Resmi! Prudential Syariah Indonesia Hadir untuk Mendukung Ekonomi Syariah Indonesia

 

Prudential syariah indonesia

Prudential Syariah Indonesia resmi diluncurkan! Kini unit asuransi syariah Prudential mendirikan entitas tersendiri yang fokus untuk mengembangkan ekonomi syariah Indonesia, yakni Prudential Syariah Indonesia.

Assalamu’alaikum teman-teman onlineku. Apa kabar puasanya hari ini? Mudah-mudahan tetap semangat dan dilancarakan hingga waktu berbuka nanti, ya.

 

Apa yang kamu ingat Ketika mendengar kata ‘Asuransi’ dan ‘Asuransi Syariah’? Jujur kalau saya, pertama kali mendengar kata asuransi, yang pertama kali terlintas adalah ‘proteksi’ ‘uang’ dan ‘prudential’ Karena dari dulu, memang sering mendengar dan melihat iklan produk Prudential, maka Prudential adalah brand/perusahaan yang pertama kali saya ingat.

Prudential sendiri, kalau tidak salah memang sudah punya produk asuransi Syariah yang bernama PRU Syariah. Unit usaha syariah milik Prudential yang sudah berdiri sejak tahun 2007.

 

Apa sih perbedaan Prudential Syariah Indonesia dan Asuransi Prudential Syariah yang sudah ada?

Jadi begini teman-teman, kalau dulu, dari 2007-2022 asuransi syariah Prudential itu masih ada dibawah perusahaan PT Prudential Life Assurance (hanya merupakan sebuah unit usaha saja). Nah, sekarang unit usaha syariah ini melakukan pemekaran (pemisahan diri) menjadi berdiri sendiri yakni PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah), yang secara resmi diumumkan pada Grand Launch Prudential Syariah Indonesia, Selasa, 5 April 2022.


Prudential syariah indonesia


Mengapa unit usaha asuransi syariah milik Prudential ini memisahkan diri?

Karena Prudential melihat perkembangan yang positif terhadap pergerakan ekonomi syariah yang ada di Indonesia. Prudential ingin ikut serta bersama pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat Ekonomi Syariah dunia.

Sama seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) yang memisahkan diri dari Bank Konvensional milik BUMN dan akhirnya berdiri sendiri, Prudential Syariah Indonesia pun berdiri menjadi entitas sendiri berlepas diri dari Prudential Konvensional.

 

Seperti yang tertuang dalam pidato Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang ikut memberikan arahan dan mengucapkan selamat atas lahirnya awal baru PT. Prudential Sharia Life Assurance ini (Prudential Syariah), yakni:

“Kinerja ekonomi dan syariah Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun hingga saat ini menduduki posisi ke-4 di dunia dan total aset dalam kelolaan industri Syariah terus meningkat hingga pada 2021 mencapai 17%. Insya Alloh Prudential Syariah turut dapat menjadi bagian dari solusi kebutuhan perlindungan risiko  dan memberikan nilai tambah pada publik sekaligus menjadi pendorong laju era baru industri syariah di Indonesia, serta mendukung komitmen pemerintah  Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi syariah dunia”.


Prudential syariah indonesia

Dengan peluncuran secara resmi Prudential Syariah Indonesia, maka:

1. Prudential menjadi perusahaan asuransi jiwa berskala internasional pertama yang mendirikan entitas asuransi jiwa syariah tersendiri di Indonesia.

2. Prudential berpegang pada prinsip ‘Syariah untuk Semua’  bahwa nilai-nilai syariah bersifat universal, inklusif dan relevan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang karakternya sangat majemuk.

3. Prudential didukung oleh kapabilitas produk dan jaringan distribusi multi kanal yang kuat, yang insya alloh bisa memperluas jangkauan asuransi syariah ke seluruh lapisan masyarakat.


Prudential syariah indonesia

Menurut Riswinandi, Anggota Dewan Kominisioner merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan, mengatakan bahwa:

“Pendirian perusahaan asuransi jiwa syariah sebagai entitas tersendiri sangat penting karena dapat signifikan mendorong pertumbuhan industri dan ekonomi syariah, serta memperkuat kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Prudential Indonesia dan Prudential Syariah dan berharap perusahaan asuransi jiwa lainnya mengikuti jejaknya sehingga industri syariah di Indonesia akan semakin maju.”

 

Omar Sjawaldy Anwar, Presiden Direktur Prudential Syariah Indonesia juga mengatakan, “Dengan mengutamakan prinsip ‘Syariah untuk semua’ Prudential Syariah Indonesia akan menghadirkan berbagai produk perlindungan bagi seluruh masyarakat, dengan dukungan jangkauan yang luas tentunya. Kami sangat optimis terhadap perkembangan ekonomi syariah ke depan dan berkomitmen penuh untuk mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.”

 

Dukungan dari berbagai pihak kepada Prudential Syariah Indonesia:

 

Prudential syariah indonesia


Prudential syariah indonesia



Prudential syariah indonesia


Masyarakat seringkali bertanya-tanya apa sih perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah?

Berikut adalah salah satu penjelasan perbedaan mengenai asuransi Jiwa konvensional dan syariah yang saya kutip dari laman prudential.co.id

Perbedaan utama antara Asuransi Jiwa Syariah dengan Asuransi Jiwa Konvesional terletak pada konsep dasar dan cara pengelolaan dana yang sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah. Asuransi Jiwa Syariah adalah Asuransi yang didasari prinsip saling tolong menolong dan melindungi diantara para peserta melalui kontribusi ke Dana Tabarru, yaitu kumpulan dana kebajikan dari uang kontribusi para peserta Asuransi Jiwa Syariah yang setuju untuk saling bantu bila terjadi risiko di antara mereka. Dana ini kemudian dikelola sesuai prinsip Syariah dan di bawah pengawasan Dewan Syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

Bila terjadi risiko terhadap peserta, santunan asuransi akan dibayarkan dari Dana Tabarru. Konsep ini juga dikenal sebagai risk sharing. Sementara, dalam Asuransi Jiwa Konvesional, Nasabah membayarkan sejumlah premi atas proteksi yang dibelinya ke perusahaan asuransi. Bila terjadi risiko atas Nasabah, perusahaan asuransi jiwa akan memberikan sejumlah santunan asuransi. Konsep ini juga dikenal sebagai risk transferring.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara Asuransi Jiwa Syariah dan Asuransi Jiwa Konvesional dari segi kontrak, kepemilikan dana, surplus underwriting, pengelolaan investasi dan pengawasan asuransi. Dalam Asuransi Jiwa Syariah, ada beberapa jenis transaksi yang harus dihindari yaitu gharar atau ketidakpastian, riba atau tambahan dan maysir atau judi. Jadi, dana Nasabah pada Asuransi Jiwa Syariah khususnya unit link, tidak akan diinvestasikan pada hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam, contohnya produk keuangan dan perbankan dengan konsep riba, rokok, dan minuman keras.


Sharia Knowledge Centre (SKC)

Karena banyaknya pertanyaan dan masih kurangnya literasi mengenai asuransi dan asuransi syariah, dan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, Prudential Syariah Indonesia menghadirkan Sharia Knowledge Centre (SKC).

SKC merupakan sebuah pusat edukasi digital beragam solusi keuangan syariah, serta menjadi platform diskusi dan kolaborasi untuk inovasi dan pengembangan produk dan layanan keuangan syariah, terutama asuransi jiwa syariah. SKC merupakan salah satu bentuk kontribusi Prudential Syariah Indonesia untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah Indonesia.


Prudential syariah indonesia


Saya mengucapkan selamat dan mendukung Prudential Syariah Indonesia untuk menjadi bagian dari perkembangan dan kemajuan ekonomi syariah di Indonesia. Saya sebagai masyarakat muslim Indonesia menjadi merasa bahagia dan tenang, karena sudah ada perusahaan asuransi yang berlandasakan syariat islam dan didukung serta diawasi langsung oleh pemerintah.


Bagaimana pendapatmu tentang berdirinya Prudensial Syariah Indonesia ini? Apa pendapatmu sebagai masyarakat muslim di Indonesia?

 


Comments

  1. Senang banget ya, akhirnya Prudential syariah hadir di Indonesia, jadi menambah semarak ekonomi syariah di negara ini.
    Dan yang pasti, para nasabah akan lebih tenang, karena konsep syariah jauh dari hal-hal yang dilarang Islam :)

    ReplyDelete
  2. Semoga semakin banyak ya hal-hal yang berbau syariah agar ada pilihan bagi umat muslim aamiin

    ReplyDelete
  3. Waktu launching adanya Pru Syariah dari Prudential aku dateng nih mbak. Ternyata sekarang bedanya dia berdiri sendiri fokus untuk asuransi syariah ya. Sekarang memang banyak yang sudah beralih ke syariah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, awalnya hanya unit usaha Pru Syariah, skrg terpisah dan membangun entitas sendiri

      Delete
    2. Wah kalau perusahaan asuransi kan biasanya kyk digabung ya, kalau Prudential syariah ini bener2 udah misah manajemennya dari yang konven yaa saat ini

      Delete
  4. Udah ada prudential syariah alhamdulilah.. semoga semakin banyak syariat islam yang mendukung masa depan kita ya

    ReplyDelete
  5. kayaknya udah dari beberapa tahun lalu ya ada pru syariah? saya pernah tahu beberapa produknya mbak.. tapi sepertinya ini prohgramnya yang terbaru yaa.. dan lebih fokus ke asuransi syariah.

    ReplyDelete
  6. saya banyak dpt info soal prudential syariah juga dari temenku yang agen mba, kata dia memang pru syariah ini bagus banget, keren sih sekarang sudah jadi unit bisnis tersendiri yaa di prudential

    ReplyDelete
  7. Masya Allah..makin keren aja nih Prudential. Unit Syariahnya kini udah jadi Prudential Syariah. Semoga semakin memberikan manfaat dan edukasi bagi masyarakat Indonesia, biar jadi makin paham literasi keuangan syariah.

    ReplyDelete
  8. Baru tahu kalau ada Prudential Syariah setelah baca postingan ini. Terima kasih informasinya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Pilihan asuransi syariah merupakan daya tarik sendiri karena pru syariah prudential bisa menolong oranglain dan menolong diri kita

    ReplyDelete
  10. Ikut mengucapkan selamat ya untuk hadirnya Prudential Syariah. Sebelum ke BPJS dulu saya juga di Prudential. Pas ada BPJS sama kantor dipindahkan deh sampai sekarang

    ReplyDelete
  11. Jadi udah terpisah dari Prudential konven ya mbak?
    Keren nih skalanya udah internasional ya mbak gak cuma utk Indonesia. Eh tapi emang pas dulu ke Malaysia ada RS yang bilang kerja sama ma Prudential gtu.
    Penasaran produk2 yang ditawarkan apa aja nih.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, kini Prudential Syariah Indonesia sudah berdiri sendiri dan semoga semakin menambah kepercayaan masyarakat terkait asuransi yang berbasis perekonomian syariah.

    ReplyDelete
  13. Uhuyy akhirnya launching Asuransi Prudential Syariah Indonesia. Selamat! Semoga bisa menjadi salah satu pilihan asuransi masyarakat Indonesia, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  14. Senang banget dengernya klo sekarang sudah berdiri sendiri. Jadi bisa menjadi pilihan untuk teman dan keluarga yang Muslim.

    ReplyDelete
  15. Wah, sekarang ternyata udah terpisah yah Prudential Syariah dan berdiri sendiri
    Bisa menjadi alternatif pilihan nih buat yang masih ragu untuk punya asuransi yah, jadi lebih tenang karena udah syariah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaa Teh. Nama Prudential kan udah terkenal di mana-mana sebagai perusahaan asuransi yang oke punya. Pastinya dengan adanya Prudential Syariah ini, teman-teman sesama muslim jadi lebih tenang dan gak ragu lagi.

      Delete
  16. Sekarang sudah banyak ya yang produk syariah gitu, kalau dah Prudensial sih terjamin banget secara brand asuransi terkenal

    ReplyDelete
  17. Menurutku dengan adanya asuransi syariah ini juga oke banget dan aturannya sudah pasti jelas. Misalnya mencegah terjadinya sesuatu yang tidak pasti

    ReplyDelete
  18. Bravoooo... aku sudah lama pakai Prudential syariah mba dan memang bagus pelayanannya ya. Great to know they have contributed more to our economy now

    ReplyDelete
  19. Selamat untuk Prudential Syariah makin lama makin maju dan berkembang semoga makin mendapat banyak kepercayaan dari nasabah sodara sodara muslim sekalian

    ReplyDelete
  20. Baru tahu kalau prudential ada yg syariah. Terimakasih sudah sharing mbak. Jd ada gambaran terkait pilihan asuransi

    ReplyDelete
  21. Tentu saja saya senang mendengar kabar tentang asuransi syariah by Prudential ini, Mbak. Semoga menjadi asuransi Syariah yang banyak memberi manfaat yang baik ya, Mbak.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah akhirnyaaa sudah diresmikan nih ya mba Pru Syariahnya, ikutan seneng bisa jadi rujukan asuransi syariah

    ReplyDelete
  23. Prudential ini udah lama banget ya mbak di Indonesia. Alhamdulillah udh ada syariah nya jdi lebih tenang

    ReplyDelete
  24. Dengan sistem syariah pastinya lebih tenang, karena bebas riba. Apalagi Prudential perusahaan terpercaya

    ReplyDelete
  25. sebagai muslimah, aku belum terlalu percaya sih sama asuransi walau syariah
    mungkin aku harus dapet banyak pencerahan lagi hehehe

    ReplyDelete
  26. Wow, Prudential sudah ada yang syariah ya sekarang. Baguslah, buat masyarakat yang masih khawatir dengan produk yang konvensional maka bisa beralih ke produk yang Syariah.

    ReplyDelete
  27. keren ya sekarang sudah ada yang syariah, jadi kalautidak mau yang konvensional bisa ikutan yang syariah ini yah,

    ReplyDelete
  28. Banyak orang yang melek akan syariah nih selain nyari berkah juga terproteksi

    ReplyDelete
  29. Mudah-mudahan beneran murni syariah ya mbak. Kalo murni syariah Insya Allah tenang

    ReplyDelete
  30. Saya kira kini hanya berupa relaunch saja, rupanya lini syariahnya sudah memisahkan diri dan memilih untuk berdiri sendiri ya. Ternyata ini bedanya.

    ReplyDelete
  31. Masya Allah ternyata syariahnya sudah berdiri sendiri ya di Prudential ... eh sudah memisahkan diri dari perusahaan induknya. Luar biasa ya ternyata pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia

    ReplyDelete
  32. Prudential semakin serius dengan produk asuransi syariahnya. Ekonomi syariah memang memang menarik banget. Apalagi, mayoritas masyarakat kita beragama muslim

    ReplyDelete
  33. Selamat untuk Prudential yang telah menghadirkan Prudential Syariah Indonesia secara tersendiri.Terimakasih nih kak untuk informasi yang menarik.Jadi tahu perbedaan antara asuransi konvensional dan syariah

    ReplyDelete
  34. keren nih pru syariah yaa.. setahuku sejak lama juga sudah ada program2 unggulan dari prudential yang berbasis syariah. sekarang jadi lebih fokus gitu ya

    ReplyDelete
  35. Senang sekali jika smakin berkembang perekonomian syariah Indonesia ya mba. Semoga makin sukses ya Prudential

    ReplyDelete
  36. Ini berarti pasar asuransi syariah sangat berkembang ya sampai Prudential mengembangkannya jadi entitas sendiri

    ReplyDelete
  37. ada banyakl orang bilang, syariah dan non syariah ini, sama aja. Tetapi klo saya kok lebih nyaman dengan yang syariah ya, diakadnya itu lho yang beda.

    ReplyDelete
  38. Dari paragraf awal udah penasaran apa perbedaan asuransi syariah dan konvensional, eh ternyata ada penjelasannya juga.

    Yang aku tangkap kalau syariah itu ibaratnya semacam uang kas grup atau perkumpulan di mana sumbernya dari para anggota grup. Dan kalau salah satu anggota ada yang terkena musibah, jadi diambilnya dari dana kas tersebut. Sumber uangnya jelas dan kita tau dari mana.

    Kalau konvensional ya berdasarkan kontrak, entah uang dari mana pokoknya kalau mengalami suatu kejadian, ya yang ditanggung sesuai sesuai kontrak. Kita gak perlu tahu dananya dari mana

    Betul begitu kah, mbak? Takut salah tangkap, soalnya aku pun awam banget soal asuransi tapi tertarik untuk lebih tahu.

    ReplyDelete
  39. Wah akhirnya ada Prudential Syariah Indonesia, jadi bisa buat pilihan masyarakat Indonesia untuk asuransi syariah. Semoga makin tenang dengan landasan syariah ini khususnya keluarga muslim :)

    ReplyDelete
  40. Allhamdulilah ya Kak sekarang udah ada pru syariah makin berkah makin hepi ya Kak. Biasanya kalau syariah banyak yang bikin lega dan tenang dalam memakainya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D