5 Persiapan ‘Back to School’ untuk Anak, Apakah Mama Sudah Melakukan Semuanya?

 

review interlac probiotik untuk anak

Menyambut tahun ajaran baru, apakah Mama sudah mempersiapakan anak-anak untuk menghadapi Sekolah Tatap Muka?


Apa saja ya, yang kira-kira harus dipersiapklan agar sekolah tatap muka berjalan dengan baik tanpa hambatan dan banyak drama?


Alhamdulillah tahun ini Aldebaran sudah memasuki jenjang ke sekolah yang lebih tinggi, yakni Sekolah Dasar. Setelah melakukan wisuda Taman Kanak-Kanak, Aldebaran mantap memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi, dan tentunya ini akan lebih menantang, baik untuk anak atau pun ibunya.


Kakak Aldebaran masuk ke Sekolah Dasar

Persiapan yang matang, dan penuh perencanaan harus dilakukan ya. Karena berdasarkan pengalaman Kifah (Kakak Aldebaran) yang sekarang sudah masuk ke kelas 6 SD, ternyata banyak persiapan yang dulu saya ‘lewatkan’.

Memang benar ya, Ma. Anak pertama itu adalah guru bagi orang tuanya, pengalaman merawat anak pertama menjadi bekal dan ilmu yang sangat bermanfaat untuk mendidik dan merawat adik-adiknya.


1. Persiapan Mental/Psikologis


review interlac probiotik untuk anak

Persiapan mental dan psikologis anak harus menjadi perhatian utama


Banyak sekali teman atau pun kenalan, yang menanyakan, persiapan apa, sih, yang paling utama disiapkan untuk anak ketika memasuki usia sekolah?


Apakah anak harus sudah bisa membaca, menulis dan berhitung? Apakah anak harus sudah bisa melakukan banyak kemampuan yang bersifat akademik? Atau seperti apa?

 

Beberapa waktu lalu, saya pernah mengikuti kuliah online bersama Psikolog, apa saja yang harus dipersiapkan sebagai bekal anak masuk ke sekolah? Terutaman sekolah dasar ya.

 

Ternyata, bekal pertama yang harus dipersiapkan adalah bekal mental dan psikologisnya. Kematangan usia, kematangan cara berpikirnya, perlu kita perhatikan. Jangan sampai, kita abai terhadap kesiapan mental atau psikologis anak dan berfokus padahal lainnya, calistung misalnya.

 

Padahal, Calistung ini sebenarnya bukan menjadi modal utama, lho, Ma. Yang menjadi modal utama adalah justru kesiapan mental atau psikologis anak, yang bisa dilihat dari:

1. Anak bisa mengelola emosinya dengan baik. Anak tidak lagi sering tantrum, cepat marah, mampu meregulasi emosinya, karena pada hakikatnya, Ketika ia bersekolah nanti, ia akan bersosialisasi dengan lingkungan atau teman barunya.

 

2. Anak sudah bisa fokus! Ini juga yang penting, rentang fokus anak juga perlu menjadi pertimbangan, karena sekolah di sekolah umum biasanya memakan waktu yang cukup lama.

3. Anak sudah bisa berbagi. Jangan salah, Ma. Ketika anak sudah bisa saling sharing/berbagi, mampu mengalah, bisa berempati, justru ini lah indikator yang baik untuk melihat anak sudah bisa bersekolah di jenjang yang lebih tinggi atau belum (dari TK ke SD misalkan).

4. Jika anak masih egosentris, mudah bosan/kurang fokus, belum bisa berempati dan berbagi, lebih baik Mama mengevaluasi kembali apakah anak sudah siap sekolah atau belum.

 

Bagi anak yang sudah memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi, kita sebagai orang tua juga harus tetap bisa mengetahui, psikologis anak-anak kita sesuai dengan usianya saat ini. Untuk anak yang baru saja ‘down’ karena mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, atau prestasinya tidak sesuai tujuan, atau memasuki lingkungan sekolah baru (siswa pindahan misalnya), persiapan mental dan psikologis ini wajib menjadi perhatian orang tua.

 

 

2. Persiapan Keuangan/Budgeting


review interlac probiotik untuk anak

Memilih sekolah sesuai dengan budget/kemampuan finansial


Kenapa persiapan keuangan atau budgeting ini penting? Karena biaya Pendidikan anak memang terus meningkat setiap tahunnya ya. Terutama di sekolah-sekolah swasta yang kita rasa sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

 

Apakah harus sekolah mahal? Menurut saya, sekolah bagus tidak harus mahal ya, Ma.


Kita hanya harus bisa memilih dan memilah sekolah mana yang tentunya sesuai dengan kebutuhan dan value dari keluarga kita sendiri, serta sesuai dengan budget atau keuangan.

 

Menurut saya, tidak ada sekolah yang 100% bagus/sempurna. Walaupun harganya sangat mahal sekalipun. Pasti tetap ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.


Maka dari itu, persiapan keuangan atau budgeting ini sebenarnya bukan hanya untuk biaya sekolah saja. Bisa saja, kita menambah budget untuk anak melakukan les tambahan, penambahan skill, atau budget untuk menyalurkan hobi anak (di luar sekolah).

 

Dan tentunya, semua keluarga memiliki pertimbangan dan keadaan yang berbeda, serta kebutuhan yang berbeda pula. Maka dari itu, soal budget ini akan kembali kepada individu atau keluarga masing-masing.

So, please, sesama Mama jangan saling tawuran ya, kalau membahas budget sekolah anak, hehe.

 

3. Persiapan Logistik dan Akomodasi

 

Setelah melakukan budgeting keuangan, dan termasuk di dalamnya pasti ada perhitungan untuk alokasi anggaran logistik atau peralatan sekolah penunjang dan juga akomodasi anak ke sekolah.

Apakah menggunakan ojek online? Transportasi umum? Jemputan sekolah? Atau Mama sendiri yang mengantar jemput? Semuanya tentu harus direncanakan.


review interlac probiotik untuk anak

Karena jarak sekolahnya dekat, Kakak Aldebaran setiap hari diantar jemput oleh Abi atau Ummi



Logistik atau peralatan sekolah pun tentunya tidak luput dari berbagai persiapan sekolah offline anak ya, Ma. Kalau kemarin waktu sekolah on line sepertinya tidak perlu ada persiapan yang banyak untuk logistik dan akomodasi, nah, setelah kebijakan PTM 100% (Pembelajaran Tatap Muka) ternyata kita harus mempersiapakan banyak hal.


review interlac probiotik untuk anak

Persiapan buku dan alat tulis



Kalau kemarin seringnya pakai gadget dan sekolah di rumah aja, eh, sekarang kita mulai lagi banyak membeli buku dan persiapan antar jemput anak ya, Ma.

 

4. Persiapan Ilmu

Ilmu apa, sih, yang perlu dipersiapkan? Ini berdasarkan pengalaman saya kemarin Ketika menyekolahkan Aldebaran ya, Ma. Ternyata ada analisa sidik jari sebelum Aldebaran masuk ke kelas satu. Setelah melaukukan Analisa sidik jari, banyak sekali ilmu dan insight baru yang saya dapatkan mengenai bagaimana harusnya Aldebaran nanti belajar.


review interlac probiotik untuk anak

Penjelasan mengenai minat, bakat, gaya belajar, dll dari sekolah kepada orang tua



Saya mendapatkan gambaran bagaimana ‘memperlakukan’ Aldebaran. Bagaimana memotivasi dia untuk belajar? Dominan otak kanan atau kiri? Gaya belajarnya visual, audio, atau kinestetik? Dll.

Menurut saya, hal-hal seperti ini sangat penting untuk kita persiapkan juga. Karena banyak orang tua merasa GAGAL, padahal yang salah ternyata selama ini adalah caranya. Yakni tidak sesuai dengan karakter, bakat, dan minat anak.


Misalkan, anak yang dominan kinestetik diminta untuk belajar dengan cara atau metode mendengar, sebaliknya anak yang visual misalkan, diminta belajar dengan cara banyak bergerak.

 

Alhamdulillah, Aldebaran sendiri merupakan anak yang dominan visualnya (sama sih seperti saya) jadi ini akan sangat mudah untuk membersamainya untuk belajar. Anak visual tentu senang terhadap gambar, warna, dan sangat mudah mengingat pelajaran jika pembelajaran tersebut menarik dipandang mata.


review interlac probiotik untuk anak

Aldebaran lebih dominan menggunakan gaya belajar visual



Selain itu, Aldebaran ternyata anak yang suka ‘Kejar Target’ dia akan senang dimotivasi dengan cara memberikan reward Ketika dia berhasil melakukan sesuatu atau mencapai tujuan tertentu.

Bagi anak dalam level usia manapun (TK, SD, SMP, SMA, Kuliah sekali pun), saya rasa sebagai orang tua kita wajib menuntut ilmu agar mampu membersamai tumbuh kembang anak dengan sebaik-baiknya.

 

5. Persiapan Fisik/Kesehatan


review interlac probiotik untuk anak

Siap mental dan juga fisik menghadapi Sekolah Tatap Muka di Tahun Ajaran Baru


Banyak mungkin dari kita yang ‘menyepelekan’ persiapan fisik dan Kesehatan anak. Saya merasa sangat trauma Ketika beberapa waktu yang lalu, Kifah sakit selama satu  bulan karena Thypus. Nyaris selama satu bulan itu ia tidak bisa belajar dan sekolah.

 

Bagaimana dengan ujian dan lain-lain? Jangan ditanya, semuanya serba ‘alakadarnya’ karena anak sakit, ia tidak mampu belajar dengan maksimal. Ditambah lagi, Kifah memiliki riwayat penyakit Asma, duh, rasanya sedih sekali.

 

Semenjak kejadian tersebut, saya berfikir bahwa  kondisi fisik dan kesehatan anak itu adalah salah satu yang utama dan wajib diupayakan, kenapa? Karena Ketika anak sakit, nyaris semuanya terhenti. Belajar terhenti, bahkan motivasi untuk belajar pun ikut berhenti, susah payah kembali harus dibangkitkan.

 

Maka dari itu, daya tahan tubuh anak menjadi hal yang penting diperhatikan. Apalagi pasca Pandemi, varian virus covid ternyata tidak berhenti bermutasi, walaupun pihak  sekolah sudah melakukan vaksin anak, tetap saja saya merasa khawatir.


review interlac probiotik untuk anak

Semoga Sekolah Tatap Muka Aldebaran tetap aman dan nyaman dengan dukungan nutrisi yang tepat



Anak wajib dilindungi dengan asupan bernutrisi, ditambah lagi vitamin, vitamin D3, Probiotik agar imunitas anak tetap terjaga. Booster kesehatan ini tentunya sangat diperlukan ya, Ma, sebagai persiapan menghadapi sekolah tatap muka.


review interlac probiotik untuk anak

Saya percayakan tambahan Probiotik dan Vitamin D anak kepada Interlac


Salah satu vitamin anak yang saya berikan adalah Interlac Tablet+ Vitamin D3 rasa jeruk. Suplemen praktis berupa tablet kunyah ini tidak pahit seperti obat, rasanya disukai anak-anak (rasa jeruk) dan diminum hanya 1x sehari untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

 

Mengapa kombinasi Probiotic dan vitamin D ini lebih baik?


Karena dapat menyebabkan penyerapan vitamin D lebih baik dibandingkan jika anak mengonsumsi vitamin D tunggal. Interlac Probiotik ini juga sudah berpaten yang memiliki banyak studi dibanding probiotik lainnya.


review interlac probiotik untuk anak

Menurut data di Indonesia sendiri, ternyat anak berusia 6 bulan-12 tahun masih kekurangan vitamin D lho, Ma. Yakni sebanyak 44%. Padahal manfaat vitamin D ini tidak main-main, yaitu:


1. Membantu memperbaiki fungsi otak

2. Membantu menurunkan tekanan darah

3. Mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam perkembangan kanker

4. Menjaga kesehatan paru dan kesehatan kardiovaskuler

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

6. Menjaga fungsi sistem imun, otak dan saraf

7. Meregulasi kadar insulin, dan membantu tatalaksana diabetes


Karena saking banyaknya fungsi dan manfaat Vitamin D ini, maka Vitamin D sering sekali disebut “Miracle Vitamin”


review interlac probiotik untuk anak


Mengapa anak juga perlu Probiotic?


review interlac probiotik untuk anak
Interlac Probiotik+Vitamin D

Karena ternyata 80% dari sistem imun kita terletak pada saluran cerna. Para ahli medis sepakat bahwa menjaga saluran cerna merupakan cara untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Saluran cerna ini berisi bakteri baik untuk mendukung sistem imun manusia, namun terkadang bakteri jahat menyerang dan menyebabkan banyak penyakit. Hal ini bisa jadi karena kita mengonsumsi jajanan atau makanan yang tidak higienis.


review interlac probiotik untuk anak


Nah, pasti kita khawatir kan, Ma, anak kita terkena serangan penyakit dari bakteri jahat ini. Seperti diare, sakit perut, konstipasi atau sembelit, perut kembung, dan lain sebagainya.


Tabler kunyah rasa jeruk yang enak


Maka dari itu, saya mempercayakan persiapan fisik dan kesehatan Aldebaran dalam rangka ‘Back to School’ ini dengan memberikannya Interlac +Vitamin D. Agar lactobacillus Deuteri DSM 17938 yang ada pada interlac bisa menjaga kesehatan saluran cerna Aldebaran, mencegah diare, sembelit, sakit perut ketika di sekolah atau pun di rumah.



review interlac probiotik untuk anak


Kombinasi Vitamin D nya juga semoga bisa menambah daya tahan tubuh/imunitas Aldebaran sehingga ia tetap semangat untuk kembali ke sekolah di tahun ajaran baru ini.

 

Agar lebih mudah dan tentunya terpercaya, Interlac+Vitamin D bisa di beli di Tokopedia (Langganan banget sama Tokopedia, deh)


Di link: Tokopedia : https://www.tokopedia.com/interbatstore

 

Atau Mama juga bisa membeli produk Interlac+Vitamin D ini di Baby Shop atau pun apotek terpercaya langganan Mama, ya.

Jangan lupa juga untuk follow Instagram @interlacprobiotics untuk mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat bagi kesehatan anak dari Interlac.

 

Yaps, itulah 5 persiapan saya dalam mempersiapkan anak untuk ‘Back to School’. Percaya deh, Ma. Persiapan yang baik dan matang, tentunya akan memperlancar dan mempermudah proses belajar anak-anak di sekolah.

 

Apakah Mama sudah mempersiapkan banyak hal untuk anak-anak menjelang masuk sekolah kembali? Atau Mama memiliki tips lainnya yang perlu dilakukan? Share yuk, di kolom komentar, siapa tahu bermanfaat untuk Mama lainnya :D

 


Comments

  1. Setuju banget nih, persiapan-persiapannya penting banget buat anak-anak back to school, terutama buat kesehatan anak nih, saya agak was-was sebenarnya, karena masih banyak berita varian covid baru yang terus berkembang, sementara anak saya yang sulung, udah harus full day school lagi dong.
    Untung saya sering kasih Interlac + Vit D3 ini :)

    ReplyDelete
  2. Waah Aldebaran, senangnya yang mau sekolah tatap muka, selamat sekolah ya anak ganteng.
    Btw, bener banget , saat ini yang dipelukan adalah persiapan kesehatan fisik, yang mau ga mau mesti sehar dan peran ibulah yang penting memberikan multivitamin buat keluarganya, agar bisa sekolah dengan lancar dan bahagia.
    Aku ga punya anak sekolah, bebaas, intinya sama untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental.

    ReplyDelete
  3. Heemm si anak, alhamdulilah udah mulai sekolah lagi rasanya udah bosan banget pasti di rumah. Bahagia banget main sama temen si anak, tetapi harus tetap menjaga kesehatan dan daya tubuh. Mantep ini persiapannya, terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  4. Senangnya liat ibu2 pada semangat mempersiapkan imunitas ketika anak masuk sekolah lagi. Interlac bener2 bs menjaga tubuh anak karena sebagian besar penyakit itu timbul dari apa yang dimakan.

    ReplyDelete
  5. Duuuh happy banget ketemu teman2 & guru. Sedih banget kalau masa anak2 harus di rumah terus. Insya Allah semua selalu sehat. Sudah vaksin juga. Apalagi bundanya sudah siap vitamin begini ya. Semangat!

    ReplyDelete
  6. Setuju bahwa anak itu guru terbaik. Mau sekolah ya persiapannya banyak. Nyiapin si Anak dan orang tua pun kudu mau 'repot'. Untuk anak, kesehatan emang penting sih karena aktivitasnya akan semakin banyak. Kudu dijaga

    ReplyDelete
  7. Yang terus saya ingat adalah pandemi masih ada, jadi harus tersu jaga imunitas anak. Selamat ya kakak Aldebaran masuk tahun ajaran baru. Anakku juga mengkonsumsi Interlac + Vit D ini mbak, sebagai ikhtiar jaga kesehatan khususnya kesehatan saluran cerna. Karena saluran cerna yang sehat, anak juga sehat :)

    ReplyDelete
  8. Mengenali karakter anak, bisa jadi membuat kita sebagai orangtua juga memahami apa yang dibutuhkan anak yaa.. Baik dari segi belajar dan pemenuhan kebutuhan akan multivitamin.
    Memilih multivitamin yang disukai anak untuk jaga daya tahan tubuhnya menggunakan produk Interlac+Vitamin D.

    ReplyDelete
  9. Banyak persiapan sebelum masuk sekolah ya mbak. Apalagi masuk Sekolah Dasar memang salah satu yang disiapkan adalah Budgeting. Nah, sehat selalu bersama Interlac buat si kecil ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Setuju dengan 5 hal diatas mba...saya pun demikian, saat anak mau masuk sekolah harus betul2 disiapkan dengan baik. Termasuk daya tahan tubuhnya. Kami sudah pernah terpapar covid satu keluarga kadang trauma kalau mendekati kerumunan. Inilah makanya penting banget menjaga stamina tubuh supaya tetap kuat. Terutama imun tubuh anak harus dijaga jangan sampai lemah. Kayaknya perlu sekali siap sedia Interlac dan Vit D3 di rumah.

    ReplyDelete
  11. senangnyaa..anak2 sudah akan sekolah offline lagi ya.. dab ternyata persiapannya bulsn sekedar seragam atau perlengkapan sekolah saha ya.. terima kasih sharingnya mba...

    ReplyDelete
  12. Senangnya ada produk suplemen khusus anak seperti Interlac.
    Kita sebagai orang tua, jadi tenang melepas anak-anak dengan aktivitas rutin hariannya.

    ReplyDelete
  13. Meski baru SD, persiapan buat masuk sekolah tetap banyak, ya, Mbak. Termasuk berusaha untuk menjaga kesehatan anak di tengah pandemi. Untungnya ada Interlac yang bisa menjadi suplemen daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
  14. Saya nuga rutin memberikan interlac untuk anak saya sejak baru lahir memang kesehatannya lebih terjaga karena kesehatan oencernaan kunci daya tahan tubuh

    ReplyDelete
  15. persiapan utk sekolah memang harus benar-benar menyeluruh baik utk anak dan utk orang tua.
    interlac+vit D ini berguna banget untuk menjaga imunitas anak dan bikin ortu less worry

    ReplyDelete
  16. Al ... Sama nih dg SID. Udah mantab yah persiapan anak masuk SD. Senyummu itu loh manis banget.
    Trus sebangku sama Aksa yah, heheh

    ReplyDelete
  17. Betul banget, mempersiapkan fisik anak pun termasuk hal yang penting. Anak akan lancar dan gembira bersekolah ketika kondisi badannya prima. Semangat belajar ya Aldebaran....

    ReplyDelete
  18. Yeaayy selamat sekolaaahh. Setuju banget sekolah mahal belum tentu bagus, yang penting cari yang value-nya sesuai yaa.
    Wah iya kalau anak sakit mumet deh, segala teori soal kesehatan suka ilang haha.
    Drpd keburu sakit lbh baik mencegah dengan kasi makanan bergizi + suplemen yaa

    ReplyDelete
  19. Nah..bener nih, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum si anak kembali ke sekolah. Makasih ya mbak sudah diingatkan sedetail ini. Bagus nih buat dibaca oleh para orangtua, biar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Agar si anak juga bisa belajar di sekolah tanpa kendala suatu apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ma, mudah2an anak2 kita sekolah tanpa kendala ya

      Delete
  20. Semangat pergi sekolahnyaa :D

    ReplyDelete
  21. Bener banget, persiapan psikologis itu buat saya malah lebih penting ketimbang sudah bisa calistung. Beruntung banget nih Aldebaran sudah dibekali motivasi sama bundanya. Semangat sekolahnya Yaa Al

    ReplyDelete
  22. iya mama Aksa, kesehatan fisik ini penting banget kembali ke sekolah, apalagi sekarang ptm 100%, jadi bener bener imunitasnya terjaga. alhamdulillah interlac lebih lengkap yaa, ada tambahan ya, gak sekadar probiotik tapi ada Vit D3 nya

    ReplyDelete
  23. Tahun ajaran ini anak-anak masih melanjutkan pendidikan di jenjang yang sama. Jadi, persiapannya biasa saja. Mungkin tahun depan akan menjadi tahun yang sibuk secara finansial juga psikologis karena si sulung masuk perguruan tinggi dan si bungsu masuk SD.

    ReplyDelete
  24. Setelah sekian waktu liburan akhirnya anak2 kembali ke sekolah
    Di masa new normal pasca pandemi kurang lebih 2 thn, persiapannya memang mesti lebih ekstra lagi ya. Pun untuk jaga stabilitas dan kesehatannya dengan asupan makanan bernutrisi dan dilengkapi probiotik yg baik utk pencernaan seperti Interlac

    ReplyDelete
  25. Betul sekali. Imun booster memang sangat perlu supaya anak-anak tetap fit. Sama perlunya dengan survei sekolah supaya dapat sekolah yang sesuai. Idealnya, calistung memang tidak jadi fokus utama untuk masuk ke SD. Tapi praktiknya, di banyak kelas 1 SD, anak-anak sudah disodori buku paket yang kalimatnya panjang dan kompleks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fakta di lapangan memang sulit dielakan, makanya harus cari sekolah yang sevisi dan semisi

      Delete
  26. Pengalaman aku selama ini - anak anak tidak kupaksa sama sekali!

    Lahkok kebetulan si nomor 2 dan bontot nomor 4 - bentrok di TK A - jadi dua duanya TK A hanya sekitar beberapa bulan, lalu lanjut ke TK lain saja.

    betul ini dibekali dengan Interlac Tablet+ Vitamin D3 rasa jeruk - dengan tambahan asupan suplemen praktis yang rasanya disukai anak-anak - jadi menjaga daya tahan tubuh anak.

    ReplyDelete
  27. Anak-anakku senang kembali ke sekolah dengan cerita liburan yang menyenangkan, tapi dibalik itu perlu juga disiapkan imunitas anak dan mental yang kuat agar selama di sekolah sehat dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  28. Wah ga disangka Aldebaran sekarang udah masuk SD ya. Ngikutin dari masih di perut. Waktu berjalan cepat banget. Persiapan mamah Tetty komplit banget deh ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah SD aja, kakak Salim aja skrg udah gedeee

      Delete
  29. Salah satu kekuatiran para emak yang anaknya mulai masuk sekolah dan PTM adalah ketularan sakit. Jadi setuju banget sih kita harus jaga kesehatan anak dan jika perlu tambahkan suplemen. Mau coba interlac +vit D untuk anak2 ah soalnya suplemen vit D di rumah rasa mint jadi anak2ku suka nggak mau. Katanya kaya makan odol. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku udah sakit bberapa waktu lalu, untung minum booster jadi ga parah sakitnya dan langsung sehat lagi

      Delete
  30. Semangat ya, Mam Tetty, menyiapkan dua jagoan dalam kesehatan fisik buat berangkat sekolah PTM 100% lagi. Insaallah sehat dengan makan sehat dan suplemen yang tepat. Ucul banget deh Aksa sekolah, gemes

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini sampe jatuh bangun Mamaknya hehehehe

      Delete
  31. Sepakat, persiapan mental n fisik penting buat persiapan masuk sekolah.

    ReplyDelete
  32. bermanfaat sekali infonya, tks Kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D