga 6-8 jam. Sebelum diberikan kepada bayi, jangan lupa ASIP direndam dalam air hangat terlebih dahulu.

3. ASIP yang disimpan dalam termos berisi es batu mampu bertahan hingga 24 jam.

4. ASIP yang disimpan dalam lemarsi es mampu bertahan 3x24 jam.

5. ASIP yang disimpan dalam freezer mampu bertahan selama 2 minggu.

ASIP yang sudah dihangatkan lebih baik diberikan dengan menggunakan sendok secara perlahan-lahan, karena pengalaman saya menggunakan dot, bayi menjadi bingung puting atau susah menyusui secara langsung.

Ibu Pintar, Saling Mendukung Pemberian ASI Ekslusif!

Sebagai sesama ibu, atau sebagai teman dan keluarga bagi para Ibu yang baru saja melahirkan bayinya, kita harus saling mendukung dan mengingatkan bahwa pemberian ASI adalah hal terbaik bagi bayi. 

Ingatkan dan dukung ibu untuk selalu makan makanan bergizi dan cukup istirahat. Nah, kalau ini peran suami dan keluarga penting banget yaa, agar ASI lancar jaya selalu. 

Selain itu, memerah ASI baik bagi Ibu bekerja maupun ibu di rumah sangatlah baik untuk menjaga produktivitas ASI. 

Yuk, kita ciptakan suasana yang nyaman bagi ibu menyusui, jauhi Momshaming dan Mompetition, agar para Ibu menyusui bahagia selalu selama proses meng-ASI-hi. 

Happy Breastfeeding yaa Moms :D

___

Sumber: Pintar dan Praktis Seri Panduan Untuk Kader Posyandu Provinsi Jawa Barat 2012

36 comments on "Review Pompa ASI Elektrik Medela Swing Maxi, Pompa ASI yang Bisa Pakai Power Bank"
  1. Ingat jaman dulu tuh aku hampir selalu berikan anak ASIP karena posisi sebagai ibu bekerja. Sekarang pompa ASI udah makin bagus bagus ya.

    ReplyDelete
  2. Wah lengkap banget penjelasnya bunda, terima kasih :)

    ReplyDelete
  3. Wah bagus juga ya pompa ASI elektrik Medela Swing Maxi

    ReplyDelete
  4. Cocok banget pompa ASI elektrik Medela Swing Maxi untuk bunda yang habis melahirkan

    ReplyDelete
  5. Thanks for your sharing mom :)

    ReplyDelete
  6. Thanks your for sharing mom

    ReplyDelete
  7. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  8. aku udah coba Medela Swing emang enak yes mba apalagi bisa pake power bank yah :) semangat menyusui aku juga komit selalu menyusui hingga 2 tahun bismillah semoga tetap berlimpah asi-nya

    ReplyDelete
  9. Gak sakit kalau dipakai, ya? Dulu, saya pernah dipinjemin ma rumah sakit untuk memerah ASI. Tapi, sakit banget pakai yang elektronik. Akhirnya, selalu pakai yang manual. Ya tapi, itu pengalaman saya belasan tahun lalu. Sekarang kayaknya semakin bagus aja pompa ASI :)

    ReplyDelete
  10. Waktu aku nyari review pompa ASI elektrik, banyak yang menyarankan medela swing maxi ini. Emang bener banget kalau ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi.

    Dulu aku sih kayaknya pas hamil, suka ngemilin kacang kedelai sama sering minum kacang hijau.

    ReplyDelete
  11. Ini harus kushare tulisannya ke temanku yang punya anak kembar dan sering kecapekan mompa asi. Kalau ada alat ini kan jadi lebih memudahkan dia. Cuma kayaknya temanku itu kudet wkwkwk jadi masih pakai cara manual.

    Pernah lihat yang kayak gini tapi versi harga selangit di vlognya orang amerika. Wkwk buat tahu sekilas aja. Dan langsung ketawa begitu tau di sini ada medela swing maxi yang murah meriah. Bener-bener ya, teknologi dan zaman memang top banget bisa kasih kemudahan dengan harga yang nggak melulu mahal.

    ReplyDelete
  12. Wew, asik amat bs pame power bank, pompa asi yg aku punya cuma bisa colok listrik

    ReplyDelete
  13. Sedihnya baca cerita gagal asix, aku anak pertama dulu sempet beli sufor krn merasa blm keluar asi trus dimarahin sama bidan. Gk jd dikasih deh. Hehe

    ReplyDelete
  14. Ya ampyuun baru tahu kalau ada pompa ASI eletronik.
    Darimana aje ye, mpok, hihihi

    Aku suka banget lho momen saat meng-ASI-hi
    Intens dan mesra banget.
    Apalagi saat bayi membelai payudara yang sedang diisapnya.
    So sweet!

    ReplyDelete
  15. aku juga gagal menyusui waktu anak yang pertama mba, dan itu prestasi yang menyedihkan buat saya sebagai seorang ibu. Tapi anak keduaku full asi mbak

    ReplyDelete
  16. jaman makin maju, peralatan makin canggih ya, apalagi untuk bayi. pompa ASI elektrik dilengkapi dengan Power Bank ini manfaat banget buat busui ya.

    ReplyDelete
  17. Breastpum Medela ini dulu andalanku waktu masih pumping, tapi dulu pakai yang Medela Minel dan Manual. Memang terbukti awet dan oke banget kualitasnya Medela, sampai anak kedua pun masih lancar jaya dipakainya, paling ganti karet dalemnya yg kecil itu aja.

    ReplyDelete
  18. Jadi ingat masa-masa perjuangan menyusui dulu...pompa ASI memang sangat membantu banget, ya, Mbak. Apalagi yang elektrik. Pastinya lebih cepet dan mudah dari yg manual. Meski masing2 ibu kadang beda selera dan kondisi.

    ReplyDelete
  19. Thanks infonya mba,ingat waktu di NL Medela juga andalan rumah sakit

    ReplyDelete
  20. jadi inget jaman jaman memerah asi utk Nooha.. hehe.. aku tapi masih pake manual mbak.,. karena dulu mampunya beli manual hiks

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah pake yg elektrik biasanya pake yg manual, wah asyik nih klo bs pake pb

    ReplyDelete
  22. Aku pakai Medela waktu menyusui Obi, putriku, yang lahir di Geneve, Swiss. Enaknya di sana dipinjamkan pompa susunya gratis dari pharmacy terdekat, sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah kepada ibu menyusui

    ReplyDelete
  23. Semangaaat Mbak, aku juga dulu pas Gayatri opname usia empat hari juga gagal ASIX Mbak, due to nggak punya ASIP saat itu. Jadi sempat donor dan sufor juga. Tapi tetap semangaaat! Nggak ASIX bukan berarti kita berhenti berjuang ngasih ASI yaa!

    ReplyDelete
  24. Selama ini saya pakai yg manual Mbak. Tapi sering jg lihat teman2 pakai yg elektrik ini, jadi pengen coba.
    BRB cek harga aahhh..
    Happy Breastfeeding, Mak.
    Ibu menyusui emang wajib bahagiiiaaaa, always be Happy.
    Makanya klo ada yang nanya, booster ASInya apa? Jawaban utama yaaaa, harus HAPPY..... :) :)

    ReplyDelete
  25. Wah asyik nih...busui sekarang dimudahkan dgn berbagai alat canggih nih...jd ga ada alasan lg utk tidak ASI.ekslusive ya ..kecualinada alasan lain...

    ReplyDelete
  26. Kalo aku gagal ASI karena hamil lagi dan gak pake pompa elektrik dulu karena keuangan rumah tangga masih tipis heheh.. ya nasib anak pertama ya.

    ReplyDelete
  27. Aku juga ngalamin sulitnya mengASIhi anak pertamaku mbak..mungkin karena baru pertama kali punya bayi jadi masih bingung. Tapi alhamdulillah bisa sukses kasih ASI eksklusif, begitu juga demgan anak kedua dan ketiga. Cuma karena aku ibu rumah tangga, jadi ga pernah pake pemerah ASI, review mbak ini bermanfaat banget. Walau aku sudah tidak mengASIhi lagi tapi bisa jadi referensi tuk ibu2 menyusui lainnya.

    ReplyDelete
  28. Pompa elektriknya mungil juga ya jadi gampang dibawa kemana-mana.

    ReplyDelete
  29. Sekarang ibu gak perlu khawatir lagi yah ketika ASI nya lancar 😁 produk ini bisa jadi rekomendasi dan solusi buat ibu2 milenial 😎

    ReplyDelete
  30. Fase ini kelak pasti saya rasakan sendiri, duh semoga aku bisa menyusui pertama kali dengan mudah dan lancar. Pengen punya juga pompa asi seperti ini biar mudah.

    ReplyDelete
  31. keren banget ya pompa asi ini, sudah lama nih aku ngincer yang ini. moga bisa punya juga biar stock asi buat Bi buanyak, aamiin

    ReplyDelete
  32. Bagus ini pompanya. Aku dulu tau dr rekomen RS-ku. Kalau yg di RS pakai yg hospital grade, kalau di rumah aku pakai ini. Medea gtu lho, ahlinya pompa ASI :D

    ReplyDelete
  33. Karena kekurang tahuan aka ilmu, aku dulu baru 7 hari sudah menyuapi anak pertamaku dengan pisang serut.
    Karena anaknya supeerr...jadi Ibu (karena aku selalu tinggal di rumah orangtua saat melahirkan, dengan harapan, ada yang bantu ngasuh) percaya, kalau anak nangis itu pasti lapar.


    Hiiks~
    Begitu anak kedua, gak aku ulangi lagi...

    ReplyDelete
  34. Alat pompa ASI ini sahabatan banget dengan ibu pekerja ya. Dulu jaman anak2 masih kecil aku juga pake pompa ASI karena kan harus nyetok ASI ya selama baby ditinggal bekerja.

    ReplyDelete
  35. Cerita kifah sama banget sama Abim, aku nyampe semingguan asinya cuma setetes setetes gitu hiks... Alhasil susu formula deh huhuhu... Tapi Alhamdulillahnya gak alergi susu sapi, duh teu kabayang nya ceu sedih pisan :(

    ReplyDelete
  36. Sebagai wanita karir, dulu, bunda ketika melahirkan anak2 bunda di targetin menyusui selama cuti selama 5bulan sambil mulai memompa susu utk nyetok. Alhamdulillah wlp alat pompa gak secanggih zaman now tetap aja lancar memompa.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D