Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Dengan Rp.10.000 Kamu Sudah Bisa berwakaf di sini! #Wakaferse

 

“Eh, wakaf, yuk!”

“Wakaf? Wakaf kan, buat orang tua, paling buat bikin masjid, sekolah, sama makam. Anak muda sih, cukup sedekah dan bayar zakat aja kali, ye”

 

Begitu lah kira-kira sebuah percakapan para generasi muda yang masih segar bugar ketika membicarakan soal wakaf. Menurut Bu Sulistiqomah (Dompet Dhuafa) literasi wakaf di Indonesia masih sangat kurang, sehingga diperlukan sosialisasi yang lebih terhadap generasi muda terkait wakaf.  Wakaf masih dianggap bagian ibadah generasi yang sudah sepuh saja, dan programnya pun itu-itu saja. Padahal wakaf itu memiliki pahala mengalir abadi sampai yaumil akhirat, lho!

 

Mengapa Wakaf?


Wakaf adalah salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan, terutama pahala yang akan mengalir kepada pewakaf walau walau pun sudah meninggal dunia. Maka dari itu, jika kita menginginkan ibadah yang memberi manfaat di dunia dan pahala mengalir abadi sampai ke akhirat akhirat, sungguh wakaf adalah ibadah yang bisa jalan dari itu semua.

 

Secara Bahasa, wakaf (waqafa) artinya menahan, diam, berhenti, diam di tempat, atau tetap berdiri. Sedangkan Mahzab Syafi’i mendefinisikan wakaf adalah : “tidak melakukan suatu tindakan atas suatu benda, yang berstatus sebagai milik Allah SWT, dengan menyedekahkan manfaatnya kepada suatu kebajikan (sosial)”.

 

Secara sederhana, harta yang kita wakafkan akan terus bisa menghasilkan ‘buah’ manfaat untuk umat jika dikelola dengan benar, atau dikenal sebagai wakaf produktif.

 

Pernah mendengar sedekah sumur Raumah? Yakni sumur yang diwakafkan oleh Khalifah Utsman bin Affan. Khalifah Utsman bin Affan membeli sumur dari seorang Yahudi seharga 8.000 dirham. Kemudian sumur tersebut dimiliki secara penuh oleh Khalifah Utsman bin Affan.


Sumur tersebut diwakafkan kepada umat, sehingga umat Islam bebas mengambil air dari sumur ini kapanpun mereka butuh. Kemudian sumur tersebut dikenal dengan nama sumur Raumah.

 

Sumur yang diwakafkan oleh Khalifah Utsman bin Affan ini tetap ada hingga sekarang, namun manfaat air dari sumur tersebut tetap dirasakan oleh umat yang ada di sekitar sumur tersebut bahkan hingga detik ini. Padahal sumur tersebut dibeli sejak 1400 tahun yang lalu, Masya Allah.

 

Potensi Wakaf di Indonesia

 

Menurut data yang dihimpun oleh Dompet Dhuafa, Indonesia ternyata memiliki banyak potensi wakaf yang bisa dioptimalkan. Tentunya karena jumlah penduduk Indonesia yang sebagian besar umat muslim ini bisa menjadi sumber kekuatan wakaf yang besar. Seperti yang saya katakana sebelumnya, wakaf yang produktif bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalah umat, karena wakaf menghasilkan banyak manfaat selama dikelola dengan baik.

 

Jika dilihat dari data statistik daya beli masyarakat, tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia belum sepenuhnya merata. Seperti Istilah para kritikus, ‘yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin’ sehingga roda ekonomi hanya berputar pada golongan tertentu saja, sedangkan rakyat yang berada di lapisan terbawah tidak merasakan manfaatnya.

 

Maka dari itu, melihat ketidak merataan tingkat kesejahteraan/ekonomi di Indonesia, wakaf seharusnya bisa mengambil peran untuk menjadi jembatan kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat Indonesia.

 

Wakaferse (Wakaf Universe) Dompet Dhuafa sebagai Solusi

 

Wakaferse (Wakaf Universe atau Semesta Berwakaf)


Senin, 30 Oktober 2022 lalu, saya berkunjung ke Zona Madina di Kawasan Parung Bogor, Jawa Barat. Ternyata, Kawasan Zona Madina ini merupakan tanah wakaf yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Di Kawasan Zona Madina yang saya kunjungi ternyata banyak sekali wakaf produktif yang digunakan untuk kepentingan umat seperti Rumah  Sehat Terpadu (Kesehatan), Sekolah Smart Ekselensia Kampus Budi Bakti (Pendidikan), Masjid Al-Madinah, Rumah UMKM, dan masih banyak lagi (nanti akan saya post foto-fotonya, yaa).

 

Ibu Etika Setiawati (Direktur Mobilisasi dan Sumber Daya Dompet Dhuafa), Ustaz Syafi'ie El Bantanie (Praktisi Wakaf Dompet Dhuafa), Ibu Sulistiqomah (SO Retail Fundraising Wakaf), Dini Andromeda (Master of Ceremony)


Program Wakaferse (wakaf universe) dari Dompet Dhuafa adalah program semesta berwakaf yang mengusung gagasan bahwa semua orang bisa berwakaf. Bukan hanya orang tua, orang kaya, golongan tertentu saja yang bisa berwakaf. Namun kita semua pun bisa berwakaf tanpa memandang status ekonomi, sosial, dan sebagainya.

 

Wakaferse adalah sebuah makna dalam menguniversalkan gerakan wakaf di dunia ini. ebuah gerakan semesta berwakaf untuk mendorong “inisiatif” wakaf masyarakat seluas-luasnya, terutama wakaf uang.


Wakaferse juga bermakna, bahwa wakaf merupakan ikhtiar mewujudkan asset sosial di seluruh sendi kehidupan masyarakat. Wakaf adalah instrumen penyejahteraan yang rahmatan lilalamiin.


Melalui dana wakaf dari program Wakaferse ini, Dompet Dhuafa berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat pada umumnya, serta khususnya pada dhuafa.

 

Melalui penggalangan Wakaf Uang dan instrumen wakaf lainnya, Dompet Dhuafa berusaha semaksimal mungkin menjadi Nadzir Wakaf (badan pengelola dana wakaf) yang produktif, profesional, dan amanah.

 

Dompet Dhuafa ingin mengajak semua lapisan masyarakat tanpa batasan apapun untuk ikut Gerakan berwakaf, karena wakaf adalah salah satu ibadah yang memiliki banyak manfaat untuk umat dan sebagai investasi pahala di yaumil hisab nanti.

 

 

Yuk, Jalan-Jalan ke Zona Madina

 



Jika kamu sedang berjalan-jalan atau tidak sengaja melewati Jalan Raya Parung Bogor, jangan lupa untuk mampir ke Zona Madina, ya!


Zona Madina ini adalah salah satu kawasan yang terintegrasi untuk memberdayakan umat dari berbagai sisi. Seperti dari sisi kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, dan lainnya. Zona Madina merupakan ‘miniatur’ bagaimana kekuatan wakaf menjadi pendorong geliat kehidupan masyarakat Indonesia yang berdaya dan saling memberdayakan.


Wilayah yang dibangun kurang lebih seluas 6 hektare ini merupakan tanah wakaf dari para donatur Dompet Dhuafa. Terdapat Rumah Sakit (Rumah Sehat Terpadu) Dompet Dhuafa, Mesjid Al-Madinah, Sekolah Smart Ekselensia Indonesia, Kampus Budi Bakti, Mini Market Daya Mart, Pusat Kuliner Teras Madina dan Madaya Coffee. 


Terdapat pula rumah pemberdayaan, penginapan, Madina Zoo, play ground, green house, ruko yang menjual produk-produk pemberdayaan dari Dompet Dhuafa dari sektor perkebunan dan pertanian, dan lainnya.

 

Produk pemberdayaan Dompet Dhuafa yang merupakan hasil pendampingan petani Indoensia




Saya mengenal daerah Parung Bogor sejak kecil, saya tidak menyangka akan ada suatu tempat yang sangat terasa suasana masyarakat muslim yang Islami. Karena dulu memang daerah ini terkenal dengan pusat ‘lokalisasi’.

 

Terdapat masjid dan tempat perekenomonian yang dikelola oleh dana umat dan kembali ke umat. Hal ini mengingatkan saya kepada kisah Rosulullah SAW yang hijrah ke kota Madinah, dua hal penting yang pertama kali dibangun oleh beliau adalah masjid dan juga pasar.


Hal ini menggambarkan bahwa ibadah kepada Allah SWT dan muamalah adalah pilar-pilar yang bisa membangun peradaban umat. Saya rasa, Zona Madina ini dibangun dengan spirit yang sama ketika Rosulullah SAW, kaum muhajirin, dan kaum anshor membangun kota Madinah sekaligus peradaban muslim yang rahmatan lil ‘alamiin.

 

 

1. Masjid Al-Madinah



Merupakan salah satu icon di Zona Madina yang merupakan pusat dakwah Islam di Kawasan Zona Madina, Parung Bogor. Program-program di Masjid Al-Madinah berbasis pemberdayaan umat, salah satunya adalah pengentasan buta huruf Al-Qur’an melalui program FHQ (Forum Halaqah Qur’an) Al-Madinah yang kini sudah berhasil membelajarkan 500 lebih santri untuk belajar tahsin dan ilmu Al-Qur’an lainnya.

 

2. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa




Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa merupakan Rumah Sakit yang awalnya digagas untuk membantu kaum dhuafa yang memiliki keterbatasan dalam mengakses layanan Kesehatan. Sebelum adanya BPJS, biaya operasional Rumah Sehat Terpadu ini benar-benar ‘dibebankan’ kepada dana umat (ZIS). Tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien dhuafa maupun pasien umum, dokter dan perawat serta tenaga medis lainnya pun bekerja secara profesional.

 

3. Sekolah Smart Ekselensia Indonesia


Hamka dan Jalal adalah anak-anak pilihan yang mendapatkan beasiswa penuh dari Dompet Dhuafa.
 Kebetulan Jalal ini ternyata satu daerah dengan kampung halaman saya, yakni di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.


Sekolah Smart Ekselensia Indonesia merupakan sekolah akselerasi yang digagas oleh Dompet Dhuafa agar kaum dhuafa yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata tetap bisa mengenyam Pendidikan  yang berkualitas. Smart Ekselensia ini dimulai dari jenjang SMP-SMA (Kelas Akselerasi) dengan sistem asrama yang terletak di Zona Madina Parung Bogor. Anak-anak yang bersekolah di Smart Ekselensia merupakan anak dari keluarga Dhuafa dari seluruh pelosok Indonesia.

 

Tim Dompet Dhuafa mencari anak-anak dhuafa yang berprestasi hingga ke daerah yang jauh dari perkotaan. Mereka semau dibimbing dan dibina bukan hanya secara akademik, namun mereka juga menjadi penghafal Al-Qur’an.

 

Sudah banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh para siswa Smart Ekselensia Indonesia dari berbagai bidang, seperti akademik, olah raga, keagamaan, kreativitas, dan masih banyak lagi.

 

4. Kampus Budi Bakti




Salah satu yang belum lama ini hadir di Zona Madina adalah Kampus Budi Bakti. Kampus ini terletak persis di belakang masjid Al-Madinah Dompet Dhuafa. Kampus ini juga diperuntukkan bagi kaum dhuafa atau kaum yang termarginalkan agar tetap bisa mengakses pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi. Program Studi yang dibuka oleh Kampus Budi Bakti ini adalah Program Studi Manajemen.

 

5. Rumah Pemberdayaan UMKM

Para UMKM bisa belajar di sini, salah satunya cara membuat dan mendesain kemasan produk


Salah satu hal yang saya ingat ketika mendengar kata Dompet Dhuafa adalah pemberdayaan. Sejak dulu, Dompet Dhuafa selalu concern dengan pemberdayaan Masyarakat menengah ke bawah atau kaum dhuafa. Pemberdayaan yang dilakukan biasanya kepada peternak, petani, nelayan, dan wirausahawan.

 

Di Zona Madina ini, ada sebuah tempat yang dinamakan Rumah Pemberdayaan UMKM, dimana di rumah tersebut, para pelaku UMKM diberikan pelatihan dan pendampingan untuk terus mengembangkan usaha mereka. Salah satunya pembuatan kemasan produk agar menarik di mata konsumen dan sesuai dengan standarisasi produk pangan.

 

6. Teras Madina dan Madaya Coffee


Coffee Shop yang rasa kopinya enak dan tempatnya cozy


Zona Madina juga membuka pusat kuliner di Kawasan Zona Madina, lho. Tentu saja, produk di sini merupakan produk pemberdayaan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Di Madaya Coffee contohnya, biji kopi yang digunakan sebagai bahan baku merupakan biji kopi hasil pemberdayaan petani kopi Dompet Dhuafa.


Kita bisa menikmati berbagai kuliner Indonesia di sini dengan harga yang cukup terjangkau


Kopinya enakkkk 


Begitu pun dengan Teras Madina yang menyediakan berbagai kuliner khas Indonesia, seperti soto, sate, gado-gado, tongseng, dan masakan Indonesia lainnya. Para penyewa kedai di Teras Madina ini merupakan masyarakat sekitar yang diberi pendampingan dan pelatihan seputar kuliner Indonesia. Mereka juga diperbolehkan membuka kedai mereka di Teras Madina tanpa biaya sewa.

 

7. Madina Zoo, Play Ground, Penginapan, Green House Melon



Zona Madina digagas untuk menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat yang mampu saling memberdayakan satu sama lain karena manfaat wakaf produktif yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Oleh karena itu, di Kawasan Zona Madina ini juga terdapat beragam aktivitas yang bisa dinikmati oleh Masyarakat dan juga bisa menghasilkan nilai ekonomi.

 



Mini Zoo merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan untuk wisata edukasi anak-anak, ada juga play ground yang bisa dinikmati oleh anak-anak yang beraktivitas di Zona Madina. Selain itu terdapat Green House Melon yang merupakan sebuah tempat budi daya Melon yang juga bisa menghasilkan rupiah ketika masa panen tiba.

 

Terdapat penginapan cantik berbentuk rumah kayu yang bisa disewa oleh pengunjung dengan harga yang relatif terjangkau.

 

 

Bagaimana Caranya Bergabung dalam Program Wakaferse bersama Dompet Dhuafa?

 

Berawakaf sangat mudah sekali


Pahala mengalir abadi dengam berwakaf mulai dari 10.000 rupiah saja! Yaps, hanya dengan 10.000 rupiah, harga secangkir kopi, semangkok bakso, atau seharga sebungkus roti yang biasa kita beli.


Dompet Dhuafa menggagas program yang cemerlang bernama Wakaferse ini dengan tujuan untuk mengajak semua kalangan untuk ikut berwakaf uang. Kayaknya kalau cuma 10.000 rupiah, ga ada alasan untuk menolak berwakaf ya, hehehe. Apalagi manfaatnya terasa di dunia, dan pahalanya mengalir abadi hingga ke akhirat.

 

Kita bisa berwakaf pada tautan https://donasi.dompetdhuafa.org/wakaferse/ mulai dari 10.000 rupiah saja. Kita bisa berwakaf pada program DD Farm, wakaf Green House, wakaf kebun buah, wakaf masjid, wakaf sumur, dan wakaf produktif lainnya.

 

Selain itu, yuk kita mengajak saudara, keluarga, teman, sahabat kita untuk ikut berwakaf dalam program Wakaferse Dompet Dhuafa, agar segala cita-cita kita memberdayakan umat lekas terwujud.

 

Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa berkomitmen menjadi sebuah Lembaga zakat yang terus berkembang, bertanggung jawab, dan transparan dalam mengelola dana umat. Salah satunya adalah menjadi Nadzir (pengelola dana wakaf) agar dana wakaf benar-benar bisa dimanfaatkan dan dirasakan manisnya oleh kaum dhuafa di Indonesia.

 

Jangan sia-siakan kesempatan untuk berwakaf dan meneruskan kebaikan yang bisa kita lakukan di dunia ini, dan mendapatkan pahala yang mengalir abadi di akhirat kelak.

 

Bagaimana pendapat kamu tentang program wakaf produktif Dompet Dhuafa ini? Siapkah kamu bergabung dalam program Wakaferse yang bisa dimulai dengan 10.000 rupiah saja?

 

Let me know your thought on the comment section below, ya!


No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D