Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

5 Cara Menghadapi Cuaca Panas: Review Nadi Skincare, Local Brand Skincare yang Wajib Kamu Coba!

 

review nadi skin care brand skin care lokal

“Waaah, wajahku merah! Tanganku belang!”

 

Teriak saya ketika bercermin, wajah saya sekarang sedang ngga karu-karuan bentuknya, merah, dan suka timbul jerawat. Tanganku belang, karena kepanasan, fiuh!

 

Kebayang sih, saya keluar rumah jam 06.00 sampai dengan 06.45 WIB setiap pagi untuk mengantar si sulung Kifah berangkat ke Madrasah Tsanawiyah, dan si tengah Aldebaran ke Madrasah Ibtidaiyah. Ketika siang hari, saya juga harus menjemput mereka pukul 14.00 dan 14.30 siang, dimana matahari sedang terik-teriknya. Dan setiap hari, saya bisa PP (pulang pergi) antar jemput anak-anak sejauah 16 km.

 

Begitulah kira-kira rutinitas saya ‘menantang matahari’ setiap hari, demi anak-anak saya harus melakukan antar jemput sekolah menggunakan motor sejauh 16 km sehari. Dan sejak tahun ajaran baru ini lah (Adik kakak berbeda sekolah), kulit wajah dan tubuh saya tidak baik-baik saja, ditambah lagi cuaca panas yang sedang melanda Indonesia di musim kemarau ini.

 

*Mama-mama yang senasib dengan saya (harus antar jemput anak) boleh sharing di kolom komentar yaa.


review nadi skin care brand skin care lokal


Cuaca Panas Ekstrim di Jakarta dan Sekitarnya

 

Hari ini, suhu di Jakarta mencapai 31 derajat celcius, dan selama seminggu ke depan akan naik menjadi 34 derajat celcius T____T

 

Menurut BMKG (Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika) musim kemarau di Indonesia terjadi sepanjang April hingga bulan September. Belum lagi berita kabut asap yang sedang mengepung ibu kota Jakarta, benar-benar jadi tantangan untuk kita untuk menjaga kesehatan di tengah cuaca panas, kabut asap, dan panasnya jalanan Ibu kota yang disebkan oleh tumpah ruahnya kendaraan bermotor.

 

Saya sendiri sering mengalami perubahan wajah yang menjadi kemerahan, kulit tangan menjadi belang, dan karena cahaya matahari yang terlalu intens, saya juga sering mengalami rasa pusing dan mual setelah terjemur sinar matahari ketika sedang mengendarai kendaraan bermotor.

 

Tantangan sekali memang ya cuaca panas ini, kalau tidak diwaspadai dan melakukan hal yang tepat untuk menghadapi cuaca panas, bisa-bisa kulit bisa rusak serta perlu waktu dan biaya yang lebih besar untuk mengembalikan kulit menjadi sehat kembali.

 

Maka dari itu, saya punya  tips bagaimana menghadapi cuaca panas yang sedang ekstrim ini, yaitu:


 Baca juga: Ibu Rumah Tangga Terjebak Toxic Productivity?


1. Jangan Skip Air Putih


review nadi skin care brand skin care lokal


“Haus, panas, gerah, enaknya minum es kopi atau tesh manis!”

 

Nah, jangan sampai karena gerah, haus, panas, kita malah lebih sering mengonsumsi minuman manis menggunakan es dibandingkan air putih. Walau pun tampak sepele, air putih sangat berguna untuk menghidrasi tubuh kita. Kekurangan cairan tubuh justru akan memperparah dampak cuaca panas yang sedang ekstrim ini.

 

Berapa banyak, sih, kita harus minum air putih dalam satu hari? Jawabannya adalah minimal 2 Liter satu hari.

 

Dulu saya kurang suka minum air putih, bahkan kekurangan air putih, dan ketika memulai minum air putih rasanya sulit sekali. Namun sekarang, pelan-pelan saya mengubah kebiasaan minum air putih dan memperbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari. Badan rasanya lebih segar, tidak mudah lapar sehingga bisa ikut menurunkan berat badan juga, lho.

 

Kapan waktu minum air putih terbaik? Yakni setelah bangun pagi (1-2 gelas), sebelum dan setelah makan, sebelum dan setelah berolah raga, menjelang sore hari, dan sebelum tidur. Menurut Kementrian Kesehatan, kita membutuhkan banyak cairan ketika cuaca terasa sangat panas.

 

So, jangan lupa minum air putih selalu, ya!


Baca juga: Jalan Kaki Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Dia Rekomendasi Tempat Jalan Kaki di Jabodetabek


2. Rutin Mencuci Wajah


review nadi skin care brand skin care lokal

Mencuci wajah juga baik dilakukan saat cuaca panas. Cuaca panas membuat wajah berkeringat dan membuat banyak debu dan kotoran menempel pada wajah. Mencuci wajah bisa mengurangi kotoran dan debu yang menempel di wajah, sehingga meminimalisir timbulnya jerawat.

 

Saya merasakan sekali cuaca panas ini membuat saya mudah berjerawat, sehingga saya selalu rutin mencuci wajah dengan pembersih/cleanser dan juga menggunakan masker ketika di luar ruangan.

 

Selain itu, mencuci wajah juga membuat wajah dan badan lebih segar dan dingin. Sehingga dapat mengurangi rasa gerah dan panas yang sedang kita rasakan. Jangan lupa juga selalu membawa handuk bersih atau tisu untuk membersihkan wajah setelah mencuci wajah, ya.

 

 

3. Menggunakan Pakaian yang Menyerap Panas


review nadi skin care brand skin care lokal

Hati-hati saltum alias salah kostum di saat cuaca panas sedang ekstrim begini, yaa. Karena cuaca yang panas, selain menyebabkan rasa gerah yang tidak nyaman, juga membuat kita memproduksi keringat berlebih (yang juga bisa menghasilkan bau tidak sedap).

 

Maka dari itu, pakaian yang bisa menyerap keringat dan longgar bisa membuat kita lebih nyaman. Menurut saya, bahan katun, atau katun rayon bisa menjadi penyelamat kita di hari yang panas. Karena bahannya sangat menyerap keringat, adem, dan nyaman dipakai. Selain itu, bahan kaos yang lembut juga nyaman digunakan di cuaca panas.

 

Jangan sampai kita salah kostum, ya. Agar tubuh kita tetap bisa ‘bernafas’ dengan bebas ketika keringat dan hawa panas menyerang.

 

4. Menggunakan Tabir Surya (Sun Screen)


review nadi skin care brand skin care lokal

Satu lagi yang jangan sampai skip di cuaca panas ini, yaitu penggunaan tabir surya atau sun screen baik untuk tubuh atau pun wajah. Karena akibatnya bisa sangat berbahaya, seperti kulit terbakar, penuaan dini, bahkan hingga bisa mengakibatkan kanker kulit.

 

Bahkan ketika di dalam rumah pun, sun screen atau tabir surya ini juga wajib dipakai, ya. Karena sinar UV masih bisa masuk lewat jendela dan pintu rumah yang terbuka. Hanya bedanya, ketika di dalam rumah atau ruangan, sun screen bisa digunakan satu kali saja. 


Sedangkan ketika di dalam rumah, sun screen wajib di re-apply atau diaplikasikan kembali agar kulit tubuh dan wajah, tetap terjaga dari bahaya sinar UV.

 

 

5. Melakukan Eksfoliasi dengan Lembut


review nadi skin care brand skin care lokal

Di cuaca yang panas seperti ini, melakukan eksfoliasi atau scrubbing juga disarankan, ya. Karena keringat tubuh kita juga bisa membuat kotoran menumpuk di permukaan kulit. Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit secara maksimal.

 

Eksfoliasi bisa dilakukan 2-3 kali seminggu dan dilakukan di malam hari, ya. Dan ketika siang dimaksimalkan dengan menggunakan tabir surya atau sun screen.

 

Saya sendiri sangat suka melakukan eksfoliasi minimal 2x seminggu, khususnya ketika di tengah minggu dan pada saat akhir minggu. Biasanya setelah melakukan eksfoliasi, kulit terasa lembut, segar dan bersih.

 

Review Nadi Skin Care, Local Brand Skin Care yang Wajib Kamu Coba!


review nadi skin care brand skin care lokal

Cuaca panas yang sedang terjadi di Indonesia ini memang menjadi PR tersendiri, karena kita memiliki banyak aktivitas baik di dalam atau pun di luar rumah. Mungkin ketika di dalam rumah kita masih bisa menangkal rasa panas dan bahaya sinar UV matahari dengan menggunakan pendingin ruangan dan menutup jendela dan pintu rumah.

 

Namun ketika di luar ruangan, tentunya kita harus memiliki perlindunan tersendiri terhadap kulit wajah dan kulit tubuh kita ini. Karena biasanya ketika kulit sudah tidak sehat, itu perlu waktu lagi untuk memperbaikinya, bahkan dengan skin care yang tidak murah.

 

Salah satu skin care, yakni body lotion dan scrub yang saya pakai saat ini adalah skincare dari NADI Bodycare Indonesia. Skin care Nadi ini merupakan salah satu local brand karya anak bangsa, lho. Jadi senang sekali rasanya menggunakan produk yang merupakan hasil dari riset sesuai kebutuhan harian kita sebagai orang Indonesia.

 

Nadi Radiance Body Lotion


review nadi skin care brand skin care lokal

Dari sekian banyak lotion yang pernah saya pakai, menurut saya Nadi ini memiliki gaya yang berbeda. Biasanya body lotion cenderung memiliki aroma yang semerbak wangi bunga. Namun Nadi ini tidak seperti itu, wanginya lebih lembut dan ada aroma rempah yang menenangkan. Aroma rempah ini menurut saya seperti signature yang membuat Nadi tuh ‘Indonesia banget’

 

Awalnya agak baru dengan wangi rempah ini, karena jarang ada di body lotion lain aroma seperti ini. Namun lama kelamaan menjadi nyaman dengan aroma rempahnya karena berbeda dengan yang lain dan memunculkan nuansa tradisional khas Indonesia. Dan ternyata memang Nadi radiance body lotion ini diformulasikan dengan aroma bergamot, lemon grass (sereh), dan ginger (jahe).

 

Teksturnya sendiri tidak lengket dan tidak terlalu cair, sehingga terasa lembut dan mudah menyerap di kulit. Nada radiance body lotion diformulasikan sebagai pencerah juga melembutkan dan menghidrasi kulit. Jadi pas banget untuk selalu memakai Nadi radiance body lotion ini setiap hari.

 

Kandungan Nadi radiance body lotion ini adalah vitamin C yang mengandung Ascorbyl Glucoside untuk mencerahkan kulit. Lactic Acid untuk membantu menghidrasi kulit sekaligus membuat kulit lebih lembut. Selain itu, Nadi radiance body lotion ini mengandung minyak bunga matahari.

 


review nadi skin care brand skin care lokal

Nadi radiance body lotion memang secara khusus diformulasikan untuk kulit yang kusam, kering atau terasa kasar, dengan tipe kulit yang normal dan kering. Sangat cocok untuk kulit saya yang selalu terpapar sinar matahari sehingga tampak kusam, kering dan belang.

 

Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan Nadi radiance body lotion ini ke seluruh tubuh setelah mandi. Saya biasa menggunakan Nadi radiance body lotion ketika hendak keluar rumah ditambah dengan sun screen untuk wajah dan tubuh untuk perlindungan ekstra terutama ketika siang hari.

 

 

Nadi Radiance Body Scrub


review nadi skin care brand skin care lokal

Satu lagi produk andalan saya dari Nadi skincare adalah Nadi Radiance Body Scrub, yaitu eksfoliator lembut di kulit yang mampu membersihkan kotoran pada pori-pori tubuh dan kulit mati di tubuh yang banyak sekali mengendap karena cuaca yang panas.

 

Setelah menggunakan Nadi radiance body scrub ini, kulit menjadi terasa bersih, lembut, dan lembab. Scrub-nya lembut dan harum, sehingga tidak terasa perih pada kulit. Scrub-nya pun mudah dibilas dengan air, sehingga tidak perlu berlama-lama untuk membilasnya.

 

Sama seperti Nadi radiance body lotion, aromanya juaraaaa. Yakni aroma bergamot, lemon grass (sereh), dan ginger (jahe).


review nadi skin care brand skin care lokal

 

Cara menggunakan Nadi radiance body scrub ini adalah dengan mengaplikasikannya ke seluruh tubuh, kemudian gosok perlahan dengan lembut, diamkan sejenak kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

 

Eksfoliasi biasanya disarankan setiap 2-3 kali seminggu agar hasilnya lebih maksimal. Saya sendiri biasanya melakukan eksfoliasi untuk membersihkan tubuh ketika mulai terasa tidak enak, dan juga saya lakukan untuk me time di akhir pekan.


Baca juga: 30 Pertanyaan Pillow Talk Anti Mainstream

 

Kesimpulan

 

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang sedang terik-teriknya di musim kemarau ini adalah kewajiban, ya. Karena jika kita lengah, bisa jadi ada efek buruk yang membuat kita akan mengeluarkan lebih banyak waktu dan juga budget untuk mengembalikan kesehatan kulit kita.

 

Saya sendiri merekomendasikan Nadi bodycare terbaik Indonesia, Nadi radiance body lotion dan body scrub ini bagi yang ingin merawat, melembabkan, melembutkan dan membuat kulit lebih cerah. Aroma rempah dari bergamot, lemon grass, dan ginger ini pun menurut saya sangat pas bagi yang suka aroma rempah atau aroma tradisional khas Indonesia, tidak menyengat dan membuat suasana jadi lebih fresh.

 

 

Apalagi Nadi skin care ini salah satu local brand asal Indonesia, perpaduan aroma dan warna kemasannya yang kecoklatan, menurut saya representasi bumi Indonesia sekali.

 

Bagaimana cuaca di tempat tinggal Mama sekarang? Apakah Mama punya tips lainnya untuk menghadapi cuaca panas yang ekstrim seperti sekarang ini? Sharing yuk, di kolom komentar :D

 


34 comments

  1. Wah benar banget nih, Kak tips yang diberikan. Untuk skincarenya sepertinya juga bagus hihi

    ReplyDelete
  2. ya ampuunnn kece bgt packagingnyaaaa, elegan dan maniis

    aku juga pingin cobaaa
    hawa di Sby panaasss pun.
    bikin kuiit keriiinggg

    ReplyDelete
  3. Belum rutin eksfo nih mba, heheu. Aku nggak sampe 16KM. Luar biasa mbaaa. Masya Allah smoga berlimpah pahalanya ya mba. Kebayang jam 2 itu panas dan ngantuk2nya kita. Aku pun adek jam 2 pulang, si akak abis ashar. Huaa kulit kayaknya butuh skinker Nadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin Ya Allah :) iya emang kalau jemput sekolah tuh lagi panas-panasnya

      Delete
  4. Memang beda nih kalau tinggal udara yang dingin dan panas. Apalagi sering dijalan pasti merasakan banget udara panas. Air putih , buah buahan seperti yang dijual ditilang buah tukang dorong dan es aneka rasa sungguh menggiurkan saat di jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mpok, jangan lupa minum air putih ya mpok

      Delete
  5. Di tempat saya juga cuacanya panas, Mbak. Bikin kulit jadi kering. Memang solusinya pakai produk yang merawat kulit jadi lembap. Nadi skin care ini salah satu local brand asal Indonesia yang bisa diandalkan untuk menghadapi cuaca panas, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kulit kering gak enak banget dan lama-lama jadi kusam

      Delete
  6. wah perlu banget nih buat aku yg sering keluyuran pake sepedah keliling komplek. biar ga gosong n garing terbakar matahari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk pake teh buat olga, aku jg paling suka naik sepeda

      Delete
  7. es teh manis ini godaan berat kala cuaca panas, walau enaknya emang cuma sesaat aja, tapi tetap banyak yang tergoda (termasuk saya). Entahlah kalau pas cuaca panas tuh, rasanya air putih yang lewat di tenggorokan tuh beda dengan biasanya.

    Kalau urusan kulit yang kena panas, ini juga masalah besar buat saya. Saya baru tahu NADI skincare ini mbak, sepertinya bagus juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak, es teh manis emang menggoda banget di hari yang panas ya

      Delete
  8. dari awal lihat packaging Nadi tuh aku suka ... simple dan cewe bumi banget, hihi...
    trus penasaran deh gimana aromanya body lotion rempah-rempah karena ku suka lemongrass dan ginger.

    ReplyDelete
  9. Emang perlu banget yaa scrub and handbody buat para macan ternak. Mama cantik anter anak.. Xixixi.. Pastinya jemput anak berjibaku ama matahari.. Huhuhu.. Biar ga dibilang wajah siang tangannya malam.. Xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja sampe belang ini punggun tangan sama pipi, padahal udah rapet banget kalau naik motor

      Delete
  10. Kalau baca-baca, katanya El Nino sekarang sedang melanda. Memang cuaca di luar panas banget Mbak. Kebayang ya gimana panasnya saat harus menjemput anak-anak dari sekolah, siang-siang sejauh 16 km tiap hari. Makanya selain minum air putih, juga perlu perawatan ekstra agar kulit tetap sehat ya

    ReplyDelete
  11. aku juga punggung tanganku belang mbak kalau habis jemput anak sekolah soalnya suka lupa pakai sarung tangan. tips-tips di atas menurutku memang perlu banget untuk dilakukan untuk meminimalisir warna kulit yang menggelap karena terpapar sinar matahari

    ReplyDelete
  12. Rutinitas aku juga begitu mak apalagi kalau jadwal pulang anak anak beda bisa lebih dari 30 kilo pp setiap hari, mesti sedia sunscreen agar wajah gak gosong jangan lupa masker juga apalagi motoran nih

    ReplyDelete
  13. sebagai pengguna skincare rutin setiap hari, semua tips di tulisan ini aku setuju banget. apalagi banyak minum air putih itu, ngaruh banget buat kesehatan kulit di musim panas gini

    ReplyDelete
  14. Paparan sinar matahari berbahaya bagi kulit
    Harus banget melindungi kulit dengan produk skincare lokal yang recommended seperti ini ya mbak

    ReplyDelete
  15. terlebih usia otw 40, kulit jadi gampang kering dan iya butuh perawatan dari produk skincare yang tepat

    ReplyDelete
  16. Tosss dulu ah sesama macan ternak pakai motor hehe. Aku sekitar 13 km sekali jalan Mak, jadi PP 35 km lebih yaa. Dalam cuaca panas begini, tiap mau jemput bener2 harus "siap tempur"...uda macem ninja aja hahaha. Dalam kondisi kayak gini, emak2 emang harus mau dan rutin merawat badan. Milih skincare harus yang bisa melindungi dan merawat kulit dari cuaca yang wow ini. Terima kasih sharing nadi skinkernya mak..

    ReplyDelete
  17. Benar, Mak. Panasnya terik banget akhir-akhir ini. Sampai-sampai, air mineral galon cepat banget habisnya karena kehausan terus. Kulit juga hausnya bukan main. Tanganku pun belang. Huhu, sedih.

    Ini nama bodycare-nya unik banget, sih. Bisa eksfoliasi juga, ya. Aku mau coba, aaah...

    ReplyDelete
  18. Cuaca panas yang sangaat ekstrim seperti sekarang ini memang kita wajib merawat kulit ya. Penasaran aku dengan nadi skin care ini. Semoga ya cocok untuk kulit sensitif
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  19. Iya ih cuaca sekarang tuh lagi panas banget, aku tuh kalau pas keluar siang berasa kayak vampire karena takut matahari. Selain memang sunscreen yang wajib, selain itu menjaga dan merawat wajah yang tepat jadi kunci banget sih.

    ReplyDelete
  20. Samaak.maak panasnya hot bingit yaa sekarang, berbulan bulan tidak hujan kalau jemput anak.sekolah tu terik banget.

    Cuaca panas terik.membuah tubuh mudah dehidrasi, timbul flek hitam bener katamu.mak.kudu di rawat kulitnya supaya tidak kusit ( eeh kek baju aja kusut) -gusti yeni

    ReplyDelete
  21. Bener banget sih, cuaca lagi panas2 perlu banget perawatan bodycare yang tepat, baru tau nih aku tentang bodycare Nadi ada scrub dn radiance body lotion aplg formulany bahan2 alami ya kayak dengan aroma bergamot , serai , dan jahe

    Jadi mau coba juga

    ReplyDelete
  22. Aku abis cacar, kak Tetty..
    Jadi butuh banget skincare yang minimal bisa merawat wajahku yang jadi kasar, huhuh.. apalagi ada bekas lukanya juga kaan..

    Yang di badan, bisa dibantu ama Nadi Radiance Body Lotion.
    Kemasannya cantiik yaah.. Seneng sama kemasan yang gede sekalian gini. Bisa dipakai bareng-bareng sekeluarga.

    ReplyDelete
  23. Wah padat banget aktivitas antar jemputnya ya mba sampai 16 km kayak keluar kota tiap hari.. memang harus pakai tabir Surya biar kulit tetap terjaga ya

    ReplyDelete
  24. Beneerr sekarang lagi panas banget yaa. Aku juga bagian anter jemput anak nih, jadi macan ternak kita ya mbak, ahaha (mamah cantik anter anak xp). Cuaca begitu emang rentan bikin kulit kita terpapar matahari dan rusak ya, makanya emang butuh pelindung yang pas. Pakai sunscreen dan body lotion solusinya deh supaya kulit tetap terjaga :D

    ReplyDelete
  25. Hai! Sepertinya kita sedang menghadapi tantangan besar di tengah cuaca panas ekstrim. Antara jerawat, kulit kering, dan teriknya matahari, cuaca panas bisa membuat hidup jadi agak rumit. Terimakasih atas berbagi pengalaman dan tips yang sangat berguna!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D