Disiplin Nabung 500 Ribu Per Bulan, Tahun Depan Kamu Bisa Jalan-jalan Ke Labuan Bajo!

| On
April 19, 2019

Bentang alam Indonesia memang begitu menakjubkan. Laut, gunung, savana, hutan, cagar alam dan budaya, juga keanekaragaman hayati dan hewani di Indonesia tak akan pernah habis untuk kita eksplorasi.

Sebagai warga negara Indonesia yang lahir di tanah Jawa Barat, tentunya saya sangat ingin menginjakan kaki ini ke berbagai daerah yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Melihat bagaimana Indonesia dilukis oleh sang Maha Pencipta dengan begitu Indahnya.

Beberapa tahun ke belakang, tren traveling atau jalan-jalannya orang Indonesia, adalah mengeksplorasi wilayah Indonesia yang kurang terjamah atau terekspos oleh publik.

Selain ingin menikmati alam Indonesia yang masih "perawan", sebagai anak sosmed alias sosial media addict, eksistensi kita di media sosial dengan mengunggah foto di tempat yang jarang dikunjungi oleh orang lain juga memberikan "nilai jual" yang lebih di mata para netizen dunia maya.

Salah satu tempat yang menjadi destinasi para traveler adalah wilayah Indonesia Timur.


Alamnya yang masih asri, budaya yang masih tradisional, dan suasana kearifan lokal yang jarang ditemui di kota-kota besar, menggugah hati para wisatawan untuk berkunjung ke Wilayah Indonesia Timur, salah satunya adalah Labuan Bajo.

Labuan Bajo adalah sebuah desa yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo. 

Dulu Labuan Bajo adalah sebuah desa/kelurahan yang merupakan ibukota kecamatan komodo. Namun sekarang sudah dikembangkan menjadi Kota Labuan Bajo.

Labuan Bajo terletak di ujung barat Flores yang merupakan kota strategis sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, pendidikan, dan juga pariwisata.

Labuan Bajo merupakan kota pelabuhan yang memiliki pesisir pantai dengan wilayah yang tidak begitu luas namun menyuguhkan banyak pemandangan alam yang indah. Karena Labuan Bajo juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil lainnya yang juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Labuan Bajo juga merupakan titik singgah bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Komodo.

Untuk menuju ke Labuan Bajo, paling mudah dan cepat tentunya dengan menggunakan pesawat terbang dengan lama penerbangan sekitar 2 jam kurang lebih dan mendarat di Bandar Udara International Komodo.

Apa Saja Wisata yang Bisa dilakukan di Labuan Bajo?

1. Pantai

Pink Beach

Ada beberapa pantai yang bisa dinikmati di Labuan Bajo, seperti Pink Beach dan Pantai Pede. Pantai lainnya bisa kita nikmati ketika kita berkeliling mengunjungi beberapa pulau yang ada di sekitar Labuan Bajo.

2. Wisata Pulau

Pulau kecil nan menakjubkan akan kita temui di Labuan Bajo. Seperti Pulau Padar dan Pulau Rinca. Serta Pulau yang paling ingin dikunjungi oleh setiap wisatawan, yaitu Pulau Komodo.

Pulau Komodo
Pulau lainnya seperti Pulau Kelor dan Pulau Kanawa juga tidak kalah menyuguhkan lukisan alam yang sangat indah di wilayah Indonesia Timur ini.

Pulau Rinca

Untuk mengunjungi beberapa Pulau ini, kita bisa menyewa kapal untuk bisa menjelajahi indahnya pulau-pulau di Perairan Komodo.

Pulau Padar



3. Gua dan Air Terjun

Bukan hanya indahnya pulau-pulau dan juga pantainya yang berpasir putih. Di Labuan Bajo kita juga bisa berwisata Gua dan air terjun.

Goa Rangko, Air Terjun Cunca Wulang, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berlama-lama menjelajah di Labuan Bajo.

4. Gili Laba dan Danau Kelimutu


Danau Kelimutu
Hayooo, siapa yang masih inget Danau Kelimutu ada dipecahan uang kertas berapa rupiah?

Yang tahu pasti masa kecilnya sangat bahagia, haha. Pada zamannya, uang ini bisa bikin anak-anak kaya raya jajan apa aja. 

*Kemudian mengingat usia, wkwkwk.

Danau Kelimutu ini dulu ada di pecahan uang lima ribu rupiah pada tahun 1992. 

Danau Kelimutu memiliki keunikan yaitu memiliki beberapa warna yang berbeda-beda. Atau biasa disebut juga sebagai Danau  Tiga Warna.

Hayooo dulu suka jajan apaan pake uang 5 ribu

Warna danau bisa berubah menjadi hitam, coklat, biru. Atau merah, putih  biru, pada waktu-waktu tertentu.


5. Taman Nasional Komodo

Siapa yang ingin melewatkan bertemu reptil raksasa purba (Varanus komodoensis) asli Indonesia ini?

Tentunya setiap wisatawan yang datang ke Labuan Bajo, pasti penasaran dengan hewan melata yang dilindungi oleh negara ini.

Siapa mau swafoto bareng?


Tanggal 11 November 2011, New 7 Wonder telah mengumumkan pemenang sementara dan Taman Komodo masuk ke dalam jajaran pemenang bersama Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa dan Table Mountain.


Selain yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi wisata yang bisa dilakukan di Labuan Bajo seperti hiking atau pun snorkeling, dan juga diving.

Impian Berwisata Ke Labuan Bajo

Impian berwisata ke Labuan Bajo tentunya tidak akan terwujud apalagi kalau kita dalam kelompok BPJS (Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita) kalau gak disiplin menabung.

Setelah membuka aplikasi Traveloka, saya menghitung budget Traveling ke Labuan Bajo, yaitu sekitar 6 juta/orang, yang kalau ditabung selama 12 bulan atau 1 tahun, berarti kita harus disiplin menyisihkan uang sebanyak 500.000 selama 12 kali.

Di Traveloka, saya melihat rata-rata tiket ke Labuan Bajo sekitar 2 juta rupiah, berarti untuk PP membutuhkan budget 4 juta rupiah.

Memang cukup lumayan ya untuk harga tiket dalam negeri. Tapi menurut saya  akan sebanding dengan pengalaman wisata yang akan kita dapatkan.

Harga hotel sendiri di Traveloka bervariasi, mulai dari 100.000/malam hingga belasan juta pun ada.

Namun, setelah saya baca beberapa rekomendasi dan review, hotel yang cukup nyaman memang berkisar di angka 500-700 ribu rupiah.

Saya sendiri memilih budget hotel 500ribu rupiah saja. Untuk dua malam berarti 1 juta rupiah.


Bagaimana makan dan akomodasi?

Nah ini, makan dan akomodasi memang enaknya ditanggung bersama teman-teman (jika travelingnya bareng rombongan ya) untuk sewa mobil, perahu dan membeli makanan (yang sederhana aja, gaes, hahaha) Saya perkirakan habis sekitar 1 juta rupiah.

Jadi, total anggarannya menjadi 6 juta rupiah. 

Oleh-olehnya gimana? 

Yah itu mah kumaha nanti aja, kalau ada rezeki lebih ya beli oleh-oleh, kalau ngga yasudah lah.

(Makanya jangan suka nagih-nagih oleh-oleh ke temen yang abis jalan-jalan ya, sapa tau budget mereka emang ngepasss banget).

Beberapa referensi wisata Labuan Bajo saya akses via 

Lumayan banyak informasi yang didapat seputar destinasi traveling di Indonesia, info tiket pesawat, hotel, dan paket wisata juga.


Pengen ya bisa wisata keliling Indonesia. Mudah-mudahan aja tiket pesawat domestik bisa lebih terjangkau bahkan bisa murah, supaya kita bisa menjelajah ke berbagai penjuru Indonesia yang indah ini.

Gimana? Menurut kamu worth it gak nih disiplin nabung 500 ribu/bulan demi ke Labuan Bajo?

***

Sumber gambar:

www.traveloka.com
www.backpackerjakarta.com
www.indonesia.ucanews.com
39 comments on "Disiplin Nabung 500 Ribu Per Bulan, Tahun Depan Kamu Bisa Jalan-jalan Ke Labuan Bajo!"
  1. Pink Beach, pengen banget kesanaaa.
    Wii, 5ribuan yang ada Danau Kelimutu sama Sasando Rote pernah pegang tuh (udah tueeek berarti saya haha)

    ReplyDelete
  2. Ikutan rajin nabung ah biar bisa ke Labuan Bajo, destinasi impian banget itu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mbak semangat nabung, april depan bisa jalan deh

      Delete
  3. Mariiii semangat menabung :)

    ReplyDelete
  4. Aduduuu...foto2ny makin bikin ku muoen ke sana...hiks.. Eh itu 6 jt kalau mandiri ya..klo ngikut tour gitu lebih lagi kali ya? Haduuuh...*lirik2 dompet

    ReplyDelete
  5. Asyik banget ya Mbk Travelling mengeksplorasi alam Indonesia yang indah. Pulau komodo pengen banget kesana

    ReplyDelete
  6. MashaAllah.. Subhanallah.. bos aku beberapa tahu lalu ke labuan bajo.. sekitar 5 tahun lalu lah.. disana masih sepi banget, banyak komodo dijumpai disana.. dan bau eek komodo juga hehe.. tapi sekarang sudah sangat tertata dan siap menjadi destinasi wisata dunia ya.. siap mba, nabung dari sekarang buat wisata ke labuan bajo jugaaa

    ReplyDelete
  7. Wuih, iming-iming nabungnya boleh nih, keren Mama Tetty. Masalahnya memang di kemauan disiplin ya, hehehe. kadang kalah sama lupa.
    Makaish ya tulisannya, jadi penyemangat nih

    ReplyDelete
  8. Mupeng ih liat destinasinya ini. Pengen foto di danau Kelimutu dan foto sama komodo hahaha

    ReplyDelete
  9. Wahh menarik sekali apalagi pulau padarnya.berasa jauuuh krn bagus banget, padahal masih di Indonesia yaa. Ingin sih menabubg utk travelling,semoga aja gak wacana...

    ReplyDelete
  10. Lihat pink beachnya saya terpesona, mudah2an bisa nabung juga buat jalan2 ke sana, Indonesia memang eksotis banget tempat wisatanya :)

    ReplyDelete
  11. Waaooo 6 juta? lumayan banget tuh.
    Saya sering banget mupeng liat keindahan alam Labuan Bajo.
    TErutama pulau Komodo.
    Tapi kadang juga takut bayangin ke sana terus diincar Komodo hahaha

    Alam Indonesia emang beneran semacam rajin memanggil kita buat di explore ya :)

    ReplyDelete
  12. Pemandangannya masyaAllah Labuan Bajo, jadi pengen kesana 😍 seru deh kalau rombongan. Mudah mudahan bisa jalan jalan kesana. Makasih infonya ty πŸ™‚

    ReplyDelete
  13. Ake selama ini nabung cuma buat kebutuhan tahunan aja seperti lebaran padahal pengen banget jalan2. Kudu mereketkeun pengen ke Labuan juga teh, indah apalagi danau kelimutu 😍

    ReplyDelete
  14. Worth it banget mbaaa.. pengin juga bisa ke Labuan Bajo. Keren banget yaaakk.. Kudu disiplin nabung ini mah kalau pengin terealisasi jalan2 ke sana.

    ReplyDelete
  15. Ternyata memang bener ya kalau jalan-jalan ke Indonesia di bagian timur itu kudu puasa setahun.
    Sedih aku tuh...
    Tapi memang bagus sih pemandangan di sana. aku jadi galawww XD

    ReplyDelete
  16. Wisata ke Labuan Bajo ini komplit banget, ya. Ada pantai, bukit, hingga bisa lihat komodo. Harus nabung nih saya biar bisa jalan-jalan ke sana sekeluarga

    ReplyDelete
  17. Maa syaa Allah indahnya kekayaan alam yang ada di Laboan Bajo. Tak kalah indah dengab pemandangan indah di Raja Ampat ya. Jadi ngiler pengen bisa ke sana juga so harus rajin menabung nih.

    ReplyDelete
  18. Wo ooo oooo maooooo dunk ke Labuan Bajo :D Nabung 500K per bulan per orang kayaknya bisa nih asalkan ada niat kuat. Mau ke semua tempat wisata. Ga rugi lah yaw bayar segitu atau lebih. Enak ajak suami dan anak2 kalau perlu nenek dan kakek juga hihihi. Rafa n Fakhri seneng nih kalo kesampaian lihat komodonya.

    ReplyDelete
  19. Ya ampun, ini impian aku banget mba buat berkunjung ke Labuan Bajo. Dan suamiku juga pengen, mba. Baiklah, kayaknya aku harus pasang target nabung

    ReplyDelete
  20. Waaah, jadi mupeng nih mbak buat ajak suami traveling kesana. Apalagi pemandangannya indah bsnget, bisa2 berbulan2 tinggal disana. Kl rutin nabung, apa aja bisa ya mbak

    ReplyDelete
  21. Danau Kelimutu ini legendaris banget yaa... Boleh juga idenya, nabung 500 ribu sebulan ya. Gak boleh diutak-atik uangnya.

    ReplyDelete
  22. Aku target tahun ini ke P. Komodo, dengar2 tahun depan mau di tutup sementara, semoga kesampaian

    ReplyDelete
  23. Wah beneran harus mulai nabung dari sekarang sih supaya bisa menggapai Labuan Bajo juga suatu hari nanti. Pantai dan pulaunya indah banget, gak kuwat akutu!

    ReplyDelete
  24. Senangnya ke Labuhan Bajo. Aku dulu sampai sana cuma di bandara dan numpang lewat doank. Ada salah seorang kenalan temanku katanya pengusaha resto lobster di sana, katanya enaaakk :D
    Wuaahh moga2 bisa balik ke Labuhan Bajo dan bisa liat Komodo serta pulau2 yang ngehits di sana :D

    ReplyDelete
  25. Aku 5 hari di Labuan Bajo ga puas dong..indah banget emang. Sekarang tiket lebih mahal yak..sayang. Pengen ke Raja Ampat katanya lebih indah..

    ReplyDelete
  26. Wah pengen banget ke Labuan Bajo. Aku dulu sampe pernah bikin serial di wattpad yang nama tokohnya pake Labuan Bajo hahahahaha

    ReplyDelete
  27. MasyaAllah cantiknya.. kalau di saya, budget 6 juta itu jadi 24 juta, nabungsekarang, 4 tahun lagi baru berangkat huahahaa.. tapi Bismillah aja, semoga bisa secepatnya menyusul ke sana :)

    ReplyDelete
  28. Ayooo semangat nabung ya mba.. aku sama suami udah ancang-ancang mau ke sini. Tinggal tunggu cutinya ajaaa hehehr

    ReplyDelete
  29. Aah...pingin banget ke Labuan Bajo.
    Suami uda pernah ke sana, dan mashaAllah...foto-fotonya eksotik.
    Padahal doi foto seadanya, ga pake kamera DSLR dan teknik apapun.

    Cakep bangeett~

    ReplyDelete
  30. Ya Allah semoga bisa menjejakkan kaki ke Laboan Bajo juga aamiin. Sementar liat foto2 mba Tetty dulu hahhaha. Pemandangan alamnya luar biasa

    ReplyDelete
  31. Wah, mau atuhlah aku ke Labuan Bajo. Destinasi impian banget itu mah. Semoga bisa deh mulai nabung untuk bisa piknik ke sana :D

    ReplyDelete
  32. Harganya kayak ke Korea all in ya. Indonesia memang ga ada matinya .jelas alamnya alami, bagus dan pengalaman luar biasa ketemu hewan langka. Sayang aku lagi hamil jadi belum bisa ke sana meski udah nabung. Next time insyaallah kalo anak udah gedean bisa ditinggal

    ReplyDelete
  33. Aku masih harus menabung mimpi dan rupiah nih demi mewujudkan impian ngetrip ke Labuan Bajo. Kayaknya ide nabung 500ribu/bulan boleh juga ditiru..

    ReplyDelete
  34. Mba judul tulisannya clickbait banget hehehe. Saya jadi mikir dan rencana mau nabung juga buat liburan ke sana hehehe.

    Aku tuh senang baca tulisan traveling yang ngasih tahu budget totalnya berapa. Kan jadi ada gambaran ya, berapa sih duit yang harus dikumpulin buat ke destinasi tersebut.

    Cuma jarang banget ada traveler yang mau berbagi info soal toal keseluruhan budget traveling mereka :(

    ReplyDelete
  35. Mupeng banget dengan view Labuan Baju serasa surga yah 😊 kalau kayak gini mah gak rugi usaha nabung 500rb perbulan😊

    ReplyDelete
  36. Pingiiin banget ketemu komodoooo, duh kalo bisa dielus aku pingin ngelus komodo deh mba... Hahaha *trus ntar dimam komodo :D Memang harus disiplin nabung ya kalo mau traveling mba. Pas udah berkeluarga gini mesti dikali lipat. Tapi yakin sih aku mah pasti nanti ada aja rezeki buat jalan-jalan lagi sama keluarga... :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D