Rekomendasi Toko Alat Pertanian dan Berkebun di Desa Citayam Tajur Halang, Toko Segar Alam

| On
September 24, 2020

 
rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor

Assalamu'alaikum, apa kabarnya Buibu online sekalian?


Bagaimana kondisi rumah? masih BDR dan WFH kah? Mudah-mudah semua diberikan kemudahan dan kesehatan ya, amiin.


Pandemi Covid-19 yang menerjang Indonesia sejak Maret lalu memunculkan banyak sekali perubahan-perubahan terhadap hidup kita.


Mulai dari aktivitas kerja, sekolah,  hingga aktivitas lainnya, termasuk aktivitas rekreasi dan hobi. Apalagi hobi traveling ya, pasti sangat terdampak, karena ga bisa kemana-mana sama sekali akibat wabah ini.


Akibat banyaknya aktivitas dan hobi yang dibatasi, banyak bermunculan hobi-hobi baru di masa pandemi ini.


Salah satu hobi yang makin hits di kala pandemi seperti sekarang ini adalah: 


Berkebun, olah raga/bersepeda, memasak, memelihara hewan, dll.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Image from Pexels


Karena banyaknya orang yang jenuh dan stres di rumah aja, hobi-hobi tersebutlah yang akhirnya menjadi release atau dijadikan saluran untuk meredakan stres dan obat jenuh.


Saya sendiri lebih senang berkebun dan memelihara kelinci. Karena dua hal ini bisa bersimbiosis mutualisme. Kotoran kelinci sangat bisa digunakan menjadi pupuk kandang yang membuat tanaman menjadi semakin subur.


Saya memanfaatkan lahan terbatas untuk berkebun (urban farming) dengan cara menanam menggunakan pot bunga, wadah bekas, atau pun dengan sistem hidroponik.


Berkebun ternyata memiliki banyak manfaat lho. Dilansir dari Web Alodokter, berkebun banyak memiliki manfaat, diantaranya:


1. Meningkatkan daya tahan tubuh


Berkebun biasanya dilakukan diluar rumah, tubuh dengan mudah terpapar sinar matahari yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sinar matahari juga sangat baik untuk meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh kita lho!


2. Mengusir rasa jenuh dan stres


Rutinitas yang sangat padat, walaupun hanya di rumah karena pandemi, tentunya membuat kita jenuh dan stres.


Berkebun bisa digunakan untuk mengusir perasaan-perasaan tersebut. Ketika kita menanam tanaman, kita melihat progres tanaman tersebut sejak benih hingga tumbuh tinggi. Dari situ akan ada perasaan bahagia dan bangga.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Apalagi setelah pekarangan rumah menjadi hijau dan berwarna-warni, rumah pun terasa lebih asri dan sejuk.


3. Sebagai sarana latihan fisik dan olah raga


Mengangkat pot, tanaman, media tanam, menyiram air, adalah kegiatan-kegiatan ringan yang mampu membuat tubuh aktif bergerak, otot-otot pun kembali terlatih, dan tentunya mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh kita melalui keringat.


4. Menjaga kesehatan otak


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Berkebun juga bisa memelihara kesehatan otak kita lho. Sebuah penelitian mengatakan, bahwa kegiatan berkebun membuat pikiran kita menjadi lebih fokus karena sibuk berpikir dan beraktivitas.


Berkebun juga bisa sekaligus menjadi kegiatan yang positif untuk berinteraksi secara sosial. Selain itu, berkebun sangat baik dilakukan apalagi bagi lansia, untuk mencegah demensia di usia lanjut.


5. Membantu terbiasa mengonsumsi makanan sehat


Berkebun bisa menimbulkan kebiasaan baik dan positif, yakni membuat kita dan keluarga makan makanan sehat.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Sayur-sayuran yang kita tanam dengan bersusah payah (dari benih) tentunya akan sangat senang jika kita makan/konsumsi sendiri.


6. Mengeratkan bonding dengan anak dan keluarga


Dengan berkebun bersama, kita bisa melakukan aktivitas dengan anak dan keluarga, hal ini tentunya memperat bonding dengan anak juga pasangan.


7. Sebagai sarana belajar


Bagi anak-anak, berkebun di lahan yang terbatas tentunya menjadi sebuah hal baru. Dengan begitu, kegiatan berkebun akan menjadi sebuah pengalaman baru dan menjadi sebuah pembelajaran tersendiri jika kegiatan tersebut dikemas dengan baik.


Manfaat berkebun saat BDR (Belajar dari rumah) bagi Anak Usia Dini, diantaranya:


1. Mengembangkan keterampilan motorik

2. Baik untuk perkembangan bahasa

3. Belajar bertanggung jawab

4. Eksplorasi sensorik

5. Belajar Sains dan Matematika


(Sumber: instagram PaudPedia Kemdikbud)


Awalnya, saya merasa aneh, lho kok bisa ya saya suka tanaman dan hewan? Padahal awalnya saya paling gak suka tanaman hias dan hewan-hewan hias/peliharaan.


Yah begitulah, Pandemi ini memang sedikit banyak membawa perubahan pada kebiasaan-kebiasaan sehari-hari.


Kebetulan sekali rumah saya terletak di Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor.


Kalau lihat-lihat di Google, daerah sini cukup banyak yang bertani tanaman hias dan toko-toko peralatan berkebun.


Nah, karena suami masih WFH dan anak-anak pun BDR, disela kesibukan itulah saya 'hunting' beberapa lokasi penjual bibit tanaman dan juga peralatan berkebun.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Saya berada persis di depan Toko Segar Alam

Hingga sampailah saya ke Toko Peralatan Pertanian dan Perkebunan, Toko Segar Alam yang terletak di Jalan Kampung Baru Desa Citayam Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
  


Toko Segar Alam, Jalan Raya Kp. Baru RT  05/05 Desa Citayam Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor.

Letaknya gak jauh dari rumah, di Google Maps hanya sekitar 15-20 menit saja untuk menuju ke Toko Segar Alam Citayam.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Di seberang Toko Segar Alam ada ruko-ruko gitu, kalau weekend kadang parkirnya sampe ke sini


Saya sudah dua kali ke sini. Pertama kali naik motor dengan pak suami, saat weekend, kondisinya sangat ramai pengunjung.


Karena sudah pengalaman, pas weekend itu ramai sekali, maka dari itu, untuk kali kedua, saya ke sana pada saat Weekdays aja, agar meminimalisir kerumunan dan antrian.


Dan alhamdulillah, ketika weekdays toko tidak begitu ramai dan saya lebih bisa leluasa jalan-jalan dan memilih barang-barang yang saya butuhkan.


Banyak sekali barang-barang atau peralatan bertani dan berkebun dijual di toko ini. Seperti pot-pot kecil, pot besar, pot keramik, hingga pot-pot putih kekinian yang ciamik banget buat difoto untuk uplod di instagram, hehehe.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot putih yang lagi kekinian

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot warna-warni

Selain itu, banyak juga standing pot dari besi yang juga gak kalah hits. Biasanya standing pot ini dipakai untuk menghias rumah di bagian dalam atau untuk di teras rumah.


Saya udah punya standing pot ini di rumah, trus sekarang pengen punya lagi dan lagi, wkwkwk ketagihan.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Standing besi untuk pot tanaman buanyakkk

Rak-rak tanaman yang terbuat dari besi pun di jual di Toko Segar Alam, pengen juga punya rak tanaman besar seperti itu, supaya bisa lebih banyak tanaman yang dipajang untuk menghijaukan halaman rumah.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Poto dulu di tengah yang ijo-ijo

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Ada beberapa jenis tanaman yang juga dijual, banyaknya pohon-pohon yang cukup besar seperti palem-paleman dan pohon-pohon buah

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Ada juga step untuk taman


🌵Harga

Untuk harga sendiri (penting ya buat ibu-ibu) ramah di kantong dan cukup murah.


Pot ukuran kecil hingga sedang dibandrol mulai dari 3.000-an aja gaes, pot tawon ukuran standar pun dijual 11 ribuan aja.


Berikut beberapa produk+harganya yaa.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Decis pembasmi hama Rp.18.500/pcs

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Media tanam Trubus Rp. 30.000/karung

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
RAM Besi ukuran 45x90cm Rp.65.000/pcs

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot Grace SGP 50cm, Rp.16.000/pcs Rp.178.500/lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Aneka pot gantung


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot gantung rotan anyam, diameter 15cm Rp.27.000/pcs 

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Polybag 30cm, Rp.20.000/kg

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
NPK mutiara 161616 Rp.12.000/kg, Rp.550.000/karung ukuran 50kg

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Paranet Rp.13.500/meter

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot botani hitam, diameter 20cm, Rp.3.000/pcs, Rp.22.000/lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot lebah/tawon diameter 21cm Rp.8.000/pcs dan
Rp. 81.000/lusin 

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot mahkota, ukuran diameter 25cm, Rp. 12.000/pcs dan Rp.132.000 per lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot kaktus diameter 10 cm Rp. 2.500/pcs dan Rp.25.000/lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak botol isi 7 Rp.95.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak sate lengkung kecil Rp. 110.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak standar kode 3820 Rp. 26.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak minimalis isi 3, Rp.95.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Aneka bibit unggul mulai dari Rp.9.500an per pack

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Bibit unggul berbeda dengan bibit biasa, angka harapan tumbuhnya lebih besar dibanding bibit biasa yang harganya jauh lebih murah

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pakis lempeng isi 5 ikat Rp.15.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Sekam bakar Rp.15.000 per karung

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pasir malang untuk kaktus Rp 12.000 per karung



rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Batu hias Rp.30.000 per karung

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Media tanam SK Rp.9.000/pack


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


🌵Pelayanan


Karyawannya cukup banyak, jadi ya cukup bisa lah melayani konsumen satu-satu, tapi kalau lagi weekend sih ya gitu, rameee.


🌵Lahan Parkir


Buat yang mau beli banyak dan bawa mobil, area parkirnya cukup luas dan posisi tokonya ada di tikungan/hook gitu, jadi sangat terlihat dari jalan raya dan mudah untuk berhenti/parkir.


🌱Kekurangan 


Menurut saya, kekurangan Toko Segar Alam ini mungkin di lokasinya. Karena terletak di Kabupaten Bogor/pinggiran kota Depok dan Bogor, masuk ke dalam Desa Citayam Kecamatan Tajur Halang, bukan ada di pusat kota.


🌱Kelebihan  


Tapi, walau pun cukup masuk ke dalam wilayah pinggiran kota, harga yang ditawarkan di sini cukup murah dan kompetitif. Banyak yang memang membeli barang-barang/peralatan perkebunan di sini untuk dijual kembali.


Sambil jalan-jalan, bisa banget membeli banyak item dengan harga grosir dan terjangkau.


Video lengkap waktu saya ke Toko Segar Alam sudah tayang di Youtube:





rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Akhirnya, siap juga nih peralatan untuk berkebun di rumah.☺


Gimana? Udah siap berkebun di rumah? Siapa yang memang sudah hobi berkebun sejak atau sebelum pandemi Covid-19? 


Sharing di kolom komentar yaa.



26 comments on "Rekomendasi Toko Alat Pertanian dan Berkebun di Desa Citayam Tajur Halang, Toko Segar Alam"
  1. Btw, Blog kamu makin unyuuu Mak, gemaashhhh
    Ini tanaman lagi happening banget yaak.
    Dulu sempat hype gelombang cinta dan kawan2nya
    Semoga kita semua sehaaattt dan semangat jalani hari dan tekuni hobi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haa iya mba, dulu anturium, skrg monstera sama aglonema hits tuh, harganya jd mahaall

      Delete
  2. Wah lengkap sekali ya mbak, saya naksir pot gantung anyam nya 😍 estetik buat foto2 kayaknya hahaaa

    ReplyDelete
  3. Suami saya hobinya memang berkebun sejak dulu. Sejak pacaran juga saya udah tau hobinya ini. Kalau lagi libur, dia berlama-lama di halaman buat mengurus semua tanamannya. Saya sampai bilang kalau semua tanaman itu anak-anak suami. Karena telaten banget diurusnya.

    Kala saya gak ada hobi dan bakat berkebun. Tetapi, suka banget melihat halaman jadi hijau.

    ReplyDelete
  4. Wuah tokonya lengkap banget, dari berbagai macam pot, bibit dan segala macam peralatan berkebun ada ya. Bagi yang suka berkebun, pasti betah deh masuk di toko ini :D
    Aku suka lihat bunga dan tanaman hijau2, bikin mata dan hati adem. Tapi cuma senang ngeliat aja, berkebunnya gak suka, gak telaten haha.

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka dengan tanaman mbak, cuma kadang sering lupa mengurusnya. Btw ini tokonya lengkap banget ya.

    ReplyDelete
  6. hihihi sama kayak mamaku, lg hobi banget kayak ginii. rumahpun penuh tanaman hijau. enaa diliatnyaa.

    ReplyDelete
  7. Sejak pandemi ini saya juga jadi suka berkebun, tapi saya lebih ke sayuran hidroponik. Kalau tanaman hias memang sudah menekuninya sebelum pandemi. Memang asyik ya, berkebun itu

    ReplyDelete
  8. Pandemi ini membuatku memulai bercocok tanam di rumah. aktifitas berkebun cukup asyik buatku. Sementara ini koleksinya baru sayur mayur. Bisa buat dimasak juga, jadi hemat hehehe..

    ReplyDelete
  9. Komplit banget rekomendasi peralatan berkebunnya yaaa.
    Hiks akutu belom dikasih hidayah buat berkebun, ga tahu kalo setiap menanam suka mati aja hhuuuuu. Padahal tahu manfaat berkebun ini buanyak banget. Entahlaah..hahaa belom waktunyaa..

    ReplyDelete
  10. Aku juga jadi suka banget nih dengan bertanam beneran bikin hati bahagia ya liat-liat yang ijo ijo itu.. aku bukan ngikutin trend sih tapi ngisi waktu aja karena sudah jarang kemana mana lagi..hehe...

    ReplyDelete
  11. Waah lengkap banget nih tokonya, beragam kebutuhan berkebun ada, duh jadi pengen ke sana, haha kejauhan, ditunggu dong tips-tips berkebunnya biar tanamannya subur

    ReplyDelete
  12. warga bogor mesti banget nih tau toko pot ini karena lengkap sekali untuk kebutuhan berkebun

    ReplyDelete
  13. Kalau ada tanaman awger banget di Rumah. Tapi sayangnya di Bandung belum punya tanaman lagi heuheu kalau di lampu halaman suka banget.

    ReplyDelete
  14. Banyak oran yang menyalurkan hobinya berkenbun supaya gak stres selama pandemi ya. AKu cuma suka lihatnya aja tapi praktikknya belum nih

    ReplyDelete
  15. Murah juga ya mbak peralatan berkebun yg mbak beli di situ. Aku sudah mulai bantu2 mamaku berkebun di depan rumah dan jd pengen beli peralatan berkebun lagi gara2 baca ini hehehe.

    ReplyDelete
  16. Aiii..komplit bener ih pilihan produk di tokonya itu. Sejak masa pandemi ini kan jadi banyak yang doyan berkebun. nahh...bisa nih beli segala macam kebutuhannya di toko ini :)

    ReplyDelete
  17. Sudah lama gak ke pasar mama Aksa, aku jadi kepingin banget jalan lihat belanjaan di toko pertanian ini hehe

    aku juga lagi suka berkebun nih, tadinya ya nemenin anak ke4 buat tugas sekolah, eh malah keterusan dan memang membuat bahagia ya mengurusi tanaman :-)

    btw jadi gak buat jastip teh? haha

    ReplyDelete
  18. Senangnyaaa~
    Belanja untuk keperluan hobi berkebun...
    Kalau beli tanaman sudah jadi ada?
    Hehhe...aku inget banget kemarin baca di IGnya, aku tanya beli bibit yaa...

    Sekarang, setelah bibit yang aku tanam kemarin gak membuahkan hasil, hihi...aku au taneman anakan aja...tinggal ninggiin.

    ReplyDelete
  19. Mba Tetty ngiler banget aku main ke sini, lengkap buanget ya ampun.
    Aku pengen ram besinya murah banget itu panjang pula, di sini sekotak mahalnya.

    ReplyDelete
  20. murah2 juga ya mbak. Andai toko ini punya cabang di jakarta.

    ReplyDelete
  21. Senang sekali ya mba di masa pandemi ini bisa menekuni hobi berkebun bagi yang suka. Memandang tanaman ijo bikin hati adem. Apalagi kalau yang menghasilkan sayuran tuh, bisa panen sendiri dari kebun kaaann.. dobel dobel senangnya.

    ReplyDelete
  22. Nah ia salah satu hobi yang hits dijalani di masa pandemi ini adalah berkebun yang setelah dijalani ternyata asyik juga. Apalagi kalau liat hasil dari usaha kita membuahkan pemandangan yang hijau-hijau bikin suasana hati jadi tambah adem. Setidaknya hal ini bisa sedikit banyak menghibur kita yang sehari-hari lebih banyak beraktivitas di rumah.

    ReplyDelete
  23. Bercocok tanam adalah kegiatan yg lagi In pas di masa pandemi ya...soalnya sy sering melihat teman-teman dan saudara saya mengupdate tanaman-tanaman seperti janda bolong monstera

    ReplyDelete
  24. Siappp, nanti kalio ke Citayam Bogor, ini jadi rekomendasi buat beli keperluan berkebun. Lucu-lucu dan terjangkau ya mba potnya. Makasih reviewnya ya mba.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D