Ribet Ngurus Rumah Tanpa ART? [Jangan Sedih Dulu.. Ini Tipsnya]

| On
March 24, 2015
Tiap hari harus ngerjain kerjaan rumah?
Tanpa ART?
Stress? Iya, Lumayan.
Malah kadang anak sendiri juga jadi kurang keurus.
*saking sibuknya ngurusin kerjaan yang lain* Hiks..

Eitsss.. itu dulu
Sekarang saya udah rada-rada bisa 'bernafas lega'.
Masih bisa santai-santai di rumah dan bisa nge-blog lagi.


Satu lagi, 
Anggap aja ini tulisan 99%nya adalah curhat pribadi. 


Mau tau?
Yuk Mareeeee siniiii....




Gerakan Tanpa Setrika



Namanya ngerjain kerjaan rumah tanpa ART pasti sibuk dan capek banget. Nyuci baju sambil nyetrika, trus nyapu, ngepel, cuci piring, masak, mandiin anak, nyuapin anak, nganter sekolah, de el el deh pokoknya. Dan memang its Never Ending.

Kemarin di Grup Emak Blogger ada yang menginspirasi saya untuk melakukan GTS (Gerakan Tanpa Setrika). Mak Dwi Indah Lestari. Makasih ya Mak. Hug and Kiss *langsung ditampar*

Gerakan Tanpa Setrika adalah dimana dalam keseharian kita yang tadinya membiasakan menyetrika semua baju, kini itu semua TIDAK LAGI DILAKUKAN. Yang dilakukan adalah memilih dan memilah (udah kayak sampah adja) baju mana yang harus disetrika dan tidak disetrika. 

Baju yang saya setrika hanya sekitar 20%, yakni baju kantor abi dan baju yang memang benar-benar tampak kusut kalau tidak disetrika. Sisanya? langsung lipat ke dalam keranjang baju setelah benar-benar kering dari jemuran. 


Tips: Jangan lupa kepret-kepret/kibas-kibas baju sebelum dijemur. Ini untuk mengurangi tingkat kekusutan baju setelah di jemur. Dan jangan lupa pakai pelembut dan pewangi pakaian ya buibu.


Gerakan Ngepel Kilat


Gerakan ngepel kilat adalah metode ngepel tanpa air di ember. Saya langsung ngepel pake lap pel ala cleaning service di dalam commuter line Jabodetabek. 

Caranya adalah:

*Gunakan botol bekas air mineral ukuran 1,5 Liter
*Masukkan air+cairan pembersih lantai 
*Kira-kira takarannya 80% air, 20% cairan pembersih lantai
*Lubangi tutup botol dengan menggunakan gunting atau paku


Metode mengepelnya adalah:

*Bersihkan lantai dengan sapu terlebih dahulu
*Tuangkan cairan pembersih lantai+air tadi yang sudah dimasukkan ke dalam botol air mineral, dengan cara memencet botol. 
*Otomatis cairan akan keluar lewat lubang pada tutup botol.
*Sebarkan cairan tsb secara merata ke lantai (gak perlu banyak-banyak)



Tips: Jika lantai terasa licin setelah di pel, berarti cairan pembersih lantai yang dipakai masih terlalu banyak. Tambahkan air lagi secukupnya. Atau bisa juga kita pel ulang lantai, bilas dulu lap pel dengan air. 



Mencuci Piring 



Mencuci piring juga bisa jadi masalah kalau piring dan gelas kotor numpuk di atas wastafel. Agar piring kotor tidak menumpuk, usahakan dan istiqomahkan mencuci piring setelah selesai makan. Jangan lupa buang sampah sisa makanan ke tempat sampah yang sudah disediakan untuk sisa makanan. 

Menumpuk piring dan gelas-gelas kotor atau peralatan bekas memasak hanya akan membuat kita malas mencuci piring. Dan dapur akan terlihat sangat kotor dan berantakan, Ujung-ujungnya males, bad mood, dan malah uring-uringan. 

Memasak Nasi



Ini juga merupakan hal penting yang pasti dilakukan. Yaiyalah, kalau ngga kita dan seisi rumah mau makan apa?

Sebelumnya, saya suka BT kalau harus menunggu wadah teflon direndam air supaya sisa nasi yang rada nempel bisa lepas. Malah kadang saya kelupaan buat masak nasi karena banyak kerjaan yang lainnya. Dan ternyata wadah teflon itu masih duduk cantik sambil berendam di wastafel. Ada gak sih yang senasib sama saya?

Tapi sekarang ngga lagi dongggg. Semenjak rice cooker saya rusak, gak bisa nyala dua minggu yang lalu. Saya punya dua wadah teflon buat masak nasi *berkat rice cooker lama rusak, dan akhirnya beli yang baru*. Jadi pakenya gantian gitu. Dannnn yang paling penting adalah gak usah nunggu lama ngerendem wadah teflon dulu kalau mau masak nasi. 

Sekarang masak nasi jadi lebih cepet, dan gak kelupaan lagi karena saking sibuknya ngurus kerjaan yang lain.


Tips: Kalau mau punya wadah teflon satu lagi, gak mesti nunggu rice cooker rusak dulu. Tapi bisa beli wadahnya aja di hypermarket atau di pasar tradisional juga ada. 




PERTANYAAN:

Bu, kok males amat sampe segitunya "ngakalin" kerjaan rumah?

Jawaban saya simpel aja, sebagai ibu rumah tangga tanpa ART itu tetep harus kreatif (kere tapi aktif) jadi harus tetap bisa berpikir se-efektif dan se-efisien mungkin. 

Perasaan anaknya cuman satu, gak akan terlalu repot deh!

Anak saya emang baru satu, 3,5 tahun, laki-laki. Tapi, ngurusin anak satu berasa ngurusin tiga anak. Anak saya aktif bukan main, tiap hari minta ditemenin main. Jadi emaknya ini sulit beralih ke pekerjaan rumah. Dan, anak saya suka bawa pasukan satu RT buat main di rumah. Kebayang kan ya rumah udah kayak PAUD, gampang kotor, gampang berantakan. Jadi, saya harus punya metode super cepat dan super irit tenaga.

Kenapa gak pake ART aja kalo gitu?

Sebenernya ini pernah saya pertimbangkan dengan abi, tapi masalahnya saya masih ragu untuk minta bantuan ART untuk sekedar cuci setrika misalnya. Saya juga berpikir tentang hemat, daripada anggarannya untuk menyewa tenaga ART, lebih baik anggarannya saya gunakan untuk membeli buku bacaan di akhir bulan. Atau membeli benda-benda koleksi (hahaha.. gak mau rugi banget). 

------------------


Yaaa... itulah saya. Dengan segala kerjaan super hectic di rumah. Dan saya yakin setiap Ibu Rumah Tangga udah punya metode dan cara tersendiri buat 'ngakalin' kerjaan-kerjaan rumah yang sumpah gak akan ada abisnya. 

Saya salut sama ibu-ibu yang bisa ngehandel semua pekerjaan rumahnya. Ada yang sampe rela bangun pagi buta cuman buat nyuci dan nyetrika. Ada yang bela-belain pergi ke pasar shubuh-shubuh supaya bisa belanja lebih awal dan cepat. Ada yang tidur larut malam, karena harus ngeberesin semua mainan yang berantakan. 

Semua ini dilakukan buat keluarga tercintah toh? walaupun kadang gak dapet waktu buat sekedar selonjoran sambil nonton tipi. Atau bahkan gak bisa-bisa kemana-mana kecuali weekend doang. 


Semoga keikhlasan membersamai setiap kelelahan,
Semoga kesabaran memberkahi setiap pengorbanan.





Semoga bermanfaat :)

Related Post:

[Tips] Untuk Perempuan yang Tidak Terbiasa Memakai Make Up












16 comments on "Ribet Ngurus Rumah Tanpa ART? [Jangan Sedih Dulu.. Ini Tipsnya]"
  1. saya dari dulu ngepelnya pake semprotal botol bekas minuman ^^

    ReplyDelete
  2. setujuuuu nyetrika dipilah2...malah kaka saya yg tinggal di singapur hampir semua baju ga disetrika. disana prang2 jarang nyetrika baju soalnya emmang listrik jg mahallll

    ReplyDelete
  3. tipsnya sangat asoy...terutama tanpa setrika, saya juga sering menerapkan, pake tukang setrika panggilan, tapi ga kuat ngeliat numpuk....kadang saya lipat yang gak penting2 amat...

    ReplyDelete
  4. GTS udah lama aku lakuin lama mak, karena emang aku maleess nyetrika, baju2 untuk keluar aja yg aku setrika, selebihnya taro lemari :p..

    ReplyDelete
  5. Setuju Mbak, semuanya sudah pernah aku lakuin. Secara malas kalo setrika dan itu pekerjaan yang sangat berat sekali (alasan). Jadi sebagian laundry untuk baju kerja dan sebagian cuci sendiri tanpa setrika. Berhubung gak punya ART dengan dua balita, kerjaan rumah berbagi dengan suami.

    ReplyDelete
  6. Waaaah.....baru tau mak, secara diriku termasuk yang hobi nyetrika #eehhhh
    Tapi boleh juga tu tips-nya, buat lebih hemat listrik. Jazakillah khoyr atas sharingnya ya mak ^^

    ReplyDelete
  7. Catet. Penting ini buat ibu-ibu :))

    ReplyDelete
  8. Sama mak. Klo aku nyetrika pas mau dipake bajunya :D

    ReplyDelete
  9. Kyaaaa... saya juga suka setres ngadepin kerjaan rumah yang gak selesai2 mak. Asyik, tipsnya berguna banget nih.

    ReplyDelete
  10. owaaah...kirain cuma saya aja yg males nyetrika! sampai jadi tumpeng deh tuh baju. e kalo saya utk penanak nasi suka saya rendam pk air hangat. sebentar aja dah bisa dibersihkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru tau kalau pake air anget jadi bisa cepet ilang nasi yang nempelnya. Makasih infonya :)

      Delete
  11. Aaaah emaaak, dirimu campaign GTS, aku terharuuuu..hihihi.. tips yang lainnya woke punyaaa...thanks emaaak

    ReplyDelete
  12. Akuakuakuuuu.. karbol disimpen di wadah semprot semprot ala cleaning servicee

    ReplyDelete
  13. Ada yg kurang mak...gerakan masak cepat wkwk..tfs mak

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D