Mempersiapkan Mental dan Fisik Anak Menghadapi Pertemuan Tatap Muka di Sekolah. Bagaimana Agar Orang Tua Tidak Khawatir Berlebihan?

 



Assalamu’alaikum, apa kabarnya Buibuk? Semoga sehat selalu ya.


Setelah drama panjang Pandemi Covid-19, hari ini kita akan memasuki babak baru, yakni PTM atau Pertemuan Tatap Muka bagi anak-anak yang bersekolah. Sebenarnya, PTM ini ada hal yang sangat biasa sebelum covid-19 melanda. Namun, covid-19 ini mengubah tatanan kehidupan kita, termasuk dalam bidang pendidikan. Anak sekolah beralih ke pertemuan maya atau online class, dan tidak boleh masuk ke sekolah seperti biasanya.


Dua tahun lamanya bertahan dari pandemi, akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan Pertemuan Tatap Muka terbatas untuk anak-anak di sekolah. Walau memang, belum semua sekolah dan orang tua setuju menjalankan PTM ini, karena masih banyak merasakan kekhawatiran berlebih.


Termasuk saya, dua anak saya mulai melakukan PTM di sekolah. Kifah kelas 5 SD dan Aldebaran di Taman Kanak-kanak. Setiap hari, saya harus mempersiapkan sekolah mereka. Dibandingkan dengan sebelum Pandemi, saya harus mempersiapkan sekolah anak-anak dengan lebih ‘ekstra’


Saya harus mempersiapkan pakaian tentunya, peralatan sekolah, makanan untuk sarapan, makanan untuk bekal, masker, hand sanitizer dan multivitamin untuk menambah daya tahan tubuh mereka.


Sebelum PTM pun, ketika anak-anak masih belajar on line di rumah, saya cukup rutin memberikan anak-anak tambahan multivitamin dan lebih banyak konsumsi makanan dan minuman bergizi. Apalagi Kifah mengidap asma  sejak kecil, maka dari itu saya sangat khawatir daya tahan tubuhnya menurun dan mudah terserang asma dan penyakit lainnya, termasuk Covid-19.


Jum’at, 3 Desember  2021 lalu, saya dan Mama Blogger lainnya melakukan Gathering secara online via zoom meeting bersama Psikolog Pritta Tyas yang juga seorang pegiat portal parenting (@bunda.id dan Good Enough Parents.id) dan Holisticare Ester C Kids.


Mom Blogger Gathering bersama Holisticare Ester C Kids


Alhamdulillah, Holisticare mengangkat tema ini, yang memang menjadi salah satu ‘beban’ ketika kondisi pandemi ini sebenarnya masih berlangsung. Saya jadi mendapatkan ilmu dan insight baru, karena saya yakin banyak orang tua lain yang merasakan hal yang sama. Maka alhamdulillah saya bisa share ilmunya di blog ini. 


Mba Pritta (Psikolog Anak)


Jadi salah satu peserta  Mom Blogger Gathering


Sharing dibuka dengan pernyataan Mbak Prita, mengenai data WHO (World Health Organization) mengenai dampak pandemi ini terhadap anak, yakni 1 dari 7 anak terdampak akan adanya School from Home dan secara total di seluruh dunia ada 1,6 Milyar anak terdampak pandemi ini, salah satunya dalam aspek pendidikan.


Apa saja dampak pandemi terhadap anak sejauh ini?




1. Anak mengalami kecemasan

2. Anak tidak termotivasi untuk berkegiatan

3. Kedisiplinan yang kurang terjaga

4. Anak-anak jadi kurang fokus

5. Anak menjadi mudah ‘baper’ dan juga malas


Kalau dilihat dari ciri di atas, memang benar adanya. Saya melihat Kifah memiliki ciri seperti di atas, karena dia merasakan dampak pandemi ini. Ia tidak bersekolah ke sekolah selama 1,5 tahun lebih.


Misalkan, ritual bangun pagi, yang dulunya disiplin bangun pagi, sekarang lebih sulit untuk dibangunkan. Kemudian, dia juga jadi lebih ‘mager’ alias malas gerak, karena terlalu sering berada di dalam rumah.


Menurut Mbak Pritta, anak-anak bisa saja mengalami stres. Namun, anak-anak belum  bisa menyatakan dirinya stres, maka orang tua lah yang harus mengamati perilaku anak. Jika memang ada ciri-ciri di atas, bisa jadi anak mengalami stres.


Kenapa Pertemuan Tatap Muka penting untuk anak?




Seperti kita tahu, Indonesia sejak dulu, masih menggunakan sistem pendidikan yang konvensional, takni pertemuan tatap muka (face to face) secara langsung antara murid dan guru. Indonesia belum mengenal sistem Individual Learning menggunakan PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh. 

Namun Covid-19, mempercepat kehadiran teknologi untuk bisa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh untuk sistem pendidikan di Indonesia.


Memang ya, sesuatu itu akan menjadi sangat berharga kalau kita sudah kehilangan. Termasuk kehilangan kesempatan untuk tatap  muka di kelas bersama guru, yang ternyata hal itu adalah sesuatu yang berharga, yang dulu mungkin kita anggap biasa aja.


Pertemuan Tatap Muka memiliki peran penting karena:


1. Anak membutuhkan bimbingan guru secara langsung yang responsible

2. Anak harus melakukan sosialisasi secara fisik

3. Anak usia 4-6 tahun membutuhkan kerja sama, antri bersama, bergiliran, meminjamkan barang kepada teman atau dipinjami barang, agar kecerdasan sosial emosionalnya semakin berkembang.

4. Melatih emosi (meregulasi emosi) yang tidak nyaman, misalkan kesal, marah terhadap teman, atau takut dan tidak percaya diri, dll.


Apa saja hal yang bisa kita persiapkan untuk menyambut PTM?


1. Membuat role playing bersama anak tentang PTM. Misalkan, bagaimana caranya mencuci tangan, memakai masker yang benar, menjaga jarak dengan teman, dll.

2. Melakukan role playing jika ada konflik dengan teman

3. Belajar merefleksikan emosi anak. Jika anak bosan, marah, takut, tidak percaya diri, agar anak nyaman bersama kita sebagai orang tua. Jangan buru-buru menasehati anak, tapi banyak-banyaklah mendengar kata-kata dan cerita anak.


Bagaimana menepis rasa khawatir berlebihan?




Menurut Mbak Pritta, kita harus menyadari bahwa ada dua hal yang penting yang harus kita pahami.


Pertama, hal yang tidak bisa kita kontrol. Seperti, perasaan anak kita, bagaimana anak beradaptasi dengan guru, teman, tugas sekolah. Atau perilaku temannya terhadap anak kita. Bisa jadi anak kita menjadi sasaran bully, dll.


Kedua, ada hal yang bisa kita kontrol. Yakni ikhtiar kita untuk mempersiapkan anak menghadapi PTM. Seperti, mempersiapkan keperluan anak, menasehati anak, kesehatan anak, latihan prokes bersama anak, memenuhi kebutuhan vitamin C anak, dll.


Holisticare Ester C Kids Bantu Daya Tahan Tubuh Anak Menghadapi Pertemuan Tatap Muka di Sekolah


Kelebihan produk Holisticare Ester C Kids yaitu:


1. Rasa yang enak (rasa jeruk alami) dan bentuknya yang lucu

2. Tidak perlu khawatir merusak lapisan gigi karena tidak mengandung gula tetapi mengandung pemanis alami  Xilytol (natural sweetener) yang berasal dari alam yang dapat memelihara kesehatan gigi.

3. Holisticare Ester C Kids ini , Suplementasi Vitamin C inovasi baru yang diformulasikan khusus untuk anak-anak yang dibuat dari Ester-C, yaitu kalsium askorbat yang dipatenkan dan melalui proses unik sehingga lebih tidak perih di lambung.

4. Membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C

5. Membantu memelihara daya tahan tubuh. 


Aldebaran suka banget rasa Holisticare Ester C Kids ini


Pemberiannya cukup satu tablet sehari sebelum anak berangkat ke sekolah, sehingga menjadi rutinitas yang baik sebelum anak berangkat PTM, anak mengkonsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhnya. 


Aldebaran suka rasanya





Jika anak sedang terserang flu, konsumsi Holisticare Ester C Kids ini bisa ditingkatkan menjadi 2-3 tablet sehari ya.




Menurut saya, sebagai orang tua kita harus berikhtiar yang baik untuk menjaga kesehatan anak untuk menjalani Pertemuan Tatap Muka, salah satunya adalah dengan menyediakan makanan yang bergizi lengkap untuk anak, mempersiapkan alat pendukung protokol kesehatan, dan memberikan vitamin C yang baik, aman, dan nyaman untuk anak untuk menjaga daya tahan tubuh anak.


Bagaimana agar kita sebagai orang tua juga tidak stres menghadapi Pertemuan Tatap Muka?


Ketika sesi sharing kemarin, saya bertanya kepada Mba Pritta, yakni:


Q: Bagaimana kita menurunkan ekspektasi kita terhadap anak? Karena semenjak pandemi, anak mengalami learning lost yakni kehilangan pembelajaran. Dimana sekolah online tidak terlalu efektif. Walaupun katanya sekolah boleh menjalankan 50% saja kurikulum, namun pada kenyataannya, sekolah dan guru tetap mengejar ketertinggalan belajar, sehingga anak, guru, dan orang tua pun ikutan stres. Lalu bagaimana solusinya?


A: Hal yang pertama kita lakukan adalah dengan menetapkan goals kita sendiri. Goals yang utama adalah bagaimana anak happy atau bahagia ketika belajar. Jangan sampai anak stres dan dikejar-kejar pembelajarannya yang tertinggal. Orang tua harus menjadi jembatan antara sekolah dan kemampuan anak.


Mendapat jawaban tersebut dari Mbak Pritta, rasanya ‘nyes’ banget. Kenapa? Karena memang benar, kita gak bisa paksa anak, apalagi dengan kondisi seperti ini. Memang yang harus kita lakukan adalah  bagaimana membuat anak bahagia dan nyaman dulu untuk belajar sebelum menyiapkan banyak target pembelajaran yang harus ditempuh oleh anak.





Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Holisticare Ester C Kids, karena banyak sekali ilmu yang saya dapatkan kemarin ketika sedang melakukan sharing session berasam Mbak Pritta yang memang seorang psikolog dan juga Holisticare Ester C Kids.


Mudah-mudahan, anak-anak kita menjadi lebih siap dalam menghadapi PTM ya. Dan sebagai orang tua, kita juga lebih siap dan tidak stres dalam mempersiapkan anak-anak untuk bersekolah kembali. Yakinkan langkah sehatmu setiap hari bersama Holisticare Ester C.


Apa saja yang Mama siapkan untuk menjalani Pertemuan Tatap Muka di sekolah? Sharing di kolom komentar, yuk!





Comments

  1. Puk puk puk, mbak, nasib kita sungguh sama, haha. Cuma alhamdulillah anakku udah bisa tatap muka dari senin-jumat karena memang sekolahnya besar tapi muridnya sedikit. Jadi sekolahnya berani ngadain tatap muka. Anyway, baru tahu kalau holisticare ada yang buat anak, soalnya vitaminku di rumah juga itu, yang paling aman buat lambung

    ReplyDelete
  2. Bener banget nih ty, pada saat memutuskan PTM lagi maka kita perlu juga memberi asupan vitamin ya apalagi cuaca sedang ekstrim. Aska juga udah PTM dan ya.. satu anak sakit anak lain keikut, jadi perlu stamina ekstra. Holisticare rasa jeruk kesukaan Aldebaran ya jadi pengen coba juga buat Aska nih

    ReplyDelete
  3. Kalau saya gak terlalu sulit menyiapkan PTM. Karena anak-anak saya udah remaja dan mereka udah paham prokes. Bahkan mereka udah biasa pakai masker dari sebelum pandemi. Paling saya ingetin untuk selalu bawa masker cadangan dan hand sanitizer aja.

    ReplyDelete
  4. Antusias banget ya si kecil akan masuk sekolah tatap muka, semangat tapi tetap patuhi protokol dan jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Waaaw namanya Aldebaran! keren bangeeettt kayak IC jadinya hihi...
    aku melihat sendiri sih di sekitar rumah yang terdampak pandemi ini, kadang sedih tapi tak bisa berbuat banyak :(

    semoga anak anak terlindungi ya mbak Tetty dari virus j ini!

    ReplyDelete
  6. Setelah sekian lama hanya ketemu di depan gadget, anak-anak pasti seneng saat PTM. tapi justru ibunya yang was-was dengan kebebasan di sekolah

    ReplyDelete
  7. Loh ada yang buat anak juga toh, lucu kali bentuknya. Semoga ini jadi usaha untuk melindungi anak2 kita ya mba.

    ReplyDelete
  8. Semoga kita dan anak anak siap menghadapi ptm ya mbak

    ReplyDelete
  9. Akhirnya setelah sekian lama sekolah online, akhirnya bisa sekolah tatap muka juga ya.. Gak kerasa udah mau setahunan lebih. Pasti bakal kaget banget, dari yang biasa dari hp atau laptop sekarang udah bertemu guru secara langsung

    ReplyDelete
  10. aku jadi inget pertama kali anakku PTM dia sampai sakit perut dan merasa grogi kepikiran saking udah lamanya gak ketemu teman dan belajar di sekolah

    ReplyDelete
  11. aku juga ngasih ester c holisticare kids buat anak2ku sebagai salah satu vitamin harian, mba. kalau mereka nyebutnya "vitamin gajah" hihi karena gambarnya gajah gituu

    ReplyDelete
  12. IYa loh, aku deg-degan anak mau masuk tatap muka nih. Terutama yang SD ya, tapi kan mau vaksin juga ini anak usia 6-12 tahun, lega banget deh. Plus ditambah vitamin ini, jadi makin sehat ya, Insaallah

    ReplyDelete
  13. Anak mau PTM yang mumet sudah pasti ibunya karena worry dengan sikon yang masih pandemi, penting kita ajarin anak utk terbiasa prokes di rumah jd saat sekolah sudah biasa, plus kasi suplemen pastinya biar stay fit

    ReplyDelete
  14. Meski gak ada anak kecil di rumah, tetep belajar melihat keriwehan dari kanan kiri yang anaknya mau PTM heheheh, ada yang bersemangat ada yang justru enakan belajar di rumah.

    ReplyDelete
  15. Waah vitamin C nya nih anak-anak bakalan suka deh ya. Emang harus maksimal persiapan PTM supaya aman.

    ReplyDelete
  16. mungkin kalo anak remaja sudah bisa langsung menyesuaikan diri dengan lingkungannya saat PTM, tetapi kalo anak-anak memang perlu dinasehati dan dikasih tau dulu tentang apa-apa saja yang perlu dan tidak perlu dilakukan ketika PTM nantinya.

    ReplyDelete
  17. Aku juga konsumsi holisticare tapi baru tau nih kalo ada produk khusus utk anak2 jg.. asupan vitamin c penting bgt utk daya tahan tubuh shg tubuh bisa fit terus

    ReplyDelete
  18. Sangat penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh anak saat sekolah sudah mulai masuk seperti biasa. Karena di luar sana mereka pasti berinteraksi dengan banyak teman.

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah anak-anak saya termasuk disiplin dengan prokes. Tetapi, ketika mulai PTM memang harus semakin diperhatikan lagi kesehatan fisiknya. Karena hampir 2 tahun beraktivitas di rumah. Sekarang harus mulai keluar lagi di saat masih pandemi

    ReplyDelete
  20. Bener teh, menciptakan anak yg happy itu pada akhirnya akan menumbuhkan rasa cintanya untuk belajar. Kadang tanpa di suruh pun anak2 inisiatif belajar mandiri ya. Nah saat PTM emang butuh banget vitamin macam Holisticare ini

    ReplyDelete
  21. aku pertama kali memberikan holisticare ester c untuk anakku saat pandemi baru dimulai mba, untungnya anakku suka sehingga berlanjut terus hingga sekarang. seneng banget sekarang sudah lebih mudah ditemukan untuk pembeliannya.

    ReplyDelete
  22. Saya selalu ingetin ortu kalau PTM anak harus dalam kondisi fit, biar gak menular ke teman. Di rumah jadi nyetok holisticare juga deh mbak, biar ibunya tenang

    ReplyDelete
  23. Ponakan daku juga lagi persiapan sekolahnya untuk PTM, Alhamdulillah udah vaksin. Dan memang kudu jaga kondisi badan sehat dan prokes sih ya

    ReplyDelete
  24. Para ibu2 pastinya was2 ya saat anak2 sudah mulai sekolah tatap muka makanyaa anak harus diberikan asupan vitamin C agar daya rahan tubuhnya selalu baik dan terjaga

    ReplyDelete
  25. Perlu banget sih ini sedia holisticare buat anakku, kemarin sempet batuk flu, jd gak berani untuk ikut PTM, Jadi perlu banget nih buat daya tahan tubuhnya.

    ReplyDelete
  26. Rasa dari vitamin ini penting juga, selain manfaat yang akan didapatkan agar imun anak menjadi kuat menghadapi PTMPT di era pandemi. Bersama Holisticare Ester C Kids, orangtua menjadi tidak khawatir lagi.

    ReplyDelete
  27. Anak-anak semangat banget mau belajar tatap muka, emaknya yang kadang khawatir karena pandemi belum berakhir, dilindungi dengan vitamin yang tepat bikin hati tenang ya

    ReplyDelete
  28. Halo mba Tety. Di kondisi sekarang masih pandemi emang banyak banget harus disiapkan untuk jika anak akan melakukan tatap muka di sekolah. Makasih ya mba. Tapi aku pun menyadari bahwa bagaimanapun anak juga butuh bimbingan secara langsung

    ReplyDelete
  29. Ih sam a anak2ku juga suka mbak sama rasanya. Udah gtu gak terlalu asem ya mbak. ternyata juga punya kandungan bahan yang baik untuk kesehatan gigi ya.
    Anak2 dah mulai PTM jd emang butuh booster seperti ini supaya enggak gampang sakit ya.

    ReplyDelete
  30. anak-anak juga konsumsi holisticare teh, apalagi pembelajaran tatap muka anakku udah setiap hari jadi butuh banget dibekali vitamin

    ReplyDelete
  31. wah, esterc ada untuk anak-anak ya. Dulu setahu saya ester c ini untuk kecantikan kulit wanita dewasa.

    ReplyDelete
  32. Orang tau tentu ada rasa cemas dan was-was mbak, belum lagi pandemi belum berakhir. Tapi memperhatikan kesehatan anak dgn memberikan vitamin c setiap harinya bisa mengurangi rasa cemas terhadap anak.

    ReplyDelete
  33. Ternyata vitamin ini ga mengandung pemanis gula ya juga pemanis yang berbahaya. Boleh nih dicoba. Lebih aman untuk anak.

    ReplyDelete
  34. Mengosumsi vitamin bisa menambah daya tahan tubuh anak ya mbak
    Klo daya tahan tubuh anak terjaga, bisa tenang melepas anak kembali ke sekolah

    ReplyDelete
  35. kalau usia anak-anak memang kayaknya lebih efektif belajar di sekolah ya, mbak soalnya ada guru dan teman-teman yang membuat mereka lebih semangat belajar. tentunya kita juga tetap harus menjaga daya tahan tubuh anak dengan menyiapkan vitamin dan makanan bergizi di rumah

    ReplyDelete
  36. anakku happy banget Mbak waktu dibertahu kalau bakalan sekolah offline, tapi waktunya sangat terbatas di sekolah, 1,5 - 2 jam sehari (PTM baru 3x seminggu sih), Si Sulung semangat banget tuk ketemu dan belajar bersama teman-temannya, penting banget nih ya tuk selalu sedia multivitamin tuk jaga kondisi anak. Holisticare untuk anak ini bisa bantu banget ya Mbak.

    ReplyDelete
  37. Liat dampak pandemi di artikel ini kok semuanya ada sama anakku. Sedih sih, kadang jadi bingung sendiri bagaimana caranya biar si anak semangat lagi. Yah mungkin bisa dicoba sarannya ya mbak. Anak harus "happy" dulu. Berharap setelah libur sekolah ini, PTM nya lebih maksimal.

    ReplyDelete
  38. Sekolah tatap muka lagi memang berisiko ya sekarang ini. Tapi ya gak bisa enggak, anak-anak harus mulai beradaptasi. Yang bisa kita lakukan cuma ngasih mereka kekebalan tubuh yang lebih bagus. Misalnya dengan multivitamin ini. Btw, aku selama ini minum Holisticare EsterC ini. Baru tahu kalo ada yang buat anak. Bisa nih dicoba buat anak-anakku.

    ReplyDelete
  39. Mempersiapkan anak PTM memang penting adanya ya Mbak. Apalagi pandemi masih bersama kita dan menjaga kesehatan adalah hal yang utama. Untuk anak saya dan keluarga saya juga memberikan tambahan vitamin pendukung, tidak hanya dari konsumsi makanan sehari-hari. Semoga kita semua terjaga kesehatannya. Aamiin.

    ReplyDelete
  40. Meskipun was-was tapi tetap harus kita lalui ya bunda, karena ini juga bagian dari proses adaptasi. Untung sekarang tersedia suplemen seperti esterc ini. Sehingga daya tubuh anak lebih terlindungi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D