Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat

 

Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat

  

Alhamdulillah, 30 Mei 2023 lalu saya genap berusia 33 tahun. Usia yang saya rasa sudah cukup ‘tua’ namun kata teman dan orang disekitar saya, sih, katanya masih muda!

 

Walau begitu, di ulang tahun saya yang ke-33 kemarin, saya merasa bahwa tanggung jawab saya akan semakin besar, khususnya kepada anak-anak. Apalagi anak-anak sudah makin dewasa, si sulung sudah masuk ke Madrasah Tsanawiyah tahun ini. Artinya saya sudah punya anak remaja di rumah.

 

Sebenarnya, tanggung jawab kita sebagai manusia, apalagi semakin bertambahnya usia biologis, bukan hanya tanggung jawab secara moral atau psikologis yang jadi prioritas. Namun juga tanggung jawab kita kepada diri sendiri harus lebih meningkat. Tanggung jawab kepada fisik atau lahir kita, yang kalau pakai logika, nih. Semakin bertambah usia kita, tentu semakin ‘tidak sehat’

 

Saya sudah menulis di blog ini beberapa waktu lalu kalau saya sedang menurunkan berat badan sejaka Desember 2022 kemarin. Alhamdulillah sampai di bulan Juni 2023 ini, berat badan saya sudah turun hampir 10 kg.


Kelebihan berat badan yang saya rasakan tentunya membuat saya cemas dan tidak nyaman. Karena berdampak langsung kepada Kesehatan saya, dan jika dibiarkan tentu akan semakin buruk.



Baca: Jalan Kaki Bisa Menurunkan Berat Badan


Begitu pun dengan kesehatan kulit wajah, dengan berbagai aktivitas saya di dalam dan luar rumah, terlihat jelas ada banyak keluhan yang Nampak. Seperti wajah yang mudah sekali kusam dan berjerawat. Apalagi setiap hari saya bulak balik antar jemput anak ke sekolah. Sengatan matahari benar-benar terasa membakar wajah.

 

Ternyata, satu hal yang saya pelajari di usia 30-an ini adalah JANGAN SEKALI-KALI MELEWATKAN SKIN CARE ROUTINE, karena jika terlewat beberapa waktu saja, akan langsung muncul beberapa keluhann dan rasa menyesal tentunya. Kulit wajah yang sudah kita rawat dan jaga, karena keteledoran atau kemalasan kita maka akan kembali bermasalah seperti semula.

 

Dan akhirnya seperti di pom bensin, semua akan dari nol lagi, hahaha.

 

Mencoba Skincare dengan Niacinamide dan Retinol


Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat

 

Tren skincare dengan menggunakan niacinamide dan retinol sedang booming di Indonesia ya. Karena dua bahan ini dipercaya ampuh untuk menghilangkah flek atau noda hitam, kerutan, membuat kulit lebih cerah sekaligus anti aging.

 

Menurut penelitian 2014, berbagai khasiat yang dimiliki oleh niacinamide bersumber dari kemampuannya dalam mengontrol nuclear factor-κB (NF-κB), sejenis protein yang menjadi penyebab inflamasi.

 

Sebuah penelitian di 2017 juga menyebutkan kalau niacinamide mampu menekan aktivitas sel yang bertanggung jawab dalam produksi sebum yang bisa membuat jerawat berkurang. Niacinamide juga memiliki kandungan yang ‘ramah’ terhadap kulit dan bisa dikombinasikan dengan sejumlah bahan aktif lain. Misalnya retinol, AHA, dan BHA. Kandungan ini juga dinilai aman untuk kulit sensitif.

 

Sedangkan retinol adalah salah satu bentuk retinoid yang diturunkan dari vitamin A. Retinol dikenal sebagai bahan yang memiliki kandungan untuk mengatasi jerawat, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda penuaan.

 

Menurut penelitian tahun 2017, retinol dan jenis retinoid lainnya mengatasi jerawat dengan mengontrol produksi sebum. Sebuah studi lain di 2015 juga membuktikan bahwa retinol mampu menghambat kinerja enzim penghancur kolagen. Sehingga, lapisan kulit jadi lebih kuat dan bebas dari kerutan.

 

Baca juga: Battle Masker Mugwort dan Hydrating Gel dari Scarlett, Lebih Bagus Mana?



Apalah Penggunaan Niacinamide dan Retinol Bisa digabung?

 

Dengan banyaknya kebaikan dan khasiat dari dua bahan ini, apakah bisa Niacinamide dan Retinol dipakai bersamaan? Menurut artikel yang saya baca, jawabannya adalah boleh.


Namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan, yakni untuk waktu penggunaan. Niacinamide baik digunakan pada waktu siang hari dan bisa dipakai setiap hari, sedangkan retinol baik digunakan pada malam hari (agar tidak terkena sinar matahari saat pemakaian) dan dianjurkan dipakai hanya 1-3 kali seminggu saja.

 

Retinol juga memiliki kekurangan dibanding dengan Niacinamide, yaitu retinol akan memiliki reaksi yang kurang baik terhadap orang yang memiliki wajah dengan kulit sensitif. Biasanya akan muncul kemerahan, kulit terasa ketat, kulit kering, pengelupasan, sensasi pedih, kulit terasa sensitif jika terkena sinar matahari. Berbeda dengan Niacinamide yang relatif cukup aman ketika dipakai oleh orang dengan kulit sensitif.

 

 

Mencoba Niacinamide dan Retinol dari Scralett

 

Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat

 

Karena penasaran dengan booming-nya skincare dengan kandungan Niacinamide dan Retinol, akhirnya saya mencoba dari brand Scarlett. Karena memang Scarlett mengeluarkan produk skincare Niacinamide dan Retinol ini dalam kemasan yang berbeda.

 

Sebelumnya, saya menggunakan beberapa serum dari Scarlett, yaitu Brightly Ever After serum dan Glowtening serum, kemudian sekarang saya baru mencoba Niacinamide dan Retinolnya.

 

 

Niacinamide 5%+Beta Glucan & Phyto Extract Serum dari Scarlett

 

Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat


Kandunan Niacinamide 5%+Beta Glucan & Phyto Extract Serum dari Scarlett ini adalah Beta Glucan yang berfungsi melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan efek buruk dari sinar UV. Niacinamide 5% membantu merawat skin barrier, membantu mencerahkan kulit secara merata, membantu menyamarkan noda gelap di wajah. Creatine berfungsi untuk membantu menyejukkan dan melembapkan kulit.

 

Mengandung Allantoin yang berfungsi untuk melembapkan kulit dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan. Triple Ceramide Complex yang berfungsi melembabpaka kulit dan membantu merawat kekencangan kulit. Serta 7 Phyto Extract yang mampu merawat kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

 

Cara pakainya mudah sekali, yaitu tinggal meneteskan serum ke wajah kemudian dioleskan secara merata, dan dipakai di siang hari, ya.

 

 

Saya menggunakan produk Niacinamide 5%+Beta Glucan & Phyto Extract Serum dari Scarlett sekitar 10 hari, dan rasanya tidak ada break out atau pun efek iritasi dan lainnya di wajah saya.

 

Aromanya tidak menyengat dan cenderung netral, jadi tidak ada aroma yang mengganggu selama pemakaian.


Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat
serumnya bening dan aromanya natural

 

Waktu saya memakai serum brightly ever after dan glowtening serum, seperti ada sensasi perih ketika pemakaian di awal, namun ketika memakai Niacinamide 5%+Beta Glucan & Phyto Extract Serum dari Scarlett ini, tidak ada rasa perih atau tidak nyaman. Serumnya langsung meresap ke wajah, dan tidak menimbulkan efek negatif atau perih di kulit.


Baca juga:


Review: Brightly Ever Aftter Serum dari Scarlett

Glowtening Serum dari Scarlett



Skin Smooting Retinol Serum dari Scarlett


Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat

 

 

Nah ini dia yang digadang-gadang menjadi holy grail-nya anti aging, yakni retinol. Skin Smooting Retinol Serum dari Scarlett mengandung encapsulated retinol yang berfungsi untuk membantu menyamarkan garis halus, membantu mengangkat sel kulit mati, dan membantu merawat kekencangan kulit. Pomegrana Extract membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan membantu melawan  bakteri penyebab jerawat.

 

Skin Smooting Retinol Serum dari Scarlett juga mengandung hexapeptide-8 yang membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu menghidrasi kulit dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan, dan mengandung allantoin untuk membantu menghidrasi kulit dan membantu menghaluskan kulit.

 

Setelah 10 hari mencoba Skin Smooting Retinol Serum dari Scarlett, awal pemakaian alhamdulillah tidak ada efek negative ke kulit wajah. Tidak ada rasa perih dan gatal, serta tidak ada aroma yang tidak nyaman.

 

 

Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat
serumnya berwarna putih dan cenderung tidak memiliki aroma yang menyengat

Cara pemakaian mudah sekali yaitu tinggal meneteskan Skin Smooting Retinol Serum dari Scarlett ke wajah kemudian dipakai merata, ya. Saya menggunakan Skin Smooting Retinol Serum ini pada malam hari sebelum tidur, dan saya hanya menggunakannya 2-3 saja seminggu.

 

FYI, buat yang meragukan keamanan produk Scarlett, bisa cek  di link berikut ini ya https://verify.scarlettwhitening.com

 

Setelah 10 Hari Pemakaian Niacinamide 5%+Beta Glucan & Phyto Extract Serum dan Skin Smooting Retinol Serum dari Scarlett

 

 

Mencoba Serum Retinol dan Niacinamide dari Scarlett untuk Kulit Wajah Berminyak dan Cenderung Berjerawat

 

Jujur sih, setelah pakai dua serum Niacinamide dan Retinol ini, wajah saya terlihat ‘agak mending’ dibanding sebelumnya yang agak kusam dan tampak kasar. Dan secara jujur saya mengatakan, dari beberapa serum Scarlett yang sudah saya coba, Niacinamide dan Retinol serum ini lah yang paling cocok untuk kulit wajah saya.

 

Karena aromanya natural dan tidak ada efek negatif, merah, perih, atau iritasi sama sekali. Kulit wajah saya terlihat lebih baik dan lembut.

 

Apakah saya akan repurchase kedua serum ini? Sepertinya YES, karena dibanding serum scarlett yang saya coba sebelumnya, ini yang paling cocok dan nyaman di kulit wajah. Saya juga ga expect akan cocok banget karena mencoba serum scarlett yang sebelumnya, eh ternyata cocok banget dengan yang Niacinamide dan Retinol ini.

 

Mau coba dua serum Scarlett ini? https://linktr.ee/scarlett_whitening ini dia linknya ya.

 

Memang ya, namanya skincare ada kalanya trial and error untuk dapet ‘racikan’ skincare yang pas untuk kulit wajah kita.

 

____

 

Alhamdulillah, tambah satu lagi produk skincare yang bisa saya pakai untuk lebih mencintai dan bertanggung jawab dengan tubuh saya di usia 33 tahun ini. Semoga saya bisa tetap bahagia menjalani hari-hari ke depan dengan tubuh dan jiwa yang sehat pula.

 

 

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D