Tetap Produktif Menulis dengan Desain Kalender Unik dan Menarik, Bagaimana Caranya?

| On
October 26, 2020

 


Tetap Produktif Menulis dengan Desain Kalender Unik dan Menarik, Bagaimana Caranya?


Assalamu'alaikum, apa kabar teman-teman online? semoga sehat selalu ya.


Sejak tahun 2014 saya mulai membuat blog untuk menuliskan cerita sehari-hari saya di dunia maya. Banyak yang bertanya? Bagaimana caranya jadi blogger yang aktif? Padahal saya seorang ibu rumah tangga, memiliki 3 orang anak, dan tidak memiliki asisten rumah tangga? Bagaimana tetap produktif menulis? Jawabannya adalah tentang manajemen waktu dan aktivitas. Salah satunya dengan menggunakan desain kalender yang unik, agar mudah mengingat dan menjalankan aktivitas sehari-hari.


Desain kalender yang unik dan memiliki fitur yang memudahkan kita untuk mencatat berbagai aktivitas dan kegiatan, membuat hari-hari kita menjadi lebih produktif. Dan saya telah melakukan hal ini sejak kuliah semester pertama, karena banyaknya aktivitas, maka saya harus mencatatnya di dalam sebuah kalender produktif. Waktu itu saya mendesain sendiri Kalender saya menggunakan kertas HVS.


Seiring berjalannya teknologi, kini sebagian orang, banyak menggunakan gadget untuk mencatat aktivitas dalam sebuah kalender. Tapi bagi saya, tidak ada yang bisa menggantikan 'nikmatnya' menulis menggunakan ballpoint berwarna-warni, dan mencorat-coret manual di atas kertas.


Lebih seneng nulis di kertas dibanding di gagdet 😂


Ada yang merasa begitu juga? Wah, samaan ya kita. Memang corat-coret pakai tangan tuh beda rasanya dengan corat-coret di dalam gadget.


Lalu, apa saja yang saya lakukan saat ini agar tetap produktif menulis di blog, membuat tulisan di media sosial, dengan segudang aktivitas di rumah?



1. Buat skala prioritas. Memang sekarang prioritas saya adalah anak-anak, apalagi semenjak pandemi covid-19 saya harus mengajar Kifah di rumah, skala prioritas saya adalah menemani anak-anak belajar selama satu minggu.


2. Buat target kegiatan selama satu minggu. Misalkan, minimal saya harus membuat satu tulisan di blog atau di sosial media minimal satu atau dua tulisan. Ini harus menjadi target yang terselesaikan ya, makanya jangan muluk-muluk deh kalau bikin target, nanti keteteran pusing sendiri, hehehe.


3. Buat alokasi waktu. Saya sendiri sudah melakukan ini sejak lama. Alokasi waktu saya untuk melakukan tugas domestik adalah di malam hari (mencuci, merapikan baju, dll). Pagi hingga siang hari menemani anak-anak belajar, siang-sore saya harus beristirahat dan mengerjakan tulisan untuk blog dan media sosial.


Dan saya selalu menekankan dalam diri, kalau ada yang ditunda, maka esok hari akan ada yang terbengkalai, rencana kegiatan saya pasti berantakan.


4. Fokus! Fokus pada setiap 'jatah waktu' Kalau memang saatnya beres-beres rumah di malam hari, semua harus fokus, jangan disambi main gadget atau nonton TV. Begitupun saat bersama anak-anak, harus fokus. Kalau tidak urgent, jangan sambil mengerjakan hal lain. Karena ketika kita fokus, hasilnya maksimal dan kita tidak stres memikirkan pekerjaan yang lain (karena semua ada waktunya).


Baca juga: 5 Film yang Mengisahkan Beratnya Menjadi Seorang Ibu


Membuat Desain Kalender yang Bagus dan Membuat Kita Produktif




Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya paling suka membuat Desain Kalender sendiri sejak kuliah. Senengnya pakai kertas HVS dan dihias dengan gambar warna-warni.


Desain Kalender yang menurut saya baik dan membuat saya produktif biasanya memuat:


1. Desain yang full colour, warna-warni, ada efek gambar hand writting atau kartun-kartun lucu.


2. Terdapat quotes-quotes yang menyemangati. Misalnya, "Man Jadda Wajada (Barang siapa yang bersungguh maka ia akan dapat),  No Pain No Gain!, dll.





3. Terdapat space untuk saya mencatat hal-hal penting yang ingin saya lakukan di tanggal-tanggal tertentu.


Menurut saya, keberadaan Kalender di meja kerja, walau pun saya seorang freelancer, dapat membuat mood dan produktivitas meningkat. Melihat banyak coretan/notes pada kalender, membuat saya merasa 'banyak kegiatan' dan produktif sekali, yeay. Asalkan kalendernya memiliki desain kalender yang lucu dan menarik ya.


Baca juga: Rekomendasi Spa Ala Rumahan, Supaya Ibu Rumah Tangga Kembali Good Mood


Bagi para pekerja kantoran, guru, dan pekerjaan lainnya, memiliki kalender yang memiliki desain kalender yang dapat memotivasi juga sangat penting, karena memang sebagai orang dewasa, memiliki motivasi untuk mengerjakan sesuatu itu penting ketimbang 'disuruh-suruh' oleh orang lain. Nah, desain kalender yang menarik di meja kerja bisa menjadi salah satu solusinya.


Meja kerja tanpa kalender, berasa ada yang kurang



Namun sayangnya, karena saya sekarang sudah banyak sekali pekerjaan yang harus saya lakukan, hobi saya mendesain kalender sendiri sudah berkurang bahkan tidak saya lakukan lagi, hiks.


Solusinya mungkin saya harus meminta orang lain untuk mendesain kalender yang saya butuhkan dan saya inginkan.




Susah-susah gampang ya mencari seorang desainer itu, apalagi yang bisa komunikatif dan dapat mewujudkan/memvisualisasikan keinginan kita.


Salah satu aplikasi yang bisa mempertemukan antara perusahaan atau perorangan dengan freelancer desain khususnya desain kalender ini adalah aplikasi bernama Fastwork atau fastwork.id


Aplikasi Fastwork


Saya sudah unduh aplikasinya di Play Store yakni aplikasi Fastwork. Fastwork ini adalah aplikasi yang mampu mempertemukan antara freelancer dengan orang atau perusahaan yang mencari jasa freelancer. Seperti untuk jasa desain, desain kalender, editing foto dan video, blogger, content writter, jasa keuangan dan penghitungan pajak, wah pokoknya banyak sekali jasa freelancer yang ditawarkan di aplikasi Fastwork ini. Harga jasa yang ditawarkan pun sangat beragam dan kompetitif.


Aplikasi Fastwork ini sangat cocok digunakan di era digital seperti sekarang. Dimana semua orang bisa bekerja sebagai freelancer dari mana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet.


Saya sendiri tertarik untuk mencari jasa desain kalender untuk membuat desain kalender yang unik dan menarik untuk saya, bahkan kalau desain kalendernya beneran bagus, pengen deh rasanya bagi-bagi kalender gratis untuk teman-teman online www.tettytanoyo.com ini. Supaya setiap hari bisa tetap produktif walau 'hanya' bertitel 'ibu rumah tangga'. 





Mungkin yang mau cari jasa desain kalender juga, bisa diunduh aplikasi Fastwork di Google Play Store atau ke fastwork.id, banyak penawaran jasa yang menarik di sana. Bisa juga kan desain kalendernya untuk pribadi, kantor, ataupun sekolah.


Udah panjang aja nih, saya nulis tentang bagaimana manajemen waktu di rumah untuk tetap bisa produktif menulis dengan membuat desain kalender yang unik dan menarik. Jangan lupa kunjungi https://fastwork.id/publication/calendar untuk mendapatkan referensi desain kalender yang unik dan menarik yaa.


Nah, kalau kamu, paling suka desain kalender seperti apa? supaya tetap bisa produktif walau bekerja di rumah aja.


Sharing yuk di kolom komentar :)

Be First to Post Comment !
Post a comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D