5 Makanan yang dapat Membuat Kita Menjadi Lebih Awet Muda

| On
September 30, 2020
 


Semakin bertambahnya usia seseorang, kulit manusia akan menjadi lebih kendor dan keriput. Ini sebabnya banyak yang menginginkan kulit tidak cepat menua. Faktor penuaan pada kulit biasanya disebabkan oleh perawatan pada kulit pada tubuh maupun wajah yang kurang.
Meski kehilangan elastisitas, tidak menutup kemungkinan untuk menunda atau memperlambat jaringan serta sel-sel pada kulit agar tidak mengalami kerutan.

Ada beberapa makanan yang dapat memiliki fungsi untuk memperlambat sel kulit menjadi keriput. Pendapat ini telah diungkapkan oleh beberapa ahli di dunia, serta sudah diadakan penelitian untuk mencegah terjadinya kerutan pada wajah.
Bahkan, Seorang ahli gizi dan juga profesor di Boston bernama Joan Salge Blake mengungkapkan bahwa mengubah pola makan akan membuat tubuh mendapatkan nutrisi yang selayaknya agar organ didalamnya dapat berjalan dengan alur yang sesuai. Tubuh diibaratkan sebagai mesin yang harus memiliki pelumas sesuai dengan kebutuhan. 

Pola makan yang baik untuk tubuh agar dapat membuat kulit mengalami kelambatan kinerja sel penuaan dini adalah mengimbanginya dengan mengkonsumsi banyak air putih, sayuran, buah-buahan, ikan, susu yang rendah akan lemak, serta membatasi penggunaan garam dengan takaran yang sesuai.
Saat mengkonsumsi makanan sehat, juga harus mengatur pola tidur yang cukup dan berolahraga ringan terlebih dahulu.

Agar tidak kebingungan memilih apa saja makanan yang sesuai untuk membuat Anda menjadi lebih awet muda, berikut daftar makanan yang cocok untuk meminimalisir resiko penuaan dini sebagai berikut :

1. Mengonsumsi Gandum


Berbagai macam makanan yang mengandung glikemik yang tinggi dapat mengakibatkan timbulnya jerawat serta kulit akan menjadi lebih berkerut. Dengan mengkonsumsi gandum dapat membantu untuk mencegah meminimalisir kerusakan pada kulit serta iritasi yang timbul saat salah konsumsi makanan.

Gandum sendiri, memiliki sifat yang rendah glikemik yang mampu untuk tidak membuat meningkatnya kadar gula dalam darah seperti yang terkandung dalam pasta maupun beras.

2. Mengonsumsi Pepaya


Buah pepaya ketika sudah berwarna oranye artinya sudah matang dan siap untuk dipanen. Buah ini mengandung banyak sekali vitamin, Anti oksidan, dan juga mineral yang mampu membantu untuk meningkatkan elastisitas pada kulit.
Pepaya juga dapat meminimalisir timbulnya garis-garis halus yang dapat mengakibatkan kerutan. Kandungan dalam buah pepaya terdapat vitamin A, B, C, K, E, kalium, kalsium, fosfor, dan juga magnesium. 

Ketika seseorang mengkonsumsi buah yang satu ini, maka manfaat yang akan didapatkan adalah mampu membantu untuk melepaskan berbagai macam sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih bersinar dan cerah.

Hal ini dikarenakan, ada kandungan antioksidan yang mampu membantu agar kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dapat diminimalisir. Ada juga enzim yang terkandung dalam buah pepaya, dikatakan oleh para ahli dapat menunda penuaan tambahan karena merupakan salah satu dari berbagai macam buah yang memiliki agen anti inflamasi paling baik di alam bebas.
 
3. Mengonsumsi Buah Jeruk



Selain rasa dari buah yang begitu manis dan segar, ternyata jeruk memiliki kaya akan air yang berfungsi sebagai bahan untuk melembabkan kulit bahkan sampai kedalam sel-sel dalam tubuh Manusia. Sudah tak heran lagi, dengan mengkonsumsi buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C ini, dapat menjadikan kulit menjadi lebih kenyal disebabkan oleh hasil kolagen.

4. Mengonsumsi Sayur Bayam



Bayam merupakan salah satu tumbuhan yang biasa dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropik ini dikenal oleh banyak orang karena sangat mudah pengolahannya serta memiliki zat besi yang penting untuk tubuh.
Selain zat besi, bayam juga mengandung antioksidan yang mampu mengoksidasi dan bisa membantu menghidrasi seluruh anggota tubuh. 

Selain kandungan diatas, bayam juga mengandung banyak sekali vitamin yang baik bagi tubuh. Seperti, vitamin A, E, C, besi nabati, Lutein, dan juga magnesium. Berbagai macam kandungan inilah yang membuat sayur bayam sangat cocok dikonsumsi agar kulit terlihat awet muda.

5. Mengonsumsi Buah Alpukat

Buah alpukat mungkin tidak asing di telinga para penikmat minuman jus. Ya, alpukat sering digunakan sebagai bahan minuman yang sangat menyegarkan dikala musim panas tiba. Meskipun terkadang ada rasa masam, akan tetapi buah ini masih memiliki banyak penikmat.

Alpukat banyak dikenal sebagai buah yang kaya akan asam lemak untuk membuat kulit agar lebih halus serta mampu menangkal radang. Mengandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk mengurangi dan menunda resiko penuaan. Ada vitamin A, B, C, E, K, dan Kalium. 

Vitamin A yang terkandung dalam  alpukat gunanya untuk membuat kulit lebih bercahaya dan membantu melepaskan sel kulit yang mati. Buah ini diyakini mampu membuat tubuh agar terhindar dari racun serta kanker kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Demikian ulasan mengenai makanan yang mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Semoga bermanfaat yaa ☺




Be First to Post Comment !
Post a comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D