Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Ini Dia Produk Mustela yang Ampuh Mengatasi Ruam Popok dan Biang Keringat pada Bayi

 

Ini Dia Produk Mustela yang Ampuh Mengatasi Ruam Popok dan Biang Keringat pada Bayi


“Duh, kok, anakku sering banget kena biang keringet, ya?” Tanya seorang teman.

“Lagi aktif-aktifnya ya, sekarang?” Saya balik bertanya.

“Iya, banget.” Jawabnya lagi.


Salah satu ‘nightmare-nya’ seorang ibu adalah ketika bayi terkena biang keringat dan ruam popok. Saya pernah mengalaminya ketika Kifah berusia sekitar 2-3 bulan. Muncul bintik-bintik merah di sekitar paha dan bagian belakangnya. 


Semenjak muncul ruam merah di bagian paha, nappy area, dan disela-sela lipatan, Kifah kecil selalu menangis setiap malam. Waktu itu saya belum paham itu adalah ruam popok yang membuat bayi tidak nyaman, bahkan kesakitan.


Ruam popok yang terjadi kepada Kifah juga disusul oleh biang keringat ketika ia berusia 6 bulan ke atas dimana ia sudah mulai aktif bergerak. Sebagai seorang ibu ‘amatir’ saya cukup stress menghadapi DUA MIMPI BURUK pada bayi ini, yakni ruam popok dan biang keringat.



Kifah selalu rewel dan menangis, dan saya pun kelelahan dan kewalahan karena hampir setiap malam menjaganya hingga dini hari. Maka dari itu, pengalaman berharga menghadapi ruam popok dan biang keringat selalu saya ingat baik-baik sehingga saya mampu mengantisipasi dua masalah tersebut untuk bayi-bayi selanjutnya.


Menemukan Mustela




mustela ruam popok dan biang keringat


Awalnya saya tidak tahu ada produk Mustela, beberapa teman dan rekan blogger yang merekomendasikannya untuk merawat kulit bayi, dan ternyata sangat ampuh merawat kulit bayi saya sejak baru lahir (new born).



Produk Mustela yang sering saya pakai adalah sabun mandi dan baby cream, karena Mustela memiliki formula yang aman dan tepat untuk kulit bayi. Selain itu, produk Mustela tidak memiliki aroma yang menyengat sehingga tidak menimbulkan alergi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif.



“Ini dia produk yang saya cari.” Gumam saya dalam hati. 



Jujur saja, selain membeli pakaian dan peralatan bayi ketika hamil, saya juga ‘menabung’ produk Mustela untuk bayi saya. Sehingga ketika selesai melahirkan, saya tidak perlu pusing mencari dan membeli produk yang tepat untuk merawat kulit bayi new born saya.



Baca juga: Cara Mengatasi 'Kepala Peyang' bagi Bayi New Born



Talkshow bersama Mustela: Tips Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok dan Biang Keringat untuk Si Kecil



mustela ruam popok dan biang keringat
Talkshow bersama Mustela di MB Fair 2024



Jum’at, 2 Februari 2024 di Mall Kotakasablanka tepatnya pada acara MB Fair 2024, saya mengikuti Talkshow bersama Mustela yang bertajuk “Tips Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok dan Biang Keringat Untuk Si Kecil".



Dokter dr. Dia Febrina, Sp.KK, mengatakan bahwa kulit bayi memang masih sangat sensitif, sehingga perlu perawatan ekstra untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit bayi termasuk ruam popok dan biang keringat. Kulit bayi mudah terkena iritasi dan kemerahan karena kulit bayi masih sangat tipis, masih rapuh, sehingga sangat sulit untuk menghadapi faktor luar terutama untuk bayi berusia 0-2 tahun.



mustela ruam popok dan biang keringat
Produk andalanku ketika anak-anak bayi sampai sekarang


Kulit bayi yang sensitif harus dijaga dan dirawat dengan baik, karena banyak sekali hal yang bisa membuat kulit bayi iritasi jika kita tidak tahu cara melindunginya. Salah satunya ruam popok yang biasa terjadi pada 50%-60%, dan 35% terjadi pada bayi di bawah usia 1 tahun.



Ruam popok umumnya terjadi karena tidak mengganti popok sepanjang malam, karena bayi terlelap sepanjang malam. Maka dari itu, wajib bagi kita para ibu tahu seluk beluk kulit bayi yang sensitif ya, karena peluang terjadinya ruam popok ini sangat besar jika kita tidak mengerti bagaimana cara menghindarinya.



Kulit bayi juga cenderung kering karena bersifat transpidermal waterloss (TEWL) atau tingkat penguapan air di kulitnya tinggi. Namun yang paling penting, kulit bayi memiliki banyak stem cell (sel punca). Stem Cell adalah sel punca yang berfungsi meregenerasi kulit bayi. Stem cell banyak ditemukan pada bayi berusia 0-2 tahun. 



Sayangnya Stem cell atau sel punca ini cenderung terus berkurang, karena kulit bayi tidak terlindungi dengan baik, jadi sangat penting bagi kita untuk merawat Stem cell atau sel punca si kecil agar regenerasi kulitnya terjaga hingga masa mendatang.



Maka dari itu, sangat penting bagi kita para ibu untuk mengupdate ilmu tentang pentingnya merawat stem cell si kecil yang harus dijaga dengan produk yang tepat.


Teknik ABCDE yang Ampuh Mencegah Ruam Popok



mustela ruam popok dan biang keringat


Jujur saya merasa bahagia sekaligus sedih karena baru tahu teknik ini sekarang, ketika bayi pertama saya lahir saya masih nol besar tentang ilmu merawat bayi. Namun saya bahagia karena bisa membagikan ilmu yang saya dapat dari Talkshow bersama Mustela di blog ini.


Apa itu teknik ABCDE?



A yaitu Air (paparkan area nappy sesering mungkin ke udara segar. Bila perlu, berikan waktu bebas popok untuk si kecil)



B yaitu Barrier (oleskan Barrier Cream untuk mencegah dan mengatasi kemerahan awal di area nappy si kecil)



C yaitu Cleansing (rajin untuk membersihkan area nappy si kecil. Gunakan air bersih, bisa juga menggunakan air pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan area nappy si kecil)



D yaitu Dry Diapers (pilih popok/diaper yang ukurannya sesuai, jangan terlalu kecil dan gunakan bahan yang cocok)



E yaitu Education (rajin mengedukasi diri, contohnya mencuci tangan setiap mengganti popok si kecil untuk meminimalisir terjadinya ruam popok)



Baca Juga: Review Mustela untuk Mengatasi Biang Keringat Bayi




Yuk, Kita Lihat Produk Mustela yang Siap Atasi Ruam Popok dan Biang Keringat!



No Rinse Cleansing Water



mustela ruam popok dan biang keringat
No Rinse Cleansing Water


Kebersihan adalah KUNCI!


Salah satu hal yang paling esensial bagi bayi adalah tetap menjaga kebersihan area kulit tubuhnya dengan baik. Jangan sampai kita sebagai ibu, abai terhadap kebersihan kulit dan tubuh bayi, seperti membiarkan popok bayi tidak diganti dalam jangka waktu yang lama, atau membersihkan kulit bayi dengan air yang kurang bersih/higienis.



Salah satu produk Mustela yang bisa menjadi andalan Mama untuk membersihkan area nappy bayi adalah No Rinse Cleansing Water. Caranya cukup menuangkan No Rinse Cleansing Water pada kapas/tisu/waslap, kemudian Mama bisa langsung membersihkan nappy area si kecil tanpa harus dibilas.



mustela ruam popok dan biang keringat
Tuangkan No Rinse Cleansing Water pada kapas/waslap/tissue




Selain untuk membersihkan nappy area, No Rinse Cleansing Water juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit wajah dan tubuh bayi tanpa menjadikan kulit bayi kering karena mengandung Avocado Perseose yang melembabkan.



No Rinse Cleansing Water dari Mustela mampu membersihkan kotoran bayi dengan deep cleansing tanpa merusak keseimbangan alami kulit. No Rinse Cleansing Water tidak mengandung SLS, Paraben, Alcohol, dan bahan kimia berbahaya lainnya sehingga sangat aman digunakan untuk membersihkan kulit bayi baru lahir sekalipun dan di bagian tubuh mana pun.



Barrier Cream dari Mustela



mustela ruam popok dan biang keringat
Barrier Cream dari Mustela




Salah satu produk yang bisa menjadi andalan kita semua para ibu untuk mengatasi ruam popok adalah Barrier Cream dari Mustela. Barrier Cream wajib digunakan setiap kali mengganti popok si kecil setelah semua nappy area dibersihkan baik dengan menggunakan air maupun Cleansing Water.



Memiliki 3 bahan alami yang hanya dimiliki oleh Mustela, yakni Avocado Perseose yang menguatkan kulit si kecil yang masih rapuh. Oxeoline of Alcacea, untuk menenangkan kulit yang kemerahan. Sunflower Oil Distillate, yang berfungsi untuk memperbaiki lapisan pelindung (Barrier) kulit yang rusak.



mustela ruam popok dan biang keringat
Tekstur Barrier Cream



Selain itu, Barrier Cream dari Mustela juga mengandung Zinc Oxide. Teksturnya tebal sehingga tidak mudah hilang jika terkena urin atau feses. Aman digunakan sejak bayi baru lahir karena bebas alcohol, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya serta terbukti hipoalergenik, teruji klinis dan dermatologist.



mustela ruam popok dan biang keringat
Oleskan Barrier Cream ke area nappy setiap kali mengganti popok




Barrier Cream dari Mustela juga fragrance free sehingga sangat aman dan nyaman untuk kulit bayi yang sensitif. Dulu saya pernah menggunakan skin care bayi yang memiliki wangi, duh, kulit bayi saya langsung merah dan ruam.


Barrier Cream dari Mustela ini tersedia dalam ukuran 50cm dan 100ml ya, Ma.



Cicastela Moisture Cream



mustela ruam popok dan biang keringat
Cicastela dari Mustela




Tak takut lagi dengan biang keringat karena kini ada Cicastela dari Mustela. Biang keringat juga merupakan salah satu masalah pada bayi dan balita yang sering kita temui ya, Ma. Cara mengatasi biang keringat kini mudah karena ada Cicastela dari Mustela.



Selain untuk mengatasi biang keringat pada bayi, Cicastela Moisture Cream juga bisa digunakan untuk meredakan gigitan serangga dan bekas cacar air. 91% kombinasi bahan alami dan organik, bebas SLS, alcohol, paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya.



mustela ruam popok dan biang keringat
Oleskan Mustela Cicastela ke area yang mengalami biang keringat


Aman digunakan untuk bayi baru lahir, sudah teruji klinis dermatologis, dan hipoalergenik. 98% setuju membantu memperbaiki ketidaknyamanan kulit secara efektif karena mengandung bahan alami yakni Avocado Perseose yang berfungsi melindungi dan menguatkan lapisan pellindung kulit. Hyaluronic Acid yang berguna untuk membantu memperbaiki kulit dengan memberikan kelembapan ke kulit. Serta Panthenol yang memberikan kelembaban untuk menenangkan ketidaknyamanan kulit dengan segera.



mustela ruam popok dan biang keringat
Tekstur Cicastela




Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan Cicastela pada area yang kemerahan (terkena biang keringat) gunakan secara berulang sesuai kebutuhan. Cicastela Moisture Cream ini berukuran 40 ml ya, Ma.



Apa itu Avocado Perseose?


mustela ruam popok dan biang keringat



Sejak tadi saya selalu menyebutkan kandungan alami yang dimiliki oleh Mustela yakni Avocado Perseose, apa, sih, Avocado Perseose itu?


Avocado Perseose merupakan bahan alami yang berasal dari organic avocado dan sudah dipatenkan oleh Mustela sehingga tidak ada di dalam produk baby skincare lainnya. Avocado Perseose memiliki struktur biometrik yang serupa dengan kulit bayi sehingga dapat menjaga kekayaan stem cell (sel punca) kulit bayi.


Avocado Perseose memiliki 3 manfaat diantaranya:


1.Melindungi dan menguatkan kulit bayi

2.Melembapkan kulit bayi yang cenderung kering 

3.Menjaga kekayaan stem cell (sel punca) agar regenerasi kulitnya tetap terjaga hingga dewasa



Tentang Mustela



mustela ruam popok dan biang keringat


Mustela merupakan brand skincare ibu dan bayi yang sudah menemani sejak tahun 1950, melalui pengalaman yang tidak sebentar, Mustela melakukan penelitian untuk mendapatkan formula skincare terbaik untuk bayi 0-2 tahun dan menghasilkan:


E.V.E.I.L.S yaitu EValuation of the Early Infant Life: the Skin


Yakni:


1.Semua kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami iritasi


2.Kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulit bayi cenderung tinggi


3.Kulit bayi mamiliki banyak Stem Cell (Sel Punca) yang bermanfaat untuk regenerasi sel si kecil. Sayangnya Stem Cell ini mudah hilang, oleh karena itu penting sekali melindungi kulit bayi dengan kandungan yang tepat. Stem Cell ini sangat bermanfaat untuk regenerasi kulitnya di masa mendatang. Oleh karena itu, penting sekali melindungi kulit bayi kita.



Saya selalu memberikan saran kepada para new mama untuk selalu memperhatikan kulit semenjak ia lahir. Karena kulit yang sehat merupakan kunci dari bayi yang tidak mudah rewel, selalu aktif namun tidak takut ruam popok dan biang keringat. Karena jika bayi sudah terkena ruam popok atau biang keringat, maka kita sebagai ibu akan sangat kerepotan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, kan?



mustela ruam popok dan biang keringat



Mustela adalah salah satu skincare bayi yang saya percaya dan saya rekomendasikan untuk merawat kulit bayi sejak lahir agar tetap aman dan nyaman bebas dari ruam popok dan biar keringat.



Apakah Mama sedang struggling dengan ruam popok dan biang keringat? Yuk, curhat di kolom komentar!


19 comments

  1. Alhamdulillah, pas banget bayiku yang ini tuh gampang biang keringat. Kadang cuma kupakein bedak atau minyak aja. Tapi semenjak ada Cicastela dari Mustela, aman deh

    ReplyDelete
  2. Aku lagi struggling juga nih mba, apalagi kulit babyku termasuk yang sensitif dan mudah iritasi. Alhamdulillah sekarang pelan-pelan mulai ketemu produk yang cocok.

    ReplyDelete
  3. Si bungsu kulitnya sensitif banget, jadi kalau keringatan berlebih suka langsung biangkeringat dan ruam popok huhuh, tapi untung ada Mustela ya, bisa cegah dan atasi iritasi kulit bayi

    ReplyDelete
  4. produk-produk dari Mustela memang bagus banget ya untuk merawat kesehatan kulit si kecil

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah lega ya sudah menemukan produk yang cocok dan berkualitas untuk bayi seperti Mustela kulit bayi jadi aman dari ruam popok dan biang keringat yang menyiksa

    ReplyDelete
  6. Kalau ruam popok, kebetulan 3 anak saya bebas dari itu. Para pemilik kulit badakers, padahal aktifnya masya Allah. Kalau biang keringaaaat.... hayo ini yang bikin saya sampai teler karena anak minta garuk-garuk terus sepanjang musim panas lalu. Manalah pastinya merasa bersalah kalau selalu garuk kulit anak meski dengan cara paling soft, kan....
    Kayaknya musim panas nanti harus beli dan siapin produk Mustela ini. Atau sekarang saja ya yang untuk skin barrier?

    ReplyDelete
  7. Pakai produk Mustela memang paling oke sii..
    Cepet banget redanya kalau bayi atau anak-anak terkena ruam. Penting banget stok Mustela meski anak-anak uda usia pra-sekolah. Karena tetep yaa.. namanya anak-anak kalau uda ruam dan gatal, pasti ganyaman dan jadi rewel.

    ReplyDelete
  8. Iya lhooo, salah satu nightmare emak2 tuh kalo anakknya kena ruam popok dan biang keringat. Otomatis anak2 bakal rewel sepanjang malam dan emak jadi begadang. Untungnya ada Teknik ABCDE yang ampuh mencegah ruam popok. Tentunya didukung sama produk Mustela yang aman buat kulit sensitive bayi buat Atasi ruam popok.

    ReplyDelete
  9. Mustela ini andalan banget untuk atasi iritasi kulit bayi dari serangan biang keringat dan juga ruam popok.

    ReplyDelete
  10. Jadi tambah ilmu saya tentang tentang pentingnya merawat stem cell si kecil yang harus dijaga dengan produk yang tepat seperti Mustela yang ampuh atasi ruam popok dan biang keringat

    ReplyDelete
  11. Ruam popok ini juga dulu pernah di alami kedua anak saya mbak. Ah, seandainya dulu sudah ada produk mustela ya. Tapi nggak bisalah menyesali masa lalu ya. Yang penting sekarang sudah tahu gimana mencegahnya, jadi bisa merekomendasikan buat para ibu yang punya bayi

    ReplyDelete
  12. Salah satu produk yang bikin aku belajar tentang skin barrier adalah Mustela. Karena aku takjub, kulit anakku yang bayi saat itu, aman banget pake Mustela waktu dia ada ruam popok

    ReplyDelete
  13. Dirangkum dalam 5 abjad : ABCDE, langkah2 mencegah ruam jadi lebih mudah diingat yaaa... Ruam pada bayi memang bisa bikin bayi rewel terusss..Dan ketika dibiarkan bisa jadi penyakit kulit yang lebih gawat.

    ReplyDelete
  14. Satu paket bagus banget ya lengkap dan tentunya sangat bermanfaat untuk mengatasi ruam popok pada anak balita tentunya ini sangat bermanfaat dan membantu ibu mengatasi ruam popok

    ReplyDelete
  15. Kulit bayi yang sensitif harus dijaga dan dirawat dengan baik, karena banyak sekali hal yang bisa membuat kulit bayi iritasi jika kita tidak tahu cara melindunginya. Dengan mustela kulit bayi akan terjaga kesehatannya.

    ReplyDelete
  16. Produk mustela ini bisa buat biang keringat juga ya Mak, kuy beli ah. Kebetulan anakku bermasalah karena keringat sering merah-merah dan gatal.

    ReplyDelete
  17. Yang No Rinse Cleansing Water ini kepakai banget loh sampai anak-anak besar nanti. Apalagi pas perjalanan mudik hehehe.

    ReplyDelete
  18. Nama Mustela nggak asing di telingaku karena memang selalu direkomendasikan oleh para mama lainnya. Sampai sekarang juga masih pakai buat anak-anak. Apalagi punya bayi nih krim ruam popok dan biang keringat mesti punya deh.

    ReplyDelete
  19. Mustela cocok banget jadi sahabat ibu dan bayi. Harus selalu sedia di rumah buat jaga-jaga kalau kulit bayi mulai menujkkan gejalanruam popok dan biang keringat. Eh ini juga cocok buat kado deh. Mau beli ah, pas akhir pekan nanti bakalan nengok bayi

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D