Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Pentingnya Edukasi Menyusui Dengan 3S, Agar Tak Gagal Memberi ASI




“Mothers and babies form an inseparable biological and social unit; the health and nutrition of one group cannot be divorced from the health and nutrition of the other.”

-World Health Organization

Halo pembaca semua 

Assalamu’alaikum. 

Hari ini saya ingin mengucapkan selamat merayakan World Breastfeeding Week 2020 untuk semua ibu menyusui di seluruh dunia. Selamat menjadi pejuang ASI demi memberikan yang terbaik untuk buah hati.

Menyusui adalah hal yang wajar ketika seorang ibu melahirkan, karena manusia memang diberikan naluri alamiah untuk menyusui bayinya melalui payudara ibu. Menyusui adalah aktivitas alamiah  untuk bisa memberikan makanan dan nutrisi alami untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun.

Namun, apakah semua Ibu bisa langsung LANCAR MENYUSUI bayi dengan sendirinya?

Jawabannya adalah TIDAK.

Saya memiliki pengalaman ketika menyusui bayi saya yang pertama.

Kegagalan Itu adalah Buah KETIDAKTAHUAN

Saya pernah bercerita di blog ini, kalau saya gagal memberikan ASI ekslusif ketika bayi saya baru lahir. Bayi saya terpapar susu formula sejak lahir hingga berusia sekitar 2 minggu. Saat itu penyebab utamanya adalah ASI saya belum keluar.


Saat Kifah bayi, ia gagal mendapatkan ASI ekslusif di hari pertama kelahirannya hingga akhirnya mengalami alergi protein susu sapi, pipinya nampak ruam kemerahan yang merupakan gejala alergi protein susu sapi

ASI saya saat itu masih sangat sedikit, berwarna kuning keruh dan tidak bisa keluar (tersumbat), payudara saya saat itu mengalami pembengkakan yang cukup parah, dan membuat saya justru stres dan ‘menyerah’ untuk menyusui bayi.

Saya kira, tenaga kesehatan akan memberikan panduan cara menyusui bayi diawal kelahiran, tapi nyatanya tidak. Sejak saat itu saya sangat menyesal, kenapa tidak dari awal kehamilan memberdayakan dan mengedukasi diri seputar ilmu dan informasi memberikan ASI dengan baik dan benar.

Prinsip saya saat itu “Gimana nanti aja” padahal harusnya kan diubah jadi “Nanti, gimana?” Agar saya bisa belajar banyak persiapan sebelumnya. Dan sungguh saya menyesal tidak belajar seputar pemberian ASI, bayi pertama saya terpapar susu formula, dan akhirnya menderita alergi protein susu sapi hingga sekarang.


Bertekad Berubah pada Persalinan Kedua


Foto Aldebaran bayi, alhamdulillah tekad memberikan ASI ekslusif pada anak kedua terlaksana dengan baik

Persalinan pertama saya jelas-jelas membuat saya ‘Trauma’ dan kapok karena tidak mau belajar  seputar pemberian ASI Ekslusif. Kemudian saya lebih banyak belajar dan mengikuti seminar atau talkshow seputar pemberian ASI ekslusif baik itu kelas online maupun offline.

Saya masih ingat, saat hamil anak kedua, yang saya cita-citakan untuk dibeli pertama kali adalah pompa ASI yang terbaik dan direkomendasikan oleh banyak orang. Gak apa-apa tabungan terkuras, yang penting tekad saya untuk memberikan ASI Ekslusif pada persalinan kedua nanti terlaksana.

Selain itu, tentunya ilmu dan informasi yang saya dapatkan seputar pemberian ASI ekslusif untuk bayi pun saya terapkan. Seperti posisi menyusui yang benar, perlekatannya seperti apa, bagaimana melihat atau mengamati bayi yang sedang lapar dan saatnya disusui, bagaimana memperlakukan bayi setelah disusui, dan bagaimana mengatasi payudara bengkak, puting lecet, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah, pada persalinan kedua semua cita-cita saya terlaksana. Karena sudah well prepared untuk memberikan ASI ekslusif, bayi kedua saya Aldebaran berhasil mendapatkan ASI ekslusif pada awal kelahirannya hingga berusia 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun.

Dari sini saya selalu memberikan saran dan nasehat untuk new mom, yang baru hamil pertama kali, jangan lupa BELAJAR, BELAJAR, dan BELAJAR mengenai tata cara memberikan ASI Ekslusif. Jangan sampai panik saat setelah persalinan, menyerah pada susu formula, dan akhirnya benar-benar menyesal.

Apa Saja Kandungan yang Ada di Dalam ASI?

1.Air 

ASI mengandung air sebanyak 87,5 %. Maka dari itu, pada periode 6 bulan pertama kehidupan bayi, bayi tidak perlu diberikan makanan atau minuman lain, kecuali dalam keadaan medis tertentu. Misal harus minum obat, dll.

2.Kolostrum

Kolostrum merupakan ASI yang pertama kali keluar pada hari ke-1 sampai ke-5 kelahiran bayi. Kolostrum yang berwarna kekuningan ini mengandung immunoglobulin A yang tinggi, jadi sangat penting menyusui bayi diawal kelahiran.

3.Karbohidrat

Karbohidrat yang ada di dalam ASI adalah Laktosa. Laktosa berfungsi sebagai energi untuk otak.

4.Protein

Protein yang terkandung dalam ASI adalah whey dan kasein. Kandungan whey pada ASI lebih tinggi dari susu formula. 

Di dalam ASI juga terkandung asam amino taurin yang penting bagi pertumbuhan otak. Terdapat pula Nukleotida yang berfungsi untuk perkembangan usus.

5.Lemak

Lemak pada ASI berfungsi untuk pertumbuhan otak. ASI kaya akan omega 3 dan omega 6. ASI juga mengandung zat penting untuk otak yakni DHA dan ARA.

6.Karnitin

Karnitin yang terdapat dalam ASI memiliki manfaat untuk proses pembentukan energi. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan metabolisme tubuh.

7.Vitamin dan Mineral

ASI kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin E diperlukan untuk ketahanan sel darah merah dan Vitamin A berfungsi untuk kekebalan tubuh dan pertumbuhan si kecil.


Terdapat pula asam folat, vitamin B, C, kalsium dan juga zinc yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta metabolisme tubuh.



Seperti Apa ASI yang Berkualitas Itu?



Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa ASI adalah adalah satu-satunya nutrisi ideal untuk 6 bulan kehidupan pertama bayi.

ASI Ekslusif dapat melindungi bayi di masa depan seputar masalah gangguan kesehatan seperti diabetes, obesitas, asma, dll.

Selain itu, pemberian ASI pada awal kelahiran bayi juga membantu rahim berkontraksi dan perdarahan lebih cepat berhenti selepas persalinan.

Lalu, bagaimana ciri ASI berkualitas itu? Setidaknya ada 6 ciri ASI berkualitas, yakni:

1.Warna ASI putih kekuningan

Warna ASI yang berkualitas adalah yang berwarna kekuningan atau putih pucat. Hal ini bergantung juga dari berapa lama ibu telah menyusui. Jika warna ASI berubah, menjadi pink misalnya, bisa jadi ASI terkontaminasi oleh darah puting yang terluka. Ada baiknya segera konsultasikan ke dokter.

2.Baunya seperti susu sapi

ASI yang baik dan berkualitas biasanya berbau seperti susu sapi tetapi lebih lembut dan lebih manis. Jika bayi sering menyusu, maka itu adalah pertanda yang sangat baik. Biasanya bayi menyusui hingga 8-12 kali sehari.

Bahkan menurut ilmu yang saya dapatkan seputar pemberian ASI, ‘susuilah bayi semau bayi’ Yaps, biasanya saya menyusui bayi benar-benar sesuai keinginan sang bayi, karena bisa jadi akan ada bayi masuk pada masa ‘Growth Spurt’ dimana bayi menyusui jadi lebih sering dan pertumbuhannya akan jauh lebih melesat.

3.Rasa ASI berkualitas

ASI yang berkualitas memiliki rasa yang enak dan disukai oleh bayi. Penggambaran rasa ASI yang cukup populer adalah seperti “susu almond”. Bayi akan sering menyusui jika rasa ASInya mereka sukai dan rasa ASI setiap harinya juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

4.Grafik kenaikan berat badan bayi baik
Saat Aldebaran berusia 3 bulan, grafik pertumbuhan BB-nya terus meningkat dengan baik

Tanda ASI berkualitas lainnya biasanya bisa dilihat dari kenaikan berat badan bayi. Bayi yang mendapatkan ASI berkualitas biasanya memiliki kenaikan berat badan yang cukup signifikan setiap bulannya. Saya pun merasakannya, ketika menyusui bayi ekslusif diusia 6 bulan pertama, wow bayi saya montok-montok sekali, alhamdulillah.

5.Bayi tidur dengan nyenyak


Aldebaran saat bayi selalu tidur pulas setelah menyusui

Ciri lainnya mengenai ASI yang berkualitas bisa dilihat dari kualitas tidur bayi. Jika bayi tidur dengan nyenyak, bisa dikatakan bayi sudah mendapatkan ASI yang berkualitas, karena biasanya bayi yang sudah kenyang disusui akan tertidur dengan lebih pulas.

6.Bayi sering buang air kecil

Bayi yang mendapatkan ASI berkualitas bisa ditandai juga dengan volume buang air kecil (BAK) yang cukup sering. Biasanya hingga 6x sehari dengan urine yang berwarna kuning jernih.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ASI merupakan asupan nutrisi untuk Bayi, tidak bisa tergantikan oleh apapun. 

ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, dan apa yang menjadi ASUPAN ibu menyusui menjadi penentu KUALITAS ASI yang dihasilkan.

Nah, mari kita garis bawahi ya, bahwa asupan ini sangat penting bagi ibu menyusui karena asupan nutrisi/makanan ibu menyusui lah yang menjadi penentu kualitas ASI yang dihasilkan untuk bayi.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, salah satu ciri ASI yang berkualitas adalah memiliki warna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup.


Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang bergizi yaa bumil dan busui

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih cukup, sebaiknya ibu menyusui juga mengonsumsi suplemen bernutrisi yang lengkap agar ASI yang dihasilkan bernutrisi, berkualitas, dan bergizi lengkap. Karena ASI bernutrisi, untuk ibu dan bayi yang istimewa.

Tips Agar Lancar Menyusui dengan 3S

Berdasarkan pengalaman menyusui tiga bayi laki-laki, yakni Kifah, Aldebaran, dan Aksara. Dan ketiganya memberikan banyak sekali pengalaman yang saya dengan senang hati membagikannya melalui blog ini, agar para New Mom, TIDAK MENGULANGI KESALAHAN SAYA, agar proses menyusui menjadi sangat indah dan bahagia, dan tentunya ASI yang dihasilkan adalah ASI bernutrisi dan Asi berkualitas.

Saya menyingkatkan dengan 3S (Siapkan diri, Support System, Suplemen Bernutrisi dan Berkualitas). 

Berikut tipsnya yaa:

1.Siapkan Diri 

Education is the key. 

“Siapa yang gagal dalam merencakanan, berarti ia sedang merencanakan kegagalan” itu yang saya alami pada bayi saya yang pertama, jangan sampai terulang oleh New Mom yaa. Kuncinya adalah edukasi, berdayakan diri, cari informasi, ilmu, bahkan pelatihan dengan konselor laktasi/menyusui sebanyak-banyaknya. Karena jika tidak, akan sangat menyesal jika gagal memberikan ASI ekslusif.

2.Support System


Alhamdulillah, sampai saat ini, suami adalah support system terbaik, begitupun pada saat saya dalam masa menyusui. Tiga jagoan alhamdulillah tumbuh sehat hingga saat ini, terima kasih Pak Suami ❤️


Suami dan keluarga adalah support system yang paling utama. Suami adalah pendamping yang harus senantiasa mensupport, bahkan harus ikut belajar tentang ASI, bukan hanya ibunya. Menurut saya. SUKSES dan GAGAL-nya menyusui ini justru sangat besar dipengaruhi oleh dukungan suami dan keluarga terdekat lho.

Inget dulu deh ada tetangga yang gagal menyusui karena justru keluarga terdekatnya lah yang memutuskan untuk memberikan susu formula begitu saja, tanpa mensupport dan membantu perjuangan sang ibu. Hiks.

Bentuk Support System itu bagaimana?

Contohya, suami mendukung pemberian ASI ekslusif untuk bayi yaitu dengan cara memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya bagi ibu menyusui untuk menyusui bayinya sesering mungkin. 

Membantu pekerjaan-pekerjaan ibu menyusui agar ia tak kelelahan dan tetap happy, memberikan dukungan moral seperti mengucapkan kata-kata terima kasih atau motivasi, “Makasih ya Bund, kamu udah memberikan ASI untuk bayi kita.” Dsb. 

Pokoknya dibikin happy deh, busui. Karena kebahagiaan adalah booster ASI yang efektif.

Bagi para ibu bekerja pun demikian, Support System harus diberikan oleh kantor atau perusahaan, seperti memberikan cuti melahirkan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, menyiapkan ruang laktasi, dan membebaskan ibu menyusui untuk memerah ASI sesuai dengan kebutuhan, tidak menghalangi apalagi melarang.

3.Suplemen Bernutrisi dan Berkualitas




Berbekal pengalaman saya sebagai ibu menyusui, suplemen bernutrisi dan berkualitas juga sangat penting untuk dikonsumsi. Kenapa? Karena kadang kita pun tidak bisa memastikan apakah makanan dan minuman yang kita konsumsi sudah mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi.

Baik itu untuk kehamilan pertama atau ketiga sama-sama penting. Tapi jujur saja, dikehamilan dan proses menyusui bayi ketiga ini saya memerlukan supelemen bernutrisi dan berkualitas jauh lebih banyak. Karena saya sudah cukup ‘sibuk’ merawat kakak-kakaknya, otomatis saya perlu menambah suplemen agar saya lebih sehat dan kandungan ASI saya tetap terjaga kualitasnya ditengah kesibukan saya di rumah.

Saya Merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk Para Busui



Saya rasa, produk Blackmores ini sudah sangat familiar dikalangan ibu hamil dan menyusui, bahkan setiap saya minta rekomendasi suplemen untuk bumil dan busui, pasti deh rata-rata jawabnya ‘Blackmores aja’ 



Memang iya sih, kalau saya baca-baca mengenai produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini, adalah suplemen dengan kandungan yang lengkap untuk ibu hamil dan menyusui karena mengandung 17 nutrisi essensial, sehingga bisa bantu penuhi nutrisi ibu agar dapat memberikan ASI BERNUTRISI untuk buah hati.

Kalbe Blackmores Nutrition meluncurkan produk terbarunya ini dalam rangka untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. 



Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold in mengandung 17 kandungan nutrisi essensial yang sangat baik terutama untuk 1000 hari pertama kehidupan bayi, yaitu:

Asam folat dan zat besi yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia, zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit. Kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi si kecil, serta mencegah osteoporosis pada ibu. 


Blackmores PBFG juga mengandung omega 3/DHA yang tidak berbau sehigga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Selain itu, untuk menunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati, Omega 3/DHA penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral, dan lemak menjadi lebih baik kadarnya. Serta Vitamin dan Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Kelebihan Produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold



Dari sekian banyak suplemen untuk ibu hamil dan menyusui, saya memilih Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold karena memiliki keunggulan produk, yaitu:

1.Dosisnya disesuaikan berdasarkan kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Indonesia (tidak berlebih)

2.Mengandung 17 nutrisi essensial yang sangat dibutuhkan pada saat hamil dan menyusui

3.Zat besi yang berasal dari besi fumarat yang tidak menyebabkan konstipasi

4.Dosis Kalsium dan DHA yang tinggi

5.Odourless fish oil, kaya akan DHA tanpa mengakibatkan mual karena tidak berbau ikan/amis

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold baik diminum dua kali sehari, tersedia dalam ukuran isi 60 kapsul, 120 kapsul, dan 180 kapsul. Jangan lupa disimpan ditempat yang sejuk di bawah 30 derajat celcius, dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung ya.

Kalbe Blackmores Nutrition memperingati World Breastfeeding Week 2020




Dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020 Kalbe Blackmores Nutrition mengajak para ibu untuk saling support atau memberikan dukungan melalui berbagai pengalaman saat menyusui dan menghadapi tantangan di masa menyusui. Blackmores pun melakukan edukasi seputar ASI dan Ibu menyusui di akun Instagram @blackmoresID

Tema yang diusung oleh Kalbe Blackmores kali ini adalah, ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.

Saya pun setuju, saling berbagi pengalaman dan saling suppport antar ibu hamil dan menyusui ini adalah salah satu kunci kesuksesan dalam pemberian ASI ekslusif.

Kalbe Blackmores Nutrition Bekerja Sama dengan Yayasan Bumi Sehat



Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Yayasan Bumi Sehat yakni organisasi Non-Profit yang berfokus pada akses layanan kesehatan berkualitas, dan higienis, serta mengupayakan kelahiran secara layak.

Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Yayasan Bumi Sehat sejak 2017, secara berkelanjutan membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat yang tersebar di 3 kota yakni Denpasar, Aceh, dan Papua.

Tentang Kalbe Blackmores Nutrition



Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) adalah perusahaan joint venture anatara PT Kalbe Farma Tbk dengan Blackmores Ltd Australia, yang merupakan perusahaan No.1 di Australia.

Kalbe Blackmores Nutrition memasarkan produk suplemen dengan merek Blackmores, yang merupakan merek suplemen terkemuka di Australia selama lebih dari 85 tahun.

Blackmores hadir di Indonesia untuk menyediakan solusi kesehatan alami bagi masyarakat Indonesia, lewat produk yang berbahan dasar alami, berkualitas tinggi, serta teruji klinis, guna meningkatkan kesehatan dan kesejateraan masyarakat Indonesia.


Bersama Kalbe Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.



Saya sepakat dengan tema yang diusung oleh Kalbe Blackmores, karena IDAI pun sudah mengeluarkan pernyataan bahwa kualitas ASI sangat bergantung dengan asupan makanan/nutrisi ibu menyusui.

Sebagai ibu, tentunya kita sepakat, apapun akan kita usahakan yang terbaik untuk buah hati kita, termasuk ketika saat dalam masa kehamilan hingga 1000 hari kehidupan pertamanya. Maka dari itu, asupan yang bernutrisi dan berkualitas juga harus kita upayakan agar ASI yang dihasilkan bernutrisi dan juga berkualitas. 



Maka dari itu, saya merekomendasikan Kalbe Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk selalu dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.
Informasi lebih mengenai Kalbe Blackmores bisa diakses melalui website Blackmores dan Instagram @blackmoresid 

Untuk membeli produk Kalbe Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sangat mudah, kita bisa beli On Line di Official Store Kalbe Blackmores di Tokopedia, Lazada, Bli-Bli, dan Shopee. 

Produk Blackmores di Tokopedia

Yuk, semangat meng-ASI-hi baik bagi para ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui. Jangan menyerah dan jangan lupa lakukan 3S! Agar sukses menyusui buah hati kita.

Punya pengalaman apa aja nih, Ma, ketika menyusui? Kutunggu sharingnya di kolom komentar yaa.



***

Sumber: parenting.orami.co.id, blackmores.co.id, kompas.com

38 comments

  1. Aku anak dua Alhamdulilah ASI ekslusif semua, aku termasuk yang memang suka makan sayur apalagi daun katuk yang kata orang tetua jaman dulu bagus untuk memperlancar ASi. Sekarang lebih praktis ya ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui supaya hasil ASI bernutrisi dan berkualitas.

    ReplyDelete
  2. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini banyak direkomendasikan para SpOG
    Karena memang sebaguusss itu
    InsyaALLAH bisa membuat kualitas ASI jadi baik.
    Ibu dan bayi makin sehaaaattt

    ReplyDelete
  3. Setuju banget. Masih ada yang menganggap kalau menyusui itu sesuatu yang mudah. Padahal harus ada manajemen ASI juga. Termasuk pengetahuan tentang nutrisi. Blackmores tentunya salah satu suplemen yang bagus untuk ibu menyusui

    ReplyDelete
  4. Nah, aku pun sepakat banget kalo kualitas ASI sangat bergantung dengan asupan makanan/nutrisi ibu menyusui. Suka inget jamannya aku menyusui si MAma yang bawel ngingetin, makan yang bergizi ini itu, belom ada suplemen.

    Jaman sekarang enak, suplemen yang dibutuhkan Busui banyak, kek Blackmores nih, jadi teman busui deh, sehat ibu dan bayiknya.

    ReplyDelete
  5. Mbaaaa.... ku gagal fokus dengan foto bayi gemesh-gemesh itu masha Allaaaahhh... pen uyel-uyel pipi montok!!!
    Duh kangen bayi, membayangkan wanginya bayi.
    ETAPI SAYA NGGAK MAU PUNYA BAYI LAGI DING, hahaha.

    Saya dulu anak pertama nggak berhasil ASI ekslusif, anak kedua berhasil tapi bayanginnya bikin trauma, ampuuunn banyak dramanya, kirain dulu waktu kecil saya liat mama saya nyusuin adik, kok gampil gitu, ternyataaa oh ternyataaaahhhh...

    Memang kudu dipelajari caranya ya, dan mencari tahu gimana caranya agar ASI lancar, saya dulu nggak tahu suplemen ini, kalau enggak mungkin dramanya berkurang deh

    ReplyDelete
  6. Di wag blogger malam ini pada sharing mengenai blackmores dan ternyata memang beberapa dari mereka yang coba itu khasiatnya bagus mulai dari ASI yang berlimpah sampai badan ibu nya pun ga gampang lelah juga setelah minum ini.

    ReplyDelete
  7. Benar mbak..support system tuh penting banget dalam proses mengASIhi si kecil. Kalau orangorang sekitar, terutama keluarga, gak mendukung..ya udah deh..susah banget buat semangat menyusuinya. Soalnya teror buat ngasih susu formula sedini mungkin itu selalu menghantui. huhuhu..

    ReplyDelete
  8. Masya Allah. Memang penting banget mengusahakan menyusui, kudu dibela2in belajarnya. Untungnya pengalaman pertama menjadikan Mk Tetty bertekad belajar bukannya malah jadi excuse. Masya Allah.

    ReplyDelete
  9. Busui emang wajib banget nih memperhatikan nutrisi yang masuk yah kak, keren juga yah blackmores ini kak khasiatnya. Semoga lancar terus ya kak proses menyusuinya, sehat sehat juga adeknya :3

    ReplyDelete
  10. selain makanan bergizi, multivitamin, support system juga sangat penting ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah bisa menyusui kedua anak anakku, tapi memang anak pertama belum sempurna menyusuinya tapi tetap semangat untuk tetap memberikan ASI dan anak kedua full ASI bahkan lebih dari 2 tahun lho..

    ReplyDelete
  12. Aku dulu ingat banget pas Mbakku punya anak dan gak boleh makan macam-macam. Terus setelah itu aku jadi banyak belajar meski belum ada anak. Ibu ya kudu makan makanan bergizi, dapat dukungan juga, bukan yang langsung sufor kalau ASI belum keluar

    ReplyDelete
  13. Perjalanan panjang untuk bisa jadi ibu menyusui yg berhasil ya. Memang kita bisa belajar dari pengalaman sebelumnya. Termasuk saya nih, banyak hal yg saya serap jadikan pelajaran dari pengalamannya ini

    ReplyDelete
  14. Adikku kebetulan bumil udh jalan 7 bulan. Aku rekomendasiin ah produk Kalbe Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk jadi pilihan dia konsumsi. Bikin ASI bernutrisi.

    ReplyDelete
  15. Insya Allah post mba ini menginspirasi para Bumil utk mempersiapkan sejak dini utk meng-ASI-hi putra/putrinya ya mba.. BTW foto baby kakak-adiknya miriiip.. Pipinya menul2 menggemaskan😍

    ReplyDelete
  16. Cara 3s tersebut saling berkaitan ya mbak, agar memudahkan dalam mengASIhi. Semoga para ibu menyusui dilancarkan menyusuinya dengan tips 3S ini

    ReplyDelete
  17. wah kalo jaman dulu pas masih ngASI udah kenal sama blackmores pasti lebih praktis yaa, jaman dulu aku tuh tiap hari sampe masak sayur katuk loh biar ASI lancar hihi perjuangan banget deh mompa ASI di kantor juga

    ReplyDelete
  18. Menyusui memang gampang - gampang susah ya mba.. tapi kalau nutrisi kita baik insya Allah ASI-nya juga oke

    ReplyDelete
  19. Kemarin adik saya nanya suplemen buat ibu menyusui, aku bingung jawabnya, Blackmores ada juga ternyata ya

    ReplyDelete
  20. Sama mak, adikku saat anak pertama lahir ASI nya sedikit jadi mau nggak mau terpapar susu formula

    ReplyDelete
  21. aku mengonsumsi blackmores sejak sebelum hamil malah mba, yg untuk persiapan hamil (menyuburkan kandungan), alhamdulillah kemudian lanjut yang untuk busui
    nyata manfaatnya
    btw semoga kakak dan adek selalu sehat y mba

    ReplyDelete
  22. Wah, ternyata persiapan menjadi ibu itu kudu jauh2 bulan ya supaya ASI lancar dan berkualitas. Jadi selain ibu mendapat asupan harian, sebaiknya mengonsumsi Blackmores ini. Jangan lupa buah2annya juga, mbak Tetty, sayur katuk dll hehe....aku dulu juga gitu. TFS yaach.

    ReplyDelete
  23. Senangnya ya sekarang ada suplemen yang bisa menambah kualitas ASI kita menjadi lebih baik...

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah selalu belajar ya mbak di persalinan kedua bisa kasih asi exclusive. aku juga gitu yang pertama ada campur sufor tapi anak kedua full asi exclusive sampai 2 tahun tamnbah MPASI

    ReplyDelete
  25. Ada beberapa teman yang gagal memberikan asi eksklusif untuk anaknya... Kalau giti jadi serba salah deh, mau ngasih tau takut dianggap sok tau, memang harus ada kemauan dari diri sendiri ya untuk cari tau ilmunya... Kita orang luar cuma bisa dukung kalau dia minta bantuan...

    ReplyDelete
  26. support system dari keluarga dan pentingnya mencari info tentang asi juga bertanay2 kepada bidan dan konselor juga teman itu salah satu upaya kita mau dan belajar supaya bisa mengasihi dengan nyaman untuk kedua belah pihak.

    juga mendapatkan asi yang berkualitas penting dari vitamin, makanan, juga kebahagiaan ibu.
    tapi yg mau aku bahas adalah, asi itu semua berkualitas, mau itu yg foremilk ataupun hindmilk (yg disebut mbak asi putih kekuningan (itu yg ada lemaknya dan bikin bayi kenyang.

    terus bahasa terpapar susu formula itu rasanya agak extrem gak sih mba? karea sufor bukan racun ya :) mungkin sebaiknya bahasanya diganti menjadi meminum/mengonsumsi. tapi beruntung ya, jadi tahu kalau bayinya alergi susu sapi, ini bisa diganti jadi susu soya. Aku ada pengalaman jg ttg alergi di 3 anak :)

    terus blackmores ini emang bagus banget sih, aku konsumsi dari hamil juga menyusui. tp yg rajin minum blackmores pas di anak keempat aja memang. sama juga, anakku yg pertama hanya asi 3 bulan dan lanjut sufor, trus dia alergi jadi harus cari susu yg pas.

    semakin ke sini jadi tahu harus gimana saat menyusui, cara supaya gak milk clogged, cara pijat payudara, pumping, dan memperbanyak asi. intinya memang learning by doing dan cari info sebanyak2nya :)

    ReplyDelete
  27. Dulu saat baru melahirkan, ASI sudah langsung keluar deras. Hanya saja tidak bisa sampai mengASIhi secara eksklusif. Di bulan keberapa gitu sudah kurang banget ASI untuk bayi. Coba ya dulu Blackmores udah ada, pasti bantuin banget untuk meningkatkan kualitas ASI.

    ReplyDelete
  28. Memang banyak ya orang tua yang belajar banyak dari kelahiran anak pertama.
    Entah dari persiapan melahirkan, menyusui, dan hal lain.
    semoga terus sehat sekeluarga ya... :D

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah ASIku lancar mom, tapi ya gitu. Kadang kualitas nya kurang bagus karena makananku kadang suka ngasal. Makanya aku jg minum suplement tambahan jntik ibu menyusui

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah belajar dari kesalahan menyusui selanjutnya bisa ASI eksklusif ya mbak.
    Padahal ASI warna kuning keruh itu ya kolostrum. Trus PD tersumbat cukup dipijat dan dikompres. Heheh ... yawes alhamdulillah anak-anak tumbuh sehat.

    ReplyDelete
  31. Ya Allah Kifah dan Aldebaran gendut-gendut dan lucuu banget pas kecilnya. Jadi gemeezz deh. Blackmorest buat ibu hamil dan menyusui ini bagus banget yaa buat yang lagi menyusui

    ReplyDelete
  32. Ah benar sekali mbak, dukungan keluarga juga menjadi faktor penting kesuksesan menyusui ya

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah anakku semua lulus ASI eksklusif dan sampai 2tahun ASI. memang support system sangatlah penting ya untuk mendukung keberhasilan mengasihi

    ReplyDelete
  34. Lucu ya dedek bayinya. Gembul gitu meski pipi merah. Paling penting tentu saja sehat. Apalagi kini ada suplemen makin sehat pastinya

    ReplyDelete
  35. Semangat mengASIhi bunda,
    Btw, saya setuju bahwa pengalaman setiap ibu dalam proses menyusui berbeda, maka erlu belajar dari kisah dan pengalaman hidup oranglain untuk mengambil hikmah, belajar agar bisa lebih baik.

    ReplyDelete
  36. Aku minum Blackmores dong. Nutrisi saat hamil dan persiapan menyusui nanti.

    ReplyDelete
  37. Kayaknya setiap orang mempunyai pengalaman berbeda, ya. Memperbanyak pengetahuan mungkin bisa sangat membantu daripada sekadar "gimana nanti". Apalagi saking pentingnya ASI.

    ReplyDelete
  38. Si baby tumbuh sehat dan optimal ya, Mbak
    Bikin senang mengkonsumsi Blackmores jadinya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D