Pengalaman Menggunakan Bedak Cair Mitu Liquid Powder Bersama Aksara

| On
August 22, 2019

“Bu, nanti bayinya jangan dipakein bedak, ya.”

Bu Bidan di Klinik tempat Saya bersalin memberikan wejangan sebelum Saya diperbolehkan pulang.

“Kenapa, Bu gak boleh pake bedak?” Tanya Saya.

“Bedak tabur kurang baik, Bu. Apalagi untuk bayi.” Jawab Bu Bidan.

Saya gak bertanya lebih lanjut lagi alasan kenapa bayi Saya gak boleh dipakein bedak ke Bu Bidan, padahal Saya udah beli bedak tabur ukuran paling gede waktu masih hamil dulu. Yah mubadzir deh, pikir Saya.

Padahal kalau zaman dulu, bayi atau anak yang baru mandi pasti deh mukanya dipakein bedak sampe cemong putih semua,mwahahah. Katanya sih supaya afdhol, dan keliatan beneran habis mandi. Dan sekarang, penggunaan bedak di wajah sampe cemong begitu, justru dilarang oleh Tenaga kesehatan.

Karena wejangan tersebut, semenjak anak kedua lahir, Saya udah gak pake bedak lagi buat Bayi. Kalaupun pake, pas lagi kangen harumnya bayi aja, itu pun nunggu bayinya gedean dikit, lebih dari 3 bulan lah. Sebelum usia segitu, nyaris bayi-bayi  Saya hanya pakai minyak telon dan Baby Cream aja untuk di area lipatan kulit dan juga Nappy Area, jaga-jaga takut ruam popok. Bedak tabur yang Saya beli justru dipake sama Aldebaran, itu pun buat mainan, ditaburin di lantai, hmmmm bikin nambah kerjaan aja kan jadinya.

Karena penasaran, Saya carilah informasi di internet, kenapa sih, bayi kok gak boleh pakai bedak tabur/powder?


Dilansir dari www.alodokter.com, beberapa bedak bayi mengandung talc atau talk, yang memiliki kandungan berbahaya jika terhirup terlalu sering atau terlalu banyak. Hal ini bisa menimbulkan gangguan paru-paru dan gangguan pernafasan.

Jika bayi terlahir dengan kondisi prematur dan memiliki resiko masalah pernafasan yang tinggi, maka kandungan talc pada bedak bayi akan berpotensi membahayakan paru-parunya walau pun terhirup sedikit.

Efek samping yang akan terjadi jika Bayi terus-menerus menghirup bedak tabur/powder adalah:

1.Pada mata dan tenggorokan, akan terjadi iritasi pada mata dan tenggorokan.

2.Pada paru-paru, bayi  atau anak bisa terkena gangguan paru-paru seperti batuk, sesak nafas, sakit bagian dada, dan mengi.

3.Pada kulit, bedak bayi juga bisa menimbulkan efek samping seperti lecet, iritasi di bagian kulit, kuku, atau bibir.

4.Pada jantung dan darah, efek bedak bayi juga dapat meyerang jantung dan darah anak sehingga menimbulkan gejala tekanan darah rendah (hipotensi), pingsan, dan kejang.

5.Pada sistem saraf, jika terkena sistem saraf kemungkinan akan muncul kedutan pada otot wajah, tangan, atau kaki dan kadang disertai demam. Bayi mudah terlihat mengantuk, dan menjadi lesu atau kurang aktif.

Efek samping ini terjadi apabila bedak bayi terhirup dalam waktu lama dan dalam jumlah yang banyak.

Wah, lumayan ‘menyeramkan’ juga ya efeknya kalau bedak bayi terhirup oleh bayi atau anak, bisa mengakibatkan masalah yang serius.

Dalam artikel dari alodokter, juga disebutkan bagaimana melakukan pencegahan terhadap penggunaan bedak tabur bayi, yaitu:

1.Perhatikan kandungan yang terdapat dalam bedak bayi.

2.Jauhkan bedak dari wajah anak ketika hendak memakaikan bedak, letakkan dahulu bedak ke tangan Ibu, baru dibalurkan ke tubuh anak/jangan langsung dipakaikan ke tubuh anak.

3.Bersihkan sisa bedak di lipatan kulit/tubuh anak agar terhindar dari iritasi.

Pengalaman Menggunakan BedakCair Baby Liquid Powder


Saya sendiri baru tahu kalau Mitu punya bedak cair bayi, yaitu Mitu Baby Liquid Powder. Karena selama ini Saya hanya menggunakan Tisu Basah Mitu saja. Dan memang ketika Bidan di tempat Saya bersalin menyarankan untuk tidak menggunakan bedak tabur, maka Saya kurang update tentang dunia per-bedak-an untuk bayi. 

Dan ternyata, selain bedak tabur biasa, ada loh Bedak Cair, hahaha kemana aja atuh ya, baru tau sekarang.


Dan sekarang, saatnya Saya coba nih, Bedak Cair yang aman dari Mitu Baby, Mitu Baby Liquid Powder. Karena kebetulan Aksara sudah lama gak pakai bedak dan sekarang Aksara sudah 10 bulan, jadi sudah cukup besar untuk Saya pakaikan bedak lagi, karena dulu pas bayi banget kan dilarang sama Bu Bidan.

Pertama, tekstur.


Karena namanya aja udah bedak cair, teksturnya pun berupa cairan mirip lotion berwarna putih. Tapi gak licin kayak lotion sih, agak sedikit (sedikit banget) kasar atau kesat, jadi nggak licin dipakenya, trus setelah dipakai ada efek pakai bedak gitu deh di kulit. Kulit jadi kesat, kering (gak licin, lengket) dan wangi banget.

Kedua, Wanginya.


Wanginya ini rekomen banget buat yang punya prinsip bayi tuh harus wangi bedak garis keras.Wanginya lembut, gak nyengat, dan tahaaann lamaaa. Bahkan Saya suka gosok-gosokin ke tangan saya sendiri kalau ada sisa dari badan Aksara, wkwkwkw. Soalnya wangi, beneran menyamarkan bau keringat dan bau acem-nya bayi, hihi.

Ketiga, Kandungannya.

Beneran wangiiii bangettt

Mengandung Acti Natura (Vitamin B5, Chamomile, Zinc, Talc) yang bisa menjaga kulit tetap kering, halus, dan terlindung dari iritasi kulit. Mitu Baby Liquid Baby Powder ini juga sudah lulus uji Hypoallergenic, sehingga tidak menimbulkan alergi.

Cara  menggunakan Mitu BabyLiquid Powder:


Kalau Saya sendiri cara pakenya yaitu dituang ke telapak tangan dulu, baru deh diusap ke wajah, tangan, kaki, dan badannya Aksara. Praktis banget lah pokoknya.

Rekomedasi Bedak Cair untuk Bayi.


Saya sendiri langsung suka nih waktu pakai Mitu Baby Liquid Powder. Dulu kan khawatir kalau pakai bedak buat Aksara, terutama di bagian wajah, takutnya kehirup, bahkan Tenaga Kesehatan pun gak nyaranin. 

Nah,Saya lebih tenang, karena ada bedak cair bayi yang aman jika digunakan di seluruh badan terutama di bagian wajah. Gak ngeri bedaknya kehirup sama bayi, karena tinggal oles-oles aja pelan-pelan.


Selain itu, wanginya juga enak banget suwer, lembut dan tahan lama, maunya uwel-uwel bayi aja jadinya. Hehe. Beneran deh wajib dicoba Mitu Baby Liquid Powder ini.

Jangan lupa juga ya kunjungi Facebook dan Instagram Mitu Baby, untuk mendapatkan informasi terbaru seputar produk Mitu Baby Liquid Powder.

Selamat mencoba yaa Mama semuaaa, kalau udah jangan lupa kasih komentar dan kesan-kesannya di blog ini yaa :D

46 comments on "Pengalaman Menggunakan Bedak Cair Mitu Liquid Powder Bersama Aksara"
  1. sama mba dulu aku juga udah beli bedak tabur tapi ga dibolehin pake akhirnya sama si sulung dipake buat mainan yang licin2an di lantai duh emak pening waktu itu byanginnya..

    jadi pengencoba nih bedak cair ini :)

    ReplyDelete
  2. Bedak ini keren buangeett, karena ngga bikin sistem pernafasan terganggu yak.
    Aromanya haruuum pula
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Saya baru tau juga, ternyata Mitu ada bedak cairnya juga.
    Dedek bayi jadi tetap bisa dipakaikan bedak dengaan adanya Mitu baby liquid powder ini ya.
    Setelah mandi, Bayi wangi dan senang, ibu tenang :)

    ReplyDelete
  4. Terus terang belum pernah cobain nih liquid powder nya Mitu, padahal bagus banget ya untuk mencegah gangguan pernapasan bayi akibat bedak tabur ya.
    Harus dicobain nih.

    Saya biasanya pakai sabun mandi Mitu sih :)
    eh ama tisue basahnya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedak tabur memang kurang baik buat bayi, makanya waktu anak saya lahir nggak pernah saya pakein bedak tabur, alhasil banyak banget yang nganggur bedak tabur yang dikado temen2.

      Untungnya sih saya urus anak sendiri, jadi nggak ada yang protes anak nggak saya pakein bedak tabur :)

      Delete
  5. jadi pengen coba mitu baby liquid ini deh soalnya saya gak ikhlas banget lihat bayiku dipakein bedak tabur sama neneknya, huhuhu :(

    ReplyDelete
  6. Mengandung talc juga seperti bedak tabur y mba? Apakah bentuknya yg cair ini yg membuatnya lebih aman ytk bayi dibanding butiran halus pada bedak tabur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..si kecil lucu ya..sudah pinter diajak pepotoan.. calon bintang iklan nih..hehe..

      Delete
  7. Ku yang uda setua ini #cietua aja masih doyan banget kak pake bedak mitu baby. Baunya itu yang lembut dan harum buat hati juga adi adem deh. Gapapa belom punya bayik asal diri ini selalu beraroma bayik huahaha

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat 9 tahun lalu, pertama melahirkan, banyak banget terima kado, salah satunya bedak bayi yang tabur.. hasilnya ngga terpakai oleh anakku, malah aku kasih tetangga tetangga yang punya anak bayi jugaa... karena anakku ternyata alergi dan tidak disarankan bedak tabur huhu.. jaman sekarang lebih enak ya.. anak bisa tetep bedakan dengan bedak liquid yang lebih aman buat pernafasan dan tentunya ngga bikin alergi

    ReplyDelete
  9. Insya Allah kalau udah lahiran kepengen pakein baby bedak cair, soalnya jauh lbh aman daripada bedak bubuk yah, apalagi sdh ada penelitiannya

    ReplyDelete
  10. Duh ponakan ku sewaktu bayi rata2 pakai bedak tabur dan satu ponakan sekarang kena gangguan pernafasan. Kadang ortu suka gemes lihat baby pakai bedak tabur apalagi cemong2 tambah lucu padahal nggak baik buat kesehatan, huhu langsung sedih mengingat efeknya.

    ReplyDelete
  11. Aku masih ingat zaman aku kecil dulu dipakein bedak tabur sampe cemong2 hahaha 🤣🤣 Sama juga pas zaman aku punya bayi n anak..dipakein bedak tabur sampe batuk2. Ternyata bahaya ya biat saluran pernapasan jd sesak. Bagus nih ada Mitu liquid powder. Solusi bayi wangi, aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  12. Yeayyy, ada pengganti bedak tabur yg pasti lebih aman buat si kecil dan tetap memunculkan aroma bayi yg kangenable. Jd mau juga ah. Dr segi praktisnya juga dpet ya mbk. Ringkes.

    ReplyDelete
  13. Wah barutau efek bedak tabur. Dulu bedak tabur memang kuhentikan tapi karena biang keringat di lipatan2 kulit. Bedak tabur bikin cepet keringatan krn belum punya AC. Wah slamet secara tak sengaja nih anak2ku 😊

    ReplyDelete
  14. Sekarang asyik banget ada bedak tabur ya mba. Jadi memudahkan juga nih karena nggak kuatir baju penuh serpihan bedak. Hahhahaa. Mau beli buat Ayyas ah :D

    ReplyDelete
  15. Oh "talk" itu kandungan / bahan gtu ya? Aku pinir bedak talk ya bedak powder alias bubuk itu.
    Btw emang lbh enak pakai bedak yang liquid kalau buat bayi krn lebih aman ya

    ReplyDelete
  16. Wah seru banget ya ada bedak cair. Jadi pingin punya. Bener sih kalo tabur kan bikin batuk2. Terus butirannya bisa masuk pernapasan bayi

    ReplyDelete
  17. Gara gara wejangan larangan pakai bedak tabur..di rumah bedak tabur hadiah pasca lahiran banyak gak kepakai. Bedak cair memang lebih aman dan adem sih

    ReplyDelete
  18. Iih serem banget ya kalau baca bahaya bedak tabur. Bener deh mitu nih pinter cari peluang bisnis. Kalau jamannya abang bedak cair cuma yg buat obat, bukan kosmetik. Akrg ada yg buat kosmetik bayi. Keren.

    ReplyDelete
  19. aku juga pake mitu baby liquid powder, paling suka aromanya enak dan wangi

    ReplyDelete
  20. Aksa lucu banget, skrng udah usia berapa sih? Emang kalau punya baby maunya wangi yaa, salah satu caranya dengan dikasi bedak, kalau pakai liquid powder jdnya lbh aman buat buat baby yaa

    ReplyDelete
  21. wah asik banget sekarang ada bedak cair..
    anak bayi jadi aman dong yaa pakai bedak..
    jadi penasaran mau nyoba juga ah..

    ReplyDelete
  22. Salfok sama si kecil yang happy banget dipakein Mitu Liquid ini, Btw saya juga tidak pernah pakai bedak powder untuk si kecil mbak, karena memiliki dampak negatif. Bersyukurnya sekarang sudah ada Mitu Liquid jadi lebih aman untuk si kecil.

    ReplyDelete
  23. Iya dulu aku pernah baca juga kalau pakai beak tabur kurang baik bisa menimbulkan macem2 lah, apalagi orang jaman dulu suka kasih bedak ke organ intim bayinya padahal bahaya ya.
    Wah sekarang Mitu ngeluarin bedak liquid ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau nyobain juga ah beli mitu liquud powder, walaupun anaknya udah gede, biar wangi-wangi gitu :)

      Delete
  24. Duh, aku termasuk yang kudet nih, Mbak. Anakku dulu kan pas belum ada 40 hari yang mandiian dan tetek bengeknya dilakukan sama dukun bayi. Ya gitu kalau habis mandi bedaknya cemong sana-sini. Ternyata oh ternyata, kalau dipikir-pikir memang bahaya sih ya. Kalau masuh ke saluran pernapasan, padahal mereka masihbelum sempurna antibodinya. Ntar deh anak kedua kupraktikkan ilmu ini.

    ReplyDelete
  25. kebayang aku bedak cair itu adeeem dan enak banget di kulit ya pastinya mba. Anaka - anak pasti sukaaa

    ReplyDelete
  26. Say juga udah pakai baby liquid powder ini Mbak, jatuh cinta banget deh ama wanginya yang tahan lama juga. Yg pastinya, InsyaAllah aman bagi bayi ya, gak terhirup langsung butirannya itu ke pernafasan bayi. Ini kemarin baru nyoba yg sachet super kecil hadiah dari beli tissue basahnya, nanti mau coba cari yg kemasan botolnya itu juga :)

    ReplyDelete
  27. Aksara sooo happy pakai bedak cair ini yakk
    Soalnya haruuum dan nggak ganggu pernafasan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  28. Mitu emang identik sama tissue basah apalagi iklannya ambil mitu ambil lagi terus terngiang-ngiang sekarang ada bedak cairnya jadi penasaran maucoba mba karena memang bedak tabur itu kalau bedaknya jatuh ya bikin licin dan kotor lantai :D

    ReplyDelete
  29. Makanya dulu saya gak berani kasih bedak ke anak. Khawatir serbuknya terhirup mereka. Soalnya dulu belum ada liquid powder kayak Mitu

    ReplyDelete
  30. Bayi kalau cemong gitu memang lucu. Tapi sekarang sadar sih itu gak baik buat paru2nya. Makanya waktu Mitu Baby Liquid Powder hadir, aku juga seneng meski belum punya bayi sendiri

    ReplyDelete
  31. Aku juga sejak lahiran anak pertama diwanti-wanti sama bidan dan dokter supaya nggak bedakin bayi apalagi bedaking bok*ng dan kemaluannya setelah pipis/pup seperti yang orang-orang jadul lakuin.

    Keren ini inovasinya Mitu, jadi aman ya bedak cair :)

    ReplyDelete
  32. Wah, untung sekarang ada bedak cair dari Mitu yah jadi para dedek bayi aman deh.
    seingatku dulu tuh bedak cair cuma ada yang kalo buat gatel2 doang sih.

    ReplyDelete
  33. Wah boleh nih aku rekomendasiin ke mbak aku, dia masih aja demen pake bedak tabur, belom paham bahayanya segitu banyak yaa..

    ReplyDelete
  34. Eh Mitu ada bedak cairnya? Aku taunya Mitu itu tisunya, haha. Kuper ya aku. Enak dong ya sekarang ada bedaknya, liquid pula, jadi aman buat anak-anak :)

    ReplyDelete
  35. Ya ampun aku penasaran deh sama bedak cair mitu ini , jadi lebih efektif ya kalau bedak tabur gt suka bikin bersin dan mudah kebuang gt ketiup angin.

    ReplyDelete
  36. solutif banget nih buat bikin anak tetep wangi tanpa harus sesak napas gegara bedak tabur

    ReplyDelete
  37. Aku senang banget kalau ada produk bedak yang liquid seperti ini mbak apalagi dari Mitu Baby. Pasti udah kebayang wanginya kalau dipakai si kecil dan yang paling penting adalah aman untuk anak.

    ReplyDelete
  38. Aksa ... gemesin banget sik! Waktu jenguk saudara yang punya bayi, masih aja diberi bedak di wajah setelah mandi. Ku sudah ingatkan tapi ya tetep, supaya kelihatan seger gitu. Dengan Mitu Baby bedak cair mending kalau berkunjung ke yang baru punya bayi beri hadiah ini aja.

    ReplyDelete
  39. Aku gemes banget nih lihat fotonya Aksara yang pas ketawa lebar itu uwuwuwww...pengin ciyuuummm... Tentunya Aksara juga wangi khas bayi kan ya setelah menggunakan Mitu baby liquid powder.

    ReplyDelete
  40. Ngliat bayi ceria itu...mashaAllah~
    Hati Ibu yang tadinya sedih langsung berbunga-bunga.

    Pakai Mitu, bayi wangi...Ibu senang.
    Hehhe~

    ReplyDelete
  41. Baru tahu Mitu ada bedak cairnya. Selama ini pakainya cuma tisunya aja

    ReplyDelete
  42. Ya ampun senyum dan tawanya lucu banget dan menggemaskan. Beneran pengen banget punya bedak cair gitu. Jaman dulu kan nggak ada :D

    ReplyDelete
  43. Saya juga baru tau ada bedak cair bayi, haha kemana aja saya..
    Selama ini cm pake bedak tabur biasa tp pakenya dikiiittt banget, dan pake tangan pakenya, biasanya buat punggung sama dikit buat muka. Soalnya menghindari terhirup juga, plus anak k2 ini agak sensi idungnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D