Perkedel Kentang Meriah: Amunisi Untuk Si Picky Eater

| On
March 20, 2019



Semenjak saya ikutan kulwap atau kuliah via whatsapp tentang masakan ramah anak, kurang lebih satu bulan yang lalu, semangat saya untuk memasak menjadi bangkit kembali. Ibarat bangkit dari kubur, saya mulai rajin mengolah makanan di rumah, terutama untuk si sulung saya yang sangat picky eater, atau bahasa Jermannya mah si pemilih makanan.

Karena semangat yang dikobarkan oleh sang pengisi materi, saya jadi ketularan untuk mencoba kembali resep dan membuat anak saya menjadi gemuk. Kenapa saya ingin Kifah gemuk? Karena berat badannya kurang ideal untuk anak seusianya sekarang. Dan kesulitan makan sampai badannya kecil atau kurus ini sudah berlangsung semenjak Kifah memasuki usia MPASI.

Saya jadi flash back ke masa-masa suram dimana Kifah sering dibilang kurus, makanya saya sangat malas kalau ke posyandu, karena komentar ibu-ibunya nanti itu loh, bilang anaknya kurus, kecil, kurang gizi lah, emaknya gak telaten nyuapin, dan lain sebagainya. Padahal mereka yang komentar gak tau lah perjuangan kami ngasih makan anak itu kayak gimana. Belajar kreasi makan ke sana ke sini, baca buku, sampai akhirnya nyerah dan putus asa.

Dan ternyata, anak picky eater atau GTM (Gerakan Tutup Mulut) ini menjadi masalah bagi sebagian besar kaum ibu. *pelukan berjamaah, Mak.

Makanya bersyukur banget buat ibu-ibu yang anaknya gak susah makan dan gak pemilih. Dikasih makan apapun langsung dikunyah dan ditelan. Nggak yang kayak Kifah, liat makanan tuh gak semangat dan suka dilepeh-lepeh kalau makan, bikin gregetean dan esmosi deh kalau liat dia makan sedikit dan dilepeh, hiks.

Kenali Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Di dalam kuliah whatsapp tersebut diberi penjelasan terlebih dahulu, bagaimana sebenarnya anak bisa menolak makanan. Padahal makanannya enak, sehat, dan dibuat penuh cinta oleh sang ibu.

Biasanya, anak menolak makan karena beberapa faktor:

1.Bosan dengan makanan

Yaps, bisa jadi anak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Makanan rasanya datar dan tidak mengundang selera. Nah, ini bisa jadi sebagai salah satu penyebab anak gak mau makan.

2.Bosan dengan suasana makan

Bisa jadi anak juga bosan dengan suasana makan. Misalkan sering dipaksa, atau peralatan makannya tidak mengundang semangat anak. Makanya Saya baru tau juga kalau peralatan makanan itu penting untuk membuat anak mau makan, apalagi untuk anak yang masih balita.

3.Sakit

Anak pun bisa sakit dan gak mau makan. Sariawan, tumbuh gigi, atau sakit di area tenggorokan. Kita harus periksa dulu apa yang membuat anak menolak makanan, kalau memang sakit berarti harus diobati dulu penyakitnya.

Bagaimana Membuat Anak Mau Makan?

Saya sendiri sekarang memiliki cara tersendiri untuk membujuk Kifah agar mau makan, diantaranya:

1.Komunikasi

Bertanya kepada anak, makanan yang ia suka dan apa yang ia tidak suka. Apakah anak suka makanan yang digoreng, berkuah, atau makanan seperti burger , sandwich, dll.

2.Susun Menu

Setelah tau anak suka apa saja, mulai lah susun menu makanan anak selama satu minggu. Misalkan anak suka kentang, maka kita buat aneka menu yang terbuat dari kentang.

3.Trial dan Error

Step ini memang membutuhkan waktu dan tenaga, juga kesabaran dan semangat pantang menyerah. Jangan sampai baru sekali nyoba menu, kitanya udah gak semangat. Memang butuh waktu, memang butuh perjuangan, jangan pernah menyerah ya, Mak! Demi anak-anak kita.

4.Konsisten

Ketika kita sudah menemukan makanan kesukaan anak kita, jangan lupa untuk konsisten. Kalau anak kita suka dengan sayur sop misalnya, terus saja kasih sayur sop tersebut, sampai anak terlihat bosan baru deh kita ganti dengan menu selanjutnya. Yang penting dia mau makan dulu, buka mulut dulu deh.

5.Modifikasi

Setelah tau beberapa menu kesukaan anak, maka tugas kita adalah memodifikasi makanan tersebut. Misalnya nih, Kifah tuh suka banget martabak mie telor. Biasanya kan saya bikinnya Mie sama telornya aja. Nah, sesekali saya tambah ikan tuna yang udah disuir, parutan wortel, daun bawang cincang, atau kornet  ayam.

Jadi anak tuh bakal ‘Gak sengaja’ makan karena memang saya sisipkan di dalam makanannya, dan anaknya gak tau, hehehe.

Amunisi Apa Saja yang Diperlukan?

Amunisi yang pertama dan utama tentunya do’a dan semangat pantang menyerah. Jangan pernah menyerah membuat anak mau makan. Azzamkan di dalam diri kita bahwa kita ini ditugaskan oleh Allah SWT untuk merawat anak dengan sebaik-baiknya, maka dari itu kita pun harus berikhtiar semakimal mungkin agar anak mau makan dan naik berat badannya.

Kedua adalah menyiapkan bahan makanan yang akan diperlukan. Jangan ragu untuk ke pasar atau ke tukang sayur deh, Mak. Saya sendiri sekarang rajin ke tukang sayur, itung-itung olah raga. Saya membeli berbagai protein seperti ragam ikan, ayam, udang, tahu, sayuran, dll.


Nyetok ikan tuna
Semua saya beli dalam jumlah yang cukup banyak berdasarkan perencanaan menu makanan selama seminggu. Jadi, selama seminggu itu saya jarang ke tukang sayur kecuali kalau ada bumbu yang habis.

Ketiga siapkan bumbu masakan untuk disimpan di kulkas. Semenjak saya hamil dan punya bayi lagi, saya memang rutin menghaluskan bumbu untuk disimpan di kulkas. Hanya dua sih, bawang merah dan bawang putih yang sudah diblender dan ditumis, dan cabe yang sudah diblender dan ditumis. Dua bumbu utama itu saya simpan di kulkas untuk bekal satu minggu saja, sisanya saya menggunakan bumbu siap pakai seperti lada bubuk, ketumbar bubuk, kunyit bubuk, jahe atau lengkoas tinggal digeprek aja kalau masak. Simpel kan?

Selain itu, ngeblender bumbu seminggu sekali itu bikin hemat lho beneran. Biasanya saya suka ada sisa cabe atau bawang mengering di kulkas, numpuk dan dibuang deh ujungnya karena udah kering. Semenjak suka ngeblender bumbu, saya paling beli cabe itu 5 ribu, bawang merah 5 ribu, dan bawang putih 5 ribu. Dan itu semua cukup buat persediaan masak seminggu. Jauh lebih irit dari pada beli setiap hari dan ngulek setiap hari. Karena sisanya itu suka kering di kulkas dan terbuang.

Keempat tentunya makanan itu sendiri. Selain nyetok bumbu, saya juga nyetok makanannya. Selain food preparation dengan bahan mentah. Saya juga suka masak dengan porsi yang agak banyakan, sisanya saya simpen di kulkas untuk besok. Jadi, gak dari nol banget kalau mau makan tuh. Ada bumbu atau ada makanan yang bisa diangetin.


Nyetok nugget tuna

Kelima adalah timbangan. Hahaha tapi ini belum beli nih sampe sekarang. Saya punya target kenaikan berat badan Kifah, antara 2-3 kilo dari berat badan yang sekarang. Dan emang ini juga pernah dibilangin sama dokter anak waktu Kifah sakit.




“Bu, ini kalau bisa dalam sebulan, berat badannya naik 3 kilo ya. Badannya sekarang masih kurus, takutnya  kena TBC.”

Gara-gara Kifah kurus dan batuk-batuk sakitnya, disangka dia kena TBC dong -_____- akhirnya rontgen dan tes mantoux. Namun alhamdulillah hasil tes mantouxnya negatif.

Kembali ke masalah makanan, apakah sekarang Kifah ada kemajuan? Jawabannya adalah YAASSSSSHH.

Alhamdulillah ada kemajuan yang cukup berarti. Kifah yang tadinya gak suka makan, siapa sangka ternyata suka balado kentang, balado tuna dan tongkol, somay udang, nugget ikan tuna, dan pepes ikan kembung.

Saya juga gak nyangka kalau dia suka makanan berbumbu gitu. Dari dulu kalau makan nugget mulu sampe sakit tenggorokan, wkwkwkw. Berarti emaknya emang mudah menyerah kalau zaman dulu. Alhamdulillah sekarang mah semangatnya menggebu-gebu supaya anak doyan makan dan naik berat badannya.

Nah, kali ini saya kan bagi-bagi resep mudah, murah dan meriah buat anak-anak macam Kifah di rumah ya. Gak usah mikir atau masak yang rumit-rumit ya, Mak. Masak yang mduah aja yang penting ISTIQOMAH alias KONSISTEN. Itu koentji utamanya.

Menu ini saya ambil dari pengamatan saya terhadap Kifah, dia suka makan apa, dan ngga suka makan apa.

Kifah tuh suka banget kentang, makanya dia suka kentang balado. Trus suka keju. Sayur dan protein lainnya biar saya umpetin aja. Hahaha.

Oia ada tips nih, Mak. Agar anak cepat naik berat badannya, masak makanan dengan double protein. Kali ini saya double protein juga nih, daging sapi dan telur.

Menu kali ini namanaya PERKEDEL KENTANG MERIAH karena isinya meriah, dan mudah buat dibikin. Gak pake ribet, dan insya alloh anak-anak juga suka.

PERKEDEL KENTANG MERIAH




Bahan-bahan:

500 gram kentang
100 gram kornet sapi
2 butir telur
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Keju secukupnya
Daun bawang secukupnya
Wortel secukupnya
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
1 bungkus Masako Kaldu Sapi




*Catatan: Saya gak anti MSG, saya menggunakan MSG secukupnya dan pastikan MSG yang kita konsumsi terbuat dari bahan alami, atau baca lebih lengkap tulisan saya tentang MSG di link berikut.

Cara membuat:

1.Kupas kentang, potong kecil-kecil, goreng hingga matang. Setelah matang, angkat dan hasluskan kentang di dalam wadah yang cukup besar.

2.Haluskan 4 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih.

3.Cincang 1 siung bawang merah, tumis hingga harum. Masukkan kornet sapi, lada bubuk, garam secukupnya, dan tambahkan ¼ bungkus Masako Kaldu Sapi. Masak hingga harum, angkat jika sudah matang.

4.Campurkan kentang yang sudah dihaluskan, kornet sapi yang sudah dimasak, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, keju yang sudah diparut, wortel parut, dan daun bawang yang sudah dicincang kecil-kecil, dan satu butir kuning telur.

5.Tambahkan bumbu, yaitu garam dan lada bubuk secukupnya, dan ¼ saschet Masako Kaldu Sapi.

6.Setelah adonan tercampur rata, bulatkan dengan sendok, ukuran sesuai selera aja ya. Celupkan ke telur yang sudah dikocok, kemudian goreng deh.

7.Dengan ukuran sedang, saya bisa membuat kurang lebih 20 buah perkedel kentang yang siap dimakan oleh anak-anak.

Sekilas Tentang Masako Kaldu Sapi


Masako rasa kaldu sapi

Seperti yang sudah saya bilang di atas ya, saya gak anti dengan MSG. Dan perlu digaris bawahi bahwa MSG itu gak sebahaya seperti apa yang diberitakan atau dibilang banyak orang. MSG atau monosodium glutamat itu memang salah satu zat yang bisa memberikan rasa UMAMI atau orang lebih sering bilangnya GURIH.

MSG banyak ditemukan dimakanan asli, seperti tomat, rumput laut, bahkan ASI pun mengandung MSG lho. Baca tulisan lengkapnya di sini deh, saya udah nulis panjang kali lebar di sana.

Di Indonesia sendiri, MSG itu dibuat dari fermentasi tetes tebu alami, sama halnya kayak pembuatan kecap ataupun makanan fermentasi lainnya. Jadi bukan dari bahan kimia atau zat beracun ya.

Masako, bumbu penyedap masak ini dibuat dari bahan asli, alami, dan pilihan. Jadi bikinnya dari daging sapi beneran yaaa, bukan sapi-sapian.




Masako Kaldu Sapi sekarang menggunakan formula baru sehingga memiliki rasa kaldu yang lebih kuat, dengan rasa bumbu serta gurih yang pas. Dagingnya dari daging sapi pilihan yang diproduksi di pabrik sendiri, ekstrak daging sapinya pun 3x LEBIH BANYAK lho produk yang sekarang.

Sapi yang dipilih adalah sapi lokal dan sapi impor dari Australia (Sapi Brahman) Daging sapi dipilih dari bagian paha depan karena dagingnya banyak dan dipilih daging yang tidak banyak kandungan lemak supaya rasa kaldu tidak berminyak.

Bumbu rempah (Lada, bawang putih, ketumbar) yang digunakan, diseleksi sendiri di pabrik oleh petugas produksi dengan memilih rempah yang memiliki kualitas paling baik. Dan yang gak kalah penting, prosuk Masako Kaldu Sapi ini HALAL.

Satu butir Masako mengandung semua bahan baku tadi ya. Masako berbentuk butiran/granule/powder agar bumbu lebih awet, dikemas pula dengan plastik beralumunium foil agar tetap awet, bebas dari udara dan sinar matahari langsung. Selain itu, granule/butiran Masako Kaldu Sapi ini juga mudah larut di dalam air, jadi jangan khawatir terhadap kualitas produk Masako ya, Mak.

Selain Masako Kaldu Sapi, tentunya ada juga Masako Kaldu Ayam yang kualitas kaldu daging ayamnya juga gak kalah, ekstrak daging ayamnya 28x lebih banyak.


Masako dibuat dengan daging asli dan rempah pilihan, keduanya kini hadir dengan resep baru menghasilkan kaldu lebih lezat dan gurih yang pas.

____

Oke, baeqlah, kembali ke perkedel kentang. Apakah Kifah suka? Jawabannnya adalah SUUUKAAA SEKALII sampe sudah habis sebelum sore. Kifah makan perkedel kentang sebagai camilan, dicocol pake saos, dan dipake lauk nasi juga sama dia.

Alhamdulillah, akhirnya nambah lagi satu menu yang dia suka. Yesshhh, bahagianya Ibu itu sederhana yaa. Masakannya dimakan sama anaknya aja udah seneng banget. Apalagi sampe bilang enak dan mau dibikinin lagi, dududu terharu jadinya.

Pesan buat ibu-ibu pejuang GTM, jangan sedih, You’re not alone. Dari pada sakit hati terus dinyinyirin orang lain karena anak kita kurus, kurang gizi, atau emaknya dibilang gak bisa masak lah. Lebih baik kita berusaha, agar anak-anak kita mau makan, dan berat badannya menjadi ideal untuk anak seusianya.

Jangan patah semangat, Insya Alloh perjuangan ini adalah ladang jihad dan ladang pahala untuk kita. Hayuk, ah. Semangaaattt terusss masak-masak dan berkreasi di dapur.



142 comments on "Perkedel Kentang Meriah: Amunisi Untuk Si Picky Eater"
  1. Wah enak nih perkedelnya, mau buat juga untuk si kecilku

    ReplyDelete
  2. Anakku juga kalau nggak suka makan pasti deh aku akan nurutin mau dia apa. Biasanya anakku suka bakso mbak. Jadinya ya mau nggak mau harus bikin menu bakso yang sehat buat anak walau pun terkadang bakso Abang bakso lebih enak...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, aku juga kadang suka bikin bakso atau nugget juga

      Delete
  3. Sejak pulang dari merantau tahun 2012 saya juga suka buat bumbu tumis. Soalnya waktu kerja di majikan, diajarkan bikin bumbu utama gitu. Baput dan bamer yang ditumis sudah dingin disimpan dalam toples. Memang mudah dan praktis ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh emang praktis kalo udah punya bumbu tuh

      Delete
  4. Aku belum pernah coba perkedel kentang pakai MSG. Boleh juga tuh. Hehehe.

    Btw, aku juga nyetok Tuna. Kebetulan di pasar murah banget. Jadi buat aku yang gak terlalu doyan ikan air tawar, ini bisa dimakan lebih gampang. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq kalau bikin makanan, biar gurih pake masako ayam atau sapi, supaya rasanya lebih keluar aja, asal jgn banyak2. Aku suka tuna, enak daging smua tanpa duri, hehehe

      Delete
  5. Perkedel kentang menu praktis tapi lebgkap soalnya udah ada, karbo, sayur, protein dan lain2. Bikinnya juga mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapsss, sengaja aku masukin semua biar tinggal dimakan aja langsung, karbo, sayur, protein, kalsium, ada semua

      Delete
  6. Alm mama suka sekali makan perkedel kentang. Rasanya enak apalaha kalau pakai kornet . Sayuran wortel bisa memsiasmen anak yang kurang suka makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mpok, perkedel emang enak ya, khas indonesia, bikinnya pun ga susah

      Delete
  7. Nah..keponakan saya gini juga nih. Sudah banget makannya jadi badannya gak bisa Ndut.. TFS mba, ntar coba dibuatin perkedel kentang ah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak semangat, moga2 cepet gede yaa badan keponakannya, dan jadi suka makan

      Delete
  8. Alm mama Mpo suka sekali makan perkedel kentang. Inilah yang bikin kita kadang suka kangen sama masakan mama walaupun dia sudah tidak.

    ReplyDelete
  9. mom tetty suksesih bw malam amalm bikin aku laper.besok aku praktikkan deh resep ini. anakanak aku sukabanget ngemil bahkan cemilan berat kayak perkedel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi maapkan, iya anakku juga dicemil juga dimakan pake nasi juga

      Delete
  10. Menu yang terakhir, perkedel kentang, itu makanan favorit anakku Mbaa. Suka banget dia. Tapi aku biasanya beli. Baca resepnya di sini jadi pengen bikin sendiri ntar deh. Tfs ya, Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak ya, kalau emang suka perkedel. Coba mbak bikin pake sayuran di rumah.

      Delete
  11. udang dan kuning telur puyuh juga membantu mbak untuk booster BB nya si kecil, lahap pula makannya kalau dengan udang asal nggak alergi aja hehehe. Kepikiran punya stok bumbu sekaligus belajar food preparation tapi belom terealisasi juga ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku dulu alergi, tapi kmrn aku bikinin somay udang sih alhamdulillah baik2 aja sih, nanti kucoba lagi bikin somay udangnya ah

      Delete
  12. Iya Bun, anakku aku Erysha juga pernah susah makan. Tapi aku tahu penyebabnya juga dari aku. Karena masakan aku kurang enak dan kurang kreatif kalau memasak. Huhuhu. Gimana atuh ya, aku kurang seneng masak tapi memaksakan diri untuk memasak *plakkk. Jadi pengen kayak bunda, belajar bikin makanan yang kira-kira anak suka. Demi agar anak mau makan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi aku pun memaksakan diri bund, ga enak ya dienak2in aja deh, mudah2an jadi enak lama2, dan anak2 suka masakan ibunya ya

      Delete
  13. Dramanya anak-anak sama ya. Mungkin saya juga masih anak-anak, karena suka drama, kadang makan banyak kadang ogah makan, tapi ngemil bakso dan mie ayam. Heheeee. Memang kudu banyak trik yo mbak, supaya anak mau makan. Selain itu menjadi ibu emang kudu kreatif bukan soal trik mengajak anak makan, tapi kudu pinter bagaimana menyajikan makanan untuk anak termasuk pas food preparationnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, harus bisa ngolah makanan jadi apa aja ya yang anak suka

      Delete
  14. Anak saya terkadang GTM juga. Meskipun hanya kadang-kadang, tapi bikin galau juga. Saya tahu sih permasalahannya, yaitu ibunya ini enggak kreatif bikin makanan. Nahhh.. ngeliat resep disini, langsung deh saya simpan untuk saya praktekkan segera :). Makasih sharingnya, mba Tetty..

    ReplyDelete
  15. Perkedel kentang, salah satu menu favorit buat keluarga nih... Anak saya termasuk berat badan kurang tapi dia doyan makan, sayangnya yg dia suka buah buahan jadi berat badannya ga naik naik, hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah kalo mau besar badannya kudu makan karbo sama protein

      Delete
  16. Wah, perkedel kentangnya kelihatan menggoda. Selama ini belum pernah nyoba perkedel ditaburin keju, pasti makin gurih. Kalo Masako aku lebih suka yang Masako ayam, kaldu ayamnya terasa banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anakku suka banget keju, jadi kutambah keju, sekalian buat nambah kalsiumnya juga

      Delete
  17. Aku nih jaraaaang banget masak2 di rumah. Padahal ya nggak kerja, nggak masak juga :D Tapi bersyukur ada masako yg ternyata nggak papa ya pake msg untuk masakan, asal nggak kebanyakan aja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku semenjak semangat pengen anak lebih berisi aja badannya, jadi seneng masak. Sebelumnya ya gt deh, ogah2an bawaanya

      Delete
  18. Salut dengan ibu yang pandai masak, rupanya bener ya Masako itu penyedap rasa yang buat makanan jadi enak

    ReplyDelete
  19. Daku pernah lihat ponakanku nggak mau makan, karena memang pas sakit sariawan, jadinya kakakku mencari akal biar dia tetep mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mom emang harus pinter2 nyari ide masak ya jadi ibu itu

      Delete
  20. Daku pernah lihat ponakanku nggak mau makan, karena memang pas sakit sariawan, jadinya kakakku mencari akal biar dia tetep mau makan

    ReplyDelete
  21. resepnya favorit aku banget! apalagi kalua ditambah bayam atau sayur sop. alamak lapar langsung akuu.. hihi
    emang ya jadi orang tua juga mesti kreatif dalam mengolah makanan biar anak manut makan

    ReplyDelete
  22. Ini anakku yg kls 6 masih milih2 padahal waktu segede kifah apa aja dimakan eh pas udah gedenya suseeh bnget, pe er deh alhamdulillah dia doyan ikan, walaupun mkn sayur cuma sayur sop dan sayur asem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kifah dr kecil sampe sekarang masih agak susah makannya hikss

      Delete
  23. Gemesss banget itu sama kaki dedenya hihi gemezz juga sama perkedel kentangnyaa... dapat inspirasi nih besok mau masak apa.. anak-anakku juga kadang masih suka picky eater.. kalo sudah maunya ya maunya.. boleh nih masak kreasi perkedel gini.. dan pakai masako juga ya mba biar lebih gurih

    ReplyDelete
  24. Msg kalo takaran biasa aja gpp sih. Aku kasi msg apalagi kl bikin tumisan atau sop biar lebih nyamik

    ReplyDelete
  25. Mantab.. Maen yg bnyk ya Kifah biar cepet gede...
    menu ini bisa buat kudapan anak2 ku juga..hehehe...

    Mjd ibu hrs pandai2 muter otak ya demi kemaslahatan anak2... semoga para ibu pantabg menyerah untuk memberikan asupan yg terbaik dan bernutrisi untuk anak2nya... 😉

    ReplyDelete
  26. Wah perkedel kentang ini termasuk makanan favorit keluarga.. Anak2 suka banget..rasanya nikmat banget dimakan sama nasi anget hmm sedap hehe..

    ReplyDelete
  27. Assiik...
    Makannya jadi makin lahap kalau menunya seddaap beginii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an makin lahap makannya anak2 di rumah

      Delete
  28. Anakku bungsuku pemilih makanan, Mbak..
    Dan setiap aja yang bilang , ih anaknya kurus, ibuknya ga telaten..blablabla ...itu nyesegnyaa
    Aku copas resepnya ya..mantul nih dan kusuka praktisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haa iya sebel kalo anak dibilang kurus mulu sama orang

      Delete
  29. Perkedelnya sehat bergizi nih, lengkap ada protein hewani dan sayurannya. Si kecil pasti seneng banget nih ya maem perkedel ini mbaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah suka nih anaknya dibikinin perkedel

      Delete
  30. aku juga suka menyiasati makanan anak-anak agar bisa lebih variative dan diselipkan dengan sayuran. Salah satunya perkedel, martabak dan omelet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anakku ini sukanya makan yang diumpet2in, jadi harus kreatif aja emaknya hehe

      Delete
  31. Duh itu kok enak banget ya perkedelnya. Fotonya juga bagus, jadi pengen nyomot deh. Main ah ke rumah Kifah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siniii salim Main, udah lama gak main ke rumah

      Delete
  32. Perkedel makanan favorit keluarga banget ini terutama anak-anak suka banget sama perkedel dan olahan kentang lainnya.

    ReplyDelete
  33. Aku mau nyobain bikin perkede kentang ini mba. Praktis bener cara membuat dan bahan-bahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan pas banget ini cemilan kesukaan anakku, mba. Kalau makan aneka olahan kentang selalu pengen nambah terus

      Delete
    2. iya ummi, kifah suka banget kentang, apalagi kentang goreng

      Delete
  34. MasyaAllah enak nya masakannya. Pengen incip mba Tetty. Disempurnakan pula dengan adanya Masako ya. Alhamdulillah jadi makin lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pake masako masa tambah umami masakannya

      Delete
  35. Cerita Kifah mirip sama anakku Wafa, Mba. Awet kurusnya dari bayi sampe sekarang udah SD. Mutung ke posyandu juga pernah karena nggak rela anakku dikasih biskuit yang buat anak bb rendah itulhooo. Hahaha.

    Kalau inget jadi ngakak karena sungguh pas jadi ibu baru akutu baperan abis. Tapi pas udah sadar, selalu berusaha nggenjot bbnya, meski yaaa belum berhasil² amat karena mungkin dia menganut paham bahwa tumbuh tu ke atas, bukan ke samping. *Yaksip.

    Btw aku mau info kulwapnya dong Mba. Pengen ikutan buat nambah ilmu dan referensi makanan ramah anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. peluk virtualll, hiks. Iya gimana ya, namanya anak kurang suka makan emang BBnya pasti dikit, dan orang2 sukanya komen terus. Pdahal emaknya udah susah payaj banget berusaha

      Delete
  36. Fotonya keren.. jadi ngiler perkedelnya. itu salah satu makanan favorit apalagi kalau dicamour kornet/daging sapi cincang. emm... yummi

    ReplyDelete
  37. Foto peekedelnya emang mingini banget ya mba. Si kecil jadi ga milih2 makan dan lahap pasti makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinn mudah2an anak2 jadi lahap terus makannya

      Delete
  38. ahh aku ngilerrrr. fotonya bikin laper. btw aku juga pake masako lho mbaaa. gurih dan bikin nafsu makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku pun pakai masako mbak, enak kuah kaldu jadi lebih gurih klo pake masako

      Delete
  39. Dulu aku juga membuatkan perkedel kentang untuk anakku pas lagi malas makan nasi, dia doyan banget sama perkedelnya apalagi aku kasih cacahan daging giling juga didalamnya.

    ReplyDelete
  40. Aku suka banget perkedel kentang hahaha, rajin juga lho aku buat buat nugget, masukin ayam dan sayuran prakktis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba gita, bikin sendiri tuh enaknya bisa masukin sayuran ke menu makan anak

      Delete
  41. Resep perkedelnya boleh dicoba nih, keliatan enak banget, anak-anak pasti suka, karena memang benar, mereka senang makanan yg variatif, sekali suka dibenaknya maunya itu lagi, begitu sebaliknya sekali gak suka bakalan trauma dan ogah makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lia, mknya aku lagi cari cara bgt nih buat nyari makanan apa yang anak suka

      Delete
  42. Teleteen banget euy, aku salut sama mba Tety, bener. Nggak gampang kan siasati supaya anak mau dan makan dengan lahap. Perkedelnya bikin mupeng mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tite, harus dengan serangkaian trial dan error, heuheu

      Delete
  43. Nuhun resepna ceu, aku mau niru HAHAHAHA...
    Ini pake kornet segala, aku biasanya cuma wortel doang hehe...
    Siap eksekusilah ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe biar ada proteinnya ceu, bisa jg pake daging cincang

      Delete
  44. Aku ikut termotivasi baca tulisan ini, lagi semangat naikin berat badannya Alfath. Dia BB-nya normal rendah, jadi masih kategori normal tapi kalau turun dikit aja masuknya jadi kurus. Nah amannya harus ditambah 1-2 kilo, syukur2 bisa lebih dari itu.

    Sampai ditempel di Kulkas berapa Kalori yang harus dia dapat perharinya, haha. Tapi memang double protein ini penting banget. Btw resepnya sering kubikin karena aku suka, tapi gak pakai keju. Next aku praktekkin ah resep disini yg plus keju, enak pastinya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh akupun pengen kifah rada berisi, soalnya kurus dan susah makan juga suka bikin dia asma. Karena daya tahan tubuhnya lemah. Semangaattt mamah Alfath.

      Delete
  45. Aku tuh gagal mulu loh klo bikin perkedel. Entah knp. Padahal sdh kuikuti bbrp cara bikin perkedel tp ttp saja gagal. Pecah gitu. Entah knp. Padahal aku paling suka perkedel isi daging. Jd mirip kroket bgitu. Duuh mau coba ikutin resepnya ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku digoreng mbak kentangnya, kalo direbus atau kukus emang suka pecah hasilnya

      Delete
  46. Salah satu favoritku nih Mbak, perkedel kentang *upsss.
    Bahagia Ibu itu memang receh yaaa, kihat anak makan lahap dan byebye GTM, rasanya semua capek itu hilaaang dah.

    Sehat terus ya Kifah. Saya jg nih pengen beli timbangan dari kapan tahun tapi blm keeksekusi juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. GTM emang musuh bebuyutan emak2 ya kayaknya, hehehe

      Delete
  47. Wah bs dicobain nih resep perkedel meriahnya. Anakku kadang juga suka GTM kalo pas menunya dia gak suka. Hehe. Jadi emak emang kudu kreatif ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, kudu kreatif jadi ibu tuh ua, supaya anak mau makan

      Delete
  48. Kalau anak picky eater tuh memang bikin emak emak pusyiang ya hahahahaaa... makanya memang kudu pinter pinter berkreasi untuk makanan anak. Anakku justru pemakan segala, apapun dimakan...

    ReplyDelete
  49. Anakku nih mbak lg GTM huhu. Makanan kesukaan dia kentang sih. Ntar aku coba ah resepnya.

    ReplyDelete
  50. Kifaaah, Alhamdulillah ya udah mulai oke makannya... Semoga gak picky eater lagi, yaa... Huhuw, i fell you Mba Tetty. Boo juga suka dibilang kurus, eh, tapi padahal, mah, makan mau, da emang badannya aja yang gitu-gitu aja... Asik ya suka makanan berbumbu... Duh, jadi pingin tongkol pedes sama tuna... 😅 Perkedel kentang juga favorit, niiih... 😁

    ReplyDelete
  51. Aku mau contek menunya ya Mba Tetty, anakku juga moody banget kalau soal makan nih, Mamak harus lebih kreatif lagi

    ReplyDelete
  52. Perkedel, sop dll mah kesukaan aku dan keluarga hehehe. Emang sih kita jd mamah kudu kreatif kombinasikan menu sehari2 ya supaya anak2 ga jd picky eater. Mesti kreatifff banget haha 😊 Aku juga kadang pakai.penyedap masakan. Toss!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kudu kreatif deh di dapur itu, supaya anak2 ga bosen

      Delete
  53. Ngiler liatnya. Ini dimakan tanpa nasi juga enak ya. Kan udah ada karbohidrat dari kentang.

    ReplyDelete
  54. Saya jg suka bnget nih mbak makan perkedel. Kalau dijadiin camilan weekend saat kumpul keluarga, pastinya pada suka nih mbak. Tapi saya blm bisa banget bikinnya mbak, biasanya saya beli. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll, emak bapaknya juga suka nih makan perkedel gini, apalagi sama saos dan mayo huhu yummiieee

      Delete
  55. Duh menggoda banget sih itu perkedelnya, beneran berasa meriah ada taburan keju, jadi pingin bikin, anak2 pasti suka

    ReplyDelete
  56. Picky eater memang sering jadi masalah bagi para balita ya.. dan tugas ibu nih cari 101 cara agar anaknya ngga picky eater.. karena kalo dibiarkan kasian juga anakknya nanti kebutuhan nutrisinya kurang.. membuat kreasi makanan seperti ini nih bisa jadi solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulllll, anaku udah mau kelas 3 SD ini, masih aja picky makannya, makanya harus berjuang keras mamaknya nih

      Delete
  57. gampil nih resepnya bisa buat bekal Babam nanti kalau masuk SD

    ReplyDelete
  58. Anakku yg tipe bosenan. Jadi picky emang karena bosen, resepnya boleh dicoba ini, sepertinya menggiurkan. Aplagi anak2ku doyan banget sama kentang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus ganti2 menu tuh ya teh, semangatttt emaakkk

      Delete
  59. enak bener, jadi ada ide buat bikin cemilan ini apalagi keponakan saya susah makan sayur maunya mie, daging2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak hani, supaya bisa makan sayir harus disiasati

      Delete
  60. Mamak tetty mah jago masak apa aja ya, aku suka nih perkedel gini, tapi biasa hanya kentang, seledri, daging, telor. mau juga ah nyobain yang dikasih sayur buat pijar yang milih-milih makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga jago mama binar, hanya berusaha aja supaya anak2 mau makan, soalnya susah bgt makannya

      Delete
  61. alhamdulilah kedua anakku gak susah makan , tp memamg perlu variasi menu yg kreatif ya

    ReplyDelete
  62. Ini salah satu menu andalan aku nih di rumah. Tp blm pernah coba pakai wortel. Kaoan-kapan buat ah pakai wortel supaya ada sayurnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bund, aku kalo ga pake wortel anakkunya susah makan sayur, jd langsung selipin aja deh di perkedel

      Delete
  63. GTM itu emang menguras hati dan pikiran ya, so challenging banget emang punya anak picky eater kek kiffah ini. Tapi bersyukurnya emaknya jadi kreatif dan melatih kesabaran juga hehe.

    Ini tipsnya boleh juga deh, di simpan dulu ya. Terus semangat berkreasi ya ;)

    ReplyDelete
  64. Gtm memang bikin emak sedih ya, mbak. Anakku waktu masih belum setahun itu juga parah banget nggak mau makannya. Sampai bingung bikinin cemilan apaan dan suka iri sama emak-emak yang rajin banget bikin cemilan buat anaknya.

    ReplyDelete
  65. Kalo di rumah, ini emaknya yg suka nih perkedel. Nyummm. Alhamdulillahnya anak anak gak pd GTM, tapi aura itu termasuk yg gak bisa ditebak selera makannya, udah dikasi menu enak aja dipiring, eh dia maunya naso doang, atau ikannya doang. Doyannya menu tunggal nih bocah kayanya. Heheu. Aku pake masakao jg di rumah ceu, nyetok serenceng gitu. Masakan emang jd enak, yg penting pakenya wajar dan gak berlebihan.

    ReplyDelete
  66. Oh selain rasa makanan suasana makan jg ngaruh ya biar anak mau makan .Oke oke noted .
    Lihat perkedel jdi pngen ,nanti siang bikin ah buat lauk sore . Hhee

    ReplyDelete
  67. ya ampuuuun samaaa kita mba.akupun sring stress bawa anak ke rs, krn pasti dokternya bilang underweight. lah aku udh usaha bangettttt supaya anak mau makan. nanyain mulu mau makan apa, ttp aja bdnnya kurus, dan dia susah bener makannya. wkt itu bilang mau makan sayur, dimasakin yg diminta, eh cm makan sesuap. kan emosi.

    perkedel wkt itu prnh dimasak, tp ga abis jg. eg tp resep ini aku bakal sukaaa.. pake keju yaaaa. kebayang sih jd makin gurih. slama ini aku masak perkedel ga dicampurin keju ..

    ntr masak selanjutnya mau ditambahin ah :D

    ReplyDelete
  68. Anakku suka kentang goreng kalau di bikin perkedel dia juga pasti suka. Makasih resepnya mbak, siap dieksekusi nih.

    ReplyDelete
  69. Wooopp sama banget nih mom tetty, anak aku picky eater sekali. Dan suka sekali dengan kentang. Baru kepikiran pasti enak banget ditambah masako ya

    ReplyDelete
  70. Kesukaan anak saya nih perkedel kentang, dia suka hampir semua yamg digoreng

    Mau ah coba ah bikin pakai masako.
    Kayaknya lebih gurih dan anak2 bakal makin suka

    Belum pernah sih nyobain pakai masako, biasanya pakai garam doang hahaha

    ReplyDelete
  71. anakku biasanya perkedel kentang ini malah dimakan bareng nasi mom :D

    ReplyDelete
  72. setuju deh sama tips dan sarannya teh tetty soal GTM ini, kalo aku biasanya ngikutin irama anak aja, dia maunya makan apa, agak repot sih tapi ini cukup berhasil hehehe

    ReplyDelete
  73. Keliatannya sih enak ya. Tp aku tuh ga doyan perkedel. Rasanya gimana gitu. Makanya ga pernah masak perkedel dan anak2 jg blm pernah makan perkedel. Hehehe..


    Tp gpp lah ya emaknya ga doyan. Anaknya kudu doyan. Bsk aku mau coba resepnya teteh deh. Siapa tau anak2 suka. Pas bgt bahan2 ada semua...😄

    ReplyDelete
  74. Anak saya salah satu yg pilih pilih kalau makan. Tapi kalau sama olahan kentang selalu mau. Termasuk dibuat perkedel atau Dalma sayur lainnya.

    Pilih pilih juga termasuk dalam rasa Masako lho. Anak saya ga mau Masako rasa sapi. tapi kalau rasa ayam baru mau. Entah kenapa...

    ReplyDelete
  75. Aku suka banget sama perkedel kentang tapi belum pernah masak perkedel kentang nih aku. Takut gagal soalnya. Hehehe. Aku juga stok beberapa bumbu dapur dan nugget juga sih di kulkas. Buat jaga-jaga aja sih kalau tiba-tiba pengen masak dan nggak ada lauk.

    ReplyDelete
  76. Ini tuch anakku suka klo makan bareng Soto ayam Bisa nambah trus,,, kadang perkedelnya di gado di rumah juga pakai masako

    ReplyDelete
  77. Perkedel juga bisa jadi salah satu solusi kalau anak lagi susah makan. Anak-anak saya kalau udah makan perkedel, gak makan nasi lagi juga gak apa-apa

    ReplyDelete
  78. Setujuuu..yang nyinyir biar ke laut aja. Enggak pernah ngerasain anak GTM ya kek gitu tuh..huhu.
    Aku copas deh resep perkedel kentang meriahnya. Anak-anak suka ini.
    Tengkyu Mbak Tetty :)

    ReplyDelete
  79. Wah, ini sih makanan kesukaan anak-anak di rumah. Kalo bikin, pasti aja cepet abis. Tadinya buat lauk nasi, malah jadi camilan. Dan iya, dengan Masako, jadi lebih sedaaap :D

    ReplyDelete
  80. Noted resepnya...pake royco jd praktis ya masak cepat hasil enak

    ReplyDelete
  81. Jadi inget anak saya. Pernah BBnya stuck berbulan-bulan. Nggak tahunya setelah lama kayak gitu, baru ketahuan kalau kena TB. Rasanya sedih. Dan akhirnya emang jadi merhatiin banget sih kondisi kesehatan dan makanan dia setelah itu.

    ReplyDelete
  82. Ono2 ae, moso anak kurus disangkutin sama TBC haha. Lha Maxy kuwi malah kuyus, bahkan lengannya gedean Dema huhuhu.
    Wah rajin mama Kifah nih food preparationnya.
    Btw aku jg suka bikinin anak2 perkedel, wah campur masako jd lbh enak yaaaa

    ReplyDelete
  83. Resep cantiknya masakan ternyata dari masako, Hmm udah nggak diragukan lagi deh, membuat masakan jadi nikmat

    ReplyDelete
  84. Hari minggu besok pas libur kerja aku rencananya mau nyobain resep ini ah. Anakku udah pasti sukaaa :)

    ReplyDelete
  85. Mudah, murah dan enak ya kelihatannnya. Ntar aku cobain ah. Kebetulan anakku suka banget kentang.

    ReplyDelete
  86. Wah anakku juva sering GTM mom biasanya kalo lagi GTM aku kasih makan comfordnya dy aja gk kasih nasi gpp asal gizinya cukup.aja ada karbo protein sayuran sering aku kasih pasta2an krna ud lengkap.gizinya suka aku tambah worteldan tomat dikuah bolognesenya juga,nah perkedel gini juga cocok nih buat menu gtm ada karbo protein bisa tambah dsun bwg lumayan buat sayurnya rasanya jadi makin lezat karena pake masako yah mom😋👌

    ReplyDelete
  87. aku suka banget makan perkedel. tapi pas bikinin buat anak eh dianya nggak doyan. huhu. sampai sekarang masih bingung kalau mau ngasih cemilan ke anakku karena dia kadang angin-anginan kalau dibikinin sesuatu

    ReplyDelete
  88. gak cuma anak yg ngiler, eh bundanya juga jadi pengen :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D