Blackmores Pregnancy Penuhi Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan

 
review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

"Saat anak akan dilahirkan ke dunia, ia sangat ketakutan. Namun Tuhan memberikan pesan, bahwa ia akan dilindungi oleh malaikat tak bersayap di muka bumi, yang bernama ibu"

 

Assalamu'alaikum Mama Online semua, apa kabar? Semoga semua Mama, Ibu, Ummi, di seluruh dunia ini bisa selalu sehat untuk menjadi malaikat penjaga putra-putrinya ya, Amiin.


Bicara soal malaikat penjaga, seperti yang kita tahu, sosok ibu adalah sosok yang selalu menjaga kita, bahkan sejak nol hari kehidupan kita di alam rahim hingga kita lahir ke dunia. Ibu adalah orang pertama yang sangat peduli dengan kesehatan kita, bahkan saat kita belum saling menatap satu sama lain.


Menyinggung soal kesehatan, hari ini saya ingin menulis tentang seputar kesehatan, yakni tentang 1.000 Hari Pertama Kehidupan. 


Adakah yang sudah tahu, apakah 1.000 Hari Pertama Kehidupan atau 1.000 HPK?


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengatakan bahwa 1.000 Hari Pertama Kehidupan atau 1.000 HPK merupakan pondasi utama bagi manusia masa depan yang produktif dan cerdas bagi pengembangan pembangunan negara.


Mengapa 1.000 HPK ini sangat penting diperhatikan? Terutama bagi ibu hamil, suaminya, dan keluarganya? Karena pada masa 1.000 HPK ini, terjadi proses perkembangan otak, pertumbuhan badan, dan sistem pembentukan kekebalan tubuh yang begitu cepat.


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


1.000 HPK ini dimulai dari awal konsepsi/pembuahan janin pada Rahim ibu hingga lahir, yakni selama 270 hari, kemudian dilanjutkan Ketika anak lahir hingga 730 hari kehidupannya. 1.000 HPK ini merupakan masa ‘emas’ pertumbuhan anak baik secara fisik maupun mental, dimana akan menentukkan kehidupannya selanjutnya di masa depan.


Dan resiko yang paling dekat, jika anak tidak terpenuhi nutrisinya sejak dalam kandungan adalah stunting. Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang, yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

 

Penting bagi Ibu hamil, untuk Memperhatikan Asupan Nutrisi


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Selain itu, resiko lain yang dapat ditimbulkan ketika ibu hamil kekurangan nutrisi adalah stunting. Karena begitu pentingnya 1.000 HPK ini, maka ibu hamil beserta keluarganya tentunya, wajib mendapatkan informasi dan edukasi tentang pemberian nutrisi yang tepat Ketika dalam masa kehamilan. Seperti yang saya sebutkan di atas, resiko paling dekat jika anak kekurangan nutrisi sejak dalam kandungan hingga 1.000 HPKnya terpenuhi adalah stunting.


Sayangnya, hari ini masalah gizi buruk di Indonesia masih menghantui. Di tahun 2019, kasus gizi buruk masih berada pada angka 3,9 % dan kurang gizi sebesar 13,8%. Dan kasus stunting masih berada pada angka 30,8 % mereka tumbuh menjadi balita yang pendek dan sangat pendek yakni masing-masing 11,5% dan 19,3%.


Kebutuhan Makronutrien dan Mikronutrien saat Hamil


Kadang kala, ibu hamil merasa gizinya tercukupi Ketika sudah makan/mengonsumsi makanan tertentu saja, yang penting merasa kenyang (makan makanan instan, cepat saji atau makan jajanan saja misalnya) tanpa memerhatikan kandungan makronutrien dan mikronutrien pada jenis makanan yang dikonsumsi.

 

review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Makronutrien bisa didapatkan dari sumber makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Makronutrien bisa didapatkan dari beras, kentang, daging, ikan, dll. Makronutrien ini diperlukan sebagai sumber nutrisi dan juga energi.


Sedangkan mikronutrien, terutama yang diperlukan oleh ibu hamil seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan minyak ikan sebagai sumber DHA.


Manfaat mikronutrien seperti DHA salah satunya adalah mendukung perkembangan mata janin dan otak janin yang mendukung kecerdasan janin hingga ia lahir. DHA dinilai mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kelahiran prematur, menurunkan resiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga perkembangan jangka Panjang anak.


Sumber DHA ini bisa didapatkan dari konsumsi ikan. Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi pada Wanita hamil untuk mengonsumsi ikan sebanyak 225-350 gram seminggu atau setara dengan 300mg DHA setiap harinya.


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Namun pada kenyataannya, berdasarkan survey terakkhir, 21% wanita hamil tidak mengonsumsi ikan selama kehamilan, dan 75% Wanita hamil hanya mengonsumsi ikan kurang dari 115 gram seminggu.

 

Sayang sekali jika kebutuhan mikronutrien yang sangat baik untuk perkembangan anak ini tidak tercukupi. Padahal dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumi minyak ikan, melahirkan bayi dengan koordinasi mata dan tangan yang lebih baik. Selain itu, omega 3 dan DHA juga terbukti meningkatkan kemampuan otak dan kosa kata (Penelitian ini melibatkan 98 ibu hamil yang mengonsumsi minyak ikan, dilakukan oleh University of Western Australia).


Tiga bulan terakhir kehamilan dianggap waktu yang utama untuk asupan minyak ikan karena pertumbuhan otak manusia lebih pesat pada masa ini. Omega-3 merupakan sangat penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, sedangkan hanya sedikit orang yang makan ikan yang cukup atau mengonsumsi suplemen omega-3.


Selain itu, penelitian di Kanada juga menyebutkan, anak yang tercukupi kebutuhan DHA dan Omega-3nya menunjukkan kemampuan motorik yang lebih baik. Minyak ikan yang mengandung DHA dan Omega-3 juga sangat baik untuk Kesehatan jantung, otak, sendi dan pengaturan mood anak.

 

Peluncuran Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda


Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 17,59% kasus bayi lahir BBLR di kota Solo. Salah satu penyebab dari BBLR ini adalah kurangnya asupan mikronutrien pada ibu hamil, seperti asam folat, zat besi, kalsium, vitamin B12, zink, termasuk minyak ikan. Dibanding kota lain di Jawa Tengah, kota Solo ini memiliki kasus yang cukup tinggi.


Selain BBLR, kota Solo juga menghadapi kasus stunting, yakni sekitar 800 kasus yang masih terjadi pada anak.


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Menurut Selvi Ananda, untuk menurunkan kasus BBLR dan stunting, tidak cukup hanya diberikan edukasi, tetapi harus diberikan bantuan vitamin dan makanan sehat juga


Melihat kondisi seperti ini, Blackmores meluncurkan sebuah program, yakni Blackmores Peduli Nutrisi Bunda. Program ini tentunya diharapkan mampu mengurangi dampak Kesehatan yang buruk pada anak karena kurangnya asupan mikronutrien pada ibu hamil.


Blackmores Peduli Nutrisi Bunda ini sudah dilakukan sejak April 2022 hingga September 2022. Blackmores membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di kota Solo.

 

Hal ini sangat saya apresiasi, terutama sebagai seorang ibu, yang mengharapkan anak yang saya lahirkan tumbuh sehat dan kuat. Namun memang, di lapangan, banyak kasus BBLR, Stunting, gizi buruk, dll bukan karena kurangnya edukasi dan informasi saja, tapi kurangnya support dari berbagai pihak, terutama bagi ibu atau keluarga kalangan tidak mampu/pra sejahtera. Program ini, saya dukung sekali, karena merupakan bentuk kepedulian pada ibu hamil dan menyusui, dan bentuk kepedulian atas tumbuh kembang anak Indonesia saat ini dan untuk masa yang akan datang. Blackmores percaya bahwa tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat.

 

Pengalaman hamil dan menyusui dengan mengonsumsi blackmores Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Senangnya bisa kenal dan tahu tentang Blackmores Pregnancy


Saya bersyukur bisa menggeluti dunia digital sekarang ini sebagai seorang Mama Blogger, karena saya banyak mendapatkan edukasi, informasi, dan insight seputar kehamilan dari para expert melalui seminar, talkshow, dll. Selain itu, para rekan blogger juga sering menuliskan seputar mereka Ketika sedang hamil dan menyusui, dimana saya jadi banyak belajar dari mereka.


Salah satunya adalah bagaimana mempersiapkan anak kita sejak 0 hari di dalam kandungan, hingga 1.000 Hari Pertama Kelahiran mereka. Persiapan yang tidak boleh diremehkan adalah persiapan mengenai nutrisi Ketika hamil.


Banyak ibu hamil yang merasa sudah mencukupi nutrisi bagi janin mereka Ketika hamil. Padahal yang dikonsumsi adalah makanan instan, cepat saji, bahkan hanya jajanan-jajanan saja, yang penting sudah merasa cukup kenyang.


Padahal, unsur yang terpenting selain makronutrien (karbohidrat, lemak, protein dan juga air) ibu hamil membutuhkan mikronutrien untuk perkembangan otak janin dan organ penting lainnya.


Memang ya, Ketika trimester pertama, sebagai ibu hamil kita merasa tidak nyaman, apalagi mengalami mual muntah jika makan makanan tertentu pada periode awal kehamilan. Tapi disitulah tantangannya, kita perlu menyadari bahwa kita tetap membutuhkan nutrisi yang diperlukan dan sangat penting untuk perkembangan janin.


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Foto waktu hamil anak ketiga


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Saya mengonsumsi Blackmores Pregnancy saat hamil dan menyusui 


Beruntung Ketika hamil dan menyusui, saya mengonsumsi Blackmores Pregnancy sebagai asupan nutrisi untuk janin. Blackmores ini direkomendasikan oleh dokter kandungan dan juga saya juga membaca banyak review positif dari para Mama Blogger tentang produk Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini.

 

Kandungan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Saya tidak khawatir kekurangan mikronutrien saat hamil dan menyusui karena Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold mengandung mikronutrien penting seperti DHA, Asam Folat, dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin.


Kelebihan dari Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yaitu:

1.Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold mengandung mikronutrien penting seperti DHA, Asam Folat, dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin.

2.Tinggi DHA untuk perkembangan otak janin

3.Mengandung tinggi kalsium untuk Kesehatan tulang ibu dan pertumbuhan gigi janin

4.Mengandung zat besi yang tidak mengakibatkan konstipasi

5.Membantu menjaga kualitas ASI selama menyusui

6.Bersertifikat halal (ini penting ya Buibu)

7.Kemasan botol kaca untuk menjamin kualitas dan ramah lingkungan 

1. 

review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Botol kaca, berisi 60 kapsul lunak


Melengkapi nutrisi pada ibu hamil adalah wajib hukumnya, karena akan berpengaruh pada janin yang ada di dalam kandungan, karena janin mendapatkan makanan/nutrisi langsung dari ibu melalui plasenta. Begitupun saat menyusui, anak mendapatkan makanan dan nutrisi dari Air Susu Ibu (ASI). Sehingga, semua nutrisi untuk anak-anak, benar-benar bergantung pada apa yang dikonsumsi oleh ibunya.

 

Saat sedang hamil, makanan apa saja yang wajib saya konsumsi?


1.Karbohidrat dan Protein

Karbohidrat tentunya sebagai sumber energi, bisa diperoleh dari beras, ketang dan umbi-umbiannya lainnya. Protein juga wajib dikonsumsi karena baik untuk pembentukan otot, pengaturan hormon dan pengatur dalam setiap metabolisme. 

Kekurangan protein pada ibu hamil bisa menyebabkan janin mengalami gangguan perkembangan. Protein bisa didapatkan dari daging, ikan, tahu, telur, tempe, dan kacang-kacangan.

 

2.Minyak Ikan (Sumber lemak tak jenuh Omega 3)

Minyak ikan adalah sumber lemak tak jenuh Omega 3 yang baik. Omega 3 berfungsi untuk system saraf dan penglihatan janin. Pada ibu hamil, Omega 3 juga mencegah kelahiran premature dan preeklamsia, begitu juga untuk mencegah penyakit jantung dan memperbaiki fungsi kognitif. Omega 3 juga sangat baik untuk mencegah depresi pasca persalinan (baby blues).

 

3.Zat Besi dan Asam Folat

Asam Folat sangat baik untuk trimester pertama. Asam folat berguna untuk mencegah cacat bawaan yaitu defek tuba neuralis, asam folat dapat diperoleh dari sayur hijau, telur dan kacang-kacangan. Memang sayur hijau ini juara sekali, wajib ya dikonsumsi saat hamil. Zat besi juga sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia, zat besi pun bisa dikonsumsi dari sayuran hijau.

 

4.Kalsium

Kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Sumber kalsium bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu dan juga produk turunannya seperti yoghurt dan keju.

 

Namun terkadang, saya tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dikarenakan mual muntah di trimester pertama, sulit sekali untuk makan karena perasaan mual dan terkadang badan terasa sakit sehingga tidak nafsu makan.


Agar tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, saya mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sebagai sumber nutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan saya dan janin sejak masa kehamilan.


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Kapsul lunak Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold


Blackmores Pregnancy ini menurut saya sangat praktis namun mudah dikonsumsi. Banyak dijual di apotek (offline) maupun membelinya secara online via e-commerce.


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Saya sangat merekomendasikan teman-teman yang baru menikah, atau sedang mempersiapkan anak pertama, atau pun sedang ingin menambah anak, untuk mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, karena manfaatnya sangat baik untuk menjaga Kesehatan ibu dan janin. Selain itu, mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold bisa mengurangi khawatir kita sebagai ibu terhadap kehamilan (yang mana mood yang baik dan stabil di dalam fase hamil ini penting bangeettt).

 

Kalau udah gini, berasa Blackmores Always Does More ya buat kita. Thank you, Blackmores.


Blackmores juga banyak mengedukasi para ibu seputar kehamilan dan menyusui, silakan klik website Blackmores di www.blackmores.co.id dan juga di Instagram Blackmores di @blackmoresid

 

Ribet ya jadi ibu hamil? Hehehe, ya begitulah perjuangan kita sebagai seorang ibu, dan memang itulah tugas besar yang diamanahkan Allah SWT kepada kita para perempuan. Menjaga titipan-Nya sejak dalam kandungan hingga mendidiknya hingga dewasa nanti.

 

Semoga ikhtiar kita ini, dicatat sebagai amal kebaikan oleh Allah SWT ya, Ma. Amiin.


review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Ada yang sama dengan saya? Rutin mengonsumsi 
 Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold saat hamil dan menyusui

Ada yang sedang mempersiapkan kehamilan? Atau  mau nambah anak? Ada yang memang sudah mengenal Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold? Boleh sharing di kolom komentar, ya! Siapa tahu bermanfaat untuk pembaca lainnya.

 



***

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2634605/pentingnya-nutrisi-pada-1000-hari-pertama-kehidupan

https://www.antaranews.com/berita/2941609/bkkbn-1000-hari-pertama-kehidupan-pondasi-utama-manusia-masa-depan

https://www.blackmores.co.id/artikel/minyak-ikan-apa-manfaatnya-bagi-anda

https://www.blackmores.co.id/artikel/nutrisi-wajib-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui

 

 

Comments

  1. senangnya blackmores udah masuk indonesia, dulu jaman aku hamil belum ada, masih Po di aussie sama temen wkwkwkk sehat selalu ya mbaaa

    ReplyDelete
  2. Iya sih ibu hamil tuh asupan makanan tambahan dan vitamin harus bensr2 diperhatikan

    ReplyDelete
  3. Memang sih ya, pemenuhan gizi saat hamil jadi tantangan tersendiri. Nah, Blackmores ini pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. Kadang karena ngidam/pusing mual muntah, jadi membatasi asupan yang justru dibutuhkan

      Delete
  4. Aku tuh termasuk orang yang ga doyan ikan mba, dulu pas hamil kedua anakku, kupaksa-paksa untuk makan ikan. Ya karena tau manfaatnya untuk janin dalam kandungan itu. Ditambah dengan Blackmores Pregnancy tentunya tambah mantap yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, blackmores bisa menambah nutrisi yang diperlukan oleh bumil dan busui

      Delete
  5. Blackmores ini tuh juara bangetlah soal produk suplemen/vitamin gini. Mulai dari untuk persiapan kehamilan, sampai untuk tumbuh kembang anak. Termasuk juga untuk urusan menjaga daya tahan tubuh. Ingat banget dulu banyak yang konsumsi pas pandemi lagi puncak-puncaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bahkan persiapan kehamilan pun bagus minum ini

      Delete
  6. Ternyata 1000 HPK sangatlah penting ya.. Terimakasih mba sharing infonya, bisa nih kuteruskan ke sahabat yg sdg mengandung buah hatinya..

    ReplyDelete
  7. Pemenuhan gizi saat hamil harus menjadi perhatian ya mba, karena itu sangat menentukan awal perkembangan janin. Untungnya sekarang ada asupan Blackmores yang penuh nutri utk bumil dan busui.

    ReplyDelete
  8. Saya haidnya udah telat 5 hari nih, belum tentu hamil sih ya karena harus dites dulu xixi. Tapi kalau telat trus kepikiran hamil, langsung teringat suplemen ini yang infonya direkomendasikan banyak bumil dan busui.

    ReplyDelete
  9. Masih ada yang berpikir kalau ibu hamil makannya harus 2x lebih banyak. Alasannya makan untuk 2 orang. Padahal yang tepat memang makan secukupnya. Pilihan nutrisinya yang harus diperhatikan. Blackmores bisa jadi pilihan suplemen yang tepat

    ReplyDelete
  10. Syukurlah, salah satu brand premium kini bisa mudah diperoleh di Indonesia. Semoga bisa membantu para bumil melalui momen kehamilan mereka dengan nutrisi terbaik.

    ReplyDelete
  11. Blackmores memang recommended banget ya untuk buibu yang sedang hamil or menyusui, kandungannya juga bagus-bagus jadi mencukupi kebutuhan nutrisinya

    ReplyDelete
  12. Bener banget, ibu hamil itu memang rentan apalagi sistem imunnya rendah jadi pasti membutuhkan nutrisi dan vitamin seperti ini. Mantep blackmores pregnancy baru kenal sama produk ini, kayaknya bagus. Terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete
  13. Produk Blackmores emang bagus2 kualitasnya ya. AKu belum pernah konsumsi Blackmores pregnancy tapi pernah kadoin sepupuku aja.
    Sejak dalam kandungan, bayi memang butuh asupan supaya nanti saat lahir juga sehat gak kurang suatu apapun yaa

    ReplyDelete
  14. Wah para bumil dan busui bakalan dapat nutrisi terbaik nih kalau mengosumsi suplemen dari brand premium ini.

    ReplyDelete
  15. Ibu hamil dan menyusui harus memperhatikan nutrisi asupan makanan dan minumannya untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Senangnya sekarang ada blackmores. Dulu waktu saya hamil dan menyusui belum ada

    ReplyDelete
  16. waah ulasan yg lengkap bgt nih Mba, bantu buat calon ibu2 yg lagi nyari referensi penting buat menjaga nutrisi selama kehamilannya. thanks bgt , bakal baca2 n balik lagi buat pengingat

    ReplyDelete
  17. Lumayan besar kapsulnya yaa, kak.
    Tapi demi kesehatan Ibu dan anak dalam masa 1000 hari pertama, jangan sampai ketinggalan untuk konsumsi Blackmores yang kaya akan manfaat baik.

    ReplyDelete
  18. 1000 hari pertama kehidupan memang sangat krusial ya mba, karenanya kita harus pastikan bahwa kebutuhan anak - anak bisa terpenuhi dengan baik sejak dalam kandungan

    ReplyDelete
  19. Kangen dapurna eh..khikhi. DUh, ini suplemen andalan waktu aku menyusui Bi karena sudah kepala 4 kan tidak sederas saat muda ya, jadi support banget deh suplemen ini

    ReplyDelete
  20. Bener banget nih, aku dulu hamil kadang makan asal kenyang. Setelah tahu pentingnya, ya berusaha utk jaga asupan nutrisi.

    ReplyDelete
  21. Ternyata penting banget kandungan Blackmores ini untuk Ibu hamil ya. Saya jadi ingat waktu dulu hamil trimester pertama doyan banget makan lele. Tapi akhir kehamilan kayanya ga banyak makan ikan.

    ReplyDelete
  22. Makanan untuk ibu hamil dan menyusui memang harus dijaga yaa agar anak yang dikandung sehat dan tidak lahir kurang berat badan. Dulu waktu aku zamanhamil anak anak belum kenal sama blackmores, senang ada produk suplemen ini semoga bisa menekan kasus BBLR pada anak yaa. aamiin

    ReplyDelete
  23. 730 hari berarti sampai anak berumur 2 tahun yaa. Wah, persiapan sebelum, setelah melahirkan, sampai anak bertumbuh juga banyak pertimbangan dan persiapan yang matang ya. Sehat-sehat untuk semua mama ibu di dunia ini ❤

    ReplyDelete
  24. Kandungan Blackmores lengkap bgt ya. Cocok bgt dikonsumsi para bumil & busui supaya anaknya sehat & ga kekurangan nutrisi. Mikro & makronutrien tetap hrs diperhatikan nih.

    ReplyDelete
  25. Penting banget yaa ternyata 1000 Hari Pertama Kehidupan ini. Dan saya baru tahu saat hamil anak kedua. Soalnya pas hamil si sulung dulu, saya gak segiat itunya mencari informasi tentang kehamilan. Mungkin juga karena bersamaan pas hamil itu saya sempat kena sakit serius yang mengharuskan opname berminggu-minggu.

    ReplyDelete
  26. aku pas hamil anak ke dua juga konsumsi blackmores ini, mom. kalau sekarang anak-anak juga kukasih minyak ikannya biar tambah sehat dan pintar juga

    ReplyDelete
  27. Baru tahu ada suplemen yang komplit buat menemani masa kehamilan apalagi benefit yang ditawarkan benar-benar menguntungkan bagi ibu hamil.

    ReplyDelete
  28. Andai dulu aku minum Blackmores juga pas hamil. Kalo sekarang aku minum Blackmores tapi buat yang mengontrol gula darah. Katanya emang bagus suplemen Blackmores ini.

    ReplyDelete
  29. Aku dulu males banget minum suplemen. Tapi pas hamil anak ketiga ikhtiar harus rajin minum suplemen dan pilih Blackmores juga. Apalagi untuk aku yang masih menyusui, adanya Blackmores bantu aku jadi tenang nutrisi ibu terpenuhi dan bisa maksimal mengASIhi

    ReplyDelete
  30. Wah pengalaman baru banget nih buat aku, bisa jadi referensi banget nih kalau udah nikah dan punya istri.. Jadi bisa memperhatikan berbagai nutrisi untuk ibu hamil hhe

    ReplyDelete
  31. Bagus memang suplemen ini ya, rasanya juga ga eneg karena aromanya menurutku enak banget sih. Terus biar gede, gampang nelennya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D