PrimaKu: Aplikasi Monitoring Pertumbuhan dan Perkembangan Anak yang Wajib Mama Miliki

 
review aplikasi primaku

Aplikasi Primaku, aplikasi yang membantu para ibu mencatat tumbuh kembang anak dalam satu aplikasi gadget saja. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Primaku?

Ibu-ibu biasanya lupa mencatat tumbuh kembang anaknya setiap bulan, baik itu tinggi badan atau pun berat badan. Nah, aplikasi Primaku ini wajib banget di download karena memudahkan kita para ibu memantau tumbuh kembang anak secara langsung. Berikut reviewnya, ya.


Assalamu’alaikum, Mama Semua. Apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat ya. Desember sudah di pertengahan bulan, cuaca mulai tidak menentu, jangan lupa untuk menjaga selalu kesehatan ya, Ma. Karena Mama ga boleh sakit, kan? hehehe.

 

Bicara soal kesehatan, Kamis, 16 Desember 2021, saya mengikuti Webinar via Zoom bersama PrimaKu, yakni sebuah aplikasi untuk memonitoring pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebenarnya, saya sudah lama mengenal PrimaKu, saya sudah memiliki akun dan mendaftarkan dua anak saya yang waktu itu masih balita.


review aplikasi primaku


Dalam webinar kemarin, dihadiri oleh dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes  (Dokter Spesialis Kesehatan Anak) dan juga seorang Mama Influencer Tania Ray Mina.


Menurut oleh dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes , ada tiga hal penting yang wajib diketahui dan menjadi patokan orang tua dalam menilai tumbuh kembang anak di rumah.

 

review aplikasi primaku


1. Anak sehat adalah anak yang bertumbuh volume tubuhnya (tinggi, berat, lingkar kepala)


2. Anak sehat adalah anak yang berkembang kecerdasan kognitif, bahasa, psikomotorik, sensorik, dll. Ada penambahan skill/kemampuan anak dari waktu ke waktu.


3. Anak tidak sakit. Pencegahan anak sakit dilakukan dengan imunisasi.

 

Data Profil Kesehatan Ibu dan Anak pada tahun 2020 mencatat tingkat prevalensi stunting pada anak balita Indonesia di tahun 2019 sebesar 27,67 persen. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 pemerintah Indonesia menargetkan prevalensi stunting anak balita tahun 2024 sebesar 14,00 persen. Data yang sama mencatat persentase anak umur 12-23 bulan yang menerima imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020 baru mencapai 57,17 persen.

 

Data di atas tentunya menjadi peringatan bagi kita semua. Sebagai orang tua, terutama Mama, yang kesehariannya bersama anak, tentu harus aware dengan hal ini. Mama harus bisa mengamati, dan mencatat perkembangan dan pertumbuhan anak-anak dari waktu ke waktu agar anak bisa tetap terjaga kesehatannya sesuai dengan standar kesehatan anak yang telah ditetapkan oleh pemerintah ataupun WHO.

 

Mengapa aplikasi PrimaKu ini sangat penting untuk dimiliki oleh Mama?


review aplikasi primaku


Pertama, aplikasi PrimaKu ini akan memudahkan kita, para Mama, dalam mencatat data anak yang meliputi tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, imunisasi, dll. Biasanya, kita mencatat tinggi dan berat badan anak jika sedang datang ke Posyandu atau Puskesmas di lingkungan rumah. Dicatatnya pun masih manual dengan menggunakan buku KIA (buku pink). Pertanyaannya, dimanakah kita menyimpan buku KIA tersebut? Setelah memiliki anak lebih dari satu, saya baru menyadari saya ini pelupa untuk menyimpan buku tersebut.

 

Kedua, aplikasi PrimaKu secara cepat dan tepat membaca grafik tumbuh kembang anak kita. Karena di dalamnya memang sudah tersedia grafik tumbuh kembang yang bisa kita baca dengan cara menginput atau mengisi data berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak.

 

Ketiga, setelah grafik tumbuh kembang anak muncul pada aplikasi PrimaKu, kita bisa melihat, apakah pertumbuhan dan perkembangan anak kita sudah berada pada angka normal atau belum. Apakah ada di garis hijau, kuning, oranye, atau bahkan di garis merah? Hal ini bisa menjadi ‘warning’ untuk kita sebagai orang tua, dalam mengambil tindakan/intervensi meyangkut kesehatan anak. Jika anak kekurangan gizi/berat badan, atau tidak berkembang kecerdasan kognitif, bahasa, psikomotoriknya seperti anak pada umumnya.


review aplikasi primaku


Apa saja keunggulan aplikasi PrimaKu ini?


review aplikasi primaku


1. Grafik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak


Dalam fitur pertumbuhan dan perkembangan, Mama bisa menginput data tentang berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak.  Sehingga Mama bisa mengetahui apakah ketiganya sudah sesuai atau belum dengan usia serta jenis kelamin anak kita.

 

Data pertumbuhan tersebut akan terangkum menjadi satu grafik yang sangat mudah kita pahami. Mama bisa melihat, apakah posisi pertumbuhan anak ada di garis hijau, kuning, oranye atau merah.

 

Terkait perkembangan, Mama dapat memonitor perkembangan anak dari segi motoric dan sensoric yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak.

 

2. Imunisasi


Imunisasi merupakan salah satu cara agar anak tetap sehat/tidak sakit. Aplikasi PrimaKu menghadirkan fitur imunisasi dimana terdapat jadwal imunisasi IDAI 2020 disertai dengan reminder/pengingat, sehingga membantu orang tua menjalankan imunisasi tepat waktu.


Di dalam aplikasi PrimaKu ini pun, Mama bisa mencatat imunisasi yang sudah dilakukan, yang berguna sebagai data anak, jika suatu saat dibutuhkan oleh dokter dalam melakukan intervensi.

 

3. Konsultasi


Pada fitur konsultasi, Mama dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dengan mudah yang tergabung dalam IDAI, secara online melalui telepon, video call hingga chat. Sepertinya fitur ini akan sangat bermanfaat untuk saya dan Mama semua ya. Karena beberapa kali saya memang suka konsultasi dengan dokter umum dan spesialis secara on line melalui aplikasi.


Hadirnya fitur konsultasi ini, saya rasa akan sangat membantu para Mama di rumah, berkonsultasi dengan dokter anak yang tergabung dengan IDAI, secara online (sangat memudahkan), waahh rasanya senang sekali ada fitur ini, terima kasih PrimaKu.

 

4. Komunitas


Fitur komunitas ini memudahkan Mama sebagai orang tua dapat berbagi pengalaman dengan Mama lainnya, mengenai pertumbuhan anak mereka. Seperti yang sama-sama kita ketahui, ibu zaman sekarang lebih suka berbagi dan mengambil pengalaman dari komunitas ibu.Tentunya bisa saling support juga ya untuk sama-sama mendampingi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

 

5. Rekam Medis


Fitur rekam medis ini juga mempermudah Mama dalam mencatat riwayat pemeriksaan atau rekam medis anak, sehingga ketika diperlukan, semuanya sudah lengkap dalam satu aplikasi.

 

review aplikasi primaku


review aplikasi primaku




review aplikasi primaku


Menurut dr. Miza, “Orang tua perlu untuk memperoleh pengetahuan dan informasi holistik mengenai tumbuh kembang anak yang sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). PrimaKu merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam memantau tumbuh kembang anak karena aplikasi ini didukung penuh oleh IDAI.”

 

dr. Miza pun mengatakan, bahwa orang tua sangat wajib mengunduh aplikasi ini, karena orang tua perlu memeprhatikan data tumbuh kembanga anak, sejak lahir hingga saat ini. Selain itu, aplikasi PrimaKu ini juga sangat membantu bagi para dokter dalam praktek sehari-hari, yakni untuk melihat grafik kesehatan anak, data imunisasi maupun rekam medis dari anak. Sehingga, dokter lebih mudah dalam melakukan intervensi.

 


Sekali lagi, dr.Miza menekankan, jika kita memiliki aplikasi PrimaKu dan memanfaatkan fitur yang ada pada apliaksi PrimaKu ini, maka orang tua bisa mengikhtiarkan hidup sehat bagi anak-anaknya dan bisa mewujudkan anak Indonesia yang kuat, sehat, dan cerdas.

 

 

Mengunduh dan Menginstal Aplikasi PrimaKu



review aplikasi primaku


Menurut saya, mengunduh dan menginstal aplikasi PrimaKu ini sudah sangat mudah ya, Ma.

 

1. Unduh aplikasi PrimaKu pada App Store dan Google Play Store.


2. Lakukan pendaftaran, bisa menggunakan no handphone, atau bisa melalui email dan media sosial.


3. Akan ada kode OTP yang dikirimkan pada no handphone kita melalui SMS. Mama tinggal menginput kode OTP tersebut ketika melakukan registrasi/pendaftaran.


4. Registrasi berhasil.


5. Lengkapi data-data anak yang dibutuhkan ya, Ma. Asyiknya, kita bisa menginput data anak lebih dari satu, lho.

 


Menurut saya, aplikasi PrimaKu ini wajib dimiliki oleh setiap Mama di rumah ya. Karena fiturnya lengkap dan akurat untuk memonitor tumbuh kembang anak. Jadi, sebagai oprang tua, kita bisa mengambil langkah yang tepat jika ada ‘sesuatu’ yang terjadi dalam pertumbuhan dan perkembangan anak kita.


review aplikasi primaku


PrimaKu juga aktif berbagi informasi seputar tumbuh kembang anak dan juga parenting melalui Instagram @official.primaku jangan lupa difollow ya, Ma.


Apakah Mama sudah menginstal aplikasi PrimaKu? Jika iya, manfaat apa saja yang sudah Mama rasakan sejauh ini? Sharing yuk, di kolom komentar.

 

 

 

 

Comments

  1. Iyaaa, aku udah pakai PrimaKu dari Lyosha lahir. Beneran ngebantu banget buat mantau tumbuh kembang anak. Yg paling penting jd nda skip jadwal imunisasi hehehe

    ReplyDelete
  2. Kalau bergabung dengan PrimaKu ini berasa banget banyak ilmu dan informasi ya mba. Dan lengkap sekali fitur fiturnya bisa maksimal pantau perkembangan anak

    ReplyDelete
  3. aku udah lama pakai primaku, mba. yang aku lihat itu ya grafiknya ya.. apalagi pas anak keduaku itu sempat ngalamin ADB. sekarang aplikasinya di aku lagi ada problem, kayaknya karena abis migrasi henpon hihi

    ReplyDelete
  4. Aku awalnya skip nih pake primaku, karena memory hapeku kecil wkwkw. Tapi sekarang ngga skip lagi Alhamdulillah, soalnya ngebantu banget buat aku kontrol pertumbuhan anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Wah lengkap ya ada aplikasi memantau tumbuh kembang, karena kalau pake catatan sendiri suka lupa naro dimana. Mana lengkap bisa cek tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, imunisasi dll

    ReplyDelete
  6. Para bunda sekarang dimudahkan dengan adanya aplikasi ini ya memantau perkembangan dan pertumbuhan anak jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  7. wah bagus banget ya aplikasi primaku ini mama Aksa. Jadi termonitor perkembangan si kecil tiap bulannya yaa. Ibu yang punya anak usia dini penting ini ya memiliki aplikasi ini

    ReplyDelete
  8. kalau pakai PrimaKu ini jadi lebih praktis ya Mbak, gak pakai lupa lagi simpan dimana buku KIAnya karena handphone bisa berada di genggaman kita setiap saat ya, jadi tinggal buka aja, input perkembangan anak dan bisa terus dipantau ya :)

    ReplyDelete
  9. Solutif banget.
    Di era digital begini, tentunya ingin yang serba praktis dan mudah dipantau juga memudahkan. Menggunakan aplikasi Primaku, alhamdulillah..
    Para Ibu menjadi terbantu sekali dengan semua reminder dan pencatatannya secara visual.

    ReplyDelete
  10. Lebih praktis gini ya dibandingkan harus tiap kali mencari buku KIA hehehe.. jaman dulu adanya ya buku itu, mpe lecek dan lebih sering ketlingsutnya. :))
    Sip banget lah, mama makin mudah mengecek perkembangan anak melalui aplikasi Primaku.

    ReplyDelete
  11. Aku pakai primaku ni dari anak pertama :) membantu banget terutama buat nyatet tumbuh kembang dan cek jadwal vaksin ya....

    ReplyDelete
  12. Aku kadang suka lupa ukur lingkar kepala, Mbak. Hiks. Btw, rasanya harus install aplikasi ini, nih. Pingingabing sama komunitasnya. Sharing2 manfaat tentunya ya, Bunn.

    ReplyDelete
  13. untuk anak umur 10 tahun masih cocok gak sih? hehe. anakku lelaki satu-satunya...udh kelas 4 SD. Brrti, nih utk aplikasi calon adeknya aja..OTW instal

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D