5 Tren Visual Instagram 2020 yang Wajib Kamu Coba, Supaya Makin Hits!

| On
July 28, 2020

Dunia digital sudah menjadi bagian dari hidup kita. Internet sudah menjadi sebuah ruang hidup kita yang baru. Kalau dulu kita mencari hiburan atau entertainment via televisi atau radio, sekarang zamannya nonton streaming, video streaming, streaming musik menggunakan internet.

Salah satu bagian dari dunia digital kita saat ini adalah media sosial. Media sosial sudah menjadi bagian dari hidup kita setiap saat. Hampir semua orang menjalani setengah hidupnya melalui media sosial, apalagi para Generasi Millenial dan generasi setelahnya yakni Generasi Z.

Millenials dan Z bahkan tengah hidup dan mencari rezeki dalam industri digital salah satunya dunia Media Sosial.

Media Sosial yang cukup menjadi sorotan dan tetap eksis hingga hari ini adalah Instagram.

Sekitar 61 juta orang pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia tercatat pada November 2019. Hal ini tentunya menjadi data yang sangat strategis bagi para pegiat Media Sosial.

Di tahun 2020 ini, Instagram memiliki beberapa tren tertentu. Baik yang saya amati secara langsung maupun hasil bacaan dari beberapa media online.

Tren ini tentunya akan lebih memaksimalkan penggunaan akun Instagram kita, baik dari sisi kualitas konten yang disenangi publik atau pun untuk menambah jumlah follower.

Berikut adalah 5 tren Instagram di tahun 2020 yang saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Tone yang Pucat dan Dramatis

Akun @marischkaprue

Beberapa waktu yang lalu, mulai booming beberapa aplikasi yang bisa membuat warna atau tone sebuah foto menjadi berbeda.

Jika dilihat, pada beberapa orang yang sudah menggunakannya, maka Feed Instagram lebih terlihat pucat namun lebih dramatis, sehingga mengundang orang untuk memberikan 'like/love' atau bahkan memfollow akun tersebut.

Tone warna pucat dan dramatis ini masih hits lho sampai sekarang, banyak sekali selebrity ataupun selebgram yang menggunakan filter warna pucat dan dramatis untuk meretouch unggahan foto mereka di Feed Instagram.

2. Street Photography

Akun @tantrinamirah

Monoton dengan konsep foto berada di alam, pantai, savana, dan lain sebagainya, Street Photography pun kembali muncul.

Kreativitas untuk menjadikan jalanan atau lokasi di pinggir jalan yang terkesan B aja alias biasa-biasa saja ini, menjadi daya tarik tersendiri.

Beberapa akun selebgram, blogger atau influencer juga mulai menggunakan Street Photography untuk menghias Feed Instagram mereka.

Jika berhasil 'menyulap' jalanan kota yang tadinya tidak menarik dan monoton menjadi karya foto yang unik, maka bersiaplah kebanjiran follower.

3. Green Living

Akun @weddewi

Sebelum adanya wabah virus corona yang menyebabkan kita mesti bekerja dari dalam rumah, tren ini sudah diprediksi akan muncul lagi lho gaes.

Tren Green Lifestyle atau pola hidup ramah lingkungan akan kembali bersinar di tahun 2020 ini.

Ditambah dengan keadaan yang menyebabkan kita semua harusdi rumah aja, semakin memicu untuk melakukan pola hidup ramah lingkungan seperti kembali memilah sampah organik dan non organik, menanam tanaman hias ataupun bahan pangan, melakukan pola hidup minimalis dan minim sampah, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin menebar dan memberikan inspirasi seputar gaya hidup ramah lingkungan atau Go Green, inilah saatnya kamu memaksimalkan penggunaan akun Instagram yang kamu miliki.

4. Clean Look

Akun @ayudiac

Foto minimalis, simple, serba putih atau monokrom juga menjadi tren visual Instagram di tahun ini lho.

Akun instagram dengan tema food, lifestyle, health, sangat bisa memanfaatkan tren visual instagram yang sederhana dan clean ini untuk membuat tampilan instagram lebih memikat para pengunjung dan follower.

Properti dan teknik fotografi yang digunakan pun tidak terlalu sulit, asalkan kita rajin untuk bereksplorasi dalam menggunakan properti dan teknik fotografi sederhana.

5. Micro Blogging

Akun @riopurbaid

Ini dia yang sedang hits di tahun 2020, Micro Blogging atau menggunakan fitur slide yang dimiliki instagram untuk mengunggah foto.

Fitur slide ini bisa digunakan untuk melakukan Micro Blogging, yaitu menuliskan ide, cerita, informasi, inspirasi dengan desain visual yang menarik menggunakan tampilan slide.

Konon katanya, tampilan ini sedang digandrungi oleh para penikmat visual di Instagram. Karena dengan cara ini, pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh audience, tidak membuat bosan, dan lebih menarik untuk disimak dari pada membaca caption yang sangat panjang.

Saat ini, saya sedang mencoba memaksimalkan 5 tren visual instagram di tahun 2020 yang sudah saya bahas di atas.

Salah satunya adalah merapikan tone Instagran Feed dengan menggunakan VSCO.


Yuk download VSCO

Saya memiliki banyak aplikasi editing foto di gadget saya, tapi saya memilih VSCO karena filternya mudah digunakan disesuaikan kembali apabila foto awal terlalu gelap atau terlalu terang.

Aplikasi VSCO ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak sekali filter untuk foto yang kekinian. Dan dengan satu kali sentuhan, foto untuk Instagram Feed menjadi sangat cantik dan sesuai dengan keinginan saya.



Senang rasanya saya gak perlu ribet pakai laptop untuk mendesai kebutuhan visual Instagram, apalagi dengan kondisi 3 anak laki-laki tanpa Asisten Rumah Tangga pula, saya butuh sekali aplikasi yang tinggal tap dan voila! Foto untuk Instagram jadi awesome.





Untuk beli aplikasi di Google Play Store, saya malas membeli vouchernya di Mini Market, karena kalau ke Mini Market saya harus bawa anak-anak, dan mereka ini jajannya banyaakkk. Kenapa sih harus beli? Soalnya dengan pakai premium, fiturnya lebih lengkap, bisa banyak pilihannya.

Yah, rugi deh kalo gini, uangnya malah buat jajan. Wkwkwk.

Sekarang saya lebih memilih menggunakan Gopay saja untuk beli aplikasi di Google Play Store. Alhamdulillah beberapa pekerjaan saya sebagai Blogger juga dibayar via Gopay, jadi udah deh lancar dan super praktis tinggal klik pakai Gopay.


Langganan mudah tinggal klik pakai Gopay

Saran saya, buat Ibu Rumah Tangga yang memang bekerja di dunia maya dan sosial media, dari pada ribet keluar rumah plus bawa anak yang suka jajan, udah paling betul pakai GoPay. Karena sangat mudah digunakan dan tentunya demi penghematan ya, Buibuk. So, beli aplikasi di Google Play lebih murah, ya pakai GoPay aja!

*teteup yaa

Bagaimana cara mengaktifkan GoPay sebagai salah satu cara pembayaran di Google Play?

1. Masuk ke Google Play dan pilih menu 'Metode Pembayaran"




2. Pilih 'Tambahkan GoPay' sebagai metode pembayaran




3. Klik 'Lanjut'




4. Masukkan PIN GoPay atau Pasang PIN GoPay jika belum terpasang




5. Yeay! GoPay kamu sudah terpasang




6. Selanjutnya, kamu tinggal buka aplikasi dan klik "langganan"



Kalau kamu belum bisa menambahkan metode pembayaran GoPay untuk beli aplikasi di Google Play, jangan lupa update terlebih dahulu fitur GoPay kamu di aplikasi GoJek ya.

Mudah kan pakai GoPay buat bayar berlangganan VSCO?

Sejauh ini sih saya puas dengan aplikasi VSCO, filternya cukup banyak dan beragam. Dan penggunaannya juga sangaaaat mudah.



Pakai GoPay juga banyak untungnya, lho. Bagaimana tidak, untuk semua pengguna GoPay lagi ada promo Google Play MIDNIGHT SALE, promo ini akan kasih kamu cashback 100% selama 22 Juli - 2 Agustus 2020. Untuk promo VSCO langsung klik link di sini. Kalau mau berlangganan aplikasi dan games dengan GoPay dan mau tahu promo-promonya, langsung aja klik link ini.

Ada yang udah mulai 'bebenah' akun Instagram supaya lebih hits di tahun 2020 ini? atau udah ada yang coba aplikasi VSCO?

Sharing yuk, di kolom komentar!
20 comments on "5 Tren Visual Instagram 2020 yang Wajib Kamu Coba, Supaya Makin Hits!"
  1. baru nyoba bikin microblog dan engagement-nya jadi berlipat-lipat :D

    ReplyDelete
  2. Oalaaah ternyata VSCO rahasianya kirain Snapseed, hehe. Aku malah pengen langganan Canva

    ReplyDelete
  3. Waahh, tipsnya mantuuulll
    asik dong ya, bisa bayar pakai GoPay
    makin praktis bangeett

    ReplyDelete
  4. Waah keren-keren feed IG di atas ya. Tapi saya melihat ada yang menganggap karena micro blogging trend maka sebaiknya semua orang melakukannya ... apa iya ya?

    Btw mudah banget ya sekarang untuk fitur premium bisa dibeli dengan GoPay.

    ReplyDelete
  5. Bagus-bagus semua visualnya. Saya jadi pengen cobain pakai VSCO lagi. Selama ini suka pakai Snapseed

    ReplyDelete
  6. Yang trendntrend satu, saya pernah coba, tapi pakai preset. Eh saya malah ga suka. Feed selanjutnya, saya balikin ke normal, malah saya naikin saturasinya
    Ternyata saya lebih suka warna asli. Hijau ya hijau jelas. Merah ya merah nyata. Karena saya nyaman itu, ya saya gunakan itu.

    Gak tren? Ga apa, saya kena udah merdeka. Saya ga mau dijajah oleh sesuatu yg jadi trend, hehehe...

    ReplyDelete
  7. Wah terima kasih infonya ttg 5 hal yg sedang tren di Instagram. Saya ingin juga mencoba menerapkan salah satunya..

    ReplyDelete
  8. instagram tu peer banget mbak :) saya nggak tiap hari ngepost :) buka IG juga bisa 2-3 hari baru buka hahahaa tapi seneng sih liat temen2 feed nya rapi banget, sampe ada yang pake 1 tone buat semua fotonya

    ReplyDelete
  9. Tone pastel sempat merajalela, akhir-akhir ini orang cenderung menyukai warna nude sampe brand lipstik aja ngeluarin warna pucet, hehe

    Sampe hari ini saya belum berhasil menyeimbangkan warna feed mbak. Bukan gak mau belajar, tapi mata saya lebih suka warna tajem. Suka dengan gonjreng-gonjreng

    ReplyDelete
  10. Suka banget liatin IG nya temen-temen blogger yang manis dan feednya teratur.
    Gak asal foto, edit tipis-tipis, aplot.
    Rasanya memang mengganggu kalau berantakan yaa...
    Pakai VSCO dan langganan, ini uda yang paling praktis untuk mengatur feed agar terlihat lebih ciamik.

    ReplyDelete
  11. Keren nih mbak...bisa dicontoh...secara saya masih belum bisa menciptakan gambar2 yang menarik saat posting di instagram...akhirnya yang like sedikit follower pun tak nambah-nambah. Terimakasih sharingnya nanti saya coba untuk mengaplikasikannya di akun instagram saya.

    ReplyDelete
  12. Saya juga pakai gopay untuk beli aplikasi premium. Misalnya aplikasi editor foto adobe lightroom dan canva premium.

    ReplyDelete
  13. Hehe bagus-bagus ya presetnya dan ga tau kenapa saya masih belum tertarik wkwkw. Oh ya thank you sharingnya kak mengenai VSCO, jadi pengen coba hehe biasanya aku pakai pictart atau lightroom aja.

    ReplyDelete
  14. Beli layanan vsco itu tahunan ya ternyata..

    Dulu pernah sih bbrp kali make vsco yg versi gratisnya, tapi karena udh lama banget gak maen Instagram jadi aku uninstall lagi.
    Mgkn taun depan akun IG mau diaktifin lagi, boleh deh pake vsco :D

    ReplyDelete
  15. Aku juga kalau edit-edit pakai bantuan VSCO juga. Sangat terbantu sih memang dengan aplikasi kayak gini dan jadi tambah kreatif pengen nyoba terus

    ReplyDelete
  16. Jadi cantik ya feednya kalau pake preset yang sama gitu untuk semua postingan. Tapi aku lebih suka edit masih sama dengan aslinya mba, palingan cuma diedit warnanya aja.

    ReplyDelete
  17. Aku pakai VSCO ma Lr sih sekarang ceu, ya sesuai ma kebutuhan ajalah hihihi... Udah mulai bebenah tone dari tahun kemarin sekarang tinggal copas aja tonenya. PRnya adalah jarang upload hahahhaa

    ReplyDelete
  18. Aku suka pakai cahaya alami jd sebisa mungkin hindari pengeditan hehe. Tapi kalaui terpaksa banget edit krn cahaya buruk ya paling terangin gtu potonya hehe. Aku pakai bbrp aplikasi editing jg tp msh yg gretongan xixixi. Ternyata udah bisa beli bayar pakai gopay yaa

    ReplyDelete
  19. Mau coba microblogging
    Aku jadi buat akun baru
    Hehehe semoga banyak yang baca

    ReplyDelete
  20. Saya sekarang sering banget lihat orang bukan postingan micro blog. Emang bener sih jadi enak lihatnya dan kita bisa dapat informasi tanpa perlu baca berlama2. Terus visual ya juga menarik

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D