Kini Kita Bisa Mencegah Gigi Berlubang dan Karang Gigi dengan Manfaat Siwak dalam Pepsodent Siwak, Baru!

| On
February 04, 2020

Assalamu'alaikum, apa kabar sahabat digitalku semua? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat semua yaa, amin. Karena beberapa hari ini cuaca sering berubah-ubah, rentan menimbulkan gangguan kesehatan hiks, mudah-mudahan kita semua senantiasa diberikan kesehatan amin.

Bicara soal kesehatan, Jum'at, 31 Januari 2020 lalu, bertempat di Rumah Maroko, Menteng Jakarta Pusat, Pepsodent mempersembahkan varian terbaru dari pasta gigi Pepsodent yakni Pepsodent Siwak.



Pepsodent Siwak adalah varian baru dari pasta gigi Pepsodent (Unilever) yang sudah berdiri sejak tahun 1933 di Indonesia.

Pepsodent Siwak

Pepsodent mengeluarkan varian Pepsodent Siwak karena percaya bahwa siwak memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kesehatan gigi dan mulut kita, maka dari itu siwak menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan alami untuk varian terbaru pasta gigi dari Pepsodent.

Adakah yang sudah melihat batang siwak? atau pernah menggunakannya?

Kayu siwak (Sumber foto: Ebay)


Siwak adalah sebuah batang kayu yang terlihat seperti batang pensil yang dihasilkan dari akar, ranting, dan batang pohon Salvadora Persica.

Pohon Salvadora Persica ini tidak terlalu besar dan tinggi, hanya berdiameter sekitar 4-6 meter dan mampu hidup selama 25 tahun.

Pohon Siwak (Sumber gambar: bobo.grid.id)

Pohon Salvadora Persica ini tersebar di Timur Tengah sehingga sering digunakan oleh Bangsa Arab Kuno untuk membersihkan gigi.

Nabi Muhammad SAW pun menggunakan siwak untuk membersihkan gigi sekitar tahun 600 M.

Sebetulnya, siwak sendiri sudah digunakan oleh Bangsa Babilonia Kuno sejak 7.000 tahun yang lalu. Selain itu, bangsa Yunani dan Romawi pun sudah menggunakan siwak untuk membersihkan gigi.

Hmmm, rupanya penggunaan siwak ini sudah cukup tua ya.

Di Tanzania dan Timur Tengah, siwak disebut siwak, miswak, atau arak. Sedangkan di Pakistan dan India, siwak lebih sering disebut Datan atau Miswak.

Manfaat Siwak

Kiri ke kanan: Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent , Ustadzah Aini Aryani, Lc. (ahli fiqih), drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., dan MC

Menurut drg. Ratu Mirah Afifah, manfaat siwak ini banyak sekali dan sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Karena siwak bermanfaat sebagai anti bacterial alami, pencegah gigi berlubang, dan dapat mencegah timbulnya karang gigi.

Hal ini sejalan dengan laporan U.S National Library of Medicine, Hassan Sukinab Halawany (2012) menuliskan kandungan kimia yang terdapat di dalam siwak. Hasan menyebutkan hasil penelutuab Allafi and Ababreh (1995) tentang siwak.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan kandungan mineral alami siwak yakni anti bacterial acid seperti astringents, abrasive, dan detergents yang busa membunuh bakteri dan menecegah infeksi.

Kandungan lainnya seperti klorida, flouride, silika, sulfur, vitamin c, trimethylamine, salvadorine, tannins, pottasium, sodium bicarbonate berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan, dan menyehatkan gigi dan gusi.

Kewajiban Bersuci Bagi Umat Islam


Menurut Ustadzah Aini, Islam adalah agama yang sangat memsntingkan kesucian dan kebersihan, baik itu kebersihan badan, pakaian, tempat tinggal, dan lingkungan. 

Karena kebersihan dan kesucian tentunya sangat identik dengan kesehatan.

Islam adalah agama yang sangat Kaffah atau menyeluruh dalam membahas semua aspek kehidupan manusia sehari-hari, bahkan untuk kebersihan gigi dan mulut pun, Islam mengajarkan bahwa kita harus senantiasa menjaga kebersihannya.

Islam bahkan melarang kita untuk bertemu dengan seseorang apabila kita belum membersihkan mulut dan gigi, karena itu akan sangat mengganggu orang lain atau lawan bicara kita nanti.

Sebagai muslim, kita sudah sangat familiar dengan siwak. Bahkan termasuk sunnah Rasulullah SAW.

Salah satu Hadits tentang bersiwak berbunyi:

"Siwak membersihkan gigi dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya." (HR. Bukhari Muslim).


Masya Alloh, ternyata bersiwak memang sangat dicintai nabi karena memiliki banyak manfaat dan kebaikan yang terkandung di dalamnya.


Review Pepsodent Siwak



Alhamdulillah, akhirnya yang saya tunggu-tunggu hadir juga, Pepsodent dengan ekstrak siwak dan juga mint. Karena saya biasanya pakai Pepsodent yang kemasan putih atau Pepsodent Herbal.

Sebenarnya, sudah banyak Pasta Gigi Siwak di dunia lho, karena makin banyak yang menyadari bahwa siwak ini memang berkhasiat untuk gigi dan mulut. Seperti di UK, Swiss, Mesir, Pakistan, Arab Saudi, dan di Republik Ceko.

Launching Pepsodent Siwak

Alhamdulillah, di Indonesia kini ada Pepsodent Siwak juga. Sehingga kita bisa ikut merasakan manfaat dari siwak ini    untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Siwak sangat bermanfaat sebagai anti bacterial alami dan mencegah gigi berlubang serta karang gigi, sedangkan mint sendiri memberikan sensasi kesegaran nafas yang tahan lama.

Ketika saya mencoba Pepsodent Siwak, rasanya sangat unik tapi tetap nyaman di mulut. Mungkin hanya perlu pembiasaan karena awalnya saya menggunakan Pepsodent varian yang lain.

Pepsodent Siwak mengandung ekstrak siwak dan mint

Rasanya tidak menyengat dan mengganggu, ekstak mint nya terasa sedikit pedas seperti pasta gigi Pepsodent varian lainnya.

Awalnya saya mengira akan bau aneh atau bau kayu gitu, tapi ternyata ngga sih, aromanya cukup lembut dan nyaman.

Kemasannya juga ini saya suka warnanya, karena saya kebetulan suka warna-warna pastel, terlihat elegan dan lembut.

Saya rasa, Pepsodent Siwak ini bisa menjadi pilihan pasta gigi untuk menunjang aktivitas harian kita, apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan, amiinn, insya alloh. 

Pasta gigi yang nyaman digunakan dan mengandung anti bacterial ini sangat penting digunakan saat setelah sahur dan buka puasa nanti.

Produk Pepsodent Siwak ini sudah mendapat sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Dan Pepsodent baru saja mendapatkan Halal Award 2019 dari LPPOM MUI pada kategori Halal Top Brand.

Tiap Kemasan Pepsodent Siwak yang Terjual akan Menjadi Amal Ibadah

Saya bersama Najwa, anak yatim dan dhuafa dari Rumah Yatim Rawasari
Najwa, anak yatim dhuafa yang baru berusia 7 tahun

Yaps, sebanyak 2,5% dari laba penjualan Pepsodent Siwak, akan didonasikan untuk program kesehatan gigi dan mulut anak yatim piatu di beberapa panti asuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.


Anak-anak dari Rumah Yatim Rawasari

Bersama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), Yayasan Unilever Indonesia akan menyalurkan donasi ke panti asuhan dalam bentuk:

1. Edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut.

2. Periksa gigi gratis.

3. Paket Produk Pepsodent.

4. Perbaikan fasilitas sikat gigi.

Insya alloh, mudah-mudah program dari Pepsodent Siwak ini bisa menjadi sebuah #SenyumBerbagiBerkah dari kita kepada para yatim dan dhuafa.


Menjadi #PahlawanSenyum bersama
Indonesia Hijab Blogger

Karena setiap senyuman begitu berarti, yuk jadi #PahlawanSenyum sekarang!

Adakah yang sudah menggunakan Pepsodent Siwak di rumah? 


Yuk, sharing pengalaman di kolom komentar :)
36 comments on "Kini Kita Bisa Mencegah Gigi Berlubang dan Karang Gigi dengan Manfaat Siwak dalam Pepsodent Siwak, Baru!"
  1. Asiiikk, akhirnyaaa Pepsodent me-release varian siwak, LOOOVEE banget, karena emang udah dari dulu aku penasaran, kenapa Pepsodent ngga kunjung produksi yg siwak yaaa?
    Terjawab sudah :)))
    Berarti siap2 nyetok, mumpung bentar lagi Ramadhaaaannn

    ReplyDelete
  2. Waaaa nanti mau deh nyari Pepsodent Siwak biar sekalian siwakan ya. Apalagi manfaatnya banyak banget buat gigi

    ReplyDelete
  3. Belum, mbak. Kemarin pas ke indomrt baru lihat. Eh kok keemasan gitu. Baru, ya?

    Ohhh ternyata emang baru.

    Mau coba juga ah.

    ReplyDelete
  4. Pepsodent juga keluarkan yang ada siwak ya mba.. baguus dan mau aku cobaa deh

    ReplyDelete
  5. Wah,akuudah pernah lihat beberapa kali tuh Pepsodent Siwak di supermarket tapi belum pernah beli. Ternyata banyak sekali manfaatnya yah mbak, kayaknya harus nyoba nih.

    ReplyDelete
  6. wah, varian baru pepsodent yaa.. pantesan kmrn aku pas belanja bulanan liat pepsodent siwak ini. pengen beli, maju mundur takut gak suka rasanyaa.. huhu..

    tapi setelah baca review ini, ku jadi yakin untuk nyoba juga

    ReplyDelete
  7. wah varian baru ya dari pepsodent, semoga nanti bakal banyak varian baru biar rasa gosok giginya punya sensasi yang berbeda

    ReplyDelete
  8. Wah,,, Pepsodent jg mengeluarkan pasta gigi siwak.
    Saya sudah beberapa kali mencoba produk siwak dr merek lain, jadi pengen nyoba yg Pepsodent punya.

    ReplyDelete
  9. Memang benar kata ustadzah itu, Islam sangat memperhatikan kebersihan. Makanya suka nggak paham sama yg bangga nggak ganti gamis beberapa hari. Padahal kan orang lain yg nyium bau apeknya. Begitu juga dg gigi. Dia ngomong santai aja belum sikat gigi, tapi kan baunya nyembur ke lawan bicara ☹️

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah kalau Pepsodent sudah ada yang mengandung siwak. Pepsodent ini banyak penggemarnya sejak dulu.

    ReplyDelete
  11. Ooh..sekarang ada Pepsodent Siwak ya? Ih..aku penasaran. TFS infonya mba.. *brb nyari deh

    ReplyDelete
  12. Saya belum pernah coba mbak, pepsodent siawak, baru tau malah dr artikel ini. Ada gak ya nanti flavor yg lain seperti pepsodent rasa kopi #ngarep hehehe

    ReplyDelete
  13. Manfaat siwak memang sangat banyak ya.. apalagi untuk kesehatan gigi dan mulut, nah pasta gigi yang mengandung siwak seperti pepsodent ini yang bakal jadi pilihan keluarga indonesia dalam merawat kesehatan gigi dan mulut, ngga mau ah punya gigi berlubang apalagi karang gigi

    ReplyDelete
  14. Wah cocok banget ni pasta giginya ya, menjaga kerusakan gigi yang paling sering, karang gigi dan lubang pada gigi. Semoga kita semua jadi rajin menggosok gigi ya..

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahu mbak manfaat siwak dan juga sekarang pepsodent siwak ada. Manfaat untuk mengurangi gigi berlubang wah keren juga ini mbak, jadi pengen coba buat keluarga.

    ReplyDelete
  16. Wah baru tau pepsoden ada yang dari siwak. Apa karena ga punya,tv jd gak pernah liat iklan wkwkw

    ReplyDelete
  17. Aku juga mulai rutin pakai siwak sejak umroh. Membantu banget buat mengurangi keropos. Apalagi anakku kan banyak yang kata dokter ibu dg banyak anak itu mudah keropos giginya

    ReplyDelete
  18. Wah Pepsodent sekarang juga punya pasta gigi yang ada kandungan siwaknya ya? Nanti aku coba cari ah kalau belanja ke minimarket atau supermarket. Kandungan siwak emang bagus buat kebersihan gigi ya.

    ReplyDelete
  19. Jadi penasaran dengan varian Pepsodent Siwak ini. Tunggu habis dulu yang di rumah nanti mau nyoba ah.

    ReplyDelete
  20. Waaaa sering denger siwak dipakai dri jaman rasulullah dlu.. Skg bisa di apply di produk modern dri pepsodent


    Kerennn. Mau cobainnn

    ReplyDelete
  21. Ya ampun ternyata pepsodent lama juga ya berdirinya. Tahun 1933. Mpo aja belum lahir.

    Pepsodent siwak akan membantu kita menjalankan ibadah dengan mudah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut

    ReplyDelete
  22. Senang banget Pepsodent sudah ada yang versi siwak. Ini pasta gigi sejak saya lahir lho. Hahaha... Semakin canggih teknologi, semakin banyak pemenuhan kebutuhan industri untuk memenuhi harapan manusia ya, termasuk kenyamanan dalam bersuci dengan siwak yang sekaligus Sunnah Rasulullah

    ReplyDelete
  23. Aku baru2 ini beli siwak saking penasarannya mbak, yg kayu siwak itu, hehe. Gegara sakit gigi bbrp hari lalu, deuhh. Alhamdulillah ada Pepsodent Siwak ya, jd ga perlu repot lagi tar. Mau bgt coba. MasyaaAllah ajaran Islam yg sempurna ini ttg kebersihan pun dijaga bener2.

    ReplyDelete
  24. Aku pakai Pepsodent biasa di rumah mbak, bukan yang siwak. Kalau sudah ada Pepsodent Siwak maulah beralih karena kandungan dan manfaatnya banyak.

    ReplyDelete
  25. Aku pakai Pepsodent biasa di rumah mbak, bukan yang siwak. Kalau sudah ada Pepsodent Siwak maulah beralih karena kandungan dan manfaatnya banyak.

    ReplyDelete
  26. Aku baru tau nih ada variant ini. Wajib dicoba deh. Gigiku uda mulai ada yg bolong 😭

    Mau cobain pasta gigi ini siapa tau bisa membantu gigi yg bolong dan karang gigi juga,😊

    ReplyDelete
  27. Senang banget mbak kalau Pepsodent pun saat ini sudah berbahan siwak jadi lebih nyaman apalagi memiliki manfaat untuk mencegah gigi berlubang. Jadi pengen cari di minimarket.

    ReplyDelete
  28. Pepsodent emang sudah terkenal dari dulu ya

    Dan skrg makin inovatif produknya

    ReplyDelete
  29. Manfaat dari kayu siwak banyak ya. Untung sekarang merasakan manfaat siwak juga mudah. Ada pepsodent yang mengandung siwak. Sudah lama aku dan keluarga pakai pepsodent

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah kehadiran pepsodent Siwak ini selain bisa memberikan manfaat dalam kesehatan gigi juga mulut, tapi bisa membantu para anak yatim piatu juga ya

    ReplyDelete
  31. sikat gigi dengan pasta gigi Pepsodent Siwak jadi double manfaatnya ya, buat kesehatan gigi dan mulut juga bisa bantu adik-adik panti asuhan di seluruh Indonesia

    ReplyDelete
  32. Pepsodent siwak, belum pernah coba seh. Dan aku nemuin di supermarket yac jadi penasaran dan mau Coba...

    ReplyDelete
  33. Aku pemakai Pepsodent tapi belum pernah nyobain varian siwak ini. Coba nanti beli ah kalau pasta gigiku udah abis. MasyaAllah gak cuma sekadar beli tapi sekalian kita bisa berdonasi kepada anak2 ini yang butuh bantuan ya

    ReplyDelete
  34. Wah...aku baru tahu ada varian baru dari Pepsodent yang siwak, bagus nih buat keluarga, dan pastinya aman untuk anak-anak. Noted masuk list belanja bulanan nih, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  35. Negara lain aja mengakui khasiatnya Siwak ya Ka. Kayanya sebentar lagi Pepsodent Siwak di import nih hehehe.

    ReplyDelete
  36. Udah beberapa bulan ini aku ganti pasta gigi ke pasta gigi yang ada siwaknya. Dan ternyata enak ya di mulut. Aku baru tau nih pepsodent juga ngeluatib yang siwak. Berarti next belanja bulanan harus coba beli nih.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D