Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif

 

Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif

“Bun, kok anak sekarang, sekolahnya kayak ngga sekolah, ya?” salah satu wali murid bertanya kepada saya.


“Maksudnya, Bun?” Tanya saya kembali.


“Ya, anak-anak udah jarang belajar pakai buku dan LKS, mereka lebih sering mencari ke lapangan, internet, e-learning, dll.” Jawabnya.


“Oh iya Bun, mungkin karena kurikulum sekarang adalah kurikulum merdeka, dimana anak-anak diberikan ‘kebebasan’ untuk mengeksplor semua sumber belajar yang bisa diakses di sekitarnya untuk mencari ragam ilmu pengetahuan.” Jawab saya.


“Ya, ya, ya, beda kali ya, Bun, sama zaman kita dulu, yang semuanya harus dari ruang kelas, guru, buku, dan LKS.” Jawabnya lagi sambil tertawa.


“Hehehe, iya ya, Bun, kita harus siap, nih, dengan berbagai perubahan gaya belajar anak-anak di zaman sekarang.”


Itu adalah sepenggal obrolan saya bersama wali murid di sekolah, kebetulan anak kami sudah masuk sekolah menengah pertama tahun ini, dan kami sempat berdiskusi bahwa pembelajaran anak-anak sekarang, kok, terasa berbeda, ya?


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif



Kalau dulu, kita sekolah untuk ‘dijejali’ berbagai ilmu hanya dari satu sumber (terutama guru), zaman sekarang, anak-anak justru harus mencari sebanyak-banyaknya ilmu dari berbagai sumber belajar.

 

Duh, kalau ngga banyak belajar tentang perkembangan kurikulum dan pembelajaran, mungkin saya pun akan terkaget-kaget dan merasa pembelajaran anak-anak kok tidak sama seperti dulu, ya? Hmmm, padahal kurikulum dan pembelajaran sedang menyesuaikan dengen perkembangan dan kebutuhan zaman.

 

Beberapa waktu lalu saya menulis di blog ini mengenai proses pembelajaran live interaktif yang memang sudah menjadi salah satu belajar di era digital saat ini. Salah satu Lembaga Pendidikan yang telah menggunakan metode pembelajaran live interaktif ini adalah bimbingan belajar live interaktif Sinotif.

 

Pada zaman saya sekolah dulu, bimbingan belajar hanya identik untuk ‘menambal’ kekurangan pembelajaran di sekolah, namun di hari ini, bimbingan belajar yang bisa dilakukan secara live interaktif menjadi salah satu sumber belajar yang bisa diakses oleh para siswa untuk menambah materi pembelajaran pada bidang studi tertentu. Sinotif sendiri, merupakan salah satu bimbingan belajar live interaktif yang fokus pada bidang studi matematika, fisika, dan kimia.

 

Kalau dulu sering disingkat MAFIA, hehehe soalnya mata pelajarannya beneran horror seperti MAFIA beneran, hehehe.

 

Sebagai tambahan informasi, sumber belajar sendiri didefinisikan sebagai segala jenis media, benda, data, fakta, ide, orang, dan lain sebagainya yang dapat mempermudah terjadinya proses belajar peserta didik.


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Wina Sanjaya (2010: 175) menyebutkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Sumber belajar disini meliputi, orang, alat dan bahan, aktivitas, dan lingkungan.

 

Kalau kita lihat di zaman sekarang ini, semua serba digital, saya rasa tidak akan ada namanya kekurangan sumber belajar. Apalagi internet sudah masuk hampir ke seluruh Indonesia, beragam sumber belajar dan media pembelajaran sangat mudah untuk diakses bagi semua peserta didik, kapan pun dan dimana pun.

 

Bahkan kita bisa menjadikan orang sebagai sumber belajar tidak hanya dengan bertatapan langsung di dalam sebuah kelas atau tempat yang sama, namun bisa menggunakan jaringan internet untuk melakukan tatap maya.


Baca juga: Anak Kinestetik Sebaiknya diarahkan untuk Menjadi Apa, ya?

 

Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif


Anak saya, Aldebaran, sekarang sudah duduk di kelas 2 sekolah dasar. Saya tidak menyangka dia sangat suka dengan pelajaran SAINS dan Matematika. Karena dulu kakaknya justru lebih suka olah raga dan aktivitas fisik, dibandingkan dengan pelajaran eksakta. Jadi saya agak kaget kalau ternyata adiknya justru lebih suka ilmu pengetahuan alam dan logika.

 

Maka dari itu, menambahkan bimbel live Interaktif untuk Aldebaran pada bidang studi Matematika merupakan salah satu pilihan yang tepat, karena ia bisa mengembangkan diri pada bidang studi matematika, sesuai dengan manfaat dari sumber belajar yang disampaikan oleh Eveline Siregar & Hartini Nara (2010: 128-129), yaitu:

 

1) memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan langsung

2) menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi, atau dilihat secara langsung;

3) menambah dan memperluas cakrawala sains yang ada di dalam kelas

4) memberikan informasi yang akurat dan terbaru

5) membantu memecahkan masalah pendidikan dalam lingkup makro maupun mikro

6) memberikan motivasi positif

7) merangsang untuk berfikir kritis, merangsang untuk bersikap lebih positif serta berkembang lebih jauh.

 

Pengalaman Aldebaran Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif


Aldebaran kebetulan mendapatkan jadwal untuk mengikuti bimbel live interaktif bersama Sinotif pada hari Jum’at jam 15.00 WIB. Karena hari senin hingga kamis, Aldebaran sekolah secara full day hingga sore hari, maka hari Jum’at dipilih karena Aldebaran pulang sekolah jam 11 siang. Sehingga ada jeda untuk shalat Jum’at dan istirahat sebelum melakukan bimbel live interaktif bersama Sinotif.

 

Ruang kelas yang digunakan sudah sangat familiar sekali semenjak pandemi, yakni Zoom Meeting, Aldebaran pun sudah familiar karena sudah beberapa kali menggunakan Zoom Meeting dan memang setiap hari pun sering melihat saya dan Abbinya bekerja secara on line via Zoom Meeting di rumah.

 

Kelas hanya diisi oleh beberapa anak yang seusia dengan Aldebaran, yang juga duduk di kelas 2 sekolah dasar, dan satu orang pengajar (perempuan) yang memberikan materi pembelajaran matematika.


Baca juga: Mengatasi Hambatan Belajar pada Anak


Materi Pembelajaran dan Pengajar


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif

Materi pembelajaran matematika yang diberikan menyesuaikan dengan materi pembelajaran di sekolah, jadi ada beberapa siswa yang berada di materi yang sama dan ada yang di materi yang berbeda (karena perbedaan sekolah). Namun hal tersebut tidak menjadi kendala, karena pengajar bisa menyesuaikan beragam materi yang sedang dipelajari oleh para siswa.

 

Pengajar Matematika Aldebaran kebetulan perempuan, saya rasa sangat cocok untuk mengajar siswa kelas rendah seperti Aldebaran, karena menurut saya memang guru perempuan bisa lebih ‘masuk’ untuk mengajar di kelas rendah (kelas 1-3 Sekolah Dasar). Biasanya di sekolah-sekolah pun sebagian besar walas kelas rendah itu Bu Guru, ya.

 

Durasi Pembelajaran


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif

Durasi pembelajarannya sendiri yaitu 2x 45 menit atau 2 jam pelajaran setiap pertemuan, jadi hampir sama seperti di sekolah, pembelajaran Matematika biasanya memang 2x45 menit atau dua jam pelajaran. Maka anak sudah terbiasa, ya, untuk durasi  belajarnya, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.


Baca juga: Whatsapp Group, Antara Kebutuhan dan Pendidikan Karakter Anak


Metode Pembelajaran

 


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif

Secara umum, dari pengamatan saya, pengajar memberikan materi dengan metode pembelajaran behaviorisme, dimana siswa diberikan stimulus berupa soal-soal matematika dengan beberapa model/varian tertentu, kemudian meminta siswa untuk mengerjakan soal tersebut. Setelah soal diselesaikan, maka dilakukan pembahasan mengenai soal  tersebut.

 

Aldebaran sendiri sedang mempelajari penjumlahan dan pengurangan susun ke bawah, sehingga soal yang diberikan adalah penjumlahan dan pengurangan susun ke bawah baik secara langsung atau pun menggunakan soal cerita.

 

Behaviorisme ini memang identik dengan stimulus respon yang kemudian menghasilkan suatu kebiasaan, jadi memang berbeda dengan pembelajaran di sekolah yang menggunakan ragam metode dan pendekatan pembelajaran untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran.

 

Karena memang tujuan bimbel live interaktif adalah memberikan pembiasaan kepada siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika, fisika, maupun kimia. Semakin terbiasa bertemu dengan beragam varian soal, maka siswa juga pun terbiasa mengerjakan cara menemukan jawabannya.

 

Semakin sering diberikan pembiasaan atau stimulus terhadap soal-soal matematika, fisika, dan kimia, maka semakin terbentuk response dan penguatan yang didapatkan siswa dalam menjawab soal-soal tersebut.

 

Menggunakan Microsoft OneNote


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif



Melakukan bimbel live interaktif bersama Sinotif sudah menggunakan Microsof OneNote, ya. Jadi tidak perlu lagi menggunakan buku atau kertas secara manual. Microsoft OneNote sangat memudahkan pengajar dan juga siswa dalam berinteraksi ketika proses pengerjaan soal-soal, karena serasa bertemu secara langsung. Guru dan siswa benar-benar mengerjakan lembar soal yang sama secara digital.

 

Selain itu, Microsoft OneNote juga meminimalisir penggunaan kertas ya, jadi sangat ramah lingkungan karena setelah pembelajaran berakhir tidak ada sampah kertas sama sekali yang berceceran di rumah. Dan mengurangi sesi beres-beres rumah tentunya, hehehe.

 

Testimoni Bimbel Live Interaktif Bersama Sinotif


Pengalaman Mengikuti Bimbel Matematika Live Interaktif Bersama Sinotif


Saya sebagai orang tua tentunya merasa sangat terbantu dengan adanya bimbel live interaktif secara daring ini, karena dulu pilihan bimbingan belajar hanya ada yang konvensional saja. Sekarang ada pilihan lain yang bisa kita ambil untuk menyediakan sumber belajar untuk anak yang lebih efektif dan efisien karena bisa dilakukan di rumah saja, bahkan untuk e-learning-nya sendiri bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

 

Pembelajaan yang dilakukan juga menyenangkan, untuk Aldebaran yang masih berusia 7 tahun, ia sangat menikmati pembelajarannya, karena pembelajaran dilakukan secara lebih personal dibanding di sekolah, sehingga materi lebih cepat terserap dan ketika ada kendala bisa langsung dikomunikasikan kepada pengajar.

 

Pengajar juga disesuaikan dengan usia dan tingkat/kelas anak, sehingga anak pun mudah beradaptasi dengan pengajar karena pembelajaran dilakukan dengan fun learning dan sesuai dengan tahapan usia perkembangan peserta didik.

 

***

 

Nah, itu dia pengalaman Aldebaran mengikuti bimbel live interaktif bersama Sinotif, semoga bisa bermanfaat dan menjadi informasi serta referensi untuk Mama semua, ya.

 

Apa pendapat Mama tentang perubahan gaya belajar anak di era digital ini? Apakah Mama punya tips atau pengalaman lainnya? Yuk, sharing di kolom komentar :D

 

 

19 comments

  1. Memang nih kurikulum merdeka memicu anak buat lebih kreatif karena harus berusaha nyari sendiri sumbernya yaah, kerasa banget sama emaknya nih yang harus nemenin eheheh.
    Wah, bimbel dari Sinotif ini bisa jadi alternatif menarik untuk belajar yah karena interaktif pastinya anak gak berasa jenuh dan bosan

    ReplyDelete
  2. Wah, seru ya pembelajarannya... Seandainya anak saya suka matematika kaya saya... Sayangnya engga, hihihi...

    ReplyDelete
  3. Lumayan 2x45 menit ya mba. Mangat belajarnya ya di bimbel interaktif kayak Sinotif.
    Iya sekarang tuh kurikulum bedaaa. Seni di skul anak aku ada 2, seni rupa dan teater 😁 oh iya dulu ku jg nyebutnya Mafia.hihiii

    ReplyDelete
  4. Wah memang benar nih, Kak kalau sekarang sumber belajar bisa dicari dari mana pun

    ReplyDelete
  5. Semangat belajar Aldebaran...senangnya ya metode Sinotif bimbingan belajar live interaktif yang fokus pada bidang studi matematika, fisika, dan kimia ini menarik dan membuat anak nyaman belajar. Karena dulunya MAFIA itu mengerikann!! hehe.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak nih mak, tulisannya bener-bener ngingetin saya buat siap-siap untuk penerapan kurikulum merdeka di sekolah anak. Maklum, masih terbuai dengan yang sebelumnya. Bahkan, penerapan kurikulum ini masih baru nanti saat dia menginjak bangku SMA di pondoknya

    ReplyDelete
  7. ow ku pikir les private ternyata sekelas isi beberapa anak di jenjang yang sama yah.
    2x45 menit ini hanya dilakukan satu kali pertemuan? Jadinya Jumat itu aja tapi 90 menit gitu kah mbak? atau gimana? soalnya anakku selama ini maksimal kelas online sejam aja setelah itu kayak udah lelah.

    ReplyDelete
  8. Nah iya, gaya belajar anak di era digital sudah berbeda dengan zaman orang tuanya dulu. Sekarang anak diajak untuk aktif mencari bahan belajar sendiri.
    Tertarik juga untuk mengikutsertakan anak di bimbel sinotif karena lebih efisien ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, iseng baca buku ponakan yg masih SD kok puyeng sendiri. Gimana nanti kalo anak2 saya udah SD, bisa gak yaa saya bantu nyimak pelajarannya dan temanin kerjain PR. Pas ditanyain, bisa jawab gak yaa.akamya bimbel online begini diperlukan juga sebab bisa bantu anak lebih maksimal sesuai perkembangan zaman

      Delete
  9. Wah, butuh banget ini buat anak tapi belum bisa nambah jadwal, pernah satu malam smpe 3 yang yang zoom, sinyal dwon, hehehe.

    ReplyDelete
  10. Model belajar papelrless begini ada sisi anunya juga, pas ngerjain soal yang perlu jawaban penalaran dan panjang, anak aku mudah capek nulisnya, hehehe. jadi ini kukenalkan ke yang kelas agak tinggi, kalo kelas bawah biar nulisnya bagus dan benar dulu deh, hehehe

    ReplyDelete
  11. Sekarang student center pembelajarannya ya mba. Kami para guru juga dituntut kreatif dan inovatif. Alhamdulillah ada bimbel live interaktif ya

    ReplyDelete
  12. Semoga nanti kalau anakku besar bisa bimbel di Sinotif. Bagus nih bimbelnya, ada interaksi langsung dengan murid. Dengan menggunakan microsoft one note. Bisa ada tanya jawab langsung nih.

    ReplyDelete
  13. Lumayan juga ikut kelas Sinotif ini. Sekarang zaman serba teknologi dan internet juga mudah diakses. Jadi ya senang aja ya ikut bimbel online. Nyari materi bisa di mana-mana

    ReplyDelete
  14. Wah Aldebaran keren banget sih udah les matematika nih... kelasnya kelihatan seru yaa. Tetap inteaktif meskipun secara online. wajib banget nih interaktif utk pelajaran2 sulit kayak matematika, supaya bs tanya2

    ReplyDelete
  15. Memang sih sekarang ini sudah eranya digital. Termasuk bimbel online juga bisa jadi pilihan. Sinotif ini membantu banget ya, anak bisa belajar secara interaktif.

    ReplyDelete
  16. Wah interaktif sekali yaa.. salahsatu referensi nih buat anakku nanti jika membutuhkan bimbingan matematika..

    ReplyDelete
  17. pasti seru banget ya bimbel Matematika Live, anakku yang kedua takut pelajaran Matematika, kalau anak ketiga suka banget berhitung, takutnya pelajaran Bahasa Arab. Hihi...

    ReplyDelete
  18. sekarang bimbel malah lebih praktis ga harus tatap muka secara langsung ya mak. Bisa secara online dan malah anak2 juga aman ga harus keluar rumah sering2

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D