Cara Baru Berwakaf Zaman Now Bersama Dompet Dhuafa

| On
October 04, 2019
Dayamart Zona Madina Parung Bogor

Pernahkah teman-teman masuk ke dalam sebuah masjid kemudian menemukan tulisan “Masjid ini merupakan Wakaf dari Bapak atau Ibu xxx” Atau melewati sebuah pemakaman dan menemukan tulisan yang sama “Tanah pemakaman ini adalah wakaf keluarga xyz, dll” 

Ya, sejak saya kecil, dan tahu istilah wakaf ketika belajar soal Fiqih, yang saya tahu wakaf itu memang biasanya untuk masjid, mushola, atau pun tanah pemakaman. Benar-benar sangat identik dengan 3M, Masjid, Makam, Madrasah. Beberapa sekolah/madrasah pun memang banyak yang merupaka hasil wakaf seseorang atau yayasan tertentu.

Tapi tahukah teman-teman? Bahwa yang namanya wakaf itu tidak sebatas 3M tersebut di atas. Masih sangat banyak manfaat wakaf yang sangat bisa dimanfaatkan oleh umat Islam pada umumnya dan juga secara khsusus bagi para dhuafa.



Rabu, 2 Oktober 2019 kemarin merupakan hari yang sangat inspirasional dalam hidup saya. Beneran deh, ini gak ngelebih-lebihin, karena memang benar adanya, hari itu adalah hari spesial karena lembaga zakat terkemuka di Indonesia Dompet Dhuafa mengundang beberapa Blogger secara khusus untuk melihat aset wakaf Dompet Dhuafa yang ada di kawasan Parung, Bogor Jawa Barat.

Alhamdulillah, Saya termasuk rombongan Blogger yang berkesempatan “Jalan-jalan” di sana.

Sebelum acara “Jalan-jalan” melihat aset wakaf produktif Dompet Dhuafa dimulai, Kami, para blogger melakukan bincang-bincang terlebih dahulu bersama para direktur DD pendidikan, kesehatan, dan mobilisasi  ZIS Dompet Dhuafa dan Kawasan Zona Madina.

Bapak Yuli Pujihardi

Menurut Bapak Yuli Pujihardi, Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa dan Direktur Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa, mengatakan bahwa “Memang wakaf itu masih sangat identik dengan 3M tadi, yaitu Masjid, Makam, dan Madrasah. Padahal potensi wakaf ini masih sangatlah banyak jika dikelola dengan baik dan benar.”

Oleh karena Dompet Dhuafa berharap dengan adanya Blogger Gathering ini, apa saja yang telah dilakukan oleh Dompet Dhuafa dalam mengelola wakaf, bisa dipublish dan disebarkan informasinya kepada para netizen yang saat ini kebanyakan adalah milenials yang memang sangat tertarik dengan isu kemanusiaan.

Kiri ke kanan: Bapak dr. Muhammad Zakaria (Pimpinan Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu DD), Bapak Boby P. Manulang (GM. Wakaf Dompet Dhuafa), Ustad Syafii (Direktur DD Pendidikan).

Dan memang benar, Saya sangat antusias sekali untuk menyebarkan informasi ini, bahwa Dompet Dhuafa mengelola dana wakaf “di luar kebiasaan” namun manfaatnya sungguh luar biasa.

Apa Saja Aset Wakaf yang Telah Dikelola oleh Dompet Dhuafa?

Jawabannya adalah sudah banyak sekali aset wakaf yang dikelola oleh Dompet Dhuafa yang digunakan untuk memberdayakan para dhuafa. Di kawasan Parung, Bogor sendiri ada pusat pendidikan dan kesehatan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa, yakni sekolah Smart Ekselensia Indonesia yang berokasi di Bumi Pengembangan Insani dan di sektor kesehatan ada Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.
Lokasi SMART Ekselensia Indonesia di Jalan Raya Parung Bogor

Selain itu, Dompet Dhuafa juga melakukan banyak pendampingan dan pemberdayaan untuk kaum Dhuafa pada sektor perkebunan, peternakan, pertanian, dll. Karena memang niat murni Dompet Dhuafa  dengan semangat untuk menjadikan para mustahik ini suatu saat menjadi muzzaki.

Bumi Pengembangan Insani



Berlokasi di Jalan Raya Parung Bogor Km.42 ini, Dompet Dhuafa mendirikan beberapa pendidikan seperti:

1.Sekolah SMART Ekselensia Indonesia, yang sudah meluluskan 245 siswa. Sekolah SMART Ekselensia ini adalah sekolah bagi para Dhuafa setingkat SMP-SMA.


Asrama siswa SMART Ekselensia

2.Beastudi ETOS, yaitu program beasiswa bagi para Dhuafa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi. Penerima manfaat Beastudi Etos ini sudah sebanyak 5.480 mahasiswa dari berbagai daerah.

3.Pusat Pembelajaran, dimulai pada tahun 2010 dan saat ini sudah menghasilkan 1.054 guru.

Pusat Sumber Belajar dan Perpustakaan

Ada juga perpustakaan anak yang dibuka untuk umum

4.SGI (Sekolah Guru Indonesia) dan Pelatihan dan Pendampingan Sekolah, dimulai pada tahun 2004 dan sampai saat ini sudah memberikan pelatihan kepada 18.057 guru dan 337 sekolah.

Sekolah Islam Al-Syukro Universal

Berlokasi di Jalan Otista Raya Gang H. Maung Cipayung Ciputat Tangerang Banten. Sekolah A-Syukro Universal memiliki jenjang pendidikan mulai dari TK-SMP dengan jumlah murid hingga saat ini 845 siswa. 

Sekolah Islam Al-Syukro ini dikelola sebagai wakaf produktif. Namun sekolah ini diperuntukan bagi masyarakat umum yang mampu membayar biaya sekolah yang sudah ditentukan.

Sekolah SMART Cibinong 

Berlokasi di jalan Raya Narogong, KM. 7 Klapan Nunggal Kembang Kuning kecamatan Klapanunggal, Bogor. Sekolah SMART Cibinong ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, hingga SMP dengan jumlah murid sebanyak 808 siswa. Dibangun di atas tanah wakaf seluas 18.477 m2.

Gedung WTMC dan Gedung Jannah

Berlokasi di Perum Vila Ilhami Islamic Village Jl. Zaitun Raya Karawaci Kelurahan Kelapa Dua Kecamatan Curug, Tangerang Banten. Gedung Jannah ini disewa oleh Institut Kemandirian dengan biaya Rp. 150.000.000/ tahun dan sampai saat ini sudah menghasilkan surplus wakaf sebesar Rp. 533.000.000.

New Project Wakaf di Bidang Pendidikan

Dompet Dhuafa University, yang berlokasi di jalan raya Parung KM. 42. Gedungnya sendiri belum jadi. Namun Dompet Dhuafa University untuk sementara ini menjalankan kegiatan belajar angkatan pertama di bangunan Lembaga Pengembangan Insani (LPI), kawasan Zona Madina, Parung Bogor.

Pesantren Hafidz Village 

Berlokasi  di Desa Benda Kecamatan Cicurug Lido, Sukabumi. Pesantren Hafidz Village adalah program mahakarya dari Dompet Dhuafa dalam pendidikan Tahfidz untuk meahirkan generasi muslim yang hafidz qur’an dan memiliki kompetensi kepeimpinan dan ilmu pengetahuan teknologi terkini. Rencananya akan dibangun di atas lahan wakaf seluas 2 hektar.

Fasilitas yang akan dibangun adalah Masjid, Theater Center, area parkir, kelas, lab komputer, ruang guru 2 unit, Laboratorium, gudang, asrama, lapangan serbaguna, Guest House, Smart Farming, Green House, ruang terbuka hijau dan akses keluar masuk.

Khadijah Learning Center

Berlokasi di Jalan Kencana V Keluarahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Khadijah Learning Center (KLC) merupakan lemabaga pendidikan non formal yang memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kompetensi kaum perempuan. Kehadiran KLC ini merupakan Ikhtiar Dompet Dhuafa untuk menghasilkan figur pengusaha seperti Khadijah RA, istri Rasulullah SAW.

Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa



Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa ini terletak di Jalan Raya Parung KM 42 Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor.



RST Dompet Dhuafa berdiri pada tahun 2012 dan merupakan rumah sakit Tipe C. Hadirnya RST DD ini karena dorongan ingin menyelenggarakan kesehatan gratis bagi para dhuafa. Pada awal berdirinya RST, seluruh biaya operasional rumah sakit benar-benar dikelola menggunakan dan zakat. Namun, alhamdulillah sekarang RST DD sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Republik Indonesia.

Rumah Sakit RST DD ini merupakan salah satu aset wakaf yang dimiliki DD, gak terbayang kan sebelumnya kalau wakaf ini bisa jadi sebuah rumah sakit yang bisa diakses oleh para dhuafa?

Tim Humas RST DD menyambut kedatangan para Blogger


Makanya kemarin, saat berkeliling di RST DD ini, Saya sangat merasa terharu. Sebesar ini loh kekuatan ZISWAF kalau seluruh umat Islam mau menunaikannya. Akan banyak sekali kaum dhuafa yang menerima manfaat dari wakaf kita, termasuk dalam sektor kesehatan yang merupakan sektor vital bagi masyarakat.

Tim Humas RST DD menjelaskan apa saja fasilitas kesehatan di RST DD
Para Blogger menyimak pemaparan Tim Humas RST DD dengan antusias

Bagi kaum dhuafa yang ingin merasakan manfaat di RST DD ini, bisa menggunakan BPJS kesehatan maupun kartu member.

Kartu member sendiri adalah kartu khusus yang dikeluarkan oleh RST, dimana yang memiliki kartu ini merupakan dhuafa yang memang berhak mendapatkan layanan kesehatan gratis di RST. 

Suasana RST DS masih hijau dan asri

Cara mendapatkan kartu member ini tentunya harus melalui prosedur yang ditentuan oleh Dompet Dhuafa. Seperti melakukan kunjungan/survey ke lokasi atau tempat tinggal kaum Dhuafa yang memerlukan bantuan layanan kesehatan gratis, wawancara, dan lain sebagainya.

Suasana RST DD





Dan ada kabar baik dari RST DD nih teman-teman, RST DD mendapatkan 5 bintang untuk Akreditasi Rumah Sakit. Jadi, walau pun rumah sakit ini diperuntukkan untuk kaum Dhuafa. Pelayanan dan manajemen rumah sakitnya tetap menjadi hal yang utama.

Selain Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu, ada lagi rumah sakit lainnya yang dibangun oleh Dompet Dhuafa, yaitu:

RS Aka Medika Sribhawono (RS Tipe C-Lampung), RS Mata Ahmad Wardi (RS Tipe C-Serang), RS Lancang Kuning (Pekanbaru), RSIA Sayyidah (Duren Sawit-Jakarta Timur), Klinik Naura Depok (Sukmajaya-Depok), RS Qatar Charity (Jalan Raya Parung-Jampang), RS Griya Medika (Lampung Timur).


RS Qatar Charity, Lokasinya tepat di belakang RST DD


Gedung RS. Qatar Charity

Ada juga aset wakaf lain di bidang kesehatan yaitu Klinik Srigading Lampung Timur, Klinik Baoh Lampung Timur, Opti I & U Zona Madina Parung, Optik RS Mata AW Serang, dan Apotek DD Farma Ciputat.

Next project yaitu RS Haji Pasuruan (RS Tipe C) Pasuruan Jawa Timur, dan RS Hasyim Asyari (RS Tipe C) Di Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur.

Pertanian dan Perkebunan

Selain di bidang kesehatan dan pendidikan, aset wakaf Dompet Dhuafa juga meliputi bidang pengelolaan lahan pertanian dan perkebunan. 


Produk pemberdayaan DD







Dompet Dhuafa mengelola lahan seluas 8,5 hektar yang ditanami dengan aneka tanaman buah diantaranya buah naga, nanas, pepaya, jambu kristal dan alpukat.

Berlokasi di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang Jawa Barat. Di sini juga terdapat pabrik ektrak buah Indonesia Berdaya. Pabrik ekstrak buah ini mengolah buah naga, nanas,pepaya, jambu kristal,  dan alpukat menjadi selai,sirup, dll. Pabrik ini diharapkan dapat berprodksi dengan padat kaya dan menyerap tenaga kerja dari kalangan dhuafa.

Daya Mart


Dayamart Zona Madina Parung Bogor

Yaitu gagasan pembedayaan dhuafa berbasis minimarket.

Daya Mart adalah minimart unik suatu toko “one stop service” yang menerapkan sistem swalayan dalam menjual makanan dan jasa. Minimart ini juga berfungsi sebagai show room produk UKM Binaan Dompet Dhuafa.

Daya Mart didirikan dengan kepemilian mayoritas mustahik/keluarga miskin/benefisiaris dan sebagian investor yan peduli dan ingin berbagi melalui investasi bisnis berbasis sosial. Banyak hal berbeda dan unik dengan minimart ini. Selain bersumber dari dana sosial , kepemilikan yang dimiliki dhuafa, dengan supervisi dari Dompet Dhuafa.

Salah satu Daya Mart ada di Parung Bogor/Zona Madina.

Wake Up Wakaf! Dan Gerakan Sejuta Wakif

Kamu milenial dan ingin jadi bagian wakif di Dompet Dhuafa? Yuk, gabung bersama Dompet Dhuafa. Follow Instagram @tabung_wakaf dan klik di donasi.tabungwakaf.com dan jadilah bagian dari #GerakanSejutaWakif bersama Dompet Dhuafa.

Selama Bulan Oktober hingga November, Dompet Dhuafa menggelorakan kampanye Wake Up Wakaf. Dimana kamu, ya kamu, para milenials juga bisa berwakaf mulai dari 10 ribu rupiah. Gak lebih mahal dari harga kopi kekinian deh ya, dan kamu juga bisa mendapatkan sertifikat wakaf produktif jika kamu berwakaf mulai dari 1 juta rupiah.

Gak susah kan buat berwakaf dan jadi wakif untuk membantu para kaum dhuafa? Selain itu, pahala berwakaf akan menjadi passive income kita di alam kubur nanti, Insya Alloh.


Berwakaf itu laksana membeli sebuah keran di dunia, untuk menikmati "airnya" di akhirat. Insya Alloh


***

Profil Dompet Dhuafa



Dompet Dhuafa adalah organisasi nirlaba terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1993, yang mengangkat martabat dan pengabdian manusia dengan memanfaatkan dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf atau ZISWAF serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelomo, dan perusahaan.

Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli pada nasib dhuafa.

Sejak dikukuhkan sebagai nazhir wakaf pada tanggal 16 Juni 2004, hingga saat ini Wakaf Dompet Dhuafa sudah memiliki beberapa aset wwkaf produtif seperti Rumah Sakit, Sekolah, Kebun, Masjid. Semua aset wakaf dikelola secara produktif, surplus wakafnya digunakan untuk Mauquf alaihi/penerima manfaat pada program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial umum Dompet Dhuafa.




1 comment on "Cara Baru Berwakaf Zaman Now Bersama Dompet Dhuafa "
  1. Wah, menarik sekali laporannya mengenai usaha amal Dompet Dhuafa. Ternyata dahsyat juga. Banyak usahanya yang berskala besar, walau tidak besar sekali. Dan, telah ada di banyak lokasi.

    Semoga Dompet Duafa bisa mengubah wajah lembaga keislaman dan umat Islam Indonesia. Syukur Dompet Duafa juga bisa mengembangkan lembaga Islam lainnya di luar Dompet Duafa dengan kerja sama. Atau setidaknya memotivasi mereka biar bangkit bersama.

    Biar manfaatnya lebih dahsyat lagi. Islam benar-benar rahmatan lil 'alamin.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D