Penyerahan Bantuan Pengisian 1.100 Tabung Oksigen dari Ultra Voucher bagi Masyarakat Penyintas Covid-19 Melalui Relawan Siaga

| On
July 23, 2021

 



Assalamu’laikum teman-teman on line, apa kabarnya hari ini? Sehat kah?

 

Pertanyaan seperti itu, sebelumnya nampak sekedar ‘basa-basi’. Naum, dikala Pandemi seperti ini, pertanyaan tersebut menjadi sangat berarti. Apakah kawan, saudara, atau bahkan keluarga kita, benar-benar sedang dalam keadaan sehat wal 'afiat atau tidak.


Karena setiap harinya, banyak sekali kabar teman atau keluarga kita yang terkena Covid-19 bahkan hingga meninggal dunia. Sungguh, keadaan Indonesia sedang sangat mencekam, karena adanya Pandemi Covid-19 ini.


Kondisi Indonesia terkait Pandemi Covid-19 sekarang adalah banyaknya kasus baru karena masuknya varian Delta Covid-19. Kenaikan kasus ini tentunya membuat masalah demi masalah hadir dan menjadi tantangan bagi kita untuk bertahan.


Salah satu kendala yang banyak diberitakan di media massa atau media online salah satunya yakni kurangnya ketersediaan tabung oksigen di Rumah Sakit. Padahal, tabung oksigen ini merupakan kebutuhan yang sangat urgent bagi para penyintas covid-19.


Kelangkaan oksigen ini juga membuat harga oksigen per tabungnya mengalami kenaikan harga tak terkendali. Karena semua orang ‘berebut’ mendapatkannya, baik yang sedang dirawat di Rumah Sakit maupun yang sedang melakukan Isolasi Mandiri di rumah.


Penyerahan donasi senilai 50 juta rupiah untuk pengisian 1.100 tabung oksigen


Kamis, 22 Juli 2021 kemarin, PT Trimegah Karya Pratama Tbk, perusahaan pelopor dan aggregator voucher diskon digital terbesar di Indonesia dengan platform bernama Ultra Voucher, memberikan donasi senilai total Rp 50 juta melalui Relawan Siaga untuk pengisian tabung oksigen ukuran 1m3 . Hal ini sebagai bentuk kepedulian Ultra Voucher membantu masyarakat penyintas Covid-19 dan membutuhkan oksigen untuk proses pemulihannya.


Pengisian tabung oksigen akan dilakukan selama 15 hari, setiap harinya akan mengisi tabung oksigen berukuran 1m3 . Dengan demikian, total tabung yang akan diisi dari dana Ultra Voucher sebanyak kurang lebih 1.100 tabung oksigen ukuran 1m3 . Seluruh tabung yang sudah berisikan oksigen ini nantinya akan diberikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Relawan Siaga.


Direktur Utama Ultra Voucher Hady Kuswanto, mengatakan bahwa: “Ultra Voucher tergerak untuk menyalurkan bantuan dalam bentuk pengisian tabung oksigen, karena melihat kondisi Pandemi yang menyebabkan kelangkaan oksigen. Kami mengucapkan terima kasih kepada Relawan Siaga yang bersedia menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat.”




 

Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo, Ketua Umum Relawan Siaga, mengapresiasi bantuan dari Ultra Voucher kepada masyarakat untuk pengisian tabung oksigen melalui Relawan Siaga. Pihaknya akan menjaga amanah yang dititipkan untuk menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kami senang sekali dapat berkerjasama dengan Ultra Voucher. Saat ini memang oksigen sangat dibutuhkan masyarakat mengingat angka penderita Covid-19 di Indonesia yang membutuhkan oksigen sangat tinggi dan masyarakat kesulitan mengakses oksigen tersebut. Semoga semakin banyak pihak yang tergerak memberikan bantuan seperti Ultra Voucher ini untuk masyarakat terdampak Covid-19 dan kami siap mendukung,” kata Agus. 


Agus menambahkan hingga kini Relawan Siaga telah menyalurkan donasi total Rp 4,26 miliar dari 79 relawan dengan masyarakat penerima manfaat sebanyak 704.402 di 36 kota yang disinggahi. Program donasi Relawan Siaga yakni Lumbung Pangan – program berbagi paket sembako, selanjutnya Lets ’Qurban - optimalisasi ibadah qurban secara syari, Nutri Santri - program pemenuhan kebutuhan makanan bernutrisi pondok pesantren yang darurat akan kebutuhan pangan bernutrisi, Program Wakaf, Ramadhan Gemilang, Taman Cendikia, Gathering Santri, Sejuta Kurma, dan Food Care.

 

Penyerahan secara simbolis dilakukan secara virtual


Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis oleh Riky Boy Permata, Direktur Ultra Voucher kepada Ketua Umum Relawan Siaga Letjen TNI (purn) Agus Sutomo, disaksikan oleh manajemen Ultra Voucher dan perwakilan pengurus pusat dari Relawan Siaga.

 

Direktur Ultra Voucher Riky Boy Permata mengatakan bahwa Ultra Vopucher siap berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR Ultra Voucher sendiri fokus pada meringankan kebutuhan masyarakat disaat tertentu, seperti yang dilakukan saat ini, pengisian tabung oksigen yang akan diberikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.


Pak Menteri Sandiaga Salahudin Uno (sekaligus Ketua Dewan Pengawas Relawan Siaga pun mendukung kegiatan saling tolong menolong ketika masa Pandemi seperti ini.


 

Sekilas tentang Ultra Voucher




Trimegah Karya Pratama adalah perusahaan teknologi yang bergerak di industri voucher belanja/gift card, baik berupa fisik maupun digital. Berdiri pada tahun 2014, Perseroan berperan sebagai generator voucher yang disebarluaskan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.


Tahun 2017, Perseroan mengeluarkan platform utama yang digunakan untuk mendistribusikan voucher ke konsumen yang bernama Ultra Voucher. Ultra Voucher adalah aplikasi yang menjual berbagai macam voucher fisik dan digital dari merchant yang telah bekerja sama dengan Ultra Voucher. Saat ini, Ultra Voucher telah menjalin kerja sama dengan 300 brand dan masih akan bertambah yang tersebar lebih dari 40.000 outlet di seluruh Indonesia.


Ultra Voucher dapat diunduh di Apple App Store dan Google Play Store. Per Desember 2020, total downloader aplikasi Ultra Voucher sudah lebih dari 200.000 baik di perangkat Android maupun iOS. Di mana terdapat lebih dari 10.000 pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya.



Ultra Voucher tengah menjalani proses menuju Initial Public Offering (IPO) yang rencananya listing pada 27 Juli 2021 di Bursa Efek Indonesia. Saat ini proses penawaran umum perdana pada 19 – 23 Juli 2021. Ultra Voucher termasuk sebuah aplikasi dan features pelengkap atau supporting dari berbagai platform, perusahaan dan bank digital.


Per Desember 2020, total downloader aplikasi Ultra Voucher sudah lebih dari 200.000 baik di perangkat android maupun iOS. Di mana terdapat lebih dari 10.000 pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya. Saat ini, Ultra Voucher telah menjalin kerja sama dengan 300 brand dan lebih dari 40.000 outlet di seluruh Indonesia. Adapun merchant yang bekerjasama dengan Ultra Voucher saat ini dari berbagai segmen, yakni Beauty & Relaxation, Departement Store, E-Commerce, Entertainment, Food & Beverage (F&B), Hotel & Travel, Accessories & Jewelry, Lifestyle, Investment, dan lain-lain.

 

Sekilas tentang Relawan Siaga

 



Relawan Siaga berdiri 10 November 2019. Relawan siaga adalah sebagai satu Ormas yang bergerak dalam bidang relawan, kemanusiaan dan sosial. Relawan Siaga selalu siap siaga membantu Ketika Indonesia mengalami musibah. Terakhir, bantuan diberikan di Flores Timur, yakni  di Adonara. Setiap bencana, relawan siaga hadir membantu masyarakat. Personil Relawan Siaga direkrut dengan baik, ada tes psikologi, dan juga pelatihan secara mental dan fisik.

 

Bagaimana Relawan Siaga akan Melakukan Proses Distribusi Oksigen?


Relawan Siaga mengumpulkan data keperluan oksigen melalui website resmi Relawan Siaga. Masyarakat bisa melakukan request atau permintaan melalui website tersebut, kemudian Relawan Siaga akan mendata dan  menyebarkan ke masyarakat/melakukan pelayanan dengan melakukan analisis prioritas masyarakat yang paling membutuhkan oksigen tersebut.


Relawan Siaga pun akan mengantisipasi kendala yang mungkin akan terjadi di lapangan. Seperti memilih siapa yang sedang benar- benar membutuhkan oksigen. Kemudian mengantisipasi masyarajar  jangan sampai ada yang menyerobot. Relawan siaga harus bisa mengatur dengan baik dan melakukan evaluasi setiap harinya.

 

Distribusi oksigen pun akan dilakukan dengan melihat wilayah mana yang paling membutuhkan, dan Relawan Siaga akan memetakan daerah mana yang akan menjadi prioritas dalam pendistribusian oksigen tersebut.

 

Ultra Voucher sendiri akan terus berkolaborasi dan berkomunikasi dengan Relawan Siaga, terkait dengan penanganan kondisi darurat covid, dan juga untuk program kemanusiaan lainnya. Semua kemungkinan bantuan dan kolaborasi selanjutnya sangat terbuka, karena Ultra Voucher ingin sekali bisa terus membantu masyarakat melalui program CSR-nya.

 

Terima kasih Ultra Voucher dan Relawan Siaga, saya sangat mengapresiasi kerja sama yang sangat baik ini. Sebagai masyarakat biasa, saya sangat bersyukur, masih banyak orang/lembaga dan juga organisasi kemanusiaan yang ingin membantu korban bencana, musibah, dan khususnya dikala Pandemi seperti ini, masyarakat penyintas Covid-19 sangat banyak membutuhkan bantuan.

 

Semoga Ultra Voucher terus konsisten melakukan program-program kemanusiaan kedepannya, dan bagi Relawan Siaga, terima kasih banyak atas dedikasinya untuk masyarakat, dan semoga tetap kuat dan semangat terus membantu seluruh masyarakat Indonesia.

 

Semoga Pandemi Covid-19 segera berlalu ya, dan kita kembali hidup dalam keadaan sehat dan tenang, amiin yaa robbal 'alamiin.

 

2 comments on "Penyerahan Bantuan Pengisian 1.100 Tabung Oksigen dari Ultra Voucher bagi Masyarakat Penyintas Covid-19 Melalui Relawan Siaga "
  1. Waalaikumsalam, hemm menanyakan kondisi kesehatan menjadi hal yang sangat bermakna di saat pandemi seperti ini. Wah ada program kayak gini yang luar biasa dan bermanfaat, praktis pula.

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, bagus banget program bantuan pengisian tabung oksigen semoga berkah

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D