Intip Yuk Hunian Kontroversial Apartemen Kapsul di Barcelona

| On
March 28, 2019

Baru-baru ini pemberhentian hunian kontroversial di Barcelona yakni apartemen kapsul yang berbentuk seperti sarang tawon santar terdengar dalam pemberitaan di dunia. 

Alih-alih gagasan memberikan opsi alternatif hunian untuk masyarakat Spanyol khususnya di Barcelona justru mendapat penolakan keras baik dari dalam masyarakat sendiri hingga pada tatanan pemerintah.

Hunian besutan perusahaan Haibu 4.0 yang hanya dapat dihuni oleh satu orang tersebut sebenarnya memiliki keunikan-keunikan tersendiri, baik dari gagasan keberadaannya hingga dalam sisi spesifikasinya.

Yuk simak apa yang dimaksud dengan apartemen kapsul di Barcelona yang kontroversial tersebut.

Spesifikasi Hunian

Keberadaan produk apartemen kapsul besutan perusahaan Haibu 4.0, diketahui memiliki ukuran unit dengan spesifikasi dimensi panjang 2,2 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 1,2 meter. Jika dilihat, ukurannya sangat mirip seperti peti jenazah. 

Ini dia apartemen kapsulnya

Di dalam unit tersebut, para penghuni mendapat beberapa fasilitas seperti tempat tidur (single bed),  meja mini lipat, dan sebuah ruang penyimpanan barang berukuran kecil di bawah kasur. 

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas kamar mandi dan dapur di luar unit tersebut yang digunakan secara kolektif bersama dengan penghuni lainnya. Sangat mirip dengan hunian kost-kostan atau hostel. 

Perbedaan dengan Hotel Kapsul

Gagasan pembuatan apartemen kapsul yang diperjual belikan dadi Barcelona dikatakan datang dari keberadaan hotel kapsul di Jepang yang merupakan opsi penginapan untuk para wisatawan. Begitu pula dengan sewa apartemen sejenis kamar-kamar kapsul yang berada di ibukota Prancis, Paris. 

Namun terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Jika hotel kapsul merupakan hunian tipe sewa yang diperuntukkan bagi para wisatawan mencari penginapan dengan budget yang lebih murah per hari atau per minggu, unit apartemen dalam apartemen kapsul adalah sewa apartemen per bulan hingga per tahun untuk dapat dihuni. Yang mana dapat menjadi alternatif hunian untuk para pencari properti yang belum memiliki tempat tinggal.

Opsi Alternatif Belum Punya Hunian

Seiring dengan tujuan menjadi alternatif hunian untuk masyarakat negara Spanyol, khususnya untuk warga Barcelona, keberadaan apartemen kapsul dapat menekan tingkat okupansi dalam backlog perumahan yang ada di kawasan tersebut. Hunian tersebut diklaim juga dapat menjadi solusi sementara bagi masyarakat yang memiliki kesulitan dalam masalah finansial dalam memiliki sebuah hunian.

Lebih lanjut, keberadaan apartemen kapsul dikatakan bertujuan meningkatkan kesan privasi dalam menghuni sebuah hunian dibanding harus tinggal secara kolektif bersama penghuni lainnya dalam sebuah asrama atau kamar-kamar sejenis hostel. Para penghuni tidak perlu untuk merasa mengganggu penghuni lainnya saat beristirahat (mendengkur) atau saat melakukan aktivitas lainnya.

Persyaratan dan Harga Sewa Apartemen

Untuk melakukan sewa apartemen kapsul di Barcelona tersebut, para calon penghuni dikenakan sejumlah persayaratan. Beberapa persayaratan tersebut yakni berusia di antara 25 tahun hingga 45 tahun, memiliki penghasilan diatas 450 euro per bulan (atau sekitar Rp7,3 juta), dilarang membawa hewan peliharaan, dan tidak memiliki catatan kriminal.

Adapun harga sewa apartemen yang dibanderol untuk apartemen kapsul tersebut adalah 200 euro per bulan (atau sekitar Rp3,2 juta). Dari harga sewa apartemen tersebut, para pemukim sudah termasuk biaya air, listrik serta internet.

7 comments on "Intip Yuk Hunian Kontroversial Apartemen Kapsul di Barcelona "
  1. Waduhhh bagus banget ya hunian apartemennya

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada syarat dan ketentuaannya juga ya saat mau ke apartemen ini

    ReplyDelete
  3. Harganya sih lumayan ya. Lumayan mahal maksudnya

    ReplyDelete
  4. Bagus banget ya tempatnya. Aku jadi pingin rumah kek gitu wkkw

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget ya tempatnya. Bagus

    ReplyDelete
  6. Jadi ini bisa dikatakan sewa ruangan khusus kamar saja tapi tempatnya di lokasi apartemen ya, kak ?.

    Mahal juga ya perbulannya 3,2K :)

    ReplyDelete
  7. perbulan sekitar Rp3,2 juta.
    dan kamar mandi diluar, sepertinya amsih agak tinggi klo dsni, tapi kalau disana mungkin murah juga, apalagi tempatnya bersih

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D