Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?

 Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?


“Mayoritas bakteri itu baik dan dapat melindungi manusia. Manusia bahkan tidak bisa lepas dari bakteri. Bakteri ada di tangan kita, rambut kita, kulit kita, semuanya. Bakteri-bakteri ini mengganggap badan kita adalah rumah mereka, rumah yang harus dijaga dari gangguan asing. Di sinilah bakteri melindungi kita,” Dr. Sir Richard J. Roberts, penerima nobel bidang kedokteran

 

Alhamdulillah, badai Pandemi Covid 19 sudah berlalu, bersyukur kita sekeluarga bisa bertahan melawan ujian tersebut selama kurang lebih 2 tahun, ya, Ma. Namun ketika era new normal kembali kita lalui, ternyata gaya hidup sehat yang selama pandemi kita jaga, kembali ‘melonggar’

 

Makanan, minuman, dan jajanan kita mulai kembali ‘sembarangan’ sehingga kembali mempengaruhi gaya hidup dan Kesehatan kita lagi. Penyakit-penyakit seperti kegemukan/obesitas, flu, paparan polusi, hingga sakit pencernaan, dll mulai menjangkit kembali. Belum lagi tingkat stress meningkat karena kita sudah bekerja kembali.

 

Masalah Kesehatan Keluarga


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?


Beberapa kali saya dan anak-anak terkena diare, ini sih udah jelas karena suka jajan sembarangan. Jika anak-anak diare, saya memang tidak terlalu panik, biasanya segera saya berikan obat dan menambah konsumsi air putih, karena takut anak-anak kehilangan banyak cairan tubuh.

 

Saatnya kita kembali ke pola hidup sehat, rajin mengonsumsi buah, sayur, air putih, suplemen/vitamin, juga mengonsumsi probiotik atau bakteri baik untuk menjaga Kesehatan dan imunitas kita.

 

Apakah Mama sudah tidak asing dengan istilah bakteri baik atau probiotik? Apakah Mama sudah memberikan bakteri baik atau probiotik kepada seluruh keluarga? Atau Mama belum terlalu mengerti apa, sih sebenarnya fungsi dan manfaat bakteri baik untuk tubuh kita?


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?
Gathering Mama & Parenting Blogger bersama Interlac


Selasa, 23 Mei 2023 kemarin, bertempat di Hotel Westin Jakarta, saya bersama rekan Mama dan Parenting Blogger lainnya mengikuti talk show Kesehatan yang membahas seputar bakteri baik atau probiotik untuk tubuh kita bersama dokter Reisa Broto Asmoro dan Interlac Probiotik.

 

Narasumber yang hadir saat event adalah Resia Broto Asmoro yakni seorang ibu dan Brand Ambassador Interlac, Derrick Sukamto (Vice President PT Interbat), Mohamad Nurhadi: Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare dan Isabelle Ducelier, CEO BioGaia.

 

Apa itu Bakteri Baik atau Probiotik?


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?


Menurut definisi WHO, Probiotik diartikan sebagai bakteri hidup yang jika diberikan dalam dosis yang cukup, dapat memberikan manfaat Kesehatan yang signifikan. Lebih lanjut, WHO menetapkan bahwa masing-masing jenis atau strain bakteri mempunya manfaat dan keamanan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, meski sama-sama dari genus Lactobacillus, Lactobaciluus reuteri dan Lactobacillus acidophillus ternyata sangat berbeda dari sisi manfaat, dosis, hingga tingkat keamanannya.

 

Berikut beberapa kutipan narasumber dari press release:

 

Tidak Semua Bakteri Baik itu Sama


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?
Mohamad Nurhadi: Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare (kiri), Reisa Broto Asmoro: Brand Ambassador Interlac (tengah)


Seperti yang dijelaskan oleh WHO,  Reisa Broto Asmara (Brand Ambassador Interlac)  juga mengatakan bahwa, “konsumsi suplemen probiotik yang tepat bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di tubuh kita. Tapi bukan berarti semua yang berlabel probiotik sama manfaatnya.”


Dokter Reisa Broto Asmoro juga menanggapi banyaknya produk makanan dan minuman yang berlabel probiotik, sebaiknya kita selektif dalam mengonsumsi produk yang mengandung label probiotik, karena itu tadi, tidak semua bakteri baik itu benar-benar baik untuk dikonsumsi.

 

Kapan, sih, Anak-anak Harus Mengonsumsi Bakteri Baik atau Probiotik?


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?
Interlac prebiotik bisa dikonsumsi oleh bayi baru lahir hingga lansia, bahkan sejak dalam kandungan (masa konsepsi) ibu hamil bisa mengonsumsi Interlac prebiotik


Menurut dokter Reisa, anak-anak baiknya mendapatkan bakteri baik justru sejak hari pertama pada 1000 hari pertama anak, yaitu pada masa konsepsi di dalam kandungan ibu hingga berusia 2 tahun. Ini adalah periode penting masa pertumbuhan anak yang akan berpengaruh sepanjang hidupnya.

 

Selain itu, dokter Reisa juga menambahkan, mengonsumsi probiotik juga baik untuk bayi yang dilahirkan dengan metode persalinan Caesar. Karena anak yang lahir dengan proses operasi Caesar (tidak pervaginam) lahir tanpa melalui proses transfer bakteri baik dari ibu. Hal ini dapat diperbaiki dengan pemberian suplemen probiotik pada anak.

 

Dokter Reisa juga menambahkan bahwa anak yang memiliki riwayat alergi juga sangat baik mengonsumsi probitik atau bakteri baik ini. Probiotik yang aman dan terpercaya bisa diberikan mulai dari usia 0 bulan agar kesehatan anak yang memiliki riwayat alergi bisa lebih baik.


Aldebaran (7 tahun), Aksara (5 tahun), Kifah (12 tahun) sangat suka dengan Interlac tablet kunyah, karena rasanya enak bahkan ingin terus berkali-kali mengonsumsi Interlac Probiotik kalau ngga distop, hehehe. 

 

Bagaimana Cara Memilih Probiotik yang Tepat?

 

Probiotik yang tepat tentunya akan bermanfaat bagi Kesehatan dan imunitas seluruh keluarga. Lalu bagaimana cara memilih probiotik yang tepat?


“Salah satu tanda suplemen probiotik yang tepat adalah jika suplemen probiotik tersebut teruji klinis dan aman dikonsumsi oleh segala usia mulai dari bayi baru lahir hingga lansia.” Jelas dokter Reisa Broto Asmoro.

 

Fungsi dari Probiotik

 

Lactobacillus reuteri treruji klinis mendukung pemulihan dari berbagai gangguan kesehatan seperti diare, konstipasi, kolik, dispepsia, infeksi saluran nafas, imunitas, dll.

 

Mekanisme Bakteri Baik Menolong Tubuh Kita 

 

Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?
Probiotik atau bakteri baik berkembang biak, kemudian menekan perkembang biakan bakteri jahat, lalu  mengeluarkan antibiotik alami sehingga menstimulasi sistem imun tubuh.


Interlac memilih Lactobacillus reuteri ini juga dengan beberapa kelebihan, yakni memastikan bakteri baik yang masuk ke lambung, tahan dengan asam lambung dan berkembang biak menekan perkembangan bakteri jahat.

 

Di Indonesia, selama lebih dari 10 tahun ini, efektivitas Interlac sudah diuji ke pasien-pasien Indonesia di 9 uji klinis terpublikasi pada bayi baru lahir, bayi prematur, anak-anak dan dewasa. 


“Bukti efektivitas dan keamanan adalah 2 hal terpenting saat memilih suplemen probiotik untuk dan keluarga. Produk Interlac sudah terbukti berkualitas dan aman, sehingga tidak perlu diragukan lagi.” Ujar Derrick Sukamto, Vice President PT Interbat.

 

Probiotik dari Interlac

 

Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?
(Kiri ke kanan) Derrick Sukamto: Vice Precident PT. Interbat, Isabelle Ducelier: CEO BioGaia,
Reisa Broto Asmoro: Brand Ambassador Interlac, Mohammad Nurhadi: Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare




Interlac lahir di Indonesia sejak tahun 2012, Interlac suplemen probiotik untuk kesehatan keluarga yang merupakan produk hasil kerja sama dari PT Interbat dengan Bio Gaia, salah satu perusahaan probiotuk terbesar di dunia asal Swedia yang juga dikenal sebagai World Leader in Probiotics.  Produk suplemen probiotik ini menggunakan strain-strain Lactobacillus reuteri yang dipatenkan, teruji klinis dan memenuhi syarata probiotik dari WHO.


Strain Lactobacillus reuteri ini adalah strain berpaten dengan uji klinis terbanyak di dunia. Di seluruh dunia, sampai Desember 2022, strain Lactobacillus reuter yang digunakan oleh Interlac sudah didukung 258 uji klinis pada lebih dari 21.000 partisipan.” Jelas Isabelle Decullier, CEO BioGaia.


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?


Varian produk Interlac sendiri ada beberapa macam, yaitu drops, sachet, tablet kunyah, dan tablet hisap. Varian produk ini tentunya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan usia, ya, Ma.  Karena fleksibilitas dari produk Interlac sebagai produk suplemen probiotik keluarga, berdasarkan Home Tester Club Indonesia di November 2022 terhadap 247 ibu, 9 dari 10 ibu memilih Interlac sebagai suplemen probiotik untuk menjaga saluran cerna keluarga.


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?


Pada tahun ini, Interlac juga  meluncurkan produk terbarunya yakni kombinasi probiotik dan vitamin pertama di Indonesia: Probiotik + Vitamin D. Kombinasi ini telah teruji klinis memberikan efek sinergis untuk memperbaiki Kesehatan saluran cerna, meningkatkan penyerapan vitamin D dan memperkuat imunitas.

 

Yuk, lihat varian dan kelebihan Interlac lainnya di Instagram Interlac Link akun IG : https://www.instagram.com/interlacprobiotics/ Dan TikTok Interlac https://www.tiktok.com/@interlacprobiotics

 

 

Efek Samping

 

Apakah ada efek sampingnya ketika anak atau orang dewasa mengonsumsi probiotik dar Interlac terlalu banyak? Sebenarnya tidak ada efek sampingnya, namun hanya saja akan terjadi efek samping di kantong dan uang belanja, hehehe. Karena harga Interlac ini memang cukup lumayan ya, Ma.

 

Namun jangan khawatir, Mama bisa beli online di Shopee kalau kehabisan stok di rumah, ini linknya >> https://shopee.co.id/interbathealth

 

Hati-hati dengan barang palsu ya, Ma. Karena sekarang banyak modus pemalsuan produk Interlac, kalau bisa belinya di official store (link di atas), atau kalau mau beli offline, bisa dicari apotek yang sudah terpercaya.

 

Kesehatan Keluarga adalah Rezeki yang Luar Biasa Berharga

 

Memiliki anak yang alergi dan juga asma membuat saya merasa bahwa Kesehatan keluarga adalah rezeki yang sangat luar biasa. Melihat anak sehat, mudah dirawat, mudah dijaga kesehatannya itu merupakan anugerah.


Ketika kita memiki anak yang tidak sehat, mudah terserang penyakit, bukan hanya lelah secara fisik, namun akan menguras mental dan pikiran ketika menghadapinya. Selain itu, merawat anak yang sakit juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Lebih baik mencegah dari pada mengobati memang sebuah nasehat yang benar adanya. Kita bisa mulai melindungi kesehatan anak dari saluran cerna dan imunitasnya, karena sehat saluran cernanya kuat daya tahan tubuhnya.


Bagaimana Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga?


Sebagai seorang ibu, tentunya kita harus tetap mengupdate informasi kita seputar probiotik anak, probiotik bayi, probiotik dewasa, bakteri baik yang bisa dikonsumsi oleh keluarga. Karena memang probiotik yang tepat ini bisa membantu kita menjadi ‘Menteri Kesehatan’ di rumah kita masing-masing.


Yuk, sebagai Ibu, kita pilih probiotik yang tepat, berkualitas, dan terpercaya untuk seluruh keluarga!

 

 

 


***

Sumber: https://www.ui.ac.id/manfaat-keberadaan-bakteri-dalam-tubuh-kita/

Press release Interlac media gathering, 23 Mei 2023

19 comments

  1. Di cuaca seperti sekarang memang penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Kalau tidak bakalan rentan terkena penyakit, apalagi anak. Suplemen dan probiotik sangat dibutuhkan untuk memberi manfaat pada kesehatan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. lucu amatttt berasa dapat kiriman post card
    eh anakku suka banget Interlac drops, mana dia bisa buka sendiri. Ternyata efek sampingnya di sisi keuangan, hahaha

    ReplyDelete
  3. Iya nih probiotik perlu banget sepertinya karena aku bandingkan dua kondisi anakku memang terlihat perbedaannya yang diberi probiotik sama yang ogah-ogahan kalau diberi... Interlac Drop andalan banget kalau punya bayi

    ReplyDelete
  4. Bener yaa.. konsumsi probiotik ini mampu meningkatkan kesehatan cerna.
    karena banteri baik yang brmanfaat untuk membantu jaga saluran cerna dan membuat daya tahan tubuh jadi lebih kuat.

    ReplyDelete
  5. aku baru coba mba pakai interlac dan merasakan sekali manfaatnya apalagi baru coba juga yang interlac pro d, segar sekali terasa di area mulut sepanjang hari

    ReplyDelete
  6. Samaan nih, anak-anakku kalo sudah sering jajan mulai deh pencernaannya terganggu. apalagi saat ini cuaca suka ga menentu, memang penting banget jaga kesehatan dengan konsumsi suplemen probiotik seperti interlac (riafasha)

    ReplyDelete
  7. Ada banyak jenis bakteri baik, tapi bener sih, untuk bisa dikonsumsi dan manfaatnya lebih optimal memang ga sembarang ya mbak. Aku udah pake interlac dari anak pertama dulu, memang se-ngaruh itu manfaatnya buat anak

    ReplyDelete
  8. Dulu awal kenal produk Interlac baru 1 jenis aja tetapi sekarang varian nya udah banyak yang disesuaikan dengan kebutuhan si kecil, yang pasti saluran cerna si kecil tetap sehat terjaga

    ReplyDelete
  9. Wah Interlac, anakku yang bungsu dulu waktu bayi minum ini. Dia yang awalnya gampang kolik perutnya, jadi lebih tahan. Keren ya Interlac, inovatif produknya. Makin hari makin lengkap kandungannya. Mana jadi ada buat segala usia juga. Jadi kepengen pake Interlac lagi deh. Soalnya abis kena covid, tubuh aku dan keluarga jadi malah lebih gampang kena penyakit.

    ReplyDelete
  10. Wah Interlac, anakku yang bungsu dulu waktu bayi minum ini. Dia yang awalnya gampang kolik perutnya, jadi lebih tahan. Keren ya Interlac, inovatif produknya. Makin hari makin lengkap kandungannya. Mana jadi ada buat segala usia juga. Jadi kepengen pake Interlac lagi deh. Soalnya abis kena covid, tubuh aku dan keluarga jadi malah lebih gampang kena penyakit.

    ReplyDelete
  11. Ternyata nggak semua bakteri baik itu sama ya. Sudah begitu, baru eungeuh kalau konsumsi probiotik ini sebaiknya sudah diberikan di 1000 hari pertama si kecil bahkan saat baru lahir. Btw pas baca bagian efek sampingnya bikin senyum-senyum. Hihihi ... memang deh, kalau mau sehat ya nggak akan selalu murah meriah.

    ReplyDelete
  12. Interlac adalah suplemen probiotik yang tepat untuk semua anggota keluarga ya mbak
    Bantu jaga kesehatan keluarga

    ReplyDelete
  13. Setuju banget kalau kesehatan itu adalah anugerah yang harus disyukuri dan dijaga. Memang kalau saluran cerna anak sehat berarti imunnya bagus. Mau juga ah nyetok interlac buat anakku

    ReplyDelete
  14. Pandemi memang sebetulnya membawa beberapa kebiasaan baik. Salah satunya menjaga asupan gizi. Memang seharusnya tetap dipertahankan. Tapi, jadinya suka kembali lalai. Saya sekeluarga juga masih mengkonsumsi probiotik, lho

    ReplyDelete
  15. Kesehatan keluarga adalah rezeki. Itu bener juga ya Mba. Kalau anak sehat ibu juga ikut happy. Perlu punya deh kayanya saya mau stok juga interlac buat anak di rumah

    ReplyDelete
  16. Kayaknya musti beli interlac probiotik juga nih. Biar bs membantu jaga kesehatan pencernaan si kecil.

    ReplyDelete
  17. Bakteri baik diperlukan buat tubuh, karena banyak manfaatnya. Apalagi dari 1000 HPK udah harus banget diperhatikan si kecil dapat probiotik ya Kak. Ini ilmu daging buat daku.

    ReplyDelete
  18. Interlac ini banyak jenisnya ya Mbak, disesuaikan dengan kegunaan dan juga peruntukannya.
    anak-anak saya konsumsi Interlac +Vit D3 rasa orangenya buat mereka suka, malah rebutan :D

    ReplyDelete
  19. Memilih produk probiotik ini ternyata membutuhkan perjalanan panjang bagi seorang Ibu untuk memenuhi kebutuhan bakteri baik bagi keluarga. Dan dengan adanya ulasan suplemen dengan probiotik yang aman dan pasti dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, maka semua perjalanan panjang ini bisa di cut-off. Haturnuhun, kak Tetty.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D