Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Wujudkan Transparansi dan Komunikasi Kepada Masyarakat Mengenai Dampak Sosial dan Lingkungan, Danone Meluncurkan Laporan Keberlanjutan


Assalamu'alaikum, apa kabar hari ini Buibuk? Bahagia-kah? atau penuh drama? 

Hehehe, biasa lah ya, Buibuk suka banyak drama-nya emang. Apalagi kalau sudah banyak to do list yang berantakan, hmmmm, langsung deh berasap ini kepala.

Bicara soal drama, pernah kah Buibuk merasa GEGANA (Gelisah, Galau, Merana) ketika membeli sebuah produk makanan atau minuman.

Dalam hati muncul pertanyaan. Produk ini sebenernya bagus gak sih? Soalnya banyak yang bilang produk ini banyak kandungan gula-nya, pengawetnya, dll.

Atau muncul juga pertanyaan, ini pabriknya ramah lingkungan gak sih? Produk mereka ini kemasan plastiknya gimana? Bisa didaur ulang atau malah bikin sampah lingkungan makin numpuk?

Saya sendiri, sebagai Ibu dan tentunya konsumen berbagai produk penyokong kehidupan saya sehari-hari bersama keluarga, sering bertanya-tanya seperti itu. Apalagi makin kesini, gaya hidup sehat, ramah lingkungan, go green, bijak berplastik makin hidup.



Alhamdulillah, Rabu, 12 Februari 2020 kemarin, bertempat di Pabrik Danone Plant Citeureup, saya bersama Mom Blogger dari Komunitas Mombassador SGM Eksplor, melakukan kunjungan ke Pabrik Danone.

Tujuan kunjungannya sendiri adalah untuk menghadiri peluncuran Laporan Keberlanjutan atau Sustainibility Report Danone Indonesia.

Sebelumnya, biar lebih paham, apa sih Laporan Keberlanjutan atau Sustainability Report itu?

Laporan Keberlanjutan atau Sustainability Report menurut Maria Dian Nurani, Konsultan CSR dan Sustainability Management adalah salah satu bentuk laporan yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mengungkapkan atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik perusahaan secara akuntabel.

Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia meluncurkan Laporan Keberlanjutan atau Sustainability Report Danone Indonesia

Jadi, intinya, Laporan Keberlanjutan ini adalah sebuah laporan yang ditujukan kepada publik, agar publik mengetahui apa saja yang sudah perusahaan lakukan, terutama mengenai dampak lingkungan dan sosial dari perusahaan tersebut.

Laporan Keberlanjutan Danone SN ini merupakan Laporan Kinerja periode 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2018. Danone sendiri berkomitmen akan menerbitkan Laporan Keberlanjutan ini 2 tahun sekali.

Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia, mengatakan bahwa fokus Danone Indonesia adalah kepada peningkatan kesehatan ibu dan anak Indonesia. Danone tidak ingin ada anak Indonesia yang tertinggal karena hanya kurangnya asupan makanan yang bergizi.

Danone mendukung perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah, yang menjadi keahlian Danone sejak berdiri.

Danone berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Menurut Bapak Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia, Laporan Keberlanjutan Danone ini mencakup 6 Pilar Utama dan disusun mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial.

6 Pilar Utama tersebut terdiri atas:

1. Riset dan Inovasi
2. Lingkungan
3. Pemberdayaan Komunitas
4. Kepatuhan
5. Kualitas
6. Karyawan

Danone menginisiasi berbagai program mengacu pada 6 pilar di atas, sesuai dengan misi dari Danone sendiri yakni "One Planet, One Health" 

Connie Ang, Presiden Direktur Danone SN Indonesia mengatakan bahwa, "Kami percaya pada falsafah, apa yang kita ambil dari Bumi, maka harus kita kembalikan kembali ke Bumi. Bumi adalah tempat hidup yang harus kita jaga bersama-sama."

Program Danone SN Indonesia sebagai Wujud Nyata Kontribusi Positif Danone kepada Masyarakat

Bersama anak-anak PAUD Cerdas

Saat Factory Visit ke Pabrik Danone Citeureup kemarin, sebelumnya, Tim Media dan Blogger diajak untuk mengunjungi salah satu PAUD Binaan Danone yaitu PAUD Cerdas.


Pembinaan PAUD ini tentunya sebagai sarana edukasi, terutama bagi anak usia dini, para guru, juga para orang tua mengenai kesehatan dan gizi, juga pentingnya nutrisi agar anak Indonesia tumbuh sehat dan cerdas.

Makan makanan sesuai panduan Isi Piringku

Di PAUD ini, anak-anak diajarkan dan diberikan pembiasaan sejak dini tentang pola hidup sehat sehingga diharapkan hingga mereka dewasa, mereka sudah mengenal dan terbiasa dengan pola hidup yang sehat.



Anak-anak diajarkan pentingnya cuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas menggunakan sabun, serta pemberian pengetahuan tentang "Isi Piringku" agar anak lebih mengetahui makanan apa saja yang wajib mereka konsumsi setiap hari.

Penyerahan kenang-kenangan untuk PAUD Cerdas binaan Danone Indonesia

Duh, senangnya yaa sekolah di PAUD Cerdas ini, anak-anak jadi terbiasa hidup sehat sejak dini.

Jangan lupa diterapkan juga ya di rumah, Buibuk.

Program Danone lainnya adalah:

1. Edukasi Masyarakat tentang Gizi dan  program Kesehatan

Melalui sosialisi Piringku, Rumah Bunda Sehat, Warung Anak Sehat, dan Program Pencegahan Stunting.

Program Pencegahan Stunting dilakukan dengan bekerja sama dengan Pemerintah untuk melakukan penyuluhan mengenai pentingnya pencegahan stunting pada anak.

Danonen bekerja sama dengan Pemerintah/Kementrian Kesehatan, IDAI, Kemendesa, PemKab, BAPPEDA, IBI, dan PPNI.

Setelah melakukan penyuluhan kepada tenaga kesehatan, kemudian dilakukan pendataan dan screening bayi dan balita untuk dilakukan perhitungan dan penyiapan kebutuhan intervensi. 

Setelah itu, dilakukan intervensi gizi, pemantauan, kunjungan ke rumah, kontrol perkembangan setiap 2 minggu, kemudian evaluasi dan pelaporan.

Sosialisasi Isi Piringku

Isi Piringku adalah program pendidikan yang bertujuan untuk mengurangi stunting di Indonesia dengan mempromosikan konsumsi makanan sehat.



Karena menurut penelitian, anak Indonesia masih terancam oleh kondisi stunting atau gagal tumbuh ini.

Danone bekerja sama dengan Fakultas Ekologi Manusia IPB bekerja sama untuk mensosialisasikan program isi piringku.

Dr.Ir. Dwi Hastuti, M.Sc

Dr.Ir.Dwi Hastuti, M.Sc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), IPB, mengatakan, "Kami dari FEMA IPB sangat senang dapat ikut berkolaborasi dalam program-program berkelanjutan, khususnya program edukasi nutrisi yang dilakukan Danone SN dalam upaya peningkatan gizi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah program Isi Piringku."

Pada tahun 2017-2018, lebih dari 700 guru, 7.000 ibu, dan 7.000 anak berpartisipasi dalam program ini. Danone berharap di tahun 2020 ini dapat menjangkau 5,7 juta anak berusia 4-6 tahun.

Warung Anak Sehat

Sebagai upaya mengatasi permasalahan gizi anak Indonesia, bisa dimulai dengan mengubah pola jajan yang lebih sehat, yaitu dengan mengonsumsi jajanan sehat di sekolah.

Anak Indonesia sehat dan cerdas berawal dari gizi yang baik

Warung Anak Sehat atau WAS ini merupakan program pendampingan kepada sekolah untuk mewujudkan anak Indonesia sehat yang dimulai dari sekolah.

Di tahun 2017, program WAS menjangkau 350 sekolah dasar di empat kota besar di Indonesia yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Ambon.

Pada tahun 2018, Danone telah memberdayakan sebanyak 350 wanita di 446 sekolah dan melatih 27.861 anak, 6.122 ibu, 313 guru, dan 350 IWAS atau Ibu Warung Anak Sehat. Hasilnya, 72% IWAS memiliki peningkatan pendapatan lebih dari 50%.

2. Pemberdayaan Sosial Ekonomi

Rumah Tempe

Danone mendirikan Rumah Tempe yaitu program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan di Desa Gendeng, Prambanan, Klaten melalui implementasi program Rumah Srikandi Gendeng di Desa Kemudo Klaten.

Usaha ini dipilih karena tempe adalah pangan lokal bergizi tinggi. Danone memberikan pelatihan dan pendampingan pada usaha lokal ini.

Saat ini, Rumah Tempe berhasil memproduksi 6.000 pak dengan omset Rp. 15.000.000,-


Rumah Srikandi

Yakni program pengembangan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan gizi, lingkungan, serta keuangan mikro.

Kegiatannya bervariasi, dari plot pertanian demo, pinjaman koperasi, program pengayaan sekolah, bahkan kewirausahaan. Hingga tahun 2018, ada 6 proyek Rumah Srikandi yang aktif berjalan di Jawa Tengah.

3. Pendidikan

Taman Pintar

Taman Pintar berlokasi di Yogyakarta yang dikembangkan sebagai sarana edukasi dan rekreasi.

Di taman ini, dilakukan atraksi untuk hiburan, kelas edukasi untuk para ibu tentang pentingnya gizi dan nutrisi serta mengenai parenting, serta terdapat beragam permainan untuk mengasah psikologis anak.

Sejauh ini, lebih dari 25.000 ibu dan anak telah menghadiri kelas tersebut.

Program lainnya diantaranya adalah Proyek Merapi, Duta 1.000 Pelangi, dan Bantuan Kemanusiaan Gempa Palu-Sigi dan Donggala.

Karyawan Danone Indonesia

Danone juga memberikan dukungan terhadap ASI Ekslusif, sehingga memberikan cuti melahirkan selama 6 bulan bagi karyawan perempuan, dan 10 hari kepada suami yang istrinya melahirkan.
Pengembangan Produk

Danone sedang melakukan transisi menuju circular economy dan memiliki tujuan pada tahun 2025 Danone dapat mewujudkan 100% produk penggunaan kemasan dari bahan yang bisa didaur ulang.

Hingga saat ini, perkembangan yang Danone lakukan adalah:

1. Bahan kemasan untuk semua produk dapat didaur ulang 100%

2. Kotak lipat dapat didaur ulang 100%

3. Bahan kaleng dapat didaur ulang 100% 

4. Aluminium foil masih digunakan, sementara pengganti yang sesuai masih dicari

5. Logo daur ulang di setiap kemasan


6. Logo guna ulang di setiap kemasan, kecuali aluminium foil

Kontrol Emisi dan Konsumsi Energi

Danone menyadari bahwa proses produksi akan berpotensi mengahasilkan emisi ke lingkungan sekitar. 

Maka dari itu, Danone berusaha mengurangi emisi dan penggunaan energi, yaitu dengan cara melakukan audit energi, optimasi blow down pada boiler, mengatasi kebocoran udara yang terkompresi dan mengganti Strean Tap yang sudah bocor, penggunaan lampur LED di lingkungan pabrik dan sebagainya.

Selama ini, hasil pengukuran kualitas emisi udara selalu berada jauh dibawah batas yang ditentukan oleh pemerintah.


Pengelolaan Air dan Limbah

Pada tahun 2018, Danone berusaha mengurangi konsumsi sebesar 3% sebagai hasil komitmen dalam menjaga dan mengahargai pentingnya air.

Upaya yang dilakukan adalah memasang mesin kompresor resirkulasi air di setiap unit produksi, penggunaan air hujan, optimalisasi CIP, dan berbagai inisiatif dalam menggunakan air kembali.

Untuk limbah produksi, ada dua titik akhir pembuangan yakni Sungai Gadjah Wong dan Sungai Deleran.

Sebagai bentuk tanggung jawab Danone, Danone melakukan pengolahan limbah dengan cara aerob dan anaerob pada instalasi pengolahan air limbah.

Air limbah secara berkala diaudit bahwa kualitasnya telah sesuai standar kualitas yang ada sebelum dialirkan ke sungai.


Pada tahun 2018, kualitas air limbah masih aman dan jauh dari ambang batas yang ditetapkan.


***

Wah, kalau saya jelaskan semuanya, masih banyak sekali program berkelanjutan yang telah dibuat oleh Danone.

Ini dia Laporan Keberlanjutan Danone Indonesia

Jika ingin mengunduh dan mengetahui lebih jauh apa saja program berkelanjutan Danone, bisa membuka website 

https://www.sarihusada.co.id/Tentang-Kami
atau https://nutricia.co.id/tentang-kami/


Telah banyak yang dilakukan oleh Danone sebagai bentuk tanggung jawab terhadap dampak sosial dan lingkungan. Semoga Danone kedepannya makin bisa berkolaborasi dengan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan terutama anak Indonesia yaa.

Mom Blogger dari Komunitas Mombassador SGM Eksplor

Saya sebagai masyarakat dan juga konsumen, sangat mengapresiasi Laporan Keberlanjutan yang diluncurkan oleh Danone Indonesia. Semoga semangat "One Planet, One Health" Danone menjadi semangat untuk kebaikan kita bersama.

Ada yang pernah berkolaborasi bersama Danone pada program kesehatan atau sosial? 

Share yuk!




42 comments

  1. Wah..keren ya program dari Danone. Sumbangsih buat karyawan dan masyarakat.

    ReplyDelete
  2. Senangnya bisa menikmati kunjungan ini mba. Trus liat juga secara langsung ya bagaimana sosialisasi yang dilakukan Danone. smoga bisa ikutan kegiatan danone berkelanjutan yang seru banget ini

    ReplyDelete
  3. Perusahaan apalagi yg besar memang ditunuggu banget kiprah csr-nya.

    Ga usah perusahaan, kita bisa bantu orang lain aja rasanya udah senang dan puas krn merasa berguna buat orang banyak.

    ReplyDelete
  4. Semoga program danone ini dapat dicontoh ikuti company2 besar lainnya. Program yang melibatkan masyarakat dan untuk maayarakat

    ReplyDelete
  5. Wah, hebat ya ada Warung Anak Sehat. Kita sebagai orangtua jadi ga terlalu was2 memikrikan jajan anak2 yg liar kurang jelas bahan dan cara membuatnya :) Pengolahan limbah dari sampah juga sudah terencana ya. Itu Sungai Gajah Wong kan melewati Museum Affandi di Jogja ya, mb Tetty?

    ReplyDelete
  6. Perasaan program Danone itu keren-keren semua ya, benar-benar berkontribusi secara langsung dan positif buat para masyarakat.

    ReplyDelete
  7. Semoga kampanya done trs berlanjut ya Dan Sosialisasi Isi Piringku yg mrupakn pogram untuk mengurangi stunting di Indonesia bisa diterapkan sehari2 dlm masyarakat kita

    ReplyDelete
  8. Hoo, jadi Laporan Keberlanjutan ini adalah sebuah laporan yang ditujukan kepada publik, agar publik mengetahui apa saja yang sudah perusahaan lakukan, terutama mengenai dampak lingkungan dan sosial dari perusahaan tersebut.

    Bagus ya, dibuat open supaya publik bisa paham dan trust-nya meningkat.

    Semoga semua program Danone terlaksana dengan baik dan sukses.

    ReplyDelete
  9. "One Planet, One Health" Danone the best, bagaimana menjaga bumi dan seluruh isinya.


    ReplyDelete
  10. Ini danone programnya bagus2 ya. Terutama untuk pendidikan dan anak. Sampai ada laporan keberlanjutan programnya. Jadi masyarakat bisa tahu hasil kerja Danone selama setahun. Kereen..lanjutkan.

    ReplyDelete
  11. baru tau ternyata program csr nya danone indonesia sebanyak itu. Gak cuma menyasar desa2, tapi pendidikan anak usia dini juga diperhatikan. Kereeen

    ReplyDelete
  12. Suka banget sama program yang dibuat oleh Danone ini. Semoga semakin memberikan dampak yang positif untuk banyak anak-anak di Indonesia :)

    ReplyDelete
  13. Kupikir Danone hanya memikirkan bisnis dan ekonomi, ternyata segala aspek didukung ya, seneng ih liat anak-anak PAUD happy banget

    ReplyDelete
  14. Programnya keren2 ya teh. Semoga bisa terus berjalan ya.

    ReplyDelete
  15. Dan kita semakin aware sebagai mamak2 tentang nutrisi

    ReplyDelete
  16. Sekarang semakin banyak masyarakat yang kritis dengan isu lingkungan. Sampai ekmasan suatu produk pun semakin diperhatikan apakah ramah lingkungan atau tidak. Jadi memang siap-siap aja deh perusahaan yang gak peduli dengan lingkungan akan mendapatkan kritik dari masyarakat. Untungnya Danone peduli akan hal itu ya

    ReplyDelete
  17. Salut deh kalau brand ternama seperti Danone begini, peduli sama kehidupan masyarakat sekitar. Bukan cuma memberikan produk tapi juga edukasi yaaa....

    ReplyDelete
  18. Perjalanan panjang buat kita ya kemarin hahaha. Pokoknya aku senang deh ke pabrik Danone dan ke PAUD binaannya. Cakep ya PAUDnya bisa buat pepotoan anak

    ReplyDelete
  19. Mbak, akhirnya aku ketemu lagi sama blog mbak. Gak nyangka loh. Aku pas SMA suka bacain blog mbak soal IRT gitu.
    Btw, aku baru tahu belakangan ini kalo Danone juga ada program macam ini. Semoga programnya bisa bertahan lama.

    ReplyDelete
  20. Senangnya bisa turut menjadi saksi kebermanfaatan Danone untuk kesejahteraan sosial dan lingkungan.
    Semoga Danone bisa makin meluas kebaikannya.

    ReplyDelete
  21. Keren ya program-program Danone ini. Concern banget deh Danone sama kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Salut juga dengan program cuti melahirkan bagi perempuan dan suaminya. Patut diikuti korporat lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya, semoga semakin banyak deh PAUD, sekolah, dan desa yang mendapat program dari Danone. :)

      Delete
  22. Danone keren yah, selalu hadir untuk mengedukasi. Semoga makin banyak lagi perusahaan yang melakukan hal yang sama.

    ReplyDelete
  23. Wah paling menyenangkan bisa tour the factory tuh jd nambah wawasan bangwt soalnya ya..

    ReplyDelete
  24. Wah, beruntungnya Mbak bisa ikut kunjungan ke pabrik Danone.
    Programnya yang fokus kepada peningkatan kesehatan ibu dan anak Indonesia patut kita apresiasi. Semoga programnya terus berlanjut ya...

    ReplyDelete
  25. Kalau ada sosialisasi isi piringku jadi reminder buat diri sendiri, daku udah sesuai belum ya isi piringnya. Mungkin ada yang berat sebelah alias nggak imbang 😀

    ReplyDelete
  26. keren banget danone.. "One Planet, One Health" .. suka dengan semangat ini

    ReplyDelete
  27. Danone hebat ya, memikirkan segala dampak sosial dan lingkungan dnegan teliti. DItambah lagi transparansi dalam memberikan laporan.

    btw
    Mbak, tulisannya ketutup iklan dan gak bisa dihilangin, jadi bacanya agak susah bagian atas :(.

    ReplyDelete
  28. Aku bangga banget loh ini sama Danone SN Indonesia, karena selain memproduksi air mineral dan susu. Mereka juga memperhatikan masyarakat sekitarnya. Terutama dengan membuat PAUD, ini merupakan langkahnya untuk memerangi stunting.

    ReplyDelete
  29. Danone emang salah satu perusahaan yang keren banget dia ya Mba
    memerhatikan lingkungan dan segala hal jadi seneng banget
    pantes berkembangnya cepet ya mba programnya keren gini

    ReplyDelete
  30. blm semua kalangan masyarakat tau tentang banyak nya program yang dibuat buat kemajuan kesehatan gizi anak indonesia. semoga bisa lbh bnyk lagi acara kaya gini, biar pengetahuan akan gizi penting lbh merata

    ReplyDelete
  31. seru banget mbak eventnya dapet pengetahuan langsung dari expert, semoga makin banyak nih program2 semacam ini

    ReplyDelete
  32. Wah Danone ini istimewa ya ty jadi mau langsung turun mengedukasi masyarakat ada nilai tambah untuk masyarakat sendiri menjadi lebih paham tentang gizi dari isi piringku juga. Pengen deh dapat ilmu juga tentang stunting 🤗

    ReplyDelete
  33. Wah ternyata banyak yaa program2 Danone berkaitan dengan kesehatan dan anak. Semoga ke depannya Danone Makin knovatii dan Terus berkelanjutan program2 nua.

    ReplyDelete
  34. Mengedukasi masyarakat tengan gizi pada anaknya memang penting ya mom. Ini acaranya seru sekali bisa berkeliling dan meihat langsung. Program Danoone memang banyak yang bagus dan mengulas seputar anak dan keluarga.

    ReplyDelete
  35. Danone ini perusahaan yang sudah cukup lama berdiri, kesuksesannya bukan sekedar dari kualitas produknya, ternyata kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan juga dijalani. Karena itulah selalu dipercayakan sejak dulu.

    ReplyDelete
  36. Seneng sekali danone sebagai perusahan makanan dan minuman terbesar di Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, apalagi dalam hal gizi dan nutrisi kepada anak anak paud, karena ditangan mereka masa depan negara ini akan dilanjutkan.

    ReplyDelete
  37. setelah berkunjung ke pabriknya, aku udah yakin banget dengan produknya terutama susu yang diminum oleh anak-anakku, udah pasti yang terbaik dari Danone

    ReplyDelete
  38. Danone Indonesia memang keren yah, karena masyarakat diberikan kesempatan untuk mengakses semua hal yang sudah dilakukan untuk memberikan produk nutrisi yang terbaik untuk semua ibu dan anak Indonesia. Semoga makin banyak perusahaan yang mau berbagi informasi melalui Laporan Keberlanjutan seperti Danone Specilized Nutrition Indonesia ini

    ReplyDelete
  39. Keren euy. Ada rumah tempe, rumah srikandi dan program lain.

    ReplyDelete
  40. Wah keren acaranya mba. Banyak informasi menarik yang didapatkan. Danone emang selalu kece

    ReplyDelete
  41. 6 Pilar Utama yang dikembangkan Danone yang meliputi Riset dan Inovasi, Lingkungan, Pemberdayaan Komunitas, Kepatuhan, Kualitas dan Karyawan memperlihatkan bahwa Danone memang peduli terhadap isu-isu tersebut.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D