Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma

| On
September 26, 2019
Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma


Assalamu’alaikum, halo semuanya apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Ibu, Ayah, Anak, pokoknya sehat dan bahagia selalu hari ini dan seterusnya. Amiiin.

Bicara soal sehat, kayaknya beberapa waktu belakangan ini Saya sering ngomongin seputar alergi dan asmanya Kifah. Di blog ini dan juga di Instagram feed dan stories.

Kenapa? Karena memang kasus alergi anak dan juga asma akhir-akhir ini makin sering dibicarakan oleh para ibu baik di dunia nyata maupun media sosial di internet. Karena Saya adalah salah satu Ibu dengan anak yang memilki penyakit alergi dan asma, Saya merasa terpanggil untuk ikutan sharing mengenai alergi dan asmanya Kifah.

Saya sendiri pernah menulis pengalaman merawat anak alergi dan asma di tulisan berikut ini. Gak seperti sekarang yang akses media sosialnya lebih massive, kalau dulu sekitar 8 tahun yang lalu, saat Kifah bayi, akses informasi mengenai anak alergi dan asma gak segencar sekarang, makanya dulu Saya feel alone banget, dan merasa up and down menghadapi anak yang menderita alergi dan asma.

Bahkan Saya sempat merasa stres atau frustasi menghadapi Kifah yang sering bulak balik ke RS, Klinik, atau pun UGD.

Dan ini selaras dengan apa yang dikatakan Prof.Dr.dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A (k). M.Kes. Seorang Dokter spesialis anak, alergi dan imunologi. Bahwa anak yang menderita alergi (pada kasus Kifah menjadi asma) akan berdampak psikologis bagi orang tua dan anak itu sendiri. Yaitu orang tua dan anak menjadi stres atau frustasi.

Apa itu Asma?

Asma Bronkial adalah kondisi medis yang menyebabkan jalan nafas paru-paru membengkak dan menyempit. Karena pembengkakan ini, jalur udara menghasilkan lendir yang berlebihan sehingga sulit untuk bernafas, yang menyebabkan batuk, nafas pendek, dan juga mengi (nafas berbunyi ngik ngik).

Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma

Batuk terus menerus, terutama pada malam hari adalah salah satu ciri-ciri serangan asma
Prof.Dr.dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A (k). M.Kes mengatakan penyakit asma ini bisa disebabkan karena alergi saat masih bayi, dan benar memang, sebelum Kifah menderita asma, ketika bayi Kifah alergi protein susu sapi dan menyebabkan dermatitis atopik pada area kulitnya. Dan sekitar usia 3 tahun, ketika Kifah batuk tak kujung sembuh, Kifah divonis menderita asma oleh dokter.

Setiap orang memang memiliki serangan asma yang berbeda-beda, ada yang ringan dan ada pula yang berat, tapi jika diabaikan, asma ini akan berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, jika memang anak atau keluarga Kita sudah jelas memiliki penyakit asma, lebih baik mengontrol asma tersebut agar tidak kambuh atau memiliki prosedur penanganan yang baik dan tepat ketika tiba-tiba asma menyerang di waktu –waktu tertentu.

Penyebab Asma

Masih menurut Prof.Dr.dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A (k). M.Kes, penyakit asma ini dikarenakan oleh alergi yang memang disebabkan karena adanya faktor keturunan dan faktor lain.

Faktor-faktor yang memicu reaksi asma  adalah:

1. Paparan zat seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, pasir, tungau, atau bakteri.
2. Infeksi virus seperti pilek dan flu atau pneumonia
3. Polusi udara, asap, asap kendaraan, asap rokok, dll
4. Stres dan kecemasan
5. Aktivitas fisik atau olahraga
6. Cuaca
7. Bahan tambahan makanan atau MSG

Kalau Saya amati, untuk Kifah sendiri, dia akan kambuh asmanya jika terlalu kelelahan beraktivitas, jajan sembarang (bahan makanan yang mengandung pengawet, pewarna, MSG, yang berlebihan), dan juga jika udara/cuaca dingin.

Gejala yang sering muncul ketika asma Kifah kambuh seperti batuk yang tak kunjung sembuh, seringnya terjadi pada malam hari, sulit bernafas (ketika bernafas, wajah dan leher sampai keluar keringat), mengi (nafas berbunyi ngik ngik), merasa mudah lelah, kesal, dan murung. Sering bersin, pilek, bahkan sakit kepala. Serta sulit tidur.

Seperti yang sudah Saya katakan di atas, bahwa Saya pernah merasa stres, frustasi, dan lelah ketika menghadapi kenyataan bahwa Kifah mengidap asma. Biasanya Saya jadi sensi, emosian, dan mudah marah ketika Asma Kifah mulai kambuh.

Kenapa?

Karena yang terbayang adalah capeknya bulak-balik ke klinik atau Rumah Sakit. Kemudian lelah harus ke UGD ketika asmanya menyerang. Kifah pernah ke UGD tengah malam, menjelang shubuh/dini hari, pagi hari, siang hari, sore hari. Semua waktu pernah dijalani untuk pergi ke UGD guna memberikan pertolongan pertama untuk Kifah dengan menggunakan nebulizer atau biasa disebut alat uap.

Dulu, setiap Kifah sesak nafas, seringnya ke UGD untuk diuap. Hingga pada suatu saat, dokter yang menangani Kifah memperbolehkan Kami memiliki alat uap atau nebulizer sendiri di rumah. Agar kami tidak panik dan tidak usah bulak balik ke RS atau UGD jika serangan asmanya ringan.

Catatan: untuk obatnya silakan dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya.

Alat Uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100 untuk Asma Kifah

Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma

Saat ini, di rumah, Kami menggunakan alat uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100. Bentuknya sangat kecil, ringkas, ringan, sangat simpel dan mudah digunakan.

Enaknya  Omron Mesh Nebulizer NE-U100 ini memang sangat cocok digunakan untuk yang memiliki anak dengan asma. Kenapa? Karena kecil, ringan, ringkas, simpel, mudah digunakan dan yang terpenting ini sangat mudah dibawa kemana-mana.

Karena ketika Kami sekeluarga mudik ke Bandung (dengan cuaca yang dingin) otomatis alat uap atau nebulizer ini perlu dibawa, karena khawatir Kifah kambuh di rumah nenek atau bahkan kambuh di jalan.

Selain itu, alat uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100 sangat cocok dimiliki untuk anak yang memiliki asma untuk menemani keseharian dan aktivitasnya.

Dulu Saya sempet sedih, bingung, dan kepikiran. Gimana kalau Kifah kambuh asmanya ketika kelelahan latihan karate atau setelah main sepak bola, karena Kifah anaknya aktif sekali. Apalagi Kifah juga mulai aktif di kegiatan Pramuka sekolah. Kalau asmanya kambuh ketika kemping gimana ya? Kan gak ada colokan listrik? Gimana kalau UGD atau RS jauh?

Alhamdulillah setelah memiliki alat uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100 keresahan Kami sebagai orang tua terjawab sudah solusinya.

Kelebihan Alat Uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100

1.Dengan Advanced teknologi yang bisa diandalkan untuk meningkatkan efektivitas nebulisasi.

2.Mesh Technology, dengan teknologi terbaru menggunakan titanium vibrator yang mampu memecah ukuran partikel  menjadi sangat kecil sehingga proses nebulisasi lebih efektif.

3.Efisien, proses nebulisasi menjadi lebih efisien dan cepat, karena partikel obat yang masuk ke dalam paru-paru lebih kecil, jadi lebih cepat meredakan serangan asma.

4.Bisa digunakan 360 derajat, sehingga bisa digunakan dalam posisi apapun, bahkan dalam posisi tidur tanpa khawatir obatnya tumpah.

5.Mudah dibersihkan, alat uap atau  Omron Mesh Nebulizer NE-U100 sangat mudah dibersihkan.

6.Mudah digunakan karena sangat nyaman dalam genggaman.

7.Tidak berisik, alat uap atau  Omron Mesh Nebulizer NE-U100 ini sama sekali tidak mengeluarkan suara berisik.

Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma

Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma

Penggunaan alat uap Omron Mesh Nebulizer NE-U100 bisa digunakan dengan berbagai posisi, dari posisi duduk hingga posisi tidur.

Berikut video cara penggunaan nebulizer Omron Mesh Nebulizer NE-U100:



Review Alat Uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100


Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma

Satu set alat uap/nebulizer Omron NE-U100 yang ada di dalam box


Saya sendiri merasa sangat puas dengan Omron Mesh Nebulizer NE-U100 ini.

Pertama, alat uap ini beneran cepat cara kerjanya, bahkan 2x lipat lebih cepat meredakan serangan asma Kifah. Partikel uapnya memang sangat kecil dan halus, sehingga mudah dihirup oleh anak-anak seperti Kifah.

Kedua, mudah dibawa kemana-mana. Alat uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100 kecil dan ringan banget. Gak pakai listrik, cukup pakai baterai aja. Karena nebulizer Omron Mesh Nebulizer NE-U100 meredakan serangan asma lebih cepat, jadi baterainya pun cukup hemat.

Ketiga, gak bising sama sekali. Waktu awal menggunakan, Saya dan suami pun sampai bingung, ini sebenernya alatnya udah nyala atau belum. Saking gak ada suaranya sama sekali. Ini penting banget buat dipakai di jalan, gak ganggu orang lain. Dan ketika digunakan tengah malam pun suara Omron Mesh Nebulizer NE-U100 gak ganggu adik-adiknya Kifah yang sedang tidur.


***

Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma

Pernafasan kembali lega setelah menggunakan nebulizer Omron NE-U100
Menurut Saya pribadi, jika memang anak sudah diketahui menderita asma, sebaiknya dikomunikasikan ke dokter dan meminta izin dokter apakah boleh memiliki alat uap atau nebulizer sendiri di rumah.


Karena berdasarkan pengalaman, memiliki alat uap atau nebulizer sendiri di rumah sangat membantu untuk meringankan gejala asma anak. Tidak perlu capek ke RS atau UGD jika anak menunjukkan serangan asma.

Selain itu, memiliki alat uap atau  Omron Mesh Nebulizer NE-U100 ini seperti memiliki investasi alat kesehatan, karena jika dibandingkan dengan harus bulak-balik ke RS untuk melakukan nebulisasi, yang memakan waktu, tenaga, biaya yang tidak murah.

Menggunakan Omron Mesh Nebulizer NE-U100, serangan asma pada anak cepat diredakan dan menghemat biaya juga, karena pemakaian alat uap atau nebulizer ini adalah usaha untuk mempermudah Kita menangani asma di rumah dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

Sehingga bisa Saya katakan, alat uap atau Omron Mesh Nebulizer NE-U100 ini Saya rekomendasikan untuk dimiliki bagi keluarga yang memiliki anak dengan penyakit asma. Satu lagi, selain kelebihan yang sudah Saya sebutkan sebelumnya, alat uap atau  Omron Mesh Nebulizer NE-U100 juga made in Japan dan memberikan 2 tahun garansi alat bagi para konsumennya.

Pernah menggunakan Nebulizer dari Omron juga? Sharing yuk di kolom komentar :D


21 comments on "Review Omron Mesh Nebulizer NE-U100: Alat Nebulizer yang Hebat, Praktis, dan Mudah Dibawa Kemana-mana bagi Anak Penderita Asma"
  1. Pernah liat pasien dewasa yang lagi di-nebu di klinik dekat kantor.
    sebagai "penonton", saya pun kadang merasa ngeri ngebayangin gimana seseknya dada dan pernapasan, apalagi buat kalau yang kena anak2 ya
    untungnya sekarang ada Omron Mesh Nebulizer NE-U100, amazed juga sih.. ternyata alatnya nggak berisik ya... :D

    ReplyDelete
  2. Kifah anak ganteng, sholih, taqwa
    Sehat sehat terus ya Naaakk.
    Ponakanku juga ada yg asma dan ke mana2 bawa alat semprot gitu Mak
    sekarang dia tumbuh tinggiiii, pintar dan jago basket
    Kiffah jugaaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Ya Allah, sedih banget kalau liat si kecil sakit ya, semacam pengen tranfusi sakit tapi nggak mau sakit juga entar siapa yang urus anak-anak.

    Kalau anak saya cuman yang pertama pernah sekali diuap, tapi di klinik sih, cuman batuk aja Alhamdulillah.

    Semoga anak-anak selalu sehat ya mba, aamiin :)

    ReplyDelete
  4. Semangat, Kifah. Asma, insya Allah, bukan halangan lagi setelah bunda sudah sediakan alat memadai seperti Omron Nebulizer sehingga bisa tetap aktif beraktivitas. Gerak ke mana pun selalu dimudahkan dengan adanya alat bantu itu. Ya, memang penting untuk punya alat bantu bagi yang asma agar tidak alami kerepotan yang seperti dulu. Hidup bisa lebih tenang.

    ReplyDelete
  5. Cuaca teryata juga bisa memicu munculnya asma ya. Trus stres juga. Duh sedih emang kalau anak asma. Sehat sehat ya Kifah

    ReplyDelete
  6. Aku ada masalah juga soal pernapasan, tapi belum periksa betulan karena gak separah Asma. Tapi kalau asma, musti sedia Nebulizer gini ya buat pertolongan pertama

    ReplyDelete
  7. Baru tau ada nebu portable kaya omron punya ini šŸ˜ yg punya keluarga penderita asma wajib punya ya

    ReplyDelete
  8. Merek ini emang udah terkenal banget ya buat nebulizer. Semoga jagoannya tetap semangat deh

    ReplyDelete
  9. Mba mau tanya untuk obat tetesnya yang dimasukkan ke nebunya itu mesti resep dokter apa bisa beli umum? terus ini harganya berapa mba? karena aku punya bronchitis dan anak2 kalau dah bapil kasian pada sesak jadi pengen beli

    ReplyDelete
  10. Wah Alhamdulillah kalau puas mba berarti para penderita asma bisa terbantu ya ada alat dgn kualitas bagus ..

    ReplyDelete
  11. HArus terus waspada ya kalau anak punya Asma, enaknya sekarang alat nebunya bisa dimiliki sendiri ya tanpa harus ke rumah sakit soalnya kadang kambuhnya tengah malam pula. Kalau keponakan aku Asma dilarang makan coklat mbak bener ya?

    ReplyDelete
  12. Kalau lihat anak batuk pilek dan sesak nafas itu sungguh kasihan. Nggak tega banget. Ternyata batuk pilek juga tidak boleh dianggap enteng ya Mbak karena bisa jadi pemicu penyakit lainnya datang. Asma disebabkan banyaknya lendir juga ternyata berarti ya lendir dari virus influenza.

    ReplyDelete
  13. Semoga sehat selalu ya, Kak Kifah. Aku blm prnah pake Omron tapi ada teman yang cocok pakai alat itu, rekomendid katanya. Memamg sebagus itu ya

    ReplyDelete
  14. Lebih mudah meredakan asma ya mba ketika anak mendapat serangan kalau kita punya Omron mesh nebulizer ini. Bisa dibawa kemana-mana dalam perjalanan pulak.

    ReplyDelete
  15. aku juga punyaa mba di rumah..soalnya anak- anakku asma juga walaupun udah jarang kambul lagi. praktis untuk di rumah

    ReplyDelete
  16. Reviewnya lengkap banget mbak, penting ini bagi orangtua yang punya anak menderita asma ya.. alatnya mudah dan praktis digunakan.. semoga informasi ini dapat dijangkau lebih luas ya.. khususnya buat orangtua yang punya anak penderita asma

    ReplyDelete
  17. Paling enggak enak kalau si kecil sakit apalagi sesak gini ya mbak. Saya baru tahu ada Nebule Omron yang portable gini. Nyaman banget ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Mertuaku yang ngidap asma mba Tetty
    omron mesh nebulizer ini khusus anak-anak ya jadi mba?
    kalau orangtua boleh nggak ya, sama kepo harganya aku belum menemukan harga di atas
    apa aku keselip baca ya,

    ReplyDelete
  19. Ponakan saya juga ada yg asma nih, kebetulan banget tadi baru aja anterin ke DSA karena udah mulai sesak lagi, biasanya gitu harus di nebu, nanti mau kasih tahu Kakak deh tentang alat ini. Makasih ya Mbak. *autogoogling harganya juga ini.

    ReplyDelete
  20. Sedih ya kalau anak dah kena asma tuh. Waktu Adek Fi belum setahun dan cuma pilek aja kayaknya dah gimana gitu lihat dia diuap dan nafasnya sesak.

    Btw, memang omron nih alat kesehatannya bagus2. Kayaknya dokter2 pada pakai ini ya. Di rumah juga papa pakai omron buat mengukur tensi.

    ReplyDelete
  21. Masyaa Allah. Yg pasti kl Asma gak ngaman banget mbk, soalnya saya pernah alami. Bagus nih mbak alatnya. Dan praktis krn bisa dibawa kemana2

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D